Home » » RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TEKS EKSPOSISI KELAS VIII SEMESETER 1 KURIKULUM 2013 BERBASIS HOT

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TEKS EKSPOSISI KELAS VIII SEMESETER 1 KURIKULUM 2013 BERBASIS HOT


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah             : SMP Pasundan 1 Kota Bandung
Mata Pelajaran  : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII /Ganjil
Materi Pokok   : Teks Eksposisi
Alokasi Waktu  : 2 x 40 Menit
A.    Kompetensi Inti
KI-3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6    Menelaah isi dan struktur  teks eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang diperdengarkan atau dibaca
1.6.1     Mengidentifikasi informasi yang menjadi isi teks eksposisi.
1.6.2     Menelaah keberadaan isi dalam struktur (tesis, rangkaian argumentasi, dan penegasan ulang) teks ekspoisi
1.6.3     Menelaah ketepatan data dalam struktur (tesis, argumentasi, dan penegasan ulang)  teks eksposisi.
4.6     Menyajikan gagasan,
         pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi yang berupa artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan
1.6.1     Menentukan topik penyusun teks eksposisi.
1.6.2      Menyusun kerangka teks ekspoisi berdasarkan struktur, kaidah bahasa,  ciri kebahasaan, dan pola pengembangan kebahasaan berdasarkan  objek yang akan ditulis.
1.6.3      Menyusun  teks ekposisi berdasarkan kerangka dengan menerapkan kaidah kebahasaan.
1.6.4      Mempresentasikan  teks eksposisi yang telah dibuat.



C.    Tujuan Pembelajaran
1.    Melalui pengamatan terhadap teks eksposisi, peserta didik dapat mengidentifikasi informasi yang menjadi isi teks eksposisi dengan benar,
2.    Setelah peserta didik mengidentifikasi informasi yang menjadi isi teks eksposisi, peserta didik dapat menelaah keberadaan isi dalam struktur (tesis, argumentasi, dan penegasan ulang)  teks ekspoisi dengan teliti,
3.    Setelah menelaah struktur, peserta didik dapat menelaah ketepatan data dalam struktur teks eksposisi dengan teliti,
4.    Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menentukan topik penyusun teks eksposisi dengan benar.
5.    Setelah menentukan topik, eserta didik dapat menyusun kerangka teks ekspoisi berdasarkan struktur, kaidah bahasa,  ciri kebahasaan, dan pola pengembangan kebahasaan berdasarkan  objek yang akan ditulis dengan benar,
6.    Setelah menyusun kerangka teks eksposisi, peserta didik dapat menyusun  teks ekposisi berdasarkan kerangka dengan menerapkan kaida kebahasaan benar,
7.    Setelah menyusun teks eksposisi, peserta didik dapat mempresentasikan hasil teks eksposisi dengan benar dan percaya diri .
D.    Materi Pembelajaran
1.      Materi Reguler
a.      Fakta                    : Teks Eksposisi
b.      Konsep                 :
1)      Struktur Teks Eksposisi
a)      Tesis
b)      Rangkaian Argumentasi
c)      Penegasan Ulang
c.       Prinsip                  :
1)      Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca dan ejaan Langkah-langkah menyusun teks eksposisi
2)      Kaidah kebahasaan teks eksposisi
d.      Prosedur              :
1)      Menentukan struktur teks laporan eksposisi dan ciri bagian-bagian struktur
2)      Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca dan ejaan Langkah-langkah menyusun teks eksposisi
3)      Menyusun rencana penulisan teks eksposisi
4)      Menulis teks eksposisi
5)      Menyunting teks eksposisi
e.       Metakognitif        : Menulis teks eksposisi berdasarkan struktur dan kaidah
 kebahasaan yang tepat.





