LEMBAR
KERJA DAN RUBRIK
IN 1:
LK-1 Kajian
Konsep HOTS
Tujuan :
Setelah
mengerjakan Lembar Kerja ini diharapkan peserta mampu mengidentifikasi dimensi
pengetahuan, dimensi proses berpikir, dan proses keterampilan serta aspek HOTS
berdasarkan bahan bacaan.
Langkah-langkah:
1.      Mengkaji konsep HOTS mengunakan LK-1a dengan langkah
sebagai berikut:
a.        
Cermatilah contoh video pembelajaran HOTS!
b.       
Tulislah unsur HOTS dalam pembelajaran
tersebut!
2.      Melakukan Analisis KD Pengetahuan dan Keterampilan mengunakan lembar
kegiatan (LK-1b sampai LK-1d) dengan cara:
1.      Untuk jenjang SD (Tematik Terpadu) : memilih KD berpasangan pada satu
pembelajaran (PB) pada salah satu sub tema yang diajarkan pada semester yang
sedang berjalan!
2.      Untuk jenjang SMP/SMA/SMK  (Mata
Pelajaran): memilih KD berpasangan pada semester yang sedang berjalan!
3.      Tulislah pasangan KD dan tentukan target dari KD Pengetahuan dan KD
Keterampilan pada LK-1.b!
4.      Tentukan tingkat kompetensi dari KD pengetahuan berdasarkan pada dimensi
pengetahuan dan proses berfikir pada sumbu simetris KD pengetahuan serta
menentukan gradasi Kata Kerja Operasional (KKO) IPK pada LK-1.c!
5.      Tentukan IPK dan materi pembelajaran dari KD Pengetahuan dan KD
Keterampilan pada LK-1.d!
 
 
   LK-1a Analisis Video
Pembelajaran
Identifikasi
kegiatan pembelajaran PPK, Lietarasi dan HOTS pada Lk berikut!
| 
   
Kegiatan Pembelajaran HOTS 
 | 
 |
| 
   
PPK 
 | 
  
   
Siswa menyalami guru 
Guru memberi salam 
Berdo’ac sebelum
  belajar 
Mendo’akan teman 
Membantu guru
  melakukan percobaan 
 | 
 
| 
   
Literasi 
 | 
  
   
Siswa membaca materi pelajaran sebelum praktikum 
Siswa melakukan percobaan 
Mengamati nasi yang dihaluskan dan perubahan warna
  yang terjadi  
Mengisi tabel data pengamatan 
Searching internet 
 | 
 
| 
   
Transfer Knowledge 
(kegiatan
  Pembelajaran yang menggambarkan TK (c4-c6)) 
 | 
  
   
Guru bertanya untuk apa sarapan 
Mengapa kita lapar lagi 
Uji makanan  
Menyimpulkan ukuran makanan dan pencernaan 
 | 
 
| 
   
Critical thinking, Creativity 
(kegiatan
  Pembelajaran yang menggambarkan CC) 
 | 
  
   
Merumuskan pertanyaan dari percobaan 
Menyusun hipotesis/prediksi 
Menyusun pertanyaan 
  dan menuliskannya 
 | 
 
| 
   
Problem Solving 
(kegiatan
  Pembelajaran yang menggambarkan PS) 
 | 
  
   
Melakukan percobaan 
 | 
 
LK
1b – 1d
Mata
Pelajaran/Tema/Sub Tema           : Pewarisan
Sifat
Kelas                                                   :
IX
Kompetensi
Inti                                   : Menerapkan
konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup
LK-1b.
Pasangan
KD dan Target dari KD pengetahuan dan Keterampilan
| 
   
KD Pengetahuan :  
Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam
  pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup 
Target KD Pengetahuan :  
Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan
  makhluk hidup 
Menerappkan konsep pewarisan sifat dalam
  kelangsungan makhluk hidup 
 | 
  
   
KD Keterampilan :  
Menyajikan hasil penelusuran informasi dari
  berbagai sumber terkait tentang tanaman dan hewan hasil pemuliaan 
Target KD Keterampilan : 
Menyajikan hasil penelusuran informasi dari
  berbagai sumber terkait tentang tanaman hasil pemuliaan 
Menyajikan hasil penelusuran informasi dari
  berbagai sumber terkait tentang hewan hasil pemuliaan 
 | 
 
