RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN NEGERI 1 SODONGHILIR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Tema : Mewarisi Nilai
Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
Kelas/Semester : VII/Genap
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 6 JP ( 3Pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3
3.4
3.5
3.6
3.7
3.8
3.9 Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan
kata) dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat)
yang dibaca dan didengar.
3.10 Menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi
rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
|
1
2
3
3.1
3.2
3.3
3.4
3.5
3.6
3.7
3.8
3.9
3.9.1
menyimpulkan ciri umum
puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks yang dibaca/didengar.
3.9.2
Membandingkan persamaan
dan perbedaan struktur pantun, syair, dan gurindam pada teks yang
dibaca/didengar.
3.9.3
Mendaftar kata/ kalimat
yang digunakanpada puisi rakyat pada
teks yang dibaca/didengar.
3.10.1
Menyimpulkan variasi pola pengembangan isi pantun
3.10.2
menyimpulkan prinsip
penggunaan kata/ kalimat pada pantun
3.10.3
melengkapi puisi rakyat
(pantun) sesuai struktur dan kaidah bahasa serta menelaahnya
3.10.4
memvariasikan beragam pola
pengembangan puisi rakyat berupa pantun.
3.10.5
memperbaiki kesalahan dari
segi isi, syarat pantun, penggunaan kata/kalimat
3.10.6
mengomentari puisi rakyat
dari segi struktur dan bahasa
|
4
4.4
4.5
4.6
4
4.4
4.5
4.6
4.7
4.8
4.9 Menyimpulkan isi puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi
rakyat setempat)
yang
4.10 Mengungkapkan gagasan, perasaan, pesan dalam bentuk
puisi rakyat secara lisan dan tulis
dengan memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa
|
3
3.7
4.9.1
Menyimpulkan isi pantun
4.9.2
Menyimpulkan isi syair
4.9.3
Menyimpulkan isi gurindam
4.10
4.10.1
menulis puisi rakyat dengan memperhatikan pilihan kata,
kelengkapan struktur, dan kaidah puisi
rakyat (pantun)
4.10.2
menyajikan syair dan
gurindam dalam bentuk musikalisasi
4
4.7
4.8
4.9
4.10
4.10.1
4.10.2
4.10.3
menyajikan pantun dalam
bentuk berbalas pantun
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini
peserta didik diharapkan dapat:
1.
Membandingkan persamaan dan
perbedaan struktur pantun, syair, dan gurindam pada teks yang
dibaca/didengar.
2.
Mendaftar kata/ kalimat yang
digunakan pada puisi rakyat pada teks
yang dibaca/didengar.
Pertemuan Kedua
Selama dan setelah
mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1. Menyimpulkan
variasi pola pengembangan isi pantun
2. menyimpulkan
prinsip penggunaan kata/ kalimat pada
pantun
3. melengkapi
puisi rakyat (pantun) sesuai struktur dan kaidah bahasa serta menelaahnya
Pertemuan Ketiga
Selama dan setelah
mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1. memvariasikan
beragam pola pengembangan puisi rakyat berupa pantun.
2. memperbaiki
kesalahan dari segi isi, syarat
pantun, penggunaan kata/kalimat
3. mengomentari
puisi rakyat dari segi struktur dan bahasa
Fokus
nilai-nilai
sikap
1. Peduli
2. Jujur berkarya
3. Tanggung jawab
4. Toleran
5. Kerjasama
6. Proaktif
7. kreatif
D.
Materi Pembelajaran
1.
Materi pembelajaran regular
a.
Fakta
Ø Gurindam,
Syair dan Pantun
b.
Konsep
Ø Pengertian
puisi rakyat
c.
Prinsip
Ø Struktur
puisi rakyat
d.
Prosedur
Ø Menyusun
puisi rakyat
2. Materi pembelajaran remedial
a.
Kata penghubung yang sering
digunakan pada puisi rakyat
b.
Kata penghubung tujuan
c.
Kata penghubung sebab (kausal)
d.
Kata penghubung akibat
3. Materi pembelajaran pengayaan
a.