2.      Materi Pembelajaran Remidial
a.      Fakta                    : Teks Eksposisi
b.      Konsep                 :
1)      Struktur teks eksposisi
2)      Karakteristik tiap bagian teks eksposisi
3)      Contoh cara melengkapi teks eksposisi
4)      Contoh penggunaan kaidah kebahasaan teks eksposisi
c.       Prosedur              : Menentukan struktur teks laporan eksposisi dan ciri bagian-
                                 bagian struktur
d.        Metakognitif       : Menulis teks eksposisi berdasarkan struktur dan kaidah
 kebahasaan yang tepat.
3.      Materi Pembelajaran Pengayaan
Menulis teks eksposisi berdasarkan dan kaidah kebahasaan yang tepat

E.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                  : Scientific Learning
2.      Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
                                       Text-based instruction (pembelajaran berbasis teks)
3.      Metode                       :Tanya jawab, diskusi kelompok, dan penugasan

F.     Media Pembelajaran
1.      Media              : Teks eksposisi, kartu paragraf, salindia
2.      Bahan              : kertas lipat, karton, dan lem
3.      Alat                 : Laptop, LCD Projektor

G.    Sumber Belajar
Dr. Wahya. Et al (2014). 2016. Kamus Bahasa Indonesia. Bandung: Ruang Kata.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Peserta didik Mata Pelajaran 
           Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Pendidik Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Tim Penyusun. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia V. Badan Pengembangan dan
Pembinaan Bahasa, Kemdikbud RI.







H.    Langkah-Langkah Pembelajaran
1.  Pertemuan Ke 1 (2x 40 Menit )
Tahap

Sintak Model
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Pendahuluan




Orientasi
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
2.    Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
3.    Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
4.    Peserta didik dberikan ice breaking supaya semangat dalam pembelajaran
Motivasi
5.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari, Apabila materi  ini  dikerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh dan  dikuasai dengan baik,  dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning maka peserta didik diharapkan dapat Mengidentifikasi informasi yang menjadi isi teks eksposisi,Menelaah keberadaan isi dalam struktur (tesis, rangkaian argumentasi, dan penegasan ulang) teks ekspoisi, Menelaah ketepatan data dalam struktur (tesis, argumentasi, dan penegasan ulang)  teks eksposisi.
Apersepsi
6.    Peserta didik dibantu pendidik mengaitkan materi/ tema/ kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/ tema/ kegiatan sebelumnya
7.    Peserta didik mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Pemberian acuan
8.    Peserta didik menyimak ulasan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan   saat ini
9.    Peserta didik menyimak
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
10.             Peserta didik berkelompok secara heterogen. Setiap kelompok terdiri dari 5-6 orang
11.             Peserta didik menyimak penjelasan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran menggunakan model discovery learning   
12.             Peserta didik mengerjakan soal  prates yang disediakan pendidik.

Religius


Disiplin

Komunikasi
 (4C)
Proaktif





Rasa ingin tahu












Rasa ingin tahu







Berfikir kritis





Rasa ingin tahu






Tanggung jawab
Colaboration
Rasa ingin tahu
HOT
Berfikir kritis




10 menit
Kegiatan Inti








Stimulus (Pemberian rangsangan)

















Problem statement (Identifikasi masalah)










Mengumpulkan data











Data
processing
(pengolahan
Data)


