RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Pasundan 1 Kota Bandung
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII /Ganjil
Materi Pokok : Teks Eksposisi
Alokasi Waktu
: 2 x 40 Menit
A. Kompetensi Inti
KI-3 Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Menelaah isi dan struktur teks eksposisi (berupa artikel ilmiah
populer dari koran/ majalah) yang diperdengarkan atau dibaca
|
1.6.1 Mengidentifikasi informasi yang menjadi isi
teks eksposisi.
1.6.2 Menelaah keberadaan isi dalam struktur
(tesis, rangkaian argumentasi, dan penegasan ulang) teks ekspoisi
1.6.3 Menelaah ketepatan data dalam struktur
(tesis, argumentasi, dan penegasan ulang) teks eksposisi.
|
4.6 Menyajikan gagasan,
pendapat
ke dalam bentuk teks eksposisi yang berupa artikel ilmiah populer (lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan
tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan
|
1.6.1 Menentukan topik penyusun teks eksposisi.
1.6.2 Menyusun kerangka teks ekspoisi berdasarkan
struktur, kaidah bahasa, ciri
kebahasaan, dan pola pengembangan kebahasaan berdasarkan objek yang akan ditulis.
1.6.3 Menyusun teks ekposisi berdasarkan kerangka dengan
menerapkan kaidah kebahasaan.
1.6.4 Mempresentasikan teks eksposisi yang telah dibuat.
|
C. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui pengamatan terhadap teks eksposisi,
peserta didik dapat mengidentifikasi informasi yang menjadi isi teks eksposisi
dengan benar,
2. Setelah peserta didik mengidentifikasi
informasi yang menjadi isi teks eksposisi, peserta didik dapat menelaah
keberadaan isi dalam struktur (tesis, argumentasi, dan penegasan ulang) teks ekspoisi dengan teliti,
3. Setelah menelaah struktur, peserta didik
dapat menelaah ketepatan data dalam struktur teks eksposisi dengan teliti,
4. Melalui diskusi kelompok peserta didik
dapat menentukan topik penyusun teks eksposisi dengan benar.
5. Setelah menentukan topik, eserta didik
dapat menyusun kerangka teks ekspoisi berdasarkan struktur, kaidah
bahasa, ciri kebahasaan, dan pola
pengembangan kebahasaan berdasarkan
objek yang akan ditulis dengan benar,
6. Setelah menyusun kerangka teks eksposisi, peserta
didik dapat menyusun teks ekposisi
berdasarkan kerangka dengan menerapkan kaida kebahasaan benar,
7. Setelah menyusun teks eksposisi, peserta
didik dapat mempresentasikan hasil teks eksposisi dengan benar dan percaya
diri .
|
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Reguler
a. Fakta : Teks Eksposisi
b. Konsep :
1)
Struktur Teks Eksposisi
a)
Tesis
b)
Rangkaian Argumentasi
c)
Penegasan Ulang
c. Prinsip :
1)
Prinsip penggunaan
kata/ kalimat/ tanda baca dan ejaan Langkah-langkah menyusun teks eksposisi
2)
Kaidah kebahasaan teks
eksposisi
d. Prosedur :
1)
Menentukan struktur teks laporan eksposisi dan ciri bagian-bagian
struktur
2)
Prinsip penggunaan
kata/ kalimat/ tanda baca dan ejaan Langkah-langkah menyusun teks eksposisi
3)
Menyusun rencana
penulisan teks eksposisi
4)
Menulis teks eksposisi
5)
Menyunting teks eksposisi
e. Metakognitif : Menulis teks eksposisi berdasarkan struktur
dan kaidah
kebahasaan yang tepat.
2. Materi Pembelajaran Remidial
a. Fakta : Teks Eksposisi
b. Konsep :
1) Struktur teks eksposisi
2) Karakteristik tiap bagian teks eksposisi
3) Contoh cara melengkapi teks eksposisi
4) Contoh penggunaan kaidah kebahasaan teks eksposisi
c. Prosedur : Menentukan struktur teks laporan eksposisi
dan ciri bagian-
bagian
struktur
d.