Kalimat Tunggal dan Kalimat
Majemuk
b.
Kalimat majemuk hubungan
perbandingan
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model
Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
F.
Media
Pembelajaran
1. Media
LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan
Tayang
G.
Sumber
Belajar
1. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Modul/bahan
ajar,
4. Internet,
5. Sumber
lain yang relevan
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
yaitu :
©
Menyimpulkan Isi Puisi Rakyat
©
Menyimpulkan Isi Syair
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v Apabila materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
©
Menelaah Struktur dan Kebahasaan pada Puisi
Rakyat
o
Menelaah Beragam Pola Pengembangan Pantun
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
v
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang
akan digunakan pada pertemuan ini
berupa:
© Penilaian Kompetensi Spiritual
§
Observasi
§
Jurnal
§
Penilaian
diri sendiri
§
Teman
sebaya
©
Penilaian
Kompetensi Sosial
§
Observasi
§
Jurnal
§
Penilaian
diri sendiri
§
Teman
sebaya
©
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
§
Tes
Tertulis
-
Pilihan
ganda
-
Uraian/esai
§
Tes
Lisan
©
Penilaian
Kompetensi Keterampilan
§
Proyek,
pengamatan, wawancara
§
Portofolio
/ unjuk kerja
§
Produk,
hasil karya
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Orientasi peserta didik
kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik:
© Menelaah Struktur dan Kebahasaan
pada Puisi Rakyat
© Menelaah Beragam Pola Pengembangan
Pantun
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto berikut
ini
v Mengamati
Mempelajari buku teks dan
sumber lain, menyimak tayangan/demo tentang materi pokok tentang
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan ;
© Peserta didik diminta untuk membaca
pantun Pada halaman 177
v Mendengar
pemberian materi oleh guru
yang berkaitan dengan
v Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan
secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
© Menelaah Struktur dan Kebahasaan
pada Puisi Rakyat
© Menelaah Beragam Pola Pengembangan
Pantun
untuk melatih kesungguhan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta
didik
|
Menanya
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
yang tidak dipahami dari apa
yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang
apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
©
|
Membimbing penyelidikan
individu dan kelompok
|
Mengumpulkan
informasi
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium
computer sekolah, perpustakaan, untuk mencari dan membaca artikelataupun
materi yang berhubungan dengan
© Menelaah Struktur dan Kebahasaan
pada Puisi Rakyat
© Menelaah Beragam Pola Pengembangan
Pantun
v Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi
melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan
solusimasalah terkait materi pokok yaitu
© Menelaah Struktur dan Kebahasaan
pada Puisi Rakyat
© Menelaah Beragam Pola Pengembangan
Pantun tun
v Mempraktekan
v Aktivitas
© Peserta didik diminta untuk
menyimpulkan nilai-nilai yang berada pada pantun tersebut
v Saling tukar informasi tentang :
© Menelaah Struktur dan Kebahasaan
pada Puisi Rakyat
© Menelaah Beragam Pola Pengembangan
Pantun
v dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan
hasil karya
|
Mengkomunikasikan
v Mendiskusikan
Peserta didik diminta
berdiskusi dalam kelompok untuk membahas mengenai:
© Peserta didik diminta mendiskusikan
untuk membuat pembahasan beberapa
cara pengembangan isi pantun
Peserta didik berdiskusi
untuk menyimpulkan
1)
Membuat
kesimpulan tentang masalah dan solusinya
2)
Mengaitkan
dengan konsep dan masalah lainnya
3)
Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
4)
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
5)
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
6)
Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
7)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
© Menelaah Struktur dan Kebahasaan
pada Puisi Rakyat
© Menelaah Beragam Pola Pengembangan
Pantun
8)
Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
9)
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
10)
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa &
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa
masukan,tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v Mengolah informasi
yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai
© Menelaah Struktur dan Kebahasaan
pada Puisi Rakyat
© Menelaah Beragam Pola Pengembangan
Pantun
11)
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
© Menelaah Struktur dan Kebahasaan
pada Puisi Rakyat
© Menelaah Beragam Pola Pengembangan
Pantun
antara
lain dengan
:
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai
pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
