Home » » PESONA KEINDAHAN PERKEBUNAN TEH RANCABALI DI BANDUNG

PESONA KEINDAHAN PERKEBUNAN TEH RANCABALI DI BANDUNG

Bandung selain tempat wisata kuliner dan wisata belanja, Bandung juga pantas di sebut dengan rajanya Wisata alam. Keelokan pemandangannya yang indah dapat membuat kita semakin terpukau dan rindu akan kembali lagi. Pertama kali ke Bandung saat duduk di bangku SMA, dan hal yang paling berkesan adalah saat kuliah berkemah di perkemahan Ranca Upas, di sana selain pemandangannya yang indah dan sejuk kita juga bisa melihat penangkaran rusa. Ciwidey Bandung selain perkemahan Ranca Upas, terkenal juga dengan wisata petik buah strawberry, hamparan kebuan buah strawberry membuat mulut kita ingin langsung melahapnya dan membuat mata semakin terpana, selain itu juga ada tempat wisata Kawah Putih dan Situ Patenggang. Tapi dengan menempuh perjalanan yang cukup lumayan jauh menuju beberapa tempat wisata tersebut, mata kita di manjakan oleh perkebunan teh Rancabali yang tidak kalah mempesona. Perkebunan teh ini menjadi tempat selfie yang paling diminati pengunjung, selain itu juga tempat istirahat sementara untuk melepas lelah setelah menempuh perjalanan jauh. Pemandangan hijau nya yang elok dapat membuat perasaan sejuk dan nyaman.
Perkebunan Teh Rancabali
Ciwidey adalah sebuah kecamatan di kabupaten bandung ( jawa Barat ). Nama Ciwidey berasal dari bahasa portugis kuno, dari kata Ciwi yang berarti buah kiwi dan Dey yang berarti hari. Daerah ini berbatasan dengan kabupaten Cianjur, dengan akses jalan yang menembus daerah cianjur selatan.
Ciwidey terkenal sebagai daerah tujuan wisata dan juga sebagai daerah penghasil produk pertanian dan perkebunan. 
Perkebunan Teh Rancabali terletak di Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung, merupakan salah satu obyek wisata alam di Bandung selatan. Berada sekitar 50 Km di sebelah selatan kota Bandung pada ketinggian 1.628 diatas permukanaan laut dan suhu 16 – 26 derajat Celcius, perkebunan Teh Rancabali berlokasi tidak jauh dari obyek wisata kawah putih dan bumi perkemahan Ranca Upas. Perkebunan ini mengolah dua komoditi yaitu teh dan kina yang di dukung oleh keberadaan pabrik pengelolahan teh CTC dan Orthodoks.
Keindahan perkebunan teh yang menghijau itu sepertinya tidak cukup, karena masih ada area alam lain yang membuat wisatawan betah berada disana, yaitu beberapa titik air terjun kecil bertingkat di tepian – tepian pohon teh yang terletak di sisi kanan kalau kita menuju objek wisata lain Situ Patenggang. Semua orang yang pernah ke sana setuju, kalau hamparan pucuk – pucuk daun teh dengan daun yang berwarna hijau kekuningan bak permadani yang luas, bisa membuat mata rehat dan serasa ingin merebahkan diri di atasnya. Para wisatawan yang datang pun tidak bosan – bosannya mengabadikan keindahan alam Rancabali dengan memotret berbagai wilayahnya. Selain menikmati pemandangan kebun teh, anda juga bisa melakukan kunjungan wisata ke pabrik teh Rancabali. Anda bisa melihat proses penanaman, pembibitan, pembukaan lahan, pemeliharaan, pemetikan, pemangkasan, sampai pengolahan teh. Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan tea walk dengan rute sejauh 2 Km, 3 Km, atau 4 Km.
Menurut sejarahnya, perkebunan teh Rancabali di bangun sejak tahun 1870 dan di perkebunan ini terdapat makan dan rumah peninggalan K. A. R. Bosscha.
Alam Rancabali tidak hanya bisa membuat sejuk mata dan hati, namun lebih dari itu, ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari hamparan daun hijau dan kuning bak permadani yang kita sebut sebagai daun teh.













/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}