Metakognitif :
Menulis teks
eksposisi berdasarkan struktur dan kaidah
kebahasaan yang tepat.
3. Materi Pembelajaran Pengayaan
Menulis
teks eksposisi berdasarkan dan kaidah kebahasaan yang tepat
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning
(Pembelajaran Penemuan)
Text-based
instruction (pembelajaran berbasis teks)
3. Metode :Tanya jawab, diskusi
kelompok, dan penugasan
F.
Media Pembelajaran
1. Media :
Teks eksposisi, kartu paragraf, salindia
2. Bahan :
kertas lipat, karton, dan lem
3. Alat :
Laptop, LCD Projektor
G.
Sumber Belajar
Dr. Wahya. Et al (2014). 2016. Kamus
Bahasa Indonesia. Bandung: Ruang Kata.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2016. Buku Peserta didik Mata
Pelajaran
Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2016. Buku Pendidik Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Tim Penyusun. 2016. Kamus Besar Bahasa
Indonesia V. Badan Pengembangan dan
Pembinaan Bahasa,
Kemdikbud RI.
H.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke 1 (2x 40 Menit )
Tahap
|
Sintak
Model
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai
Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
1.
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
2.
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
3.
Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
4.
Peserta didik dberikan ice breaking supaya
semangat dalam pembelajaran
Motivasi
5.
Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari, Apabila materi ini
dikerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh dan dikuasai dengan
baik, dengan menggunakan model
pembelajaran discovery learning
maka peserta didik diharapkan dapat Mengidentifikasi informasi yang menjadi
isi teks eksposisi,Menelaah keberadaan isi dalam struktur (tesis, rangkaian
argumentasi, dan penegasan ulang) teks ekspoisi, Menelaah
ketepatan data dalam struktur (tesis, argumentasi, dan penegasan ulang) teks eksposisi.
Apersepsi
6.
Peserta didik dibantu pendidik mengaitkan
materi/ tema/ kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/ tema/ kegiatan sebelumnya
7.
Peserta didik mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Pemberian acuan
8.
Peserta
didik menyimak ulasan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat ini
9.
Peserta didik menyimak
kompetensi
dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
10.
Peserta didik berkelompok secara heterogen.
Setiap kelompok terdiri dari 5-6 orang
11.
Peserta didik menyimak penjelasan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
menggunakan model discovery learning
12.
Peserta didik mengerjakan soal prates yang disediakan pendidik.
|
Religius
Disiplin
Komunikasi
(4C)
Proaktif
Rasa ingin tahu
Rasa ingin tahu
Berfikir kritis
Rasa ingin tahu
Tanggung jawab
Colaboration
Rasa ingin tahu
HOT
Berfikir
kritis
|
10 menit
|
|
Kegiatan Inti
|
Stimulus (Pemberian
rangsangan)
Problem statement (Identifikasi masalah)
Mengumpulkan data
Data
processing
(pengolahan
Data)
Verifikasi data
Pembuktian
Menyimpulkan data
|
Literasi
1.
Peserta
didik membaca buku pengayaan yang dibawa
2.
Peserta
didik menuliskan rangkuman dari buku yang dibaca
3.
Peserta
didik menyampaikan rangkuman dari hasil membaca yang dilakukan
Mengamati
4.
Peserta didik
diberi tayangan
gambar tentang
teks eksposisi.
5.
Peserta didik mengamati
tayangan gambar tentang teks eksposisi dengan teliti.
6.
Peserta didik bertanya
jawab dengan santun mengenai
tayangan gambar tentang
teks eksposisi dengan santun.
7.
Peserta didik merumuskan secara
mandiri
struktur (tesis,
argumentasi,
dan penegasa
ulang)
teks eksposisi dari hasil
tanya jawab yang dilakukan
dengan penuh percaya diri.
Menaya
8.
Peserta didik diminta membaca teks ekksposisi pada
media yang diberikan (puzzle)
dengan penuh tanggung jawab;
9.
Peserta didik menyusun puzzle yang disajikan menjadi susunan teks teks yang benar dan utuh dengan penuh rasa
percaya diri.