Verifikasi data
Pembuktian
Menyimpulkan data
Literasi
1.    Peserta didik membaca buku pengayaan yang dibawa
2.    Peserta didik menuliskan rangkuman dari buku yang dibaca
3.    Peserta didik menyampaikan rangkuman dari hasil membaca yang dilakukan
Mengamati
4.    Peserta didik diberi tayangan gambar tentang teks eksposisi.
5.    Peserta didik mengamati tayangan gambar tentang teks eksposisi dengan teliti.
6.    Peserta didik bertanya jawab dengan santun mengenai
tayangan gambar tentang teks eksposisi dengan santun.
7.    Peserta didik merumuskan secara
mandiri struktur (tesis,
argumentasi, dan penegasa
ulang) teks eksposisi dari hasil
tanya jawab yang dilakukan
dengan penuh percaya diri.
Menaya
8.    Peserta didik diminta membaca teks ekksposisi pada media yang diberikan (puzzle) dengan penuh tanggung jawab;
9.    Peserta didik menyusun puzzle yang disajikan menjadi susunan teks teks  yang benar dan utuh dengan penuh rasa percaya diri.
10.             Peserta didik diminta menganalisis isi dan struktur (tesis, rangkaian argumentasi, dan penegasan ulang)  teks eksposisi
Mengumpulkan data
11.             Peserta didik  menguraikan struktur (tesis, rangkaian argumentasi, dan penegasan ulang) teks eksposisi yang dibaca dengan benar dan penuh rasa percaya diri.
12.             Peserta didik Menelaah isi dan strukktur (tesis, argumentasi, dan penegasan ulang) teks eksposisi  dengan penuh rasa percaya diri.
Mengolah data
13.             Peserta didik  menelaah keberadaan isi dari teks eksposisi yang dibaca dengan benar dan penuh rasa percaya diri.
14.             Peserta didik Menelaah struktur (tesis, rangkaian argumentasi, dan penegasan ulang)  teks eksposisi dengan penuh rasa percaya diri.
Mengasosiasi
15.             Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan isi dan struktur teks eksposisi.
Mengomunikasikan
16.              Peserta didik menyampaikan hasil kerjanya kepada kelompok lain dengan percaya diri.
17.             Peserta didik lain menanggapi dengan santun hasil kajian temannya dengan tetap saling menghargai perbedaan pendapat yang ada.


Literasi

Komunikasi



Rasa ingin tahu




Berfikir kritis












Kerja sama (Collaborative)







Berpikir kritis (Critical thinking)














Berfikir kritis

Kreativitas (Creativity)

 Percaya diri





(Menalar/membuktikan kebenaran temuan

60 menit
Kegiatan Penutup

1.    Dengan bimbingan pendidik  peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.    Dipandu guru,peserta didik saling memberikan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3.    Peserta didik mengerjakan soal Pasca tes
4.    Pendidik memberikan tugas supaya  peserta didik membaca teks eksposisi yang lain di rumah.
Guru menutup pembelajaran dengan ucapan salam


Kreativitas (Creativity)






HOTS












10 menit

Pertemuan kedua ( 2x 40 Menit )
Tahap

Sintak Model
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Pendahuluan




Orientasi
1.     Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
2.     Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
3.     Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Motivasi
4.     Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
5.     Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi Langkah-langkah menyusun teks eksposisi, Menyanting teks eksposisi.
6.     Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Apersepsi
7.     Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
8.     Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
9.     Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Pemberian acuan
10. Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
11. Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
12. Pembagian kelompok belajar
13. Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
14. Peserta didik mengarjakan soal prates untuk mengetahui kemampuan awal.

Religius


Disiplin

Komunikasi
 (4C)
Proaktif





Rasa ingin tahu













Rasa ingin tahu







Berfikir kritis





Rasa ingin tahu



Tanggung jawab
Colaboration
Rasa ingin tahu

HOT
Berfikir kritis




10 menit
Kegiatan Inti








Building knowledge of field (membangun pengetahuan dengan memperkenalkan konteks)















Modelling and deconstructing (pemodelan dan dekontruksi










Joint construction of the text (memahami keseluruhan teks)





Independent construction of the text(membuat teks)




















