RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 4 Sodonghilir
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IX/ Ganjil
Materi Pokok : Pewarisan Sifat
pada Makhluk Hidup
Alokasi Waktu : 11 Jam Pelajaran
@40 Menit
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
3.3 Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam
pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup
|
3.3.1. Mengidentifikasi faktor pembawa sifat
keturusan (materi genetis)
3.3.2. Menjelaskan peran gen dalam pewarisan sifat
3.3.3 Mengidentifikasi jumlah dan tipe kromosom pada
makhluk hidup
3.3.4 Menjelaskan hukum
Mendel
3.3.5 Menjelaskan istilah-istilah dalam pewarisan
sifat
3.3.6. Menjelaskan cara persilangan sifat
antara 2 individu dengan 1 sifat beda
3.3.7 Menjelaskan cara persilangan sifat antara 2
individu dengan 2 sifat beda
3.3.8 Menjelaskan manfaat pewarisan sifat bagi
makhluk hidup
3.3.9 Menerapkan konsep pewarisan sifat untuk
pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup
3.3.10 Menganalisis contoh persilangan dengan dua
sifat beda
|
4.3 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari
berbagai sumber terkait tentang tanaman dan hewan hasil pemuliaan
|
4.3.1 Menyajikan poster hasil
penelusuran informasi dari berbagaisumber terkait tentang tanaman dan hewan hasil pemuliaan
|
Fokus pengembangan Nilai Karakter
1.
Religius
2.
Disipilin
3.
Kreatif
4.
Tanggung jawab
5.
Kerja sama
C. Tujuan
Pembelajaran
-
Melalui
diskusi peserta didik dapat menerapkan
konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup dengan
benar
D. Materi
Pembelajaran
1.
Materi
Pembelajaran Reguler
a. Fakta:
Pertemuan
ke 1
Ø Molekul yang mendasari
pewarisan sifat
-
Materi
genetik
-
Gen
dan pewarisan sifat
-
Jumlah
dan tipe kromosom pada makhluk hidup
Ø Peranan materi genetik
dalam penentuan sifat
-
Struktur
kromosom
Pertemuan
ke 2
Ø Hereditas dan hukum
Mendel
-
Istilah
dalam pewarisan sifat
-
Persilangan monohibrid
-
Persilangan dihibrid
Pertemuan
ke 3
Ø Penerapan pewarisan sifat
dalam pemuliaan makhluk hidup
-
Pewarisan
sifat dalam pemuliaan tumbuhan
-
Pewarisan
sifat dalam pemuliaan hewan
b. Konsep
Ø konsep
pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup
c. Prinsip
Ø Pewarisan
sifat pada makhluk hidup dan molekul yang mendasari pewarisan sifat pada
makhluk hidup
d. Prosedur
Ø Hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman dan
hewan hasil pemuliaan
2. Materi
pembelajaran remedial
Ø Persilangan monohibrid dan
dihibrid
3. Materi
pembelajaran pengayaan
Ø Penentuan
Golongan Darah
Ø Kanker
E.
Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Discovery
Learning, Inkuiri Learning, PBL
Metode : Tanya jawab, wawancara,
dan diskusi
F. Media
/ alat,Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/alat:
à Media
LCD projector,
à Laptop,
à Bahan Tayang
2.
SumberBelajar
à Buku
teks pelajaran yang relevan
à Buku
Guru Mata Pelajaran IPAkelas 9Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2018.
à Buku
siswa Mata Pelajaran IPAkelas 9 Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
à Modul/bahan
ajar,
à internet,
à Sumber
lain yang relevan
G.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 40 menit )
|
Waktu
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Apersepsi
Motivasi
Pemberian Acuan
|
10
menit
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti
|
100
menit
|
||||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Guru :
|
10
menit
|
2. Pertemuan Ke-2 ( 4 x 40 menit )
|
Waktu
|
||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan
Guru
Apersepsi
Motivasi
Pemberian Acuan
|
10
menit
|
||||||||||||
Kegiatan Inti
|
140
menit
|
||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta
didik :
Guru :
|
10
menit
|
4. Pertemuan Ke-3 ( 4 x 40
menit )
|
Waktu
|
||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru
Apersepsi
Motivasi
Pemberian
Acuan
|
10
menit
|
||||||||||||
Kegiatan Inti
|
100
menit
|
||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Guru :
|
10
menit
|
H.
