SILABUS
MATA PELAJARAN
Sekolah :
SMP Pasundan 1 Kota Bandung
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/1
Kelas/Semester : VIII/1
Materi Pokok :
Teks Eksposisi
Tahun Pelajaran :
2019/2020
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit
Kompetensi
Inti :
KI-1 (Spiritual)
: Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2 (Sosial) : Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli ( toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI-3
(Pengetahuan) : Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
KI-4
(Keterampilan) : Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret (
menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang /teori.
No.
KD
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.6
|
Menelaah isi dan struktur teks eksposisi (berupa
artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang diperdengarkan atau dibaca
|
3.6.1 Mengidentifikasi informasi yang menjadi isi
teks eksposisi.
3.6.2 Menelaah keberadaan isi dalam struktur
(tesis, rangkaian argumentasi, dan penegasan ulang) teks ekspoisi
3.6.3 Menelaah ketepatan data dalam struktur
(tesis, argumentasi, dan penegasan ulang)
teks eksposisi.
|
a. Fakta
Teks Eksposisi
b. Konsep
1)
Struktur
Teks Eksposisi
a)
Tesis
b)
Rangkaian
Argumentasi
c)
Penegasan
Ulang
2) Prinsip
1) Prinsip
penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca dan ejaan Langkah-langkah menyusun teks eksposisi
2) Kaidah
kebahasaan teks eksposisi
3)
Prosedur
1)
Menentukan
struktur teks laporan eksposisi dan ciri bagian-bagian struktur
2)
Prinsip penggunaan kata/ kalimat/
tanda baca dan ejaan Langkah-langkah
menyusun teks eksposisi
3)
Menyusun rencana penulisan teks
eksposisi
4)
Menulis teks eksposisi
5)
Menyunting teks eksposisi
4. MetakognitifMenulis teks eksposisi berdasarkan struktur
dan kaidah kebahasaan yang tepat.
|
Mengamati
1. Peserta
didik diberi tayangan
gambar tentang
teks eksposisi.
2. Peserta
didik mengamati
tayangan gambar tentang teks eksposisi dengan teliti.
3. Peserta didik bertanya
jawab dengan santun mengenai tayangan gambar tentang
teks eksposisi dengan santun.
4. Peserta didik
merumuskan secara mandiri struktur (tesis, argumentasi, dan penegasan ulang) teks eksposisi dari hasil tanya jawab yang
dilakukan dengan penuh percaya diri.
Menanya
5. Peserta didik
diminta membaca teks eksposisi pada media yang diberikan (puzzle) dengan penuh tanggung jawab;
6. Peserta didik
menyusun puzzle yang disajikan
menjadi susunan teks teks yang benar
dan utuh dengan penuh rasa percaya diri.
7. Peserta didik
diminta menganalisis isi dan struktur (tesis,
rangkaian argumentasi, dan penegasan ulang) teks eksposisi
Mengumpulkan
data
8. Peserta
didik menguraikan struktur (tesis, rangkaian argumentasi, dan penegasan ulang) teks
eksposisi yang dibaca dengan benar dan penuh rasa percaya diri.
9. Peserta
didik
Menelaah isi dan strukktur (tesis,
argumentasi, dan penegasan ulang) teks eksposisi dengan penuh rasa percaya diri
Mengolah
data
10.Peserta
didik menelaah keberadaan isi dari teks eksposisi
yang dibaca dengan benar dan penuh rasa percaya diri.
11.Peserta
didik
Menelaah struktur (tesis, rangkaian
argumentasi, dan penegasan ulang) teks
eksposisi dengan penuh rasa percaya diri.
Mengomunikasikan
12.Peserta didik
menyampaikan hasil kerjanya kepada kelompok lain dengan percaya diri.
13.Peserta didik
lain menanggapi dengan santun hasil kajian temannya dengan tetap
saling menghargai perbedaan pendapat yang ada.
Mengasosiasi
14.Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan isi dan struktur teks eksposisi.
|
1. Sikap
Penilaian:
observasi
2. Pengetahuan: tes tertulis
3.Keterampilan: Penugasan
|
1. x 40’
|
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2016. Buku Pendidik Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.
Tim Penyusun. 2016. Kamus Besar Bahasa
Indonesia V. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud RI.
4.
Dr. Wahya. Et al (2014). 2016. Kamus
Bahasa Indonesia. Bandung: Ruang Kata.
|
4.6
|
Menyajikan gagasan,
pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi
yang berupa artikel ilmiah populer (lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman
budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan
memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek
lisan
|
4.6.1 Menentukan topik penyusun teks eksposisi.
4.6.2 Menyusun kerangka teks ekspoisi berdasarkan
struktur, kaidah bahasa, ciri
kebahasaan, dan pola pengembangan kebahasaan berdasarkan objek yang akan ditulis.
