Home » » GARIS BESAR PROGRAM KEGIATAN GBPK OSIS SMP NEGERI 4 SODONGHILIR TASIKMALAYA

GARIS BESAR PROGRAM KEGIATAN GBPK OSIS SMP NEGERI 4 SODONGHILIR TASIKMALAYA


GARIS BESAR PROGRAM KEGIATAN ( GBPK )
OSIS SMP NEGERI 4 SODONGHILIR PERIODE 2018

Seksi –seksi
1.      Ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, antara lain:
a.    Melaksanakan shalat Zduhur berjamaah
b.    Melaksanakan shalat Duha di Sekolah
c.    Membaca surat pendek sebelum belajar
d.   Berdo’a sebelum dan sesudah belajar
e.    Membantu mengumpulkan sumbangan, infak dan shadaqoh
f.     Mengadakan kegiatan lomba bernuansa keagamaan
g.    Memperingati Hari Besar Islam ( PHBI )
h.    Mengadakan pengajian / ceramah Keagamaan
i.      Membantu / melaksanakan kegiatan pesantren Ramadhan
j.      Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan
k.    Melaksanakan adzan bergilir dari setiap kelas
l.      Shalat Zduhur berjamaag bersama guru – guru
2.      Kehidupan, Berbangsan dan Bernegara:
a.    Melaksanakan upacara bendera pada hari senin dan atau hari sabtu, serta hari – hari besar Nasional
b.    Menyanyikan lagu – lagu Nasional ( Mars dan Hymne )
c.    Memperingati Hari Besar Nasional ( PHBN )
d.   Mengadalakan ekstrakurikuler PASKIBRA
e.    Mengadakan lomba TUB antar kelas
3.      Pendahuluan Bela Negara
a.         Melaksanakan kegiatan kepramukaan
b.         Mengunjungi dan mempelajari tempat – tem pat bernilai sejarah
c.         Mempelajari  dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan dan semangat perjuangan para pahlawan
d.        Melaksanakan bela negara
e.         Menjaga dan menghormati simbol-simbol dan lambang-lambang negara
4.      Kepribadian dan budi pekerti luhur :
a.       Melaksanakan tata tertib dan dan kultur sekolah
b.      Melaksanakan gotong royong ( Baksos)
c.       Melaksanakan Norma-Norma yang berlaku dan tatakrama pergaulan
d.      Menumbuhkembangankan kesadaran untuk rela berkorban  terhadap sesama
e.       Menumbuhkembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah
f.       Melaksanakan kegiatan 7K ( Keamanan, kebersihan, tertiban, keindahan kekeluargaan, kedamaian dan kerindangan

5.      Organisasi politik dan kepemimpinan
a.        Memanfatkan dan mengembangkan peran siswa di dalam osis sesuai dengan tugasnnya masing-masing
b.      Melaksanakan latihan dasar kepemimpinan siswa
c.       Melaksanakan MPLS
d.      Melaksanakan kegiatan dengan prinsif kejujuran transparan, dan profesional
e.       Melaksanakan kewajiban dan hak diri dan orang lain dalam pergaulan mashyarakat
f.       Melaksankan kegiatan kelompok belajar, diskusi debat dan pidato
g.      Melaksankan penghijauan dan perindangan lingkungan sekolah

6.      Keterampilan dan  kewirausahaan antara lain
a.       Melaksankan pembinaan dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna
b.      Mengadakan lomba hasta karya ( pemanfataan barang bekas menjadi barang berguna)
c.       Meningkatkan usaha koprasi siswa dan kantin sekolah
d.      Melaksankan praktik tata boga

7.      Kesegaran jasmani dan daya  Kreasi antara lain :
a.       Melaksankan prilaku hidup bersih dan sehat
b.      Melaksankan usaha kesehatan sekolah ( UKS)
c.       Mengadakan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkotika, psikotrofika dan zat adiktif ( Narkoba, minuman keras, meroka, dan HIV AIDS)
d.      Melaksankan Sosialisasi kesehatan repproduksi Remaja
e.       Melaksankan hidup aktif
f.       Melaksankan pengamanan jajanan anak sekolah
g.      Melaksanakan Pekan Olah raga antar kelas
h.      Mengadakan kunjungan persahabatan olah raga
i.        Mengikuti dan melaksankan Olimpiade olah raga Nasional mulai dari tingkat sekolah (O2SN)
8.      Persepsi Apresiasi dan Kreasi Seni
a.       Mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa di bidang  sastra
b.      Meyelenggarakan pestival lomba seni sastra dan budaya atau FLS2N
c.       Meningkatkan aktivitas kesenian seperti paduan suara seni tari solo vokal
d.      Melaksanakan pegelaran seni budaya
e.       Melaksanakan lomba cipta puisi dan cerpen
f.       Mengadakan lomba kreasi seni sunda ( pastra Senda )
g.      Mengefektifkan mading sekolah


9.      Teknologi informasi dan  komunikasi (TIK dan Ilmiah Remaja :
a.       Membentuk dan mengefektipakan Pengembangan diri TIK
b.      Mengadakan lomba  Mengetik Cepat antara sekolah
c.       Mengikuti olimpioade sain Nasional (OSN)
d.      Menyelenggarakan Kegiatan Ilmiah
e.       Mengikuti kegiatan Woksop, seminar, diskusi panel yang bernuasansa ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)
f.       Memanfaatkan TIK untuk mempasilitasi kegiatan pembelajaran
g.      Menjadikan TIK sebagai wahana Kreativitas dan inovasi

10.  Komunikasi dalam bahasa inggris :
a.       Melaksankan lomba pidato bahasa inggris
b.      Melaksankanlomba menulis dan korespondensi
c.       Melaksankan kegiatan bercerita dalam bahasa inggris ( Strory Telling)



/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}