Home » » SILABUS DAN RPP KELAS VIII BERBASIS HOT (MATERI TEKS BERITA ) KURIKULUM 2017 REVISI

SILABUS DAN RPP KELAS VIII BERBASIS HOT (MATERI TEKS BERITA ) KURIKULUM 2017 REVISI


SILABUS PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan
:
SMP NEGERI   1 SODONGHILIR
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester
:
VIII /1 (Satu)
Kompetensi Inti
:


KI 1                     :     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2                     :     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3                     :     Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4                     :     Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

Kompetensi Dasar
IPK
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.1 Mengidentifikasi unsur unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar danDibaca
3.1.1 Menjelaskan  Pengertian berita  unsur-unsur dan ciri teks berita
3.1.2 Menganalisis Unsur-unsur berita (ADIKSIMBA )
3.1.3 Mengidentifikasi Jenis-Jenis Berita yang di baca atau di dengar
3.1.4 Menentukan   perbedaan dan persamaan  unsur-unsur berita dengan teks berita lain


1. Materi pembelajaran regular
a. Fakta
1) teks berita
b. Konsep
1)Menemukan pokok berita
c. Prinsip
1)Berita disiarkan lewat media cetak dan media elektronika
2)Wartawan dalam meliput peristiwa berpedoman pada 5W + 1H (What, Who, When, Where, Why dan How)
3)Hasil jawaban itu dikemas dalam bentuk berita
d. Prosedur
1)Cara menyimak berita antara lain :
2)Simak baik-baik berita yang di dengar
3)Catat pokok-pokok beritanya
4) Perluas pokok-pokok berita itu dengan kalimat penjelas
5)Menuliskan kembali isi berita secara singkat tapi jelas
2.Materi pembelajaran remedial
a.Jenis berita
b. Menyimpulkan isi berita
c.Pokok-pokok isi suatu berita
3.Materi pembelajaran pengayaan
a.Prinsip-prinsip berita
Mengamati
1.Peserta didik mengamati video berita mengenai  Banjir
Menaya
2.Peserta didik diberi kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang tidak dipahami tayangan video berita tersebut untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik). Pertanyaan yang dihimpun akan dijawab melalui kegiatan belajar.
3.Peserta didik menuliskan pertanyaan mengenai  pengertian berita, unsur-unsur berita yang telah diamati
Mengumpulkan informasi
4.Peserta didik mencari jawaban atas pertanyaan yang telah ditulisnya
5.Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi pengertian dan contoh berita yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada pendidik
Mengasosiasi
6.Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi untuk mengolah informasi dari materi pengertian  berita, unsur dan ciri  teks berita yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/ sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan yang telah disusunnya.
7.Peserta didik memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
a.     Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dalam diskusi kelas. Hal yang dipresentasikan adalah pengertian, unsur dan ciri   teks berita
b.         Peserta didik mengolah hasil diskusi kelas dalam membuktikan tentang pengertian,  unsur dan ciri teks berit
8. Peserta didik dan pendidik secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik
Mengomunikasikan
9. Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui kegiatan:
a)     Peserta didik menyampaikan simpulannya mengenai pengertian berita  unsur-unsur dan ciri teks berita sebagai hasil diskusi kelas.
b)     Peserta didik membuat resume tentang bagaimana teks  berita yang ideal.
c)     Peserta didik mengerjakan soal-soal pascates yang disediakan pendidik secara individu untuk mengecek penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran.
1.       Penilaian Sikap:
Penilaian nontes berupa penilaian observasi sikap.
2.       Penilaian pengetahuan:
Penilaian tes berupa soal pilihan ganda.
3.       Penilaian keterampilan:
Penilaian tes berupa soal uraian dan nontes berupa presentasi
6 X 40 menit
1.   Teks berita
2.   Trianto, Agus. 2018. Bahasa Indonesia: Kelas VIII SMP/MTs. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3.   Wahono. 2017. Mahir Berbahasa Indonesia: untuk SMP/ MTs Kelas VIII  Jakarta: Erlangga.
4.1 Menyimpulkan isi berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar
4.1.1. Menganalisis Langkah- langkah menyimpulkan pokok- pokok berita.
4.1.2 Menyimpulkan isi berita  yang di baca atau di dengar