10.
Peserta didik diminta menganalisis isi dan
struktur (tesis, rangkaian argumentasi, dan
penegasan ulang) teks eksposisi
Mengumpulkan
data
11.
Peserta didik menguraikan struktur (tesis, rangkaian argumentasi, dan penegasan ulang) teks
eksposisi yang dibaca dengan benar dan penuh rasa percaya diri.
12.
Peserta didik
Menelaah isi dan strukktur (tesis,
argumentasi, dan penegasan ulang) teks eksposisi dengan penuh rasa percaya diri.
Mengolah
data
13.
Peserta didik menelaah keberadaan isi dari teks eksposisi
yang dibaca dengan benar dan penuh rasa percaya diri.
14.
Peserta didik
Menelaah struktur (tesis, rangkaian
argumentasi, dan penegasan ulang) teks
eksposisi dengan penuh rasa percaya diri.
Mengasosiasi
15.
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan isi dan struktur teks eksposisi.
Mengomunikasikan
16.
Peserta didik menyampaikan hasil kerjanya kepada
kelompok lain dengan percaya diri.
17.
Peserta didik lain menanggapi dengan santun
hasil kajian temannya dengan tetap saling menghargai perbedaan
pendapat yang ada.
|
Literasi
Komunikasi
Rasa ingin tahu
Berfikir kritis
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Berfikir kritis
Kreativitas (Creativity)
Percaya
diri
(Menalar/membuktikan
kebenaran temuan
|
60 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Dengan bimbingan
pendidik peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.
Dipandu guru,peserta didik saling memberikan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3.
Peserta
didik mengerjakan soal Pasca tes
4.
Pendidik
memberikan tugas supaya peserta didik
membaca teks eksposisi yang lain di rumah.
Guru menutup pembelajaran dengan ucapan salam
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
10 menit
|
Pertemuan kedua ( 2x
40 Menit )
Tahap
|
Sintak
Model
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai
Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
1. Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2. Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
3. Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Motivasi
4. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
5. Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi Langkah-langkah menyusun teks
eksposisi,
Menyanting teks eksposisi.
6. Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
Apersepsi
7. Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
8. Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
9. Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Pemberian acuan
10. Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
11. Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
12. Pembagian
kelompok belajar
13. Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
14. Peserta
didik mengarjakan soal prates untuk mengetahui kemampuan awal.
|
Religius
Disiplin
Komunikasi
(4C)
Proaktif
Rasa ingin tahu
Rasa ingin tahu
Berfikir kritis
Rasa ingin tahu
Tanggung jawab
Colaboration
Rasa ingin tahu
HOT
Berfikir
kritis
|
10 menit
|
|
Kegiatan Inti
|
Building
knowledge of field (membangun
pengetahuan dengan memperkenalkan konteks)
Modelling
and deconstructing
(pemodelan dan dekontruksi
Joint
construction of the text
(memahami keseluruhan teks)
Independent
construction of the text(membuat
teks)
Linking to related text (Mengevaluasi
|
Literasi
1.
Peserta
didik membaca buku pengayaan yang dibawa
2.
Peserta
didik menuliskan rangkuman dari buku yang dibaca
3.
Peserta
didik menyampaikan rangkuman dari hasil membaca yang dilakukan
Mengeksplorasi
4.
Peserta
didik diberi contoh- contoh teks eksposisi dan membacanya dengan penuh
perhatian.
5.
Peserta
didik dengan penuh perhatian menyimak
penjelasan guru mengenai menyusun dan menyajikan teks eksposisi melalui
tayangan slide PPT.
6.
Peserta
didik melakukan kegiatan tanya jawab mengenai materi yang diberikan dengan santun;
7.
Peserta
didik dengan percaya diri merumuskan
kerangka teks eksposisi dari hasil menginterpretasi penjelasan pendidik dan kegiatan tanya jawab yang dilakukakan
sebelumnya.
Mengumpulkan informasi
8.
Peserta didik
berkumpul dengan kelompok
belajar yang telah ditentukan.
9.
Setiap
kelompok diberikan LKPD penyusunan teks eksposisi.
