RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP ke- 1 )
Sekolah : SMPN 4 Sodonghilir
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII/ Satu
Materi Pokok :
Cerita Fantasi
Alokasi Waktu : 2 x Pertemuan (6 JP)
A. Kompetensi Inti
KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI-2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi)
yang dibaca dan didengar
|
3.3.1 Menjelaskan ciri tokoh, latar,
alur, dan tema pada cerita fantasi dan menunjukan buktinya pada teks yang
dibaca/didengar
3.3.2 Menentukan
jenis cerita fantasi dan menunjukan bukti pada teks
yang dibaca dan didengar
|
4.3
Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita imajinasi) yang didengar
dan dibaca secara lisan, tulis, dan visual
|
4.3.1
Menyimpulkan tokoh dan latar cerita fantasi
4.3.2 Menyimpulkan
urutan cerita fantasi
4.3.3 Menceritakan kembali cerita fantasi isi cerita fantasi lisan/tulis
|
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Setelah menyaksikan
video cerita fantasi, peserta
didik dapat:
1.
Menentukan karakter
tokoh
dengan tepat
2.
Menentukan
latar dengan tepat
3.
Menentukan
alur dengan
tepat
4.
Menentukan
tema dengan tepat
5.
Menentukan jenis
cerita fantasi
Fokus penguatan karakter
1.
bekerja sama
2.
jujur
3.
teliti
Pertemuan
kedua
Setelah membaca cerita fantasi, secara kelompok peserta didik dapat:
1.
Menentukan tokoh dan
latar dengan tepat
2.
Menyusun alur cerita fantasi
3.
Menceritakan kembali isi
cerita fantasi
Fokus Pengembangan
Karakter
1. Percaya diri
2. Kreativitas berbahasa
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
(1) Fakta
a. Video cerita fantasi
(2) Konsep
a.
Pengertian ceita
fantasi
b.
Ciri umum teks narasi
c.
Unsur intrinsik cerita
fantasi
d.
Jenis-jenis teks narasi
(3) Prosedur
a. Menceritakan kembali isi cerita fantasi secara
berkelompok
2.
Materi
pembelajaran Pengayaan
Menceritakan kembali isi cerita fantasi yang
ditonton
3.
Materi Pembelajaran Remidial
Menceritakan kembali secara berantai isi teks cerita fantasi
E. Metode
Pembelajaran
1. Pedagogi Genre
2. Pendekatan saintifik
F. Media dan Bahan
a. Media
1)
Tayangan Video Cerita Fantasi
2)
Buku teks
3)
Tabel telaah unsur-unsur teks Fantasi
4)
Tabel telaah jenis teks Fantasi
5)
LK pemandu kegiatan
b. Bahan
1) Laptop dan plas disk
2) Projector
G. Sumber Belajar
Harsiati, Titik. 2016. Buku Peserta
didik Bahasa Indonesia Kelas VII
SMP/M.Ts. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
---------. 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/M.Ts. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
Permendikbud
No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. 30 Novemner 2015.
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama (3 JP)
Kegiatan
Pendahuluan (10
menit)
a.
Guru
mengucapkan
salam.
b.
Guru bertanya jawab
tentang bentuk cerita fantasi
c.
Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai,
yaitu menjelaskan ciri tokoh, latar, alur, dan tema pada cerita fantasi.
d.
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi
dan kegiatan yang akan dilakukan.
e.
Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu
pengetahuan dan keterampilan.
Kegiatan Inti (100
menit)
a.
Peserta didik
berkelompok sesuai dengan kelompok belajar bahasa Indonesia
b.
Peserta didik mengamati
tayangan video cerita fantasi
c.
Peserta didik secara
berkelompok mencatat unsur-unsur cerita
fantasi dari tayangan
video
cerita fantasi
d. Peserta didik membuat daftar pertanyaan mengenai hal yang belum diketahui dari teks
cerita fantasi
e. Peserta didik bersama kelompoknya menggunakan buku teks
untuk menjawab pertanyaan yang sudah
disusun
f. Peserta didik yang mengalami
kesulitan mendapatkan bimbingan khusus dari guru.
g.
Peserta
didik berdiskusi mengerjakan LK yang disediakan guru
h. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
secara bergiliran, kelompok lain menanggapinya. Hasil diskusi terbaik dipajang
di papan pajangan.
i.
Peserta didik mencermati penguatan
tentang ciri umum cerita fantasi yang disampaikan guru
Kegiatan
Penutup (10 menit)
a.
Dengan bimbingan guru peserta didik meriviu materi yang sudah dipelajari
b.
Peserta didik dan guru merefleksi proses dan hasil pembelajaran.
c.
Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pembelajaran.
d.
Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan
pada pertemuan berikutnya, yaitu menceritakan kembali isi teks cerita fantasi.
Pertemuan Kedua (3 JP)
Kegiatan
Pendahuluan (10
menit)
a.
Guru
mengondisikan
susasana belajar yang menyenangkan.
b.
Guru mengecek
penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu ciri umum cerita fantasi
dan jenis cerita fantasi
c.
Guru menyampaikan
kegiatan pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu menceritakan
kembali isi cerita fantasi.
