Home » » LAPORAN KEGIATAN MASA LINGKUNGAN SEKOLAH ( MPLS ) SECARA DARING ( DALAM JARINGAN ) SMP NEGERI 4 SODONGHILIR BAGI SISWA BARU

LAPORAN KEGIATAN MASA LINGKUNGAN SEKOLAH ( MPLS ) SECARA DARING ( DALAM JARINGAN ) SMP NEGERI 4 SODONGHILIR BAGI SISWA BARU

 

LAPORAN

KEGIATAN MASA LINGKUNGAN SEKOLAH ( MPLS )

SECARA DARING ( DALAM JARINGAN )

SMP NEGERI 4 SODONGHILIR BAGI SISWA BARU

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

SMP NEGERI 4 SODONGHILIR

JL RADEN IHROOM DANAATMAJA DESA SEPATNUNGGAL

KECAMATAN SODONGHILIR KABUPATEN TASIKMALAYA

 

 

 


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat, Taufik dan HidayanNya sehingga kami dapat meneyelsaikan penulisan laporan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS ) Tahun ajaran 2020 / 2021 dengan baik.

Kami berharap dengan dilaksanakannya kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS ) dapat memberi dampak positif dalam pengembangan potensi dan bakat kepada siswa baru SMP Negeri 4 Sodonghilir serta menjadikan siswa yang sesuai dengan harapan bangsa.

Tidak lupa juga kami berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan laporan kegiatan MPLS ini.

Sodonghilir, Juli 2020

 

Panitia,

 

 

 

 

 

 

         

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR……………………………………………..     i

DAFTAR ISI ...................................................................................      ii

 

BAB I PENDAHULUAN ...............................................................      1

A.  Latar Belakang ..............................................................................      1

B.  Tujuan Penelitian...........................................................................      1

C.  Landasan Hukum...........................................................................      2

D.  Sasaran...........................................................................................      3

 

BAB II ISI LAPORAN ...................................................................      4

A. Tanggal dan Tempat Kegiatan ......................................................      4

B. Narasi Kegiatan.............................................................................      4

C. Peserta Kegiatan............................................................................      6

 

BAB III PENUTUP ........................................................................      7

A. Kesimpulan....................................................................................      7

B. Evaluasi .........................................................................................      7

C. Penutup .........................................................................................      7

 

LAMPIRAN I……………………………………………………..      8

 

 


BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Dalam rangka memasuki tahun ajaran baru, diperlukan adanya siswa baru untuk mengisi kekosongan siswa siswi kelas IX tahun ajaran 2019/2020 yang telah lulus. Maka dari itu diperlukan adanya Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ).

Untuk menyambut kehadiran para siswa – siswi baru ini, diperlukan adanya pengenalan mereka terhadap lingkungannya yang baru SMP Negeri 4 Sodonghilir. Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS ) ini diisi dengan sosialisasi nilai – nilai sosial dan beberapa pengenalan tentang SMP Negeri 4 Sodonghilir itu senidri, sehingga siswa – siswi baru ini akan lebih terbiasa dilingkungan barunya.

Melalui MPLS ini juga diharapakan siswa dapat mengenal dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya, yaitu lingkungan SMP Negeri 4 Sodonghilir. Sehingga apa yang menjadi Visi dan Misi sekolah dapat terwujud

B.  TUJUAN

Tujuan Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS ) Antara lain:

1.    Agar peserta didik baru mengenal lingkungan sekolah dan menyatu dengan warga sekolah sebagai sarana beradaptasi siswa baru dengan lingkungannnya dan sebagai tempat bersosialisasi siswa dengan teman barunya

2.    Memberikan kesan postif pada peserta didik baru dan hal yang menyenangkan terhadap lingkungan SMP Negeri 4 Sodonghilir

3.    Mengajak peserta didik baru untuk mampu berkomunikasi, bekerjasama, merasa senang dan nyaman berada di SMP Negeri 4 Sodonghilir

4.    Mengajak peserta didik melakukan pembiasaan belajar di SMP Negeri 4 Sodonghilir


C. LANDASAN HUKUM

Landasan pelaksanaan kegiatan Kegiatan Panduan Tentang Sistem Pendidikan Nasional mengacu pada landasan hukum sebagai berikut:

1.    Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

2.    Undang – Undanng Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah

3.    Undang – Undang No 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2002 no 109, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia No 4235 )