Mengamatai
1.Peserta didik membaca teks berita yang ada da di buku paket
Menanya
2.Peserta didik diberi kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang tidak dipahami mengenai cara menyimpulkan teks  berita
3.Peserta didik menuliskan pertanyaan mengenai cara menyimpulkan teks berita dibacanya.
Mengumpulkan informasi
4.Peserta didik mencari jawaban atas pertanyaan yang telah ditulisnya dari berbagai sumber. Misalnya internet, membaca buku, dan lain-lain.
5.Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi menyimpulkan teks  berita  yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada pendidik.
Mengasosiasi
6.Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
7.Mengolah informasi dari materi menyimpulkan  isi teks berita yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/ sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan yang telah disusunnya.
8.Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi menyimpulkan teks berita
9.Peserta didik mendiskusikan hasil temuannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
a.    Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dalam diskusi kelas. Hal yang dipresentasikan adalah cara menyimpulkan teks berita
b.    Peserta didik mengolah hasil diskusi kelas dalam membuktikan tentang cara menyimpulkan teks berita
c.    Peserta didik dan pendidik secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Mengomunikasikan
10. Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui kegiatan:
a.Peserta didik menyampaikan simpulannya mengenai cara menyimpulkan teks berita sebagai hasil diskusi kelas.
b. Peserta didik
membuat resume tentang bagaimana teks berita yang ideal.
c. Peserta didik mengerjakan soal-soal pascates yang disediakan pendidik secara individu untuk mengecek penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran

1.      Penilaian Sikap:
Penilaian nontes berupa penilaian diri, teman sebaya, wawancara, dan observasi sikap.
2.      Penilaian pengetahuan:
Penilaian tes berupa soal uraian.
3.      Penilaian keterampilan:
Penilaian nontes berupa presentasi
6  X 40 menit
1.   Teks tanggapan
2.   Trianto, Agus. 2018. Bahasa Indonesia: Kelas  VIII SMP/MTs. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3.   Wahono. 2017. Mahir Berbahasa Indonesia: untuk SMP/ MTs Kelas VIII Jakarta: Erlangga.


Diketahui
Kepala SMP  Negeri 1 Sodonghilir
                                                                                                 Sodonghilir,      Juli  2019
Pendidik Pengampu Mapel,





Drs. Zaenal Muttaqin, M.Pd
NIP 196108031983031 010






                                                                                          Indra Hadiat Permana, S.Pd
                                                                                           NUPTK. 6843765667130132

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
:
SMP NEGERI 1 SODONGHILIR
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester
:
VIII/1 (Satu)
Materi Pokok
:
TEKS BERITA
Alokasi Waktu
:
6 Pertemuan (6 X 40 menit)

A.    Kompetensi Inti
KI 3   Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4   Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1
Mengidentifikasi unsur unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar danDibaca
3.1.1
Menjelaskan Pengertian berita  unsur-unsur dan ciri teks berita
3.1.2
Menganalisis Unsur-unsur berita (ADIKSIMBA )
3.1.3
Mengidentifikasi jenis-jensi berita
3.1. 4
Menentukan perbedaan dan persamaan  unsur-unsur berita dengan teks berita lain
4.1
Menyimpulkan isi berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar
4.1.1.
Menganalisis Langkah- langkah menyimpulkan pokok- pokok berita.
4.1.2
Menyimpulkan isi berita  yang di baca atau di dengar

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah  mengamati video berita teks berjudul banjir  peserta didik mampu merumuskan pengertian teks  berita  unsur-unsur dan ciri-ciri berita dengan  dengan benar dan percaya diri.
2.      Setelah mendiskusikan teks berita yang berjudul banjir peserta didik mampu mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (ADIKSIMBA)  yang dibacanya dengan tepat dan bertanggung jawab.
3.      Setelah mengamati video berita peserta didik dapat menentukan jenis-jenis teks berita dengan tepat dan disiplin
4.      Setelah mendiskusikan teks berita yang berjudul  hutan gundul  peserta didik mampu menentukan perbedaan  dan persamaan unsur-unsur berita dengan teks berita lain   dengan benar dan percaya diri.