Kegiatan Inti (100
menit)
a. Peserta didik mengamati
teks cerita fantasi berjudul “Ruang
Dimensi Alpha” pada buku siswa.
b. Peserta didik membuat daftar pertanyaan mengenai hal yang belum diketahui dari teks
cerita fantasi berjudul “Ruang Dimensi Alpha” yang diamati.
c. Dengan bimbingan guru,
peserta didik bersama kelompoknya
menggunakan buku teks untuk menyusun
alur cerita fantasi berjudul “Ruang Dimensi Alpha”
d. Peserta didik yang mengalami
kesulitan mendapatkan bimbingan khusus dari guru.
e. Peserta didik secara
bergiliran menceritkan kembali teks cerita fantasi berjudul “Ruang
Dimensi Alpha” dengan bahasa sendiri, siswa lain memperhatikan.
f. Guru menilai praktik peserta didk dalam
menceritakan kembali teks cerita fantasi berjudul “Ruang Dimensi Alpha”
g.
Kegiatan
Penutup (10 menit)
e.
Dengan bimbingan guru peserta didik meriviu materi yang sudah dipelajari
f.
Peserta didik dan guru
merefleksi proses dan hasil pembelajaran.
g.
Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pembelajaran.
h.
Peserta didik mendapat tugas menyusun alur secara mandiri
i.
Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan
pada pertemuan berikutnya, yaitu menelaah struktur dan
kebahasaan teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar.
I. Penilaian
1. Teknik
penilaian
a. Sikap (spiritual dan sosial)
1) Observasi (jurnal)
b. Pengetahuan
2) Tes tertulis
c. Keterampilan
1) Praktik
2.
Instrumen
Penilaian
Pertemuan pertama
a.
Sikap
Spiritual
1)
Jurnal
Jurnal Perkembangan
Sikap spiritual
Nama sekolah :
SMPN 4
Sodonghilir
Kelas Semester : VII/Semester I
Tahun Pelajaran :
2017/2018
No
|
Waktu
|
Nama siswa
|
Catatan pribadi
|
Butir sikap
|
Ttd
|
Tindak lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
b.
Sikap
Sosial
Jurnal Perkembangan
Sikap Sosial
Nama sekolah :
SMPN 4
Sodonghilir
Kelas Semester : VII/Semester I
Tahun Pelajaran :
2017/2018
No
|
Waktu
|
Nama siswa
|
Catatan pribadi
|
Butir sikap
|
Ttd
|
Tindak lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
c.
Pengetahuan
1)
Kisi-kisi penilaian pengetahuan
NO
|
Kopetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
Jml Soal
|
|
Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi)
yang dibaca dan didengar
|
Unsur instrinsik (Tokoh, latar ,alur pada Teks
Cerita Fantasi)
|
· Menentukan
karakter tokoh.
· Menetukan
latar
· Menetukan
alur pada cerita narasi (cerita fantasi)
· Menentukan
keajaiban yang dimunculkan
· Menentukan
pesan cerita fantasi
· Menyimpulkan
ciri umum cerita fantasi
|
Uraian singkat
|
5
buah
|
Soal
Pengetahuan
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
soal
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
Tentukan karakter tokoh,latar, pada tayangan cerita fantasi
|
|
|
Tentukan keajaiban tokoh dan
peristiwa ajaib yang dialami tokoh pada tayangan cerita fantasi
|
|
|
Tentukan apa ciri alur dan latar pada
cerita fantasi
|
|
|
Tentukan pesan dari cerita fantasi
|
|
|
Simpulkan ciri umum cerita
fantasi. Diskusikan dalam kelompokmu
|
Silahkan
perhatikan tayangan video cerita fantasi!
1.
Tentukan karakter tokoh, latar, pada tayangan cerita
fantasi!
2.
Tulislah keajaiban
tokoh dan peristiwa yang dialami pada tokoh!
3.
Tentukan apa ciri alur
dan latar pada cerita fantasi?
4.
Tentukan pesan dari cerita fantasi
5.
Simpulkan ciri umum
cerita fantasi. Diskusikan dalam kelompokmu!
Pedoman penskoran
No.
|
Aspek
|
Deskriptor
|
Skor
|
1
|
Tentukan karakter
tokoh,latar, pada tayangan cerita fantasi
|
·
Dapat menentukan karkater tokoh, latar, dengan
tepat.
·
Dapat menentukan karkater tokoh, latar
kurang tepat.
·
Dapat menentukan karkater tokoh, latar
tidak tepat.
·
Siswa tidak menjawab
soal.
|
3
2
1
0
|
2
|
Tentukan keajaiban tokoh dan peristiwa ajaib yang dialami tokoh pada
tayangan cerita fantasi
|
·
Dapat menentukan keajaiban tokoh dan
peristiwa yang dialami tokoh dengan tepat.
·
Dapat menentukan keajaiban tokoh dan
peristiwa yang dialami tokoh kurang tepat.
·
Dapat menentukan keajaiban tokoh dan
peristiwa yang dialami tokoh tidak tepat.
