RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP NEGERI 1 SODONGHILIR
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Tema : Mewarisi Nilai
Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
Kelas/Semester : VII/Genap
Tahun Pelajaran : 2017 / 2018
Alokasi
Waktu : 6 JP ( 3Pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.9
Mengidentifikasi
informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair,
dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar.
3.10 Menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi
rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
|
3.9.1
menyimpulkan ciri umum
puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks yang dibaca/didengar.
3.9.2
Membandingkan persamaan dan
perbedaan struktur pantun, syair, dan gurindam pada teks yang
dibaca/didengar.
3.9.3
Mendaftar kata/ kalimat
yang digunakan pada puisi rakyat pada teks yang
dibaca/didengar.
3.10.1
Menyimpulkan variasi pola pengembangan isi pantun
3.10.2
menyimpulkan prinsip
penggunaan kata/ kalimat pada pantun
3.10.3
melengkapi puisi rakyat
(pantun) sesuai struktur dan kaidah bahasa serta menelaahnya
3.10.4
memvariasikan beragam pola
pengembangan puisi rakyat berupa pantun.
3.10.5
memperbaiki kesalahan dari
segi isi, syarat pantun, penggunaan kata/kalimat
3.10.6
mengomentari puisi rakyat
dari segi struktur dan bahasa
|
4.9
Menyimpulkan
isi puisi rakyat (pantun, syair, dan
bentuk puisi rakyat setempat)
yang
4.10
Mengungkapkan
gagasan, perasaan, pesan dalam bentuk puisi
rakyat secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, rima, dan
penggunaan bahasa
|
4.9.1
Menyimpulkan isi pantun
4.9.2
Menyimpulkan isi syair
4.9.3
Menyimpulkan isi gurindam
4.10.1
menulis puisi rakyat dengan memperhatikan pilihan kata,
kelengkapan struktur, dan kaidah puisi
rakyat (pantun)
4.10.2
menyajikan syair dan
gurindam dalam bentuk musikalisasi
4.10.3
menyajikan pantun dalam
bentuk berbalas pantun
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Selama dan setelah
mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1.
Membandingkan persamaan dan perbedaan struktur
pantun, syair, dan gurindam pada teks yang dibaca/didengar.
2.
Mendaftar kata/ kalimat yang digunakan pada
puisi rakyat pada teks yang dibaca/didengar.
Pertemuan Kedua
Selama dan setelah
mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1.
menyimpulkan prinsip penggunaan kata/
kalimat pada pantun
2.
melengkapi puisi rakyat (pantun) sesuai
struktur dan kaidah bahasa serta menelaahnya
Pertemuan Ketiga
Selama dan setelah
mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1.
memvariasikan beragam pola pengembangan
puisi rakyat berupa pantun
Fokus
nilai-nilai
sikap
1. Peduli
2. Jujur berkarya
3. Tanggung jawab
4. Toleran
5. Kerjasama
6. Proaktif
7. kreatif
D.
Materi Pembelajaran
1.
Materi pembelajaran regular
a.
Fakta
Ø Gurindam,
Syair dan Pantun
b.
Konsep
Ø Pengertian
puisi rakyat
c.
Prinsip
Ø Struktur
puisi rakyat
d.
Prosedur
Ø Menyusun
puisi rakyat
2.
Materi pembelajaran remedial
a.
Menemukan kata berima sama secara
utuh
3.
Materi pembelajaran pengayaan
a.
Menemukan kata berima akhir
sebagian
b.
Mengenal dan Memahami Pantun
c.
Membandingkan Pantun, Syair, dan
Gurindam
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model
Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
F.
Media
Pembelajaran
1. Media
LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan
Tayang
G.
Sumber
Belajar
1. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
2. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Modul/bahan
ajar,
4. Internet,
5. Sumber
lain yang relevan
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
yaitu :
b. Menulis
Teks Laporan Hasil Observasi
c. Menentukan
Informasi yang Diperlukan dan Cara Mencari Informasi
d. Menata
Informasi yang Diperoleh Sesuai Struktur
Teks Hasil Observasi
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v Apabila materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
e. Mewarisi
Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
·
Mengenal
dan Memahami Pantun
o
Membaca
Puisi Rakyat
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
v Menyampaikan lingkup dan
teknik penilaian yang akan digunakan pada pertemuan ini berupa:
© Penilaian Kompetensi Spiritual
§
Observasi
§
Jurnal
§
Penilaian
diri sendiri
§
Teman
sebaya
©
Penilaian
Kompetensi Sosial
§
Observasi
§
Jurnal
§
Penilaian
diri sendiri
§
Teman
sebaya
©
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
§
Tes
Tertulis
-
Pilihan
ganda
-
Uraian/esai
§
Tes
Lisan
©
Penilaian
Kompetensi Keterampilan
§
Proyek,
pengamatan, wawancara
§
Portofolio
/ unjuk kerja
§
Produk,
hasil karya
|
10
menit
|
||||||||||||
Kegiatan Inti
|
60
menit
|
||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|
||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·
Membuat resume dengan bimbingan
guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan.