5.      Setelah mendiskusikan  teks berita  peserta didik mampu Menganalisis Langkah- langkah menyimpulkan pokok- pokok berita. Dengan benar dan jujur
6.      Setelah mendiskusikan teks  berita peserta didik mampu menyimpulkan  isi  berita yang dibaca dengan benar dan percaya diri 

D.    Materi Pembelajaran
1.      Materi pembelajaran regular
a. Fakta
1)   Berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian peristiwa yang hangat. Atau bisa disebut juga kabar
b. Konsep
1)   Menemukan pokok berita
c. Prinsip
1)   Berita disiarkan lewat media cetak dan media elektronika
2)   Wartawan dalam meliput peristiwa berpedoman pada 5W + 1H (What, Who, When, Where, Why dan How)
3)   Hasil jawaban itu dikemas dalam bentuk berita
d. Prosedur
1)   Cara menyimak berita antara lain :
2)   Simak baik-baik berita yang di dengar
3)   Catat pokok-pokok beritanya
4)   Perluas pokok-pokok berita itu dengan kalimat penjelas
5)   Menuliskan kembali isi berita secara singkat tapi jelas
2.      Materi pembelajaran remedial
a.    Jenis berita
b.   Menyimpulkan isi berita
c.    Pokok-pokok isi suatu berita

3.      Materi pembelajaran pengayaan
a.    Prinsip-prinsip berita
E.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan     : Saintifik
2.      Model              : Discovery Learning
3.      Metode            : Diskusi
F. Media Pembelajaran
1.  Alat                 :
a.    Laptop
b.    Proyektor
c.    Papan tulis
d.   Spidol
2. Bahan              :
a.     Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
b.    Lembar observasi peserta didik
c.     Lembar penilaian
d.    Soal prates dan pascates
F.     Sumber Pembelajaran
Trianto, Agus. 2018. Bahasa Indonesia: Kelas VIII SMP/MTs. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Wahono. 2017. Mahir Berbahasa Indonesia: untuk SMP/ MTs Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

G.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Tahap
Sintak Pembelajaran
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Nilai Karakter
(PPK), Literasi,
4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan
Pendahuluan

Orientasi

Religius





Jujur


Tanggung Jawab
10 Menit
1.      Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran (PPK: Religius)
2.      Peserta didik melaporkan ketidakhadiran temannya sebagai sikap disiplin
3.      Peserta didik menyiapkan fisik dan psikis untuk mengawali kegiatan pembelajaran.
Motivasi

Tanggung Jawab










4.      Peserta didik menerima penjelasan atau gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
5.      Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Apersepsi


Rasa ingin tahu
6.      Peserta didik dibantu pendidik mengaitkan materi/ tema/ kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/ tema/ kegiatan sebelumnya
7.      Peserta didik mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Pemberian Acuan

Rasa ingin tahu
8.      Peserta didik menyimak kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung.
9.      Peserta didik berkelompok secara heterogen. Setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang.
10.  Peserta didik menyimak penjelasan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran menggunakan model discovery learning
11.  Peserta didik mengerjakan soal-soal prates yang disediakan pendidik.
Kegiatan
Inti

Stimulus
(Pemberian
rangsangan)











Problem
statemen

(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
























Data
collection
(pengumpulan
data)











Data
processing
(pengolahan
Data)














Verification (pembuktian)

Generalization (menarik kesimpulan)

Literasi





Berpikir kritis









Berpikir kritis








Rasa ingin tahu










Rasa ingin tahu












Kerja sama (collaborations)


Berpikir kritis


















Percaya diri

Berpikir kritis


Communication (Berkomunikasi)




Kreativitas
60
Menit
1.      Peserta didik membaca Koran yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2.      Peserta didik disilakan untuk memberikan  tanggapan  tentang berita mengenai apa yang di bacanya
Mengamati
3.      Peserta didik mengamati video berita mengenai  Banjir
Menanya
4.      Peserta didik diberi kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang tidak dipahami tayangan video berita tersebut untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik). Pertanyaan yang dihimpun akan dijawab melalui kegiatan belajar.
5.      Peserta didik menuliskan pertanyaan mengenai  pengertian berita, unsur-unsur berita yang telah diamati
Mengumpulkan Informasi
6.      Peserta didik mencari jawaban atas pertanyaan yang telah ditulisnya dengan r.
7.      Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi pengertian dan contoh berita yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada pendidik.
Mengasosiasi
8.      Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi untuk mengolah informasi dari materi pengertian  berita, unsur dan ciri  teks berita yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/ sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan yang telah disusunnya.
9.      Peserta didik memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
a.              Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dalam diskusi kelas. Hal yang dipresentasikan adalah pengertian, unsur dan ciri   teks berita
b.             Peserta didik mengolah hasil diskusi kelas dalam membuktikan tentang pengertian,  unsur dan ciri teks berit
c.              Peserta didik dan pendidik secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Mengomunikasikan
10.  Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui kegiatan:
a.       Peserta didik menyampaikan simpulannya mengenai pengertian berita  unsur-unsur dan ciri teks berita sebagai hasil diskusi kelas.
b.      Peserta didik membuat resume tentang bagaimana teks  berita yang ideal.
11.  Peserta didik mengerjakan soal-soal pascates yang disediakan pendidik secara individu untuk mengecek penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran.
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, pendidik mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: religius, percaya diri, santun, rasa ingin tahu, berpikir kritis, kerja sama, dan kreatif.
Kegiatan Penutup