4.    Undang – Undang No 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang – Undang no 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak ( Lembaran Negara RI tahun 2014 no 297, Tambahan Lembaran Negara RI no 5606 )

5.    Peraturanb Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan Yang Telah Diubah Menjadi Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 dan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2014

6.    Instruksi Presiden No 05 Tahun 2014 tentang Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual terhadap Anak

7.    Permen PP dan PA No 08 tahun 2014 tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak ( Berita Negara RI tahun 2014 No 1761 )

8.    Permendikbud no 82 tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan

9.    Peraturan pemerintah No 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggraan Pendidikan

10.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 tetang Pembinaan Kesiswaan

11.    Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 62 Tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler

12.    Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Ekstrakurikuler Wajib

13.    Peraturab Mneteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2017 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah

14.    Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan di Provinsi Jawa Barat


D.  SASARAN

Sasaran Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS ) Peserta Didik Baru adalah peserta didik yang sudah dinyatakan lulus atau diterama pada sekolah SMP Negeri 4 Sodonghilir maka dia berstatus sebagai kelas VII

 


BAB II

ISI LAPORAN

A. TANGGAL DAN TEMPAT KEGIATAN                                                                        

Hari / tanggal                   : 14 – 16 Juli 2020

Tempat                             : Panitia ( Sekolah / SMP Negeri 4 Sodonghilir )

Peserta ( Di Wilayah Perkelompok berdasarkan Zonasi )

JADWAL KEGIATAN MPLS SECARA DARING

SMP NEGERI 4 SODONGHILIR

TAHUN AJARAN 2020 / 2021

SELASA / 14 JULI 2020

NO

WAKTU

PEMATERI

MATERI

1

08.00 - 09.00

LINA NURHIDAYAH, S.Pd.,Gr

Wiyayata Mandala

ISTIRAHAT

2

09.30 - 10.30

NIA NURMAYANTI, S.Pd.,Gr

Cara Belajar Efektip

RABU / 15 JULI 2020

NO

WAKTU

PEMATERI

MATERI

1

08.00 - 09.00

SUDRAJAT, S.Pd.I

Tatakrama dan Mental

ISTIRAHAT

2

09.30 - 10.30

YENI NURAENI, S.Pd

Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

KAMIS / 16 JULI 2020

NO

WAKTU

PEMATERI

MATERI

1

08.00 - 09.00

INDRA HADIAT PERMANA, S.Pd., Gr

Pengenalan Pramuka

2

09.00 - 10.00

LINA NURHIDAYAH, S.Pd.,Gr

Pengenalan Paskibra

ISTIRAHAT

3

10.30 - 11.30

YENI NURAENI, S.Pd

Pengenalan PMR

JUMAT / 17 JULI 2020

NO

WAKTU

PEMATERI

MATERI

1

08.00 - 09.00

INDRA HADIAT PERMANA, S.Pd., Gr

Budaya Literasi

 

B. NARASI KEGIATAN

Selasa, 14 Juli 2020

1.    Peserta didik baru dipandu oleh Anggota Osis berdasarkan wilayah tempat tinggal berkumpul / berkelompok di kediaman salah satu anggota Osis yang bertanggung jawab, kegiatan dipandu dan dibuka langsung oleh Kepala Sekolah SMP NEGERI 4 Sodonghilir ( Dra. Hj. Toto Toyibah, M.Si )

2.    Pada pukul 08.00 peserta didik baru dibimbing Pemateri I ( Lina Nurhidayah, S.Pd., Gr ) untuk berdoa sebelum memulai pembelajaran, kemudian melalui aplikasi WA, pemateri mengirimakan materinya (Wiyata Mandala ) berbentuk Power Point dan juga mengirim absensi digital ( melelui aplikasi Zoho ). Setelah selesai pembahasan materi, diadakan diskusi interaktif di grup melalui aplikasi WA. Kemudian setelah selesai diskusi interaktif pemateri menyimpulkan pembahasan yang telah di sampaikan melalui video yang dikirim ke grup menggunakan aplikasi WA

3.    Setalah pukul 09.00 peserta didik baru diperkenankan untuk istirahat selama 30 menit.

4.    Pukul 09.30 peserta didik kembali mengikuti kegiatan MPLS, Pemaeri II ( Nia Nurmayanti,S.Pd., Gr ) dengan materi ( Cara Belajar Efektif ) dengan mengirimkan materi berupa Power Point kegiatan melalui grup melalui aplikasi WA dan mengirimkan absensi digitial Zoho, setelah pembahasaan materi maka diadakan diskusi interaktip dan terakhir menyimpulkan materi yang disampaikan