LK-1d.
Format Perumusan IPK
  | 
   
No 
 | 
  
   
KD 
 | 
  
   
Tingkat
  Kompetensi KD 
 | 
  
   
Proses
  Berpikir 
(C1-C6) 
Dimensi
  Pengetahuan 
 | 
  
   
IPK 
 | 
  
   
Materi
  dan Sub Materi 
 | 
  
  |
| 
   
1 
 | 
  
   | 
  
  |||||
| 
   | 
  
   
Dimensi Pengetahuan: 
Konseptual 
 | 
  
   
Proses Berpikir dan
  Dimensi Pengetahuan: 
Faktual 
Mengingat 
Konseptual 
Memahami  
Konseptual  
Mengaplikasikan 
Konseptual 
Menganalisis
   
 | 
  
   
IPK Penunjang: 
Mendefinisikan pewarisan
  sifat pada makhluk hidup. 
Menjelaskan struktur DNA dan
  RNA. 
 | 
  
   
Pewarisan
  sifat 
 | 
  
  ||
| 
   
IPK Kunci: 
Menerapkan konsep
  pewarisan sifat dalam pemuliaan makhluk hidup 
Menerappkan
  konsep pewarisan sifat dalam kelangsungan makhluk hidup 
 | 
  
   | 
  
  |||||
| 
   
Proses Berpikir: 
Mengaplikasikan 
 | 
  ||||||
| 
   
IPK Pengayaan:  
Menunjukkan hubungan antara
  kromosom, DNA, dan RNA terhadap karakteristik makhluk hidup. (Tidak Wajib) 
 | 
  
   | 
  
  |||||
| 
   
2 
 | 
  
   
KD Keterampilan 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
  |||
| 
   | 
  
   
Tingkat Keterampilan: 
Presisi 
 | 
  
   
Langkah Proses
  Keterampilan: 
Manipulasi 
Presisi 
Artikulasi 
 | 
  
   
IPK Penunjang: 
Melaksanakan penelusuran
  informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman dan hewan hasil
  pemuliaan 
 | 
  
   | 
  
  ||
| 
   
IPK Kunci: 
Menyajikan poster hasil
  penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman dan hewan
  hasil pemuliaan 
 | 
  
   | 
  
  |||||
| 
   
IPK Pengayaan: Memodifikasi master
  DNA dan RNA 
 | 
  
   | 
  
  |||||
 
 
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
  
              
 
 
    
 
 
   Rubrik
Konsep  HOTS 
Rubrik  ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil
kerja konsep HOTS 
Langkah-langkah
penilaian hasil kajian:
1.     
Cermati tugas yang diberikan kepada peserta
pembekalan pada LK-1!
2.     
Berikan nilai berdasarkan penilaian Anda
terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
Kriteria Penilaian:
1.       
Menuliskan kegiatan integrasi PPK pada video dengan tepat.
2.       
Menuliskan kegiatan integrasi LIterasi pada video dengan tepat.
3.       
Menuliskan kegiatan yang termasuk transfer
knowledge, critical creativity dan
problem solving pada video dengan tepat.
4.       
Menyusun pasangan KD dengan tepat
5.       
Menuliskan sumbu simetri pengetahuan secara tepat
6.       
Merumuskan IPK secara tepat
Rubrik Penilaian:                
| 
   
Nilai 
 | 
  
   
Rubrik 
 | 
 
| 
   
90 < nilai £100 
 | 
  
   
Enam  aspek sesuai dengan kriteria 
 | 
 
| 
   
80 < nilai £90 
 | 
  
   
Lima aspek sesuai dengan
  kriteria, satu aspek kurang sesuai 
 | 
 
| 
   
70 < nilai £80 
 | 
  
   
Empat aspek sesuai dengan
  kriteria, dua aspek kurang sesuai 
 | 
 
| 
   
60 < nilai £70 
 | 
  
   
Tiga aspek sesuai dengan
  kriteria, tiga aspek kurang sesuai 
 | 
 
| 
   
<60 
 | 
  
   
Dua aspek sesuai dengan
  kriteria, empat aspek kurang sesuai 
 | 
 

0 komentar:
Post a Comment