1.      Peserta didik menyerahkan jawaban soal pascates mereka kepada pendidik.
2.      Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas.
3.      Peserta didik yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik menerima penghargaan untuk meningkatkan motivasi mereka dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya.
4.      Peserta didik (bila perlu) bersama pendidik mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran yang telah dilaksanakan.
5.      Peserta didik bersama pendidik berdoa untuk menutup pembelajaran.
6.      Peserta didik menjawab salam penutup yang diucapkan pendidik.

10
Menit

Pertemuan Kedua
Tahap
Sintak Pembelajaran
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Nilai Karakter
(PPK), Literasi,
4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan
Pendahuluan

Orientasi

Religius



Disiplin


Percaya diri
10 Menit
1.      Peserta didik menjawab salam yang diucapkan pendidik dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
2.      Peserta didik melaporkan ketidakhadiran temannya sebagai sikap disiplin
3.      Peserta didik menyiapkan fisik dan psikis untuk mengawali kegiatan pembelajaran.
Motivasi

Literasi



4.      Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Apersepsi










Rasa ingin tahu
5.      Peserta didik dibantu pendidik mengaitkan materi/ tema/ kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/ tema/ kegiatan sebelumnya yaitu pengertian teks berita  unsur-unsur berita dan ciri-ciri berita
6.      Peserta didik mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Pemberian Acuan

Rasa ingin tahu
7.      Peserta didik menyimak ulasan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
8.      Peserta didik menyimak kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung.
9.      Peserta didik kembali pada kelompok yang telah dibentuk sebelumnya.
10.  Peserta didik menyimak penjelasan mengenai ruang lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan pada pertemuan ini.
11.  Peserta didik mengerjakan soal-soal prates yang disediakan pendidik.
Kegiatan
Inti

Stimulus
(Pemberian
rangsangan)










Problem
statemen

(pertanyaan/
identifikasi
masalah)













Data
collection
(pengumpulan
data)











Data
processing
(pengolahan
Data)
















Verification (pembuktian)





Generalization (menarik kesimpulan)

Mengamati

Literasi




Literasi







Berpikir kritis

















Literasi






Rasa ingin tahu







Rasa ingin tahu




Kerja sama (collaborations)















Berpikir kritis













Santun









Percaya diri






Berpikir kritis








Communication (Berkomunikasi)





Kreativitas
60
Menit
1.      Peserta didik membaca teks berita yang ada da di buku paket  
Menanya
2.      Peserta didik diberi kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang tidak dipahami mengenai cara menyimpulkan teks  berita
3.      Peserta didik menuliskan pertanyaan mengenai cara menyimpulkan teks berita dibacanya.
Mengumpulkan Informasi
4.      Peserta didik mencari jawaban atas pertanyaan yang telah ditulisnya dari berbagai sumber. Misalnya internet, membaca buku, dan lain-lain.
5.      Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi menyimpulkan teks  berita  yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada pendidik.
Mengasosiasi
6.      Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
a.       Mengolah informasi dari materi menyimpulkan  isi teks berita yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/ sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan yang telah disusunnya.
b.      Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi menyimpulkan teks berita
7.      Peserta didik mendiskusikan hasil temuannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
a.      Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dalam diskusi kelas. Hal yang dipresentasikan adalah cara menyimpulkan teks berita
b.      Peserta didik mengolah hasil diskusi kelas dalam membuktikan tentang cara menyimpulkan teks berita
8.      Peserta didik dan pendidik secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Mengomunikasikan
9.      Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui kegiatan:
a.      Peserta didik menyampaikan simpulannya mengenai cara menyimpulkan teks berita sebagai hasil diskusi kelas.
b.      Peserta didik membuat resume tentang bagaimana teks berita yang ideal.
10.  Peserta didik mengerjakan soal-soal pascates yang disediakan pendidik secara individu untuk mengecek penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran.
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, pendidik mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: religius, disiplin, percaya diri, santun, rasa ingin tahu, berpikir kritis, kerja sama, dan kreatif.
Kegiatan Penutup

1.      Peserta didik menyerahkan jawaban soal pascates kepada pendidik.
2.      Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/ produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas.
3.      Peserta didik yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik menerima penghargaan untuk meningkatkan motivasi mereka dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya.
4.      Peserta didik (bila perlu) bersama pendidik mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran yang telah dilaksanakan.
5.      Peserta didik bersama pendidik berdoa untuk menutup pembelajaran.
6.      Peserta didik menjawab salam penutup yang diucapkan pendidik.