 

Rabu, 15 Juli 2020

1.    Pada pukul 08.00 peserta didik baru dibimbing Pemateri I ( Sudrajat, S.Pd.I ) untuk berdoa sebelum memulai pembelajaran, kemudian melalui aplikasi WA, pemateri mengirimakan materinya ( Tatakrama dan Mental) dan juga mengirim absensi digital ( melelui aplikasi Zoho ). Setelah selesai pembahasan materi diadakan diskusi interaktif di grup melalui aplikasi WA. Kemudian setelah selesai diskusi interaktif pemateri menyimpulkan pembahasan yang telah di sampaikan.

2.    Setalah pukul 09.00 peserta didik baru diperkenankan untuk istirahat selama 30 menit.

3.    Pukul 09.30 peserta didik kembali mengikuti kegiatan MPLS, Pemaeri II ( Kesadaran Berbangsa dan Bernegara) dengan materi ( Cara Belajar Efektif ) dengan mengirimkan link materi kegiatan melalui grup melalui aplikasi WA menggunakan media Padlet dan mengirimkan absensi digitial Zoho, setelah pembahasaan materi maka diadakan diskusi interaktip dan terakhir menyimpulkan materi yang disampaikan

 

Kamis, 16 Juli 2020

1.      Pada pukul 08.00 – 09.00 peserta didik baru dibimbing Pemateri I ( Indra Hadiat Permana, S.Pd., Gr ) bersama salah satu anggota Pramuka yaitu Anita Ropika Dewi untuk berdoa sebelum memulai pembelajaran, kemudian melalui aplikasi WA dan Facebook, pemateri mengirimakan video pengenalan ekstrakurikuler Pramuka, video tersebut menjelaskan tentang kepramukaan dan kegiatan Pramuka

2.      Pada pukul 09.00 – 10.00 peserta didik baru dibimbing Pemateri II ( Lina Nurhidayah, S.Pd., Gr ) bersama salah satu anggota Paskibra yaitu Ela Nabila, mengirimkan video melalui aplikasi WA dan Facebook, pemateri mengirimakan video pengenalan ekstrakurikuler Paskibra, video tersebut menjelaskan tentang pengetahuan paskibra dan video kegiatan baris berbaris ( kegiatan Paskibra )

3.      Pada pukul 10.30 – 11.30 peserta didik baru dibimbing Pemateri III ( Yeni Nuraeni, S.Pd) dibantu oleh anggota PMR yaitu Ega Julianti mengirimkan video melalui aplikasi WA dan Facebook, pemateri mengirimakan video pengenalan ekstrakurikuler PMR, video tersebut menjelaskan tentang pengetahuan PMR dan video kegiatan ekstrakurikuler PMR

 

Jumat, 17 Juli 2020

1.    Pada pukul 08.00 – 09.00 peserta didik baru dibimbing Pemateri I ( Indra Hadiat Permana, S.Pd., Gr ) untuk berdoa sebelum memulai pembelajaran, kemudian melalui aplikasi WA dan Facebook, pemateri mengirimakan video materi tentang Budaya Literasi.

 

C. PESERTA KEGIATAN

Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik baru kelas VII sebanyak 36 orang, dan panitia sebanyak 21 orang.

 

 

BAB III

PENUTUP

A. KESIMPULAN

Pada Sabtu 18 Juli 2020 kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS ) ini diakhiri dan telah selesai dilakukan. Semua peserta MPLS resmi menjadi Siswa dan Keluarga besar SMP Negeri 4 Sodonghilir

B. EVALUASI

1.    Kurangnya komunikasi antar bidang, yang membuat acara tidak begitu maksimal

2.    Beberapa acara yang dilaksanakan sedikit terlambat da nada yang tidak sesuai dengan susunan acara

 

C. PENUTUP

Demikian laporan MPLS , kami minta maaf sebesar – besarnya atas kekurangan – kekurangan selama kegiatan berlangsung , saran dan kritik sangat kami hormati agar menjadi pembelajaran bagi kami kedepannya

 


Lampiran I : Dokumentasi Kegiatan



















 

 

 


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}