Home » » MUNCULNYA AGAMA HINDU

MUNCULNYA AGAMA HINDU


Pada dasarnya peradaban dan kehidupan banga Hindu telah tercantum dalam kitab Suci Weda (Weda berarti pengetahuan), juga dalam kitab Brahmana dari Upanisad. Ketiga kitab itu menjadi dasar kehidupan orang-orang Hindu.
Kitab Suci Weda merupakan kumpulan dari hasil pemikiran para pendeta (Resi). Pemikiran – pemikiran para pendeta (Resi) itu di bukukn oleh Resi Wiyasa


Empat Bagian Kitab Weda
Reg-Weda ,berisi syair-syair pemujaan kepada dewa-dewa
Sama-weda , memuat nyanyian-nyanyian yang dipergunakan, untuk memuja dewa-dewa
Yayur-weda, memuat bacaan-bacaan yang diperlukan untuk keselamatan
Atharma-weda, memuat ilmu sihir untuk menghilangkan marbahaya

Keempat buku itu ditulis pada tahun 550 SM dan dalam bahasa Sansekerta
Ajaran agama Hindu memuja banyak Dewa (Polytheisme). Dewa utama yang di puja dalam agama Hindu adalah Dewa Brahma sebaga pencipta, Dewa Wisnu sebagai pemelihara atau pelindung, Dewa Siwa sebagai pelebur (pembiansa/penghancur). Disamping itu, juga dipuja dewa-dewa seperti Dewi Saraswati (dewi kesenian), Dewi Sri( dewi kesuburan), Dewa Baruna (dewa laut), Dewa Bayu(dewa angin), Dewa Agni (dewa api), dan lain-lain.
Bagi umat Hindu, tempat-tempat suci danggap sebagai tempat para dewa, sehingga umat Hindu mengadakan ziarah ke tempat-tempat tersebut. Umat Hindu yang ada di India berjiarah ke tempat-tempat suci seperti kota Beneras, yaitu sebuah kota yang dianggap sebagai tempat bersemayam Dewa Siwa. Segala aspek dari kebudayaan Hindu dapat dilihat dengan nyata dan jelas di kota Benares.

Sungai Gangga juga di anggap keramat dan suci oleh umat Hindu . menurut kepercayaan umat Hindu India “air sungai Gangga” dapat menyucikan diri manusia dan menghapus segala dosa. Begitu pula tulang dan abu orang mati di buang ke dalam sungai Gangga, agar orang yang meninggal dapat masuk surga.


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}