Home » , » LK 1 KAJIAN KONSEP HOTS - TUGAS IN 1 PKP BERBASIS ZONASI

LK 1 KAJIAN KONSEP HOTS - TUGAS IN 1 PKP BERBASIS ZONASI


LEMBAR KERJA DAN RUBRIK

IN 1:

LK-1 Kajian Konsep HOTS


Tujuan :
Setelah mengerjakan Lembar Kerja ini diharapkan peserta mampu mengidentifikasi dimensi pengetahuan, dimensi proses berpikir, dan proses keterampilan serta aspek HOTS berdasarkan bahan bacaan.
Langkah-langkah:
1.      Mengkaji konsep HOTS mengunakan LK-1a dengan langkah sebagai berikut:
a.         Cermatilah contoh video pembelajaran HOTS!
b.        Tulislah unsur HOTS dalam pembelajaran tersebut!
2.      Melakukan Analisis KD Pengetahuan dan Keterampilan mengunakan lembar kegiatan (LK-1b sampai LK-1d) dengan cara:
1.      Untuk jenjang SD (Tematik Terpadu) : memilih KD berpasangan pada satu pembelajaran (PB) pada salah satu sub tema yang diajarkan pada semester yang sedang berjalan!
2.      Untuk jenjang SMP/SMA/SMK  (Mata Pelajaran): memilih KD berpasangan pada semester yang sedang berjalan!
3.      Tulislah pasangan KD dan tentukan target dari KD Pengetahuan dan KD Keterampilan pada LK-1.b!
4.      Tentukan tingkat kompetensi dari KD pengetahuan berdasarkan pada dimensi pengetahuan dan proses berfikir pada sumbu simetris KD pengetahuan serta menentukan gradasi Kata Kerja Operasional (KKO) IPK pada LK-1.c!
5.      Tentukan IPK dan materi pembelajaran dari KD Pengetahuan dan KD Keterampilan pada LK-1.d!

LK-1a Analisis Video Pembelajaran

Identifikasi kegiatan pembelajaran PPK, Lietarasi dan HOTS pada Lk berikut!
Kegiatan Pembelajaran HOTS
PPK
Siswa menyalami guru
Guru memberi salam
Berdo’ac sebelum belajar
Mendo’akan teman
Membantu guru melakukan percobaan
Literasi


Siswa membaca materi pelajaran sebelum praktikum
Siswa melakukan percobaan
Mengamati nasi yang dihaluskan dan perubahan warna yang terjadi
Mengisi tabel data pengamatan
Searching internet

Transfer Knowledge
(kegiatan Pembelajaran yang menggambarkan TK (c4-c6))
Guru bertanya untuk apa sarapan
Mengapa kita lapar lagi
Uji makanan
Menyimpulkan ukuran makanan dan pencernaan


Critical thinking, Creativity
(kegiatan Pembelajaran yang menggambarkan CC)
Merumuskan pertanyaan dari percobaan
Menyusun hipotesis/prediksi
Menyusun pertanyaan  dan menuliskannya
Problem Solving
(kegiatan Pembelajaran yang menggambarkan PS)
Melakukan percobaan

LK 1b – 1d

Mata Pelajaran/Tema/Sub Tema           : Pewarisan Sifat
Kelas                                                   : IX
Kompetensi Inti                                   : Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup

LK-1b. Pasangan KD dan Target dari KD pengetahuan dan Keterampilan

KD Pengetahuan :
Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup

Target KD Pengetahuan :
Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan makhluk hidup
Menerappkan konsep pewarisan sifat dalam kelangsungan makhluk hidup

KD Keterampilan :
Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman dan hewan hasil pemuliaan

Target KD Keterampilan :
Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman hasil pemuliaan
Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait tentang hewan hasil pemuliaan




LK-1d. Format Perumusan IPK

No
KD
Tingkat Kompetensi KD
Proses Berpikir
(C1-C6)
Dimensi Pengetahuan
IPK
Materi dan Sub Materi

1



Dimensi Pengetahuan:
Konseptual

Proses Berpikir dan Dimensi Pengetahuan:
Faktual
Mengingat

Konseptual
Memahami



Konseptual
Mengaplikasikan









Konseptual
Menganalisis
IPK Penunjang:
Mendefinisikan pewarisan sifat pada makhluk hidup.
Menjelaskan struktur DNA dan RNA.
Pewarisan sifat

IPK Kunci:
Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan makhluk hidup
Menerappkan konsep pewarisan sifat dalam kelangsungan makhluk hidup

Proses Berpikir:
Mengaplikasikan
IPK Pengayaan:
Menunjukkan hubungan antara kromosom, DNA, dan RNA terhadap karakteristik makhluk hidup. (Tidak Wajib)


2
KD Keterampilan




Tingkat Keterampilan:

Presisi


Langkah Proses Keterampilan:
Manipulasi









Presisi









Artikulasi

IPK Penunjang:
Melaksanakan penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman dan hewan hasil pemuliaan

IPK Kunci:
Menyajikan poster hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman dan hewan hasil pemuliaan



IPK Pengayaan: Memodifikasi master DNA dan RNA






Rubrik Konsep  HOTS


Rubrik  ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja konsep HOTS
Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.      Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pembekalan pada LK-1!
2.      Berikan nilai berdasarkan penilaian Anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!

Kriteria Penilaian:
1.        Menuliskan kegiatan integrasi PPK pada video dengan tepat.
2.        Menuliskan kegiatan integrasi LIterasi pada video dengan tepat.
3.        Menuliskan kegiatan yang termasuk transfer knowledge, critical creativity dan problem solving pada video dengan tepat.
4.        Menyusun pasangan KD dengan tepat
5.        Menuliskan sumbu simetri pengetahuan secara tepat
6.        Merumuskan IPK secara tepat

Rubrik Penilaian:               
Nilai
Rubrik
90 < nilai £100
Enam  aspek sesuai dengan kriteria
80 < nilai £90
Lima aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
70 < nilai £80
Empat aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
60 < nilai £70
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
<60
Dua aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}