Home » » RPP BAHASA INDONESIA KELAS VII SEMESTER 2 MENGIDENTIFIKASI PESAN RIMA DAN PILIHAN KATA DARI PUISI RAKYAT

RPP BAHASA INDONESIA KELAS VII SEMESTER 2 MENGIDENTIFIKASI PESAN RIMA DAN PILIHAN KATA DARI PUISI RAKYAT


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMPN NEGERI 1 SODONGHILIR
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Tema                           : Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
Kelas/Semester           : VII/Genap
Tahun Pelajaran         : 2018/2019
Alokasi Waktu                        : 6 JP ( 3Pertemuan)

A.     Kompetensi Inti
1.      Menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.9      Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar.
3.10 Menelaah struktur dan kebahasaan puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
3.9.1        menyimpulkan ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks yang dibaca/didengar.
3.9.2        Membandingkan persamaan dan perbedaan  struktur  pantun, syair, dan gurindam pada teks yang dibaca/didengar.
3.9.3        Mendaftar kata/ kalimat yang digunakanpada  puisi rakyat pada teks yang dibaca/didengar.
3.10.1     Menyimpulkan variasi  pola pengembangan isi pantun
3.10.2    menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada  pantun
3.10.3    melengkapi puisi rakyat (pantun) sesuai struktur dan kaidah bahasa serta menelaahnya
3.10.4    memvariasikan beragam pola pengembangan puisi rakyat berupa pantun.
3.10.5    memperbaiki kesalahan dari segi isi,  syarat pantun,  penggunaan kata/kalimat
3.10.6    mengomentari puisi rakyat dari segi struktur dan bahasa
4.9      Menyimpulkan isi puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat)
yang
4.10  Mengungkapkan gagasan, perasaan, pesan dalam bentuk puisi  rakyat secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa 

4.9.1        Menyimpulkan isi pantun
4.9.2        Menyimpulkan isi syair
4.9.3        Menyimpulkan isi gurindam
4.10.1    menulis puisi rakyat  dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah  puisi rakyat (pantun)
4.10.2    menyajikan syair dan gurindam dalam bentuk musikalisasi
4.10.3    menyajikan pantun dalam bentuk berbalas pantun

C.     Tujuan Pembelajaran
       Pertemuan Pertama
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1.      Membandingkan persamaan dan perbedaan  struktur  pantun, syair, dan gurindam pada teks yang dibaca/didengar.
2.      Mendaftar kata/ kalimat yang digunakan pada  puisi rakyat pada teks yang dibaca/didengar.
Pertemuan Kedua
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1.      Menyimpulkan variasi  pola pengembangan isi pantun
2.      menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada  pantun
3.      melengkapi puisi rakyat (pantun) sesuai struktur dan kaidah bahasa serta menelaahnya
Pertemuan Ketiga
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
1.      memvariasikan beragam pola pengembangan puisi rakyat berupa pantun.
2.      memperbaiki kesalahan dari segi isi,  syarat pantun,  penggunaan kata/kalimat
3.      mengomentari puisi rakyat dari segi struktur dan bahasa

Fokus nilai-nilai sikap
1.      Peduli
2.      Jujur berkarya
3.      Tanggung jawab
4.      Toleran
5.      Kerjasama
6.      Proaktif
7.      kreatif

D.     Materi Pembelajaran
1.      Materi pembelajaran regular
a.      Fakta
Ø Gurindam, Syair dan Pantun
b.      Konsep
Ø Pengertian puisi rakyat
c.       Prinsip
Ø Struktur puisi rakyat
d.      Prosedur
Ø Menyusun puisi rakyat
2.      Materi pembelajaran remedial
a.       Kata penghubung yang sering digunakan pada puisi rakyat
b.      Kata penghubung tujuan
c.       Kata penghubung sebab (kausal)
d.      Kata penghubung akibat
3.      Materi pembelajaran pengayaan
a.       Kalimat Tunggal dan Kalimat Majemuk
b.      Kalimat majemuk hubungan perbandingan

E.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                  :  Scientific Learning
2.      Model Pembelajaran    :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
F.      Media Pembelajaran
1.      Media LCD projector,
2.      Laptop,
3.      Bahan Tayang

G.    Sumber Belajar
1.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.      Modul/bahan ajar,
4.      Internet,
5.      Sumber lain yang relevan