yaitu :
©
Menelaah Struktur dan Kebahasaan pada Puisi
Rakyat
©
Menelaah Beragam Pola Pengembangan Pantun
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
©
Menelaah Struktur Pantun
©
Menelaah Struktur dan Bahasa Gurindam
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
v
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang
akan digunakan pada pertemuan ini
berupa:
© Penilaian Kompetensi Spiritual
§
Observasi
§
Jurnal
§
Penilaian
diri sendiri
§
Teman
sebaya
©
Penilaian
Kompetensi Sosial
§
Observasi
§
Jurnal
§
Penilaian
diri sendiri
§
Teman
sebaya
©
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
§
Tes
Tertulis
-
Pilihan
ganda
-
Uraian/esai
§
Tes
Lisan
©
Penilaian
Kompetensi Keterampilan
§
Proyek,
pengamatan, wawancara
§
Portofolio
/ unjuk kerja
§
Produk,
hasil karya
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Orientasi peserta didik
kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik:
© Menelaah Struktur Pantun
© Menelaah Struktur dan Bahasa
Gurindam
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto
berikut ini
v Mengamati
Mempelajari buku teks dan
sumber lain, menyimak tayangan/demo/materi tentang
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
© Peserta didik diminta untuk membaca
Pantun ada halaman 178
© Peserta didik diminta untuk membaca
gurindam pada halaman 178
v Mendengar
pemberian materi oleh guru
yang berkaitan dengan
© Menelaah Struktur Pantun
© Menelaah Struktur dan Bahasa
Gurindam
v Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan
secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
© Menelaah Struktur Pantun
© Menelaah Struktur dan Bahasa
Gurindam
untuk melatih kesungguhan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta
didik
|
Menanya
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
© Menelaah Struktur Pantun
© Menelaah Struktur dan Bahasa
Gurindam
yang tidak dipahami dari apa
yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang
apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
|
Membimbing penyelidikan
individu dan kelompok
|
Mengumpulkan
informasi
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium
computer sekolah, perpustakaan, untuk mencari dan membaca artikelatupaun
materi yang berhubungan dengan
© Menelaah Struktur Pantun
© Menelaah Struktur dan Bahasa
Gurindam
v Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi
melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan
solusimasalah terkait materi pokok yaitu
© Menelaah Struktur Pantun
© Menelaah Struktur dan Bahasa
Gurindam
v Mempraktekan
v Aktivitas
© Peserta didik diminta untuk berhitung
1 s/d 6 lalu menelaah pantun sesuai dengan nomor yang diterima
© Peserta didik diminta untuk Telaahlah
gurindam di atas dari segi struktur penyajian, jenis kalimat yang
digunakan, dan hubungan isi
antarlarik
v Saling tukar informasi tentang :
© Menelaah Struktur Pantun
© Menelaah Struktur dan Bahasa
Gurindam
v dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan
hasil karya
|
Mengkomunikasikan
v Mendiskusikan
Peserta didik diminta
berdiskusi dalam kelompok untuk membahas mengenai
Peserta didik berdiskusi
untuk menyimpulkan
12)
Membuat
kesimpulan tentang masalah dan solusinya
13)
Mengaitkan
dengan konsep dan masalah lainnya
14)
Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
15)
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
16)
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
17)
Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
18)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
© Menelaah Struktur Pantun
© Menelaah Struktur dan Bahasa
Gurindam
19)
Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
20)
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
21)
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa &
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa
masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v Mengolah informasi
yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai
© Menelaah Struktur Pantun
© Menelaah Struktur dan Bahasa
Gurindam
22)
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
© Menelaah Struktur Pantun
© Menelaah Struktur dan Bahasa
Gurindam
antara
lain dengan
:
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai
pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek dengan
benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
3. Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
yaitu :
©
Menelaah Struktur Pantun
©
Menelaah Struktur dan Bahasa Gurindam
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v Apabila materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
·
Menelaah Struktur dan Aspek Kebahasaan pada Syair
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
v
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang
akan digunakan pada pertemuan ini
berupa:
© Penilaian Kompetensi Spiritual
§
Observasi
§
Jurnal
§
Penilaian
diri sendiri
§
Teman
sebaya
©
Penilaian
Kompetensi Sosial
§
Observasi
§
Jurnal
§
Penilaian
diri sendiri
§
Teman
sebaya
©
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
§
Tes
Tertulis
-
Pilihan
ganda
-
Uraian/esai
§
Tes
Lisan
©
Penilaian
Kompetensi Keterampilan
§
Proyek,
pengamatan, wawancara
§
Portofolio
/ unjuk kerja
§
Produk,
hasil karya
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Orientasi peserta didik
kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik:
© Menelaah Struktur dan Aspek
Kebahasaan pada Syair
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto
berikut ini
v Mengamati
Mempelajari buku teks dan
sumber lain, menyimak tayangan/demo tentang materi pokok tentang
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan ;
© Menelaah Struktur dan Aspek
Kebahasaan pada Syair
v Mendengar
pemberian materi oleh guru
yang berkaitan dengan
© Menelaah Struktur dan Aspek
Kebahasaan pada Syair
v Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan
secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
© Menelaah Struktur dan Aspek
Kebahasaan pada Syair
untuk melatih kesungguhan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta
didik
|
Menanya
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
© Menelaah Struktur dan Aspek Kebahasaan
pada Syair
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
©
|
Membimbing penyelidikan
individu dan kelompok
|
Mengumpulkan
informasi
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium
computer sekolah, perpustakaan, untuk mencari dan membaca artikelatupaun
materi yang berhubungan dengan
© Peserta didik dimintas untuk membaca
kotak info yang berada pada halaman 181 s/d 184
v Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi
melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan
solusimasalah terkait materi pokok yaitu
© Menelaah Struktur dan Aspek
Kebahasaan pada Syair
v Mempraktekan
v Aktivitas
v Saling tukar informasi tentang :
© Menelaah Struktur dan Aspek
Kebahasaan pada Syair
v dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan
hasil karya
|
Mengkomunikasikan
v Mendiskusikan
Peserta didik diminta
berdiskusi dalam kelompok untuk membahas mengenai
Peserta didik berdiskusi
untuk menyimpulkan
23)
Membuat
kesimpulan tentang masalah dan solusinya
24)
Mengaitkan
dengan konsep dan masalah lainnya
25)
Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
26)
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
27)
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
28)
Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
29)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
© Menelaah Struktur dan Aspek
Kebahasaan pada Syair
30)
Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
31)
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
32)
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa &
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa
masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai
33)
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
© Menelaah Struktur dan Aspek
Kebahasaan pada Syair
antara
lain dengan
:
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai
pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
10
menit
|
I.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
a.
Sikap (Spiritualdan Sosial)
1) Observasi (jurnal)
2) Penilaian diri
3) Penilaian antarteman
b.
Pengetahuan
1) Ter tertulis
c.
Keterampilan
1) Kinerja
2.
Instrumen Penilaian
a.
Pertemuan
Pertama (Terlampir)
b.
Pertemuan
Kedua (Terlampir)
c.
Pertemuan
Ketiga (Terlampir)
3. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
1)
Remidial dapat diberikan kepada peserta
didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui
KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan
remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
2)
Guru memberi semangat kepada peserta
didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan
memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian
Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
© Kata penghubung yang sering digunakan
pada puisi rakyat
© Kata penghubung tujuan
© Kata penghubung sebab (kausal)
© Kata penghubung akibat
b. Pengayaan
1)
Pengayaan
diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran
yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau
mencapai Kompetensi Dasar.
2)
Pengayaan
dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta
didik.
3)
Direncanakan
berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih
luas misalnya
© Kalimat Tunggal dan Kalimat
Majemuk
© Kalimat majemuk hubungan
perbandingan
……………, 02 januari 2019
Mengetahui
Kepala SMPN/S Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
0 komentar:
Post a Comment