LEMBAR
KERJA DAN RUBRIK
IN 1:
LK-1 Kajian
Konsep HOTS
Tujuan :
Setelah
mengerjakan Lembar Kerja ini diharapkan peserta mampu mengidentifikasi dimensi
pengetahuan, dimensi proses berpikir, dan proses keterampilan serta aspek HOTS
berdasarkan bahan bacaan.
Langkah-langkah:
1. Mengkaji konsep HOTS mengunakan LK-1a dengan langkah
sebagai berikut:
a.
Cermatilah contoh video pembelajaran HOTS!
b.
Tulislah unsur HOTS dalam pembelajaran
tersebut!
2. Melakukan Analisis KD Pengetahuan dan Keterampilan mengunakan lembar
kegiatan (LK-1b sampai LK-1d) dengan cara:
1. Untuk jenjang SD (Tematik Terpadu) : memilih KD berpasangan pada satu
pembelajaran (PB) pada salah satu sub tema yang diajarkan pada semester yang
sedang berjalan!
2. Untuk jenjang SMP/SMA/SMK (Mata
Pelajaran): memilih KD berpasangan pada semester yang sedang berjalan!
3. Tulislah pasangan KD dan tentukan target dari KD Pengetahuan dan KD
Keterampilan pada LK-1.b!
4. Tentukan tingkat kompetensi dari KD pengetahuan berdasarkan pada dimensi
pengetahuan dan proses berfikir pada sumbu simetris KD pengetahuan serta
menentukan gradasi Kata Kerja Operasional (KKO) IPK pada LK-1.c!
5. Tentukan IPK dan materi pembelajaran dari KD Pengetahuan dan KD
Keterampilan pada LK-1.d!
LK-1a Analisis Video
Pembelajaran
Identifikasi
kegiatan pembelajaran PPK, Lietarasi dan HOTS pada Lk berikut!
Kegiatan Pembelajaran HOTS
|
|
PPK
|
Siswa menyalami guru
Guru memberi salam
Berdo’ac sebelum
belajar
Mendo’akan teman
Membantu guru
melakukan percobaan
|
Literasi
|
Siswa membaca materi pelajaran sebelum praktikum
Siswa melakukan percobaan
Mengamati nasi yang dihaluskan dan perubahan warna
yang terjadi
Mengisi tabel data pengamatan
Searching internet
|
Transfer Knowledge
(kegiatan
Pembelajaran yang menggambarkan TK (c4-c6))
|
Guru bertanya untuk apa sarapan
Mengapa kita lapar lagi
Uji makanan
Menyimpulkan ukuran makanan dan pencernaan
|
Critical thinking, Creativity
(kegiatan
Pembelajaran yang menggambarkan CC)
|
Merumuskan pertanyaan dari percobaan
Menyusun hipotesis/prediksi
Menyusun pertanyaan
dan menuliskannya
|
Problem Solving
(kegiatan
Pembelajaran yang menggambarkan PS)
|
Melakukan percobaan
|
LK
1b – 1d
Mata
Pelajaran/Tema/Sub Tema : Pewarisan
Sifat
Kelas :
IX
Kompetensi
Inti : Menerapkan
konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup
LK-1b.
Pasangan
KD dan Target dari KD pengetahuan dan Keterampilan
KD Pengetahuan :
Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam
pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup
Target KD Pengetahuan :
Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan
makhluk hidup
Menerappkan konsep pewarisan sifat dalam
kelangsungan makhluk hidup
|
KD Keterampilan :
Menyajikan hasil penelusuran informasi dari
berbagai sumber terkait tentang tanaman dan hewan hasil pemuliaan
Target KD Keterampilan :
Menyajikan hasil penelusuran informasi dari
berbagai sumber terkait tentang tanaman hasil pemuliaan
Menyajikan hasil penelusuran informasi dari
berbagai sumber terkait tentang hewan hasil pemuliaan
|
LK-1d.
Format Perumusan IPK
No
|
KD
|
Tingkat
Kompetensi KD
|
Proses
Berpikir
(C1-C6)
Dimensi
Pengetahuan
|
IPK
|
Materi
dan Sub Materi
|
|
1
|
|
|||||
|
Dimensi Pengetahuan:
Konseptual
|
Proses Berpikir dan
Dimensi Pengetahuan:
Faktual
Mengingat
Konseptual
Memahami
Konseptual
Mengaplikasikan
Konseptual
Menganalisis
|
IPK Penunjang:
Mendefinisikan pewarisan
sifat pada makhluk hidup.
Menjelaskan struktur DNA dan
RNA.
|
Pewarisan
sifat
|
||
IPK Kunci:
Menerapkan konsep
pewarisan sifat dalam pemuliaan makhluk hidup
Menerappkan
konsep pewarisan sifat dalam kelangsungan makhluk hidup
|
|
|||||
Proses Berpikir:
Mengaplikasikan
|
||||||
IPK Pengayaan:
Menunjukkan hubungan antara
kromosom, DNA, dan RNA terhadap karakteristik makhluk hidup. (Tidak Wajib)
|
|
|||||
2
|
KD Keterampilan
|
|
|
|||
|
Tingkat Keterampilan:
Presisi
|
Langkah Proses
Keterampilan:
Manipulasi
Presisi
Artikulasi
|
IPK Penunjang:
Melaksanakan penelusuran
informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman dan hewan hasil
pemuliaan
|
|
||
IPK Kunci:
Menyajikan poster hasil
penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman dan hewan
hasil pemuliaan
|
|
|||||
IPK Pengayaan: Memodifikasi master
DNA dan RNA
|
|
Rubrik
Konsep HOTS
Rubrik ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil
kerja konsep HOTS
Langkah-langkah
penilaian hasil kajian:
1.
Cermati tugas yang diberikan kepada peserta
pembekalan pada LK-1!
2.
Berikan nilai berdasarkan penilaian Anda
terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
Kriteria Penilaian:
1.
Menuliskan kegiatan integrasi PPK pada video dengan tepat.
2.
Menuliskan kegiatan integrasi LIterasi pada video dengan tepat.
3.
Menuliskan kegiatan yang termasuk transfer
knowledge, critical creativity dan
problem solving pada video dengan tepat.
4.
Menyusun pasangan KD dengan tepat
5.
Menuliskan sumbu simetri pengetahuan secara tepat
6.
Merumuskan IPK secara tepat
Rubrik Penilaian:
Nilai
|
Rubrik
|
90 < nilai £100
|
Enam aspek sesuai dengan kriteria
|
80 < nilai £90
|
Lima aspek sesuai dengan
kriteria, satu aspek kurang sesuai
|
70 < nilai £80
|
Empat aspek sesuai dengan
kriteria, dua aspek kurang sesuai
|
60 < nilai £70
|
Tiga aspek sesuai dengan
kriteria, tiga aspek kurang sesuai
|
<60
|
Dua aspek sesuai dengan
kriteria, empat aspek kurang sesuai
|
0 komentar:
Post a Comment