H.     Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :
©  Menyimpulkan Isi Puisi  Rakyat
©  Menyimpulkan Isi Syair
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materitema// projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
©  Menelaah Struktur dan Kebahasaan pada Puisi Rakyat
o   Menelaah Beragam Pola Pengembangan Pantun
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
v  Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan pada pertemuan ini berupa:
©  Penilaian Kompetensi Spiritual
§  Observasi
§  Jurnal
§  Penilaian diri sendiri
§  Teman sebaya
©  Penilaian Kompetensi Sosial
§  Observasi
§  Jurnal
§  Penilaian diri sendiri
§  Teman sebaya
©  Penilaian Kompetensi Pengetahuan
§  Tes Tertulis
-          Pilihan ganda
-          Uraian/esai
§  Tes Lisan
©  Penilaian Kompetensi Keterampilan
§  Proyek, pengamatan, wawancara
§  Portofolio / unjuk kerja
§  Produk, hasil karya
10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik:
©  Menelaah Struktur dan Kebahasaan pada Puisi Rakyat
©  Menelaah Beragam Pola Pengembangan Pantun
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto berikut ini
v  Mengamati
Mempelajari buku teks dan sumber lain, menyimak tayangan/demo tentang materi pokok tentang
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan ;
©  Peserta didik diminta untuk membaca pantun Pada halaman 177
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
©  Menelaah Struktur dan Kebahasaan pada Puisi Rakyat
©  Menelaah Beragam Pola Pengembangan Pantun
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
©   
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium computer sekolah, perpustakaan, untuk mencari dan membaca artikelataupun materi yang berhubungan dengan
©  Menelaah Struktur dan Kebahasaan pada Puisi Rakyat
©  Menelaah Beragam Pola Pengembangan Pantun
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
©  Menelaah Struktur dan Kebahasaan pada Puisi Rakyat
©  Menelaah Beragam Pola Pengembangan Pantun tun
v  Mempraktekan
v  Aktivitas
©  Peserta didik diminta untuk menyimpulkan nilai-nilai yang berada pada pantun tersebut
v  Saling tukar informasi tentang  :
©  Menelaah Struktur dan Kebahasaan pada Puisi Rakyat
©  Menelaah Beragam Pola Pengembangan Pantun
v  dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
v  Mendiskusikan
Peserta didik diminta berdiskusi dalam kelompok untuk membahas mengenai:
©  Peserta didik diminta mendiskusikan untuk membuat pembahasan  beberapa cara pengembangan isi pantun
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
1)      Membuat kesimpulan tentang masalah dan solusinya
2)      Mengaitkan dengan konsep dan masalah lainnya
3)      Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
4)      Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
5)      Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
6)      Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
7)      Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
©  Menelaah Struktur dan Kebahasaan pada Puisi Rakyat
©  Menelaah Beragam Pola Pengembangan Pantun
8)      Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
9)      Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
10)  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan,tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
©  Menelaah Struktur dan Kebahasaan pada Puisi Rakyat
©  Menelaah Beragam Pola Pengembangan Pantun
11)  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
©  Menelaah Struktur dan Kebahasaan pada Puisi Rakyat
©  Menelaah Beragam Pola Pengembangan Pantun
antara lain dengan :
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit

2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :
©  Menelaah Struktur dan Kebahasaan pada Puisi Rakyat
©  Menelaah Beragam Pola Pengembangan Pantun
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
©  Menelaah Struktur Pantun
©  Menelaah Struktur dan Bahasa Gurindam
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
v  Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan pada pertemuan ini berupa:
©  Penilaian Kompetensi Spiritual
§  Observasi
§  Jurnal
§  Penilaian diri sendiri
§  Teman sebaya
©  Penilaian Kompetensi Sosial
§  Observasi
§  Jurnal
§  Penilaian diri sendiri
§  Teman sebaya
©  Penilaian Kompetensi Pengetahuan
§  Tes Tertulis
-          Pilihan ganda
-          Uraian/esai
§  Tes Lisan
©  Penilaian Kompetensi Keterampilan
§  Proyek, pengamatan, wawancara
§  Portofolio / unjuk kerja
§  Produk, hasil karya