·
Mengagendakan pekerjaan rumah.
·
Mengagendakan projek yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
·
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
·
Memberikan penghargaan kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
yaitu :
jj. Mewarisi
Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
kk. Mengenal
dan Memahami Pantun
ll. Membaca Puisi Rakyat
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v Apabila materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
mm.
Mengenal dan Memahami Pantun
·
Mendaftar Kata Berima pada Gurindam, Syair, dan
Pantun
·
Menemukan kata berima sama secara utuh
·
Menemukan kata berima akhir sebagian
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
v Menyampaikan lingkup dan
teknik penilaian yang akan digunakan pada pertemuan ini berupa:
© Penilaian Kompetensi Spiritual
§
Observasi
§
Jurnal
§
Penilaian
diri sendiri
§
Teman
sebaya
©
Penilaian
Kompetensi Sosial
§
Observasi
§
Jurnal
§
Penilaian
diri sendiri
§
Teman
sebaya
©
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
§
Tes
Tertulis
-
Pilihan
ganda
-
Uraian/esai
§
Tes
Lisan
©
Penilaian
Kompetensi Keterampilan
§
Proyek,
pengamatan, wawancara
§
Portofolio
/ unjuk kerja
§
Produk,
hasil karya
|
10
menit
|
||||||||||||
Kegiatan Inti
|
60
menit
|
||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|
||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·
Membuat resume dengan bimbingan
guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan.
·
Mengagendakan pekerjaan rumah.
·
Mengagendakan projek yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
·
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
·
Memberikan penghargaan kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
3. Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
yaitu :
zzz. Mengenal
dan Memahami Pantun
·
Mendaftar Kata Berima pada Gurindam, Syair, dan
Pantun
·
Menemukan kata berima sama secara utuh
·
Menemukan kata berima akhir sebagian
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
aaaa. Mengenal
dan Memahami Pantun
·
Membandingkan Pantun, Syair, dan Gurindam
·
Menyimpulkan Ciri Pantun, Syair, dan Gurindam
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
v Menyampaikan lingkup dan
teknik penilaian yang akan digunakan pada pertemuan ini berupa:
© Penilaian Kompetensi Spiritual
§
Observasi
§
Jurnal
§
Penilaian
diri sendiri
§
Teman
sebaya
©
Penilaian
Kompetensi Sosial
§
Observasi
§
Jurnal
§
Penilaian
diri sendiri
§
Teman
sebaya
©
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
§
Tes
Tertulis
-
Pilihan
ganda
-
Uraian/esai
§
Tes
Lisan
©
Penilaian
Kompetensi Keterampilan
§
Proyek,
pengamatan, wawancara
§
Portofolio
/ unjuk kerja
§
Produk,
hasil karya
|
10
menit
|
||||||||||||
Kegiatan Inti
|
60
menit
|
||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|
||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·
Membuat resume dengan bimbingan
guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan.
·
Mengagendakan pekerjaan rumah.
·
Mengagendakan projek yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
·
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
·
Memberikan penghargaan kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
a.
Sikap (Spiritualdan Sosial)
1) Observasi (jurnal)
2) Penilaian diri
3) Penilaian antarteman
b.
Pengetahuan
1. Ter tertulis
c.
Keterampilan
1)
Kinerja
2.
Instrumen Penilaian
a.
Pertemuan
Pertama (Terlampir)
b.
Pertemuan
Kedua (Terlampir)
c.
Pertemuan
Ketiga (Terlampir)
3.
Pembelajaran Remedial
dan Pengayaan
a. Remedial
1) Remidial
dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada
peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian :
remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai
Kompetensi Dasar
2) Guru
memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM
(Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
Ø Menemukan kata berima sama secara utuh
b. Pengayaan
1) Pengayaan
diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran
yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau
mencapai Kompetensi Dasar.
2) Pengayaan
dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta
didik.
3) Direncanakan
berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih
luas misalnya
Ø Menemukan kata berima akhir
sebagian
Ø Mengenal dan Memahami Pantun
Ø Membandingkan Pantun, Syair,
dan Gurindam
Sodonghilir ,
2 januari 2018
Mengetahui
Kepala SMPN/S Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
0 komentar:
Post a Comment