TES FORMATIF MODUL 1 KB 1
1. Seorang
guru mengajar di dalam kelas dengan metode ceramah sehingga proses pembelajarn
lebih terpusat pada guru sedangkan siswa pasif karena hanya mendengarkan. Hal tersebut
termasuk dalam proses pendidikan yang beraliran......
a. behavioristic
b. perenialisme
c. humanism
d. esesnialisme
e. rekonstruksionisme
2. Tujuan
pendidikan Bangsa Indonesia yaitu pembentukan manusia yang ideal. Berikut ini
implementasi sila ke 5 dalam pendidikan sebagai upaya tujuan tersebut adalah….
a. Guru
mengarahkan peserta didik untuk taat terhadap Tuhan YME
b. Orang
tua pada anak untuk tidak melakukan deskriminasi pada siapapun
c. Peserta
didik diajarkan untuk mencintai dan mengkonsumsi produk dalam negeri
d. Pendidik
mengikuti PPG untuk meningkatkan kreativitas dan profesionalitasnya
e. Sekolah
melakukan program kegiatan bakti sosial dengan melibatkan peserta didiknya
3. Berikut
ini contoh kegiatan yang tergolong ke dalam praktik pendidikan adalah…..
a. Ibu
ani sedang membaca buku psikologi pendidikan
b. Ibu
heni dan pak didi sedang berdiskusi tentang pengertian pendidikan
c. Pak
andi sedang mengajarkan konsep “ bangun ruang “ kepada peserta didiknya
d. Pak
budi sedang mencari ide untuk memotivasi peserta didiknya agar giat belajar
e. Pak
Hajar sedang mendownload file materi pendidikan Pancasila
4.
Sebagai humanisasi pendidikan bukan
berarti pembentukan manusia ( pendidik ). Sebab asumsinya bahwa manusia atau
peserta didik adalah….
a. Manusia
merupakan mahluk otonom
b. Pribadi
yang berakal dan berkembang
c. Mskhluk
sosial yang dapat mempengaruhi satu sama lainnya
d. Makhluk
yang memiliki moral sehingga dapat membedakan baik dan buruk
e. Makhluk
religious yang diciptakan oleh Tuhan
5.
Seorang pendidik perlu memahami landasan
pendidikan. Salah satu manfaat mempelajari landasan pendidikan bagi pendidik
adalah…
a. Memahami
berbagai karakteristik peserta didik sehingga memandang peserta didik sebagai
pribadi yang unik
b. Menumbuhkan
sikap berfikir kritis pendidik terhadap perkembangan peserta didik
c. Membantu
pendidik dalam menentukan metode pembelajaran yang tepat digunakan dalam
situasi tertentu di kelas
d. Meningkatkan
perkembangan pola pikir dan pola kerja pendidik tentang bagaiamana seharusnya
melakasanakan praktek pendidikan
e. Memahami
berbagai pasal – pasal dalam UUD dana
peraturan yang berlaku di Indonesia terkait dengan pendidikan
6. Berikut
ini implikasi landaan historis dalam proses pendidikan di Indonesia adalah…
a. Guru
melaksanakan perannya sesuai dengan semboyan “ yut wuri handayani “
b. Kurikulum
pendidikan dikembangkan dengan memperhatikan psikologi perkembangan peserta
didik
c. Pembentukan
komite sekolah sebagai bentuk kerja sama antar sekolah dengan masyarakat
d. Guru
mengajarkan mata pelajaran bermuatan local sesuai dengan daerah temapat
mengajarnya
e. Terdapat
program bantuan operasional sekolah untuk sekolah – sekolah negeri
7.
Pengertian landasan dibagi dua yaitu
landasan fisik dan konseptual. Berikut ini yang termasuk dalam alnadasan
konseptual….
a. Kurikulum
dan silabus
b. Pancasila
dan UUD 1945
c. Kerangka
berfikir
d. Desain
bangunan
e. Tujuan
pendidikan
8.
Pendidikan harus dilakukan sesuai dengan
tahap – tahap dan tugas perkembangan peserta didik. Oleh karenanya pendidikan
dilaksanakan dengan mengacu pada landasan…
a. Psikologi
pendidikan
b. Sosiologi
pendidikan
c. Religi
pendidikan
d. Ekonomi
pendidikan
e. Ilmu
pengetahuan dan teknologi
9.
Sila pertama Pancasila adalah ke – Tuhanan
YME oleh sebab itu pendidikan hendaknya bertujuan agar peserta didik beriman
dan bertakwa kepada Tuhan YME. Hal tersebut merupakan contoh…
a. Landasan
yuridis
b. Landasan
psikologis
c. Landasan
religious
d. Landasan
sosiologis
e. Landasan
histrori
10.
Salah satu tripusat pendidikan bagi anak
adalah keluarga. Orang tua yang dalam kesehariannya rajin melaksanakan ibadah
sesuai dengan waktu yang ditentukan. Pada hakekatnya menanamkan pada anak…
a. Hak
dan kewajiban
b. Kejujuran
dan toleransi
c. Gotong
royong dan tanggung jawab
d. Kedisiplinan
dan tanggung jawab
e. Kejujuran
dan tenggang rasa
0 komentar:
Post a Comment