4.6.3 Menyusun
teks ekposisi berdasarkan kerangka dengan menerapkan kaidah
kebahasaan.
4.6.4 Mempresentasikan teks eksposisi yang telah dibuat.
|
a. Fakta
Teks Eksposisi
b. Konsep
1)
Struktur
Teks Eksposisi
a) Tesis
b)
Rangkaian
Argumentasi
c)
Penegasan
Ulang
c. Prinsip
1) Prinsip
penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca dan ejaan Langkah-langkah menyusun teks eksposisi
2) Kaidah
kebahasaan teks eksposisi
d.
Prosedur
1)
Menentukan
struktur teks laporan eksposisi dan ciri bagian-bagian struktur
2)
Prinsip penggunaan kata/ kalimat/
tanda baca dan ejaan Langkah-langkah
menyusun teks eksposisi
3)
Menyusun rencana penulisan teks
eksposisi
4)
Menulis teks eksposisi
5)
Menyunting teks eksposisi
5. MetakognitifMenulis teks eksposisi berdasarkan struktur
dan kaidah kebahasaan yang tepat.
|
Mengeksplorasi
1.
Peserta
didik diberi contoh- contoh teks eksposisi dan membacanya dengan penuh
perhatian.
2.
Peserta
didik dengan penuh perhatian menyimak
penjelasan guru mengenai menyusun dan menyajikan teks eksposisi melalui
tayangan slide PPT.
3. Peserta didik melakukan kegiatan tanya
jawab mengenai materi yang diberikan dengan
santun;
4. Peserta didik dengan percaya diri merumuskan kerangka teks eksposisi dari hasil
menginterpretasi penjelasan guru dan kegiatan tanya jawab yang dilakukakan
sebelumnya.
Mengumpulkan Informasi
5. Peserta
didik berkumpul dengan
kelompok belajar yang
telah ditentukan
6. Setiap kelompok diberikan LKPD
penyusunan teks eksposisi.
7. Peserta didik mengamati contoh teks
eksposisi yang disajikan guru secara mandiri;
8. Peserta didik menginterpretasi langkah-
langkah menyusun teks eksposisi dengan penuh rasa percaya diri.
Mengolah
data
9.
Peserta didik
menentukan
tema penyusunan teks eksposisi dengan benar dan penuh rasa
percaya diri.
10.
Peserta didik
membuat
kerangka penulisan teks eksposisi dengan benar dan penuh rasa
percaya diri.
11.
Peserta didik
mendata kata kunci ( ADIKSIMBA, pronomina, konjungsi,kata leksikal)
dengan penuh rasa percaya diri.
Mengontruksi
12.
Peserta didik
mengembnagkan
kerangka penulisan teks eksposisi dengan benar dan penuh rasa
percaya diri.
13.
Peserta didik
menulis
teks eksposisi dengan memperhatikan
pilihan kata, kelengkapan struktur (tesis, argumentasi, dan penegasan ulang),
dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan dengan benar dan penuh
rasa percaya diri.
14.
Peserta didik
menyunting
teks eksposisi yang dibuat dari aspek
pilihan kata, kelengkapan struktur (tesis, argumentasi, dan penegasan ulang),
dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan dengan benar dan penuh
rasa percaya diri.
Mengevaluasi
15. Peserta
didik mempresentasikan hasil
karya membuat teks eksposisi dengan penuh percaya diri.
16. Peserta
didik memberi tanggapan
terhadap karya peserta didik yang lain dari hasil teks prosedur yang dibuat dengan santun.
|
1. Sikap
Penilaian:
observasi
2. Pengetahuan: tes tertulis
3.Keterampilan: Penugasan
|
1
x 40’
|
1. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan
2. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Pendidik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
3. Tim
Penyusun. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia V. Badan Pengembangan dan
Pembinaan Bahasa, Kemdikbud RI.
4. Dr.
Wahya. Et al (2014). 2016. Kamus Bahasa Indonesia. Bandung: Ruang Kata.
|
Mengetahui.
Kepala Sekolah,
NANA MULYANA,S.Pd.M.Si
NIP. 19640112 198803 1 012
|
Bandung,
Oktober 2019
Guru Mata Pelajaran,
INDRA HADIAT
PERMANA, S.Pd
NIP. -
|
0 komentar:
Post a Comment