Penilaian Hasil
Pembelajaran
1. Teknik
Penilaian
a. Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
1)
Tes
Tertulis
Ø Uraian/esai
2)
Tes
Lisan
Ø Tes
lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b. Penilaian
Kompetensi Keterampilan
1)
Proyek,
pengamatan
2)
Produk,
c. Penilaian
Sikap
Jurnal
penilaian sikap
2. Instrumen
Penilaian
Terlampir
3. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a.
Remedial
v Remidial dapat diberikan
kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang
sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum
mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v Guru memberi semangat
kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).
Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM
(Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
Ø Pewarisan
sifat pada makhluk hidup dan molekul yang mendasari pewarisan sifat pada
makhluk hidup
b.
Pengayaan
v Pengayaan diberikan untuk
menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat
diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai
Kompetensi Dasar.
v Pengayaan dapat
ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v Direncanakan berdasarkan
IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
Ø Penentuan Golongan Darah
Ø Kanker
Sodonghilir, 16 Oktober 2019
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMP N 4 Sodonghilir Guru
Mata Pelajaran
Makih Yustiono, S.Pd,.M.Pd
Dina Suci Wahyuni, S.pd
NIP.
19640711 198903 1 009 NIP/NRK.
LAMPIRAN
LKPD 1
LEMBAR OBSERVASI SIFAT FISIK TEMAN
NO
|
SIFAT YANG DIAMATI
|
SISWA I
( )
|
SISWA II
( )
|
1
|
Warna kulit (hitam, putih, coklat)
|
||
2
|
Lesung pipi (ada / tidak ada)
|
||
3
|
Lidah (bisa digulung / tidak bisa digulung)
|
||
4
|
Ibu jari (dapat dilengkungkan / tidak dapat dilengkungkan)
|
||
5
|
Tinggi badan ( tinggi / pendek)
|
||
6
|
Golongan darah ( A, B, AB, O)
|
||
7
|
Cuping telinga ( menempel / menggantung )
|
Ket : tinggi badan
dibandingkan dengan saudara kandung
LKPD 2
PERSILANGAN DENGAN 1 SIFAT BEDA
Tujuan :
1.
Memahami istilah-istilah dalam
persilangan proses pewarisan sifat
2.
Memahami cara persilangan 2
individu dengan 1 sifat beda
Cara kerja :
1.
Kerjakanlah persilangan yang
terdapat dalam LKPD ini di kertas plano
2.
Jawablah pertanyaan yang
disediakan
Soal persilangan
Dilakukan
persilangan antara bunga mawar merah dan bunga mawar putih.
P1 Merah (MM) ><
Putih (mm)
Tuliskan
langkah-langkah persilangan sampai dihasilkan F2.
1.
Tentukan perbandingan genotip yang
terbentuk pada F2
2.
Tentukan perbandingan fenotip yang
terbentuk pada F2
Pertanyaan :
1.
Apakah yang kamu ketahui
sebenarnya dari MM/Mm/mm?
2.
Apakah perbedaan antara MM dengan
m atau Mm dengan M/m?
3.
Jelaskan arti dari P1, P2, F1 dan
F2!
4.
Jelaskan perbedaan genotip dan
fenotip menggunakan kalimatmu sendiri!
5.
Mengapa dalam pewarisan sifat
perlu diketahui sifat dominan dan resesif?
LKPD 3
PERSILANGAN DENGAN 2 SIFAT BEDA
Tujuan :
1.
Memahami istilah-istilah dalam
persilangan proses pewarisan sifat
2.
Memahami cara persilangan 2
individu dengan 2 sifat beda
Cara kerja :
1.
Kerjakanlah persilangan yang
terdapat dalam LKPD ini di kertas plano
2.
Jawablah pertanyaan yang
disediakan
Soal persilangan
Dilakukan
persilangan antara kelinci rambut hitam kasar dengan kelinci rambut putih
halus. Rambut hitam dominan terhadap rambut putih, dan rambut kasar dominan
terhadap rambut halus.
P1 HHRR
>< hhrr
Tuliskan
langkah-langkah persilangan sampai dihasilkan F2.
1.
Tentukan perbandingan genotip yang
terbentuk pada F2
2.