·
Siswa tidak menjawab
soal.
|
3
2
1
0
|
3
|
Tentukan apa ciri alur dan latar pada cerita fantasi
|
·
Dapat menentukan ciri
alur dan latar pada cerita fantasi dengan tepat
·
Dapat menentukan ciri
alur dan latar pada cerita fantasi dengan kurang tepat
·
Dapat menentukan ciri
alur dan latar pada cerita fantasi tidak tepat
·
Siswa tidak menjawab
soal
|
3
2
1
0
|
4
|
Tentukan pesan dari cerita fantasi
|
·
Dapat menentukan
pesan dari cerita fantasi dengan tepat
·
Dapat menentukan
pesan dari cerita fantasi kurang tepat
·
Dapat menentukan
pesan dari cerita fantasi tidak tepat
·
Siswa tidak menjawab
soal
|
3
2
1
0
|
5
|
Simpulkan ciri
umum cerita fantasi. Diskusikan dalam kelompokmu
|
·
Dapat menyimpulkan
ciri umum cerita fantasi dengan tepat
·
Dapat menyimpulkan
ciri umum cerita fantasi kurang tepat
·
Dapat menyimpulkan
ciri umum cerita fantasi tidak tepat
·
Siswa tidak menjawab
soal
|
3
2
1
0
|
Pedoman penilaian kompetensi keterampilan
Skor =
jumlah perolehan angka keseluruhan
Nilai =
skor yang diperoleh x 100
Skor maksi
Lembar Kerja Siswa 1
Menemukan Tokoh dan karakter Tokoh Teks Narasi
Judul :
Tokoh
|
Perilaku
|
Simpulan Watak Tokoh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tokoh :
Pelaku yang menggerakkan cerita
Watak Tokoh: Sifat dasar tokoh, yang dapat diamati dari
dialog antar tokoh, tanggapan tokoh lain, pikiran-pikiran tokoh.
|
Lembar Kerja Siswa 2
Menemukan
Setting/Latar
Judul :
Tempat
|
Waktu
|
Suasana Cerita
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar Kerja Siswa 3
Menemukan Keajaiban
Hal
|
Bukti pada cerita fantasi
|
Kejaiban
tokoh
|
|
Peristiwa
aneh/gaib
|
|
Lembar Kerja
Siswa 4
4.
Menentukan ciri alur
dan latar
Hal
|
Ciri
|
Alur
|
|
Latar
|
|
Lembar Kerja Siswa 5
5.
Menemukan
Tema/Amanat/Pesan
Judul :
Simpulan Tema
|
Pesan/Amanat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tema: ide yang mendasari cerita
Amanat/pesan: nilai-nilai moral yang ingin disampaikan
oleh penulis
|
Lembar Kerja Siswa 6
6.
Simpulan ciri umum
cerita fantasi
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kisi-kisi
penilaian Keterampilan
NO
|
Kopetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Petunjuk
|
Jml Soal
|
|
Menceritakan
kembali isi teks narasi (cerita imajinasi) yang didengar dan dibaca secara
lisan, tulis, dan visual
|
Cara menyusun alur cerita fantasi
|
a. menyusun alur cerita fantasi
|
Susunlah alur cerita fantasi berjudul “Ruang Dimensi Alpha”
|
1 buah
|
b. menceritakan
kembali cerita fantasi
|
Ceritakan kembali
cerita fantasi berjudul “Ruang Dimensi Alpha”
|
1 buah
|
d. Soal
keterampilan
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
soal
|
Tes praktik
|
Tugas
|
Susunlah alur cerita yang
terdapat pada teks Cerita Fantasi berjudul “Ruang Dimensi Alpha”
|
Tugas
|
Ceritakan kembali teks Cerita Fantasi berjudul “Ruang Dimensi Alpha”
|
Rubrik
penilaian dan Pedoman penskoran
Aspek
|
skor
|
|||
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Kelengkapan tahapan alur ( perkenalan, penampilan
masalah, klimaks anti klimak dan penyelesaian)
|
Lima
tahapan alur terpenuhi
|
empat
tahapan alur terpenuhi
|
tiga
tahapan alur terpenuhi
|
dua
tahapan alur terpenuhi
|
Kelacaran
dalam penyampaian
|
Sangat
lancar dan sesuai dengan alur cerita
|
lancar dan sesuai dengan alur cerita
|
Kurang
lancar lancar dan sesuai dengan alur cerita
|
Tidak lancar dan sesuai dengan alur cerita
|
Lafal
|
Sangat jelas
|
Jelas
|
Kurang
jelas
|
Tidak
jelas
|
intonasi
|
Sangat
tepat
|
tepat
|
Kurang tepat
|
tidak tepat
|
Gestur
|
Sesuai
|
Cukup
sesuai
|
Kurang Sesuai
|
Tudak
Sesuai
|
Mengetahui
Kepala
SMPN 4 Sodonghilir
Hj.
SURYAKANIA,S.Pd.,M.Pd
NIP.
19661030 198803 2 008
|
Sodonghilir, Juli 2017
Guru
Mata Pelajaran,
LINA
NURHIDAYAH,S.Pd.
NIP.
|
,
0 komentar:
Post a Comment