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik:
©  Menelaah Struktur Pantun
©  Menelaah Struktur dan Bahasa Gurindam
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto berikut ini
v  Mengamati
Mempelajari buku teks dan sumber lain, menyimak tayangan/demo/materi tentang
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
©  Peserta didik diminta untuk membaca Pantun ada halaman 178
©  Peserta didik diminta untuk membaca gurindam pada halaman 178
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
©  Menelaah Struktur Pantun
©  Menelaah Struktur dan Bahasa Gurindam
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
©  Menelaah Struktur Pantun
©  Menelaah Struktur dan Bahasa Gurindam
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
©  Menelaah Struktur Pantun
©  Menelaah Struktur dan Bahasa Gurindam
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium computer sekolah, perpustakaan, untuk mencari dan membaca artikelatupaun materi yang berhubungan dengan
©  Menelaah Struktur Pantun
©  Menelaah Struktur dan Bahasa Gurindam
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
©  Menelaah Struktur Pantun
©  Menelaah Struktur dan Bahasa Gurindam
v  Mempraktekan
v  Aktivitas
©  Peserta didik diminta untuk berhitung 1 s/d 6 lalu menelaah pantun sesuai dengan nomor yang diterima
©  Peserta didik diminta untuk Telaahlah gurindam di atas  dari segi  struktur penyajian, jenis kalimat yang digunakan,  dan hubungan isi antarlarik
v  Saling tukar informasi tentang  :
©  Menelaah Struktur Pantun
©  Menelaah Struktur dan Bahasa Gurindam
v  dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
v  Mendiskusikan
Peserta didik diminta berdiskusi dalam kelompok untuk membahas mengenai
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
12)  Membuat kesimpulan tentang masalah dan solusinya
13)  Mengaitkan dengan konsep dan masalah lainnya
14)  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
15)  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
16)  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
17)  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
18)  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
©  Menelaah Struktur Pantun
©  Menelaah Struktur dan Bahasa Gurindam
19)  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
20)  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
21)  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
©  Menelaah Struktur Pantun
©  Menelaah Struktur dan Bahasa Gurindam
22)  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
©  Menelaah Struktur Pantun
©  Menelaah Struktur dan Bahasa Gurindam
antara lain dengan :
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit

3. Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu :
©  Menelaah Struktur Pantun
©  Menelaah Struktur dan Bahasa Gurindam
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materitema// projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
·         Menelaah Struktur dan Aspek Kebahasaan pada Syair
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
v  Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan pada pertemuan ini berupa:
©  Penilaian Kompetensi Spiritual
§  Observasi
§  Jurnal
§  Penilaian diri sendiri
§  Teman sebaya
©  Penilaian Kompetensi Sosial
§  Observasi
§  Jurnal
§  Penilaian diri sendiri
§  Teman sebaya
©  Penilaian Kompetensi Pengetahuan
§  Tes Tertulis
-          Pilihan ganda
-          Uraian/esai
§  Tes Lisan
©  Penilaian Kompetensi Keterampilan
§  Proyek, pengamatan, wawancara
§  Portofolio / unjuk kerja
§  Produk, hasil karya

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik:
©  Menelaah Struktur dan Aspek Kebahasaan pada Syair
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto berikut ini
v  Mengamati
Mempelajari buku teks dan sumber lain, menyimak tayangan/demo tentang materi pokok tentang
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan ;
©  Menelaah Struktur dan Aspek Kebahasaan pada Syair
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
©  Menelaah Struktur dan Aspek Kebahasaan pada Syair
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
©  Menelaah Struktur dan Aspek Kebahasaan pada Syair
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
©  Menelaah Struktur dan Aspek Kebahasaan pada Syair
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
©   
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium computer sekolah, perpustakaan, untuk mencari dan membaca artikelatupaun materi yang berhubungan dengan
©  Peserta didik dimintas untuk membaca kotak info yang berada pada halaman 181 s/d 184
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
©  Menelaah Struktur dan Aspek Kebahasaan pada Syair
v  Mempraktekan
v  Aktivitas
v  Saling tukar informasi tentang  :
©  Menelaah Struktur dan Aspek Kebahasaan pada Syair
v  dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
v  Mendiskusikan
Peserta didik diminta berdiskusi dalam kelompok untuk membahas mengenai
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
23)  Membuat kesimpulan tentang masalah dan solusinya
24)  Mengaitkan dengan konsep dan masalah lainnya
25)  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
26)  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
27)  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
28)  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
29)  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
©  Menelaah Struktur dan Aspek Kebahasaan pada Syair
30)  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
31)  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
32)  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
33)  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
©  Menelaah Struktur dan Aspek Kebahasaan pada Syair
antara lain dengan :
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit

I.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.    Teknik Penilaian
a.       Sikap (Spiritualdan Sosial)
1)    Observasi (jurnal)
2)    Penilaian diri
3)    Penilaian antarteman

b.      Pengetahuan
1)      Ter tertulis

c.       Keterampilan
1)   Kinerja

2.      Instrumen Penilaian
a.      Pertemuan Pertama (Terlampir)
b.      Pertemuan Kedua (Terlampir)
c.       Pertemuan Ketiga (Terlampir)
3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Remedial
1)        Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
2)        Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
©  Kata penghubung yang sering digunakan pada puisi rakyat
©  Kata penghubung tujuan
©  Kata penghubung sebab (kausal)
©  Kata penghubung akibat
b.      Pengayaan
1)        Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
2)        Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
3)        Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
©  Kalimat Tunggal dan Kalimat Majemuk
©  Kalimat majemuk hubungan perbandingan



                                                                                                   ……………, 02  januari 2019

Mengetahui
Kepala SMPN/S                                                   Guru Mata Pelajaran




……………………………………                       …………………………………….
NIP/NRK.                                                            NIP/NRK.




/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}