10. Peserta didik mengamati contoh teks
eksposisi yang disajikan guru secara mandiri;
11. Peserta didik menginterpretasi langkah-
langkah menyusun teks eksposisi dengan penuh rasa percaya diri.
Mengolah data
12. Peserta
didik menentukan tema
penyusunan teks eksposisi dengan benar dan
penuh rasa percaya diri.
13. Peserta
didik membuat kerangka
penulisan teks eksposisi dengan benar dan
penuh rasa percaya diri.
14. Peserta
didik mendata kata kunci (
ADIKSIMBA, pronomina, konjungsi,kata leksikal) dengan penuh rasa percaya
diri.
Mengontruksi
15. Peserta
didik mengembnagkan kerangka
penulisan teks eksposisi dengan benar dan
penuh rasa percaya diri.
16. Peserta
didik menulis teks eksposisi
dengan memperhatikan pilihan kata,
kelengkapan struktur (tesis, argumentasi, dan penegasan ulang), dan kaidah
penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan dengan benar dan penuh
rasa percaya diri.
17. Peserta
didik menyunting teks eksposisi
yang dibuat dari aspek pilihan kata,
kelengkapan struktur (tesis, argumentasi, dan penegasan ulang), dan kaidah
penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan dengan benar dan penuh
rasa percaya diri.
Mengevaluasi
18. Peserta
didik mempresentasikan hasil
karya membuat teks eksposisi dengan penuh percaya diri.
19. Peserta
didik memberi tanggapan
terhadap karya peserta didik yang lain dari hasil teks eksposisi yang dibuat
dengan santun.
|
Literasi
Komunikasi
Rasa ingin tahu
Berfikir kritis
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Berfikir kritis
Kreativitas (Creativity)
Percaya
diri
(Menalar/membuktikan
kebenaran temuan
|
60 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1. Peserta didik bersama guru menyimpulkan butir-butir
pokok materi yang telah dipelajari.
2. Peserta didik bersama guru melakukan indentifikasi
keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
3. Peserta didik mengerjakan soal pasca tes untuk
menilai kemampuan setelah proses pembelajaran.
4. Peserta didik menerima umpan balik tentang proses
pembelajaran.
Peserta didik menerima penyampaian tentang kegiatan
pembelajaran pertemuan berikutnya.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
10 menit
|
I. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Teknik
Penilaian (Terlampir)
a. Penilaian Sikap :
Observasi
b. Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c.
Penilaian Keterampilan : Tes
Tertulis
2.
Bentuk
Penilaian (Terlampir)
a. Penilaian
Sikap : Lembar
Pengamatan
b. Penilaian
Pengetahuan : Pilihan Ganda
c. Penilaian Keterampilan : Penugasan
3.
Program
Ramedial dan Pengayaan
a. Program Remedial
Pembelajaran remedial dilakukan
bagi peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas. Tahapan pembelajaran
remedial dilaksanakan melalui remedial teaching
(klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes
Format Program
Remedial
Satuan Pendidikan : SMP Pasundan 1 Kota
Bandung
Kelas/ Semester : VIII/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Ulangan Harian ke- :
.....................................................................
Tanggal Ulangan : .....................................................................
Tanggal Remedial :
.....................................................................
Materi : Teks Eksposisi
No.
|
Nama
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang Tidak Dikuasai
|
Bentuk Remedial
|
No. Soal yang Dikerjakan dalam Remedial
|
Nilai Tes Remedial
|
b.
Program
Pengayaan
Format Program
Pengayaan
Satuan Pendidikan : SMP Pasundan 1 Kota Bandung
Kelas/ Semester : VIII/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Materi :
Teks Eksposisi
No.
|
Nama
|
Nilai Ulangan
|
Bentuk Pengayaan
|
Mengetahui.
Kepala Sekolah,
NANA MULYANA,S.Pd.M.Si
NIP. 19640112
198803 1 012
|
Bandung,
Oktober 2019
Pendidik Mata Pelajaran,
INDRA HADIAT
PERMANA, S.Pd
NIP. -
|
0 komentar:
Post a Comment