Linking to related text (Mengevaluasi
Literasi
1.     Peserta didik membaca buku pengayaan yang dibawa
2.     Peserta didik menuliskan rangkuman dari buku yang dibaca
3.     Peserta didik menyampaikan rangkuman dari hasil membaca yang dilakukan
Mengeksplorasi
4.     Peserta didik diberi contoh- contoh teks eksposisi dan membacanya dengan penuh perhatian.
5.     Peserta didik dengan penuh perhatian menyimak penjelasan guru mengenai menyusun dan menyajikan teks eksposisi melalui tayangan slide PPT.
6.     Peserta didik melakukan kegiatan tanya jawab mengenai materi yang diberikan dengan santun;
7.     Peserta didik dengan percaya diri merumuskan kerangka teks eksposisi dari hasil menginterpretasi penjelasan pendidik  dan kegiatan tanya jawab yang dilakukakan sebelumnya.
Mengumpulkan informasi
8.     Peserta  didik  berkumpul  dengan  kelompok  belajar  yang  telah ditentukan.
9.     Setiap kelompok diberikan  LKPD  penyusunan teks eksposisi.
10. Peserta didik mengamati contoh teks eksposisi yang disajikan guru secara mandiri;
11. Peserta didik menginterpretasi langkah- langkah menyusun teks eksposisi dengan penuh rasa percaya diri.
Mengolah data
12. Peserta  didik  menentukan tema penyusunan teks eksposisi dengan benar dan  penuh rasa  percaya diri.
13. Peserta  didik  membuat kerangka penulisan teks eksposisi dengan benar dan  penuh rasa  percaya diri.
14. Peserta  didik  mendata kata kunci ( ADIKSIMBA, pronomina, konjungsi,kata leksikal) dengan penuh rasa percaya diri.
Mengontruksi
15. Peserta  didik  mengembnagkan kerangka penulisan teks eksposisi dengan benar dan  penuh rasa  percaya diri.
16. Peserta  didik  menulis teks eksposisi dengan  memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur (tesis, argumentasi, dan penegasan ulang), dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan dengan benar dan  penuh  rasa percaya diri.
17. Peserta  didik  menyunting teks eksposisi yang dibuat  dari aspek pilihan kata, kelengkapan struktur (tesis, argumentasi, dan penegasan ulang), dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan dengan benar dan  penuh  rasa percaya diri.
Mengevaluasi
18. Peserta  didik  mempresentasikan hasil karya membuat teks eksposisi dengan penuh percaya diri.
19. Peserta  didik  memberi tanggapan terhadap karya peserta didik yang lain dari hasil teks eksposisi yang dibuat dengan santun.


Literasi

Komunikasi



Rasa ingin tahu




Berfikir kritis





Kerja sama (Collaborative)







Berpikir kritis (Critical thinking)














Berfikir kritis

Kreativitas (Creativity)

 Percaya diri





(Menalar/membuktikan kebenaran temuan

60 menit
Kegiatan Penutup

1.    Peserta didik bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
2.    Peserta didik bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
3.    Peserta didik mengerjakan soal pasca tes untuk menilai kemampuan setelah proses pembelajaran.
4.    Peserta didik menerima umpan balik tentang proses pembelajaran.
Peserta didik menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.


Kreativitas (Creativity)






HOTS












10 menit


I.       Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian (Terlampir)
a. Penilaian Sikap                    : Observasi     
b. Penilaian Pengetahuan        : Tes Tertulis
c. Penilaian Keterampilan        :    Tes Tertulis

2.      Bentuk Penilaian (Terlampir)
a. Penilaian Sikap                    : Lembar Pengamatan
b. Penilaian Pengetahuan        : Pilihan Ganda
c. Penilaian Keterampilan       : Penugasan

3.      Program Ramedial dan Pengayaan
a.    Program Remedial
Pembelajaran remedial dilakukan bagi peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remedial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes
Format Program Remedial

Satuan Pendidikan           : SMP Pasundan 1 Kota Bandung
Kelas/ Semester                : VIII/1
Mata Pelajaran                 : Bahasa Indonesia
Ulangan Harian ke-          : .....................................................................
Tanggal Ulangan              : .....................................................................
Tanggal Remedial            : .....................................................................
Materi                               : Teks Eksposisi

No.
Nama
Nilai Ulangan
Indikator yang Tidak Dikuasai
Bentuk Remedial
No. Soal yang Dikerjakan dalam Remedial
Nilai Tes Remedial


































b.        Program Pengayaan
Format Program Pengayaan

Satuan Pendidikan       : SMP Pasundan 1 Kota Bandung
Kelas/ Semester            : VIII/1
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Materi                           : Teks Eksposisi

No.
Nama
Nilai Ulangan
Bentuk Pengayaan























Mengetahui.
Kepala Sekolah,




NANA MULYANA,S.Pd.M.Si
          NIP. 19640112 198803 1 012
Bandung,    Oktober  2019
Pendidik Mata Pelajaran,




INDRA HADIAT PERMANA, S.Pd
                 NIP. -






/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}