Tentukan perbandingan fenotip yang
terbentuk pada F2
Penilaian Presentasi
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Hasil
Identifikasi
|
||||
2.
|
Akurasi
Analisis
|
||||
3.
|
Materi
Presentasi
|
||||
4.
|
Penampilan
|
||||
Nilai
Total
|
|||||
Keterangan
Sempurna : 4
Kurang Sempurna : 2
– 3
Tidak Sempurna : 1
|
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP PESERTA DIDIK
Nama Satuan Pendidikan :………………………..
Tahun
Pelajaran :………………………..
Kelas/Semester :
………………………..
Mata
Pelajaran :
IPA
No
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Tindak
Lanjut
|
TTD
|
Pilihlah salah satujawaban yang paling tepat!
1.
Dibawah
ini yang merupakan suatu faktor pembawa sifat yang diwariskan dari induk
terhadap keturunannyaialah…..
A.
Gen B. Nukleus C. Lokus D. Alel
2.
Gen
terletak dalam benang kromosom dalam ruang- ruang yang disebut .....
A.
Alel B. Lokus C. Aster D. Sentromer
3.
Di bawah ini jumlah kromosom pada
manusia yaitu.....
A.
42 B. 44 C. 46 D.
48
4.
Gamet dari marmut bergenotipe
heterozigot KkHh adalah....
A.
KH , Kh, Kh, kh C.
KH, KH, kh, K
B.
kH, kh, KH, kh D.
Kh, kh, Kh, kH
5.
Yang bukan termasuk istilah
pewarisan sifat dari pernyataan di bawah ini adalah....
A.
Kromosm B. Haemofilia C. Genotif D.
Dominan
6.
Disilangkan bunga berwarna merah
dengan genotipe MM dengan bunga berwarna putih bergenotipe mm, maka jumlah
mawar putih pada F2 adalah.....
A.
4 B.
3 C. 2 D. 1
7.
Disilangkan kelinci rambut hitam
kasar HHKK dengan kelinci rambut putih halus hhkk. Tentukan persentase genotipe
kelinci berbulu hitam halus dan kelinci berbulu putih halus pada keturunan F2
nya....
A.
56,25% dan 18,75% C. 6,25%
dan 18,75%
B.
18,75% dan 6,25% D. 18,75 dan 56,25%
8.
Seorang ayah buta warna XcbY
menikah dengan seorang wanita cerier buta warna XcbX dan memiliki 8
anak. Tentukan berapa anak yang buta warna dari ke 8 anak tersebut
A.
6 B. 4 C.
2 D.
1
9.
Persilangan
antara tanaman padi bulir besar, berumur
panjang ( BBPP ) dengan tanaman padi bulir kecil berumur pendek ( bbpp ) adalah
sebagai berikut:
P: BBPP x bbpp
G: BP bp
F1: BbPp ( Bulir besar, umur
panjang )
P2: BbPp x BbPp
G: BP, Bp, bP, bp BP, Bp, bP, bp
BP
|
Bp
|
bP
|
bp
|
|
BP
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Bp
|
5
|
6
|
7
|
8
|
bP
|
9
|
10
|
11
|
12
|
bp
|
13
|
14
|
15
|
16
|
Bila sifat bulir
besar dan berumur pendek merupakan sifat – sifat unggul, genotipe pada F2 yang
paling baik disilangkan untuk mendapatkan bibit unggul adalah genotipe....
dengan genotipe .....
a. 1 x 16
b. 4 x 13
c. 6 x 14
d.
11 x 12
10. Disilangkan kacang ercis bulat kuning (BBkk) dengan ercis kisut
hijau ( bbKK). Bulat dominan terhadap kisut, dan hijau dominan terhadap
kuning. Dari persilangan di atas jumlah
individu yang mempunyai fenotipe bulat hijau adalah sebagai berikut......
a. 9
b. 6
c. 3
d. 1
URAIAN
1.
Disilangkan
tanaman padi bulir besar umur panjang BBPP dengan tanaman padi bulir kecil
berumur pendek bbpp. Tentukan genotipe bibit unggul dari hasil persilangan
tersebut!
BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT : KUMPULAN TAGIHAN TUGAS LK PKP BERBASIS ZONASI
0 komentar:
Post a Comment