10
Menit


H.    Penilaian Hasil Pembelajaran
1.      Teknik Penilaian
a.      Penilaian Sikap                  : Nontes
b.      Penilaian Pengetahuan      : Tes
c.       Penilaian Keterampilan     : Tes

2.      Bentuk Penilaian
a.      Penilaian Sikap                   :
1)      Penilaian diri
2)      Observasi/ pengamatan
b.      Penilaian Pengetahuan       : Tes tertulis (soal pilihan ganda)
c.       Penilaian Keterampilan      : Tes uraian dan Unjuk Kerja/ Presentasi
d.      Penilaian Remedial dan Pengayaan :     
1)      Remedial
Pembelajaran remedial diberikan kepada peserta didik yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Peserta didik diminta berkelompok untuk mendiskusikan materi yang belum dikuasainya.
2)      Pengayaan
Pembelajaran pengayaan diberikan kepada diberikan kepada peserta didik yang sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Peserta didik diminta berkelompok untuk mendiskusikan materi tujuan penulisan teks berita dan manfaat penulisan teks tanggapan

3.      Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Sikap
Kisi-kisi penilaian sikap

No.
Kompetensi Dasar
Butir Nilai Sikap
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
1.
3.7    Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks berita (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca.
Religius
Tanggung jawab
Jujur
Observasi
Lembar Pengamatan
2.
4.7     Menyimpulkan isi teks berita berupa kritik, sanggahan, atau pujian (mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
Religius
Kerja sama
Percaya diri
Observasi
Lembar Pengamatan





b.      Penilaian Pengetahuan
Kisi-kisi penilaian pengetahuan KD 3.7
No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Level Kognitif
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Nomor Soal
1.
3..1 mengidentifikasi unsur.unsur teks berita( membanggakan dan memotivasi yang di dengar dan di baca
1.      Pengertian teks  berita
2.      Unsur-unsur teks berita
3.      Ringkasan dan menyimpulan berita
4.      Langkah-langkah menyimpulkan pokok-pokok berita
5.      Tanggapan terhadap isi berita
Peserta didik dapat menemukan unsur-unsur berita (ADIKSIMBA )  pada kutipan teks berita yang disajikan
C3
Tes Tertulis
Pilihan Ganda
1
C3
2
C3
3
siswa dapat menyimpulkan kutipan berita tersebut
peserta didik dapat menelaah pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan berita tersebut  
C4
4
C4

5







c.       Penilaian Keterampilan
Kisi-kisi penilaian KD 4.1
No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
Level Kognitif
No. Soal
Teknik
Bentuk Soal
1.
4.1  menyimpulkan isi  dari berita ( membanggakan dan memotivasi) yang di dengar atau di baca
1. Langkah-langkah menyimpulkan teks berita
 Siwa dapat menuliskan langkah-lagkah cara Menyimpulkan isi teks berita
C4
C4


1
2

Tes tertulis
Uraian



2. Langkah-langkah menyimpulkan pada teks berita
Disajikan teks  berita
1.      Siswa dapat menelaah pertanyaan yang sesuai dengan isi kutipan berita

C4
C5

3
4


Uraian
3. Langkah-langkah menyimpulkan  teks berita
Disajikan teks  berita
1.      Menyimpulkan  isi  pada teks berita

C6

5


Uraian

d.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1)      Kisi-kisi Penilaian Pembelajaran Remedial
No.
Nama Siswa
Kelas
Rencana tindak lanjut
Waktu
Nilai
Ket
UH 1
R1
R2
1


Belajar
Kelompok
Materi :

Unsur-unsur berita






2





3












2)      Kisi-kisi Pembelajaran Pengayaan

No.
Nama Siswa
Kelas
Rencana tindak lanjut
Waktu
Nilai
Ket
1


Belajar
Kelompok
Materi:
Tujuan penulisan teks berita dan manfaat penulisan teks berita



2



3









Diketahui
Kepala SMP Negeri 1 Sodonghilir
            Sodonghilir  Juli 2019
                    Pendidik Pengampu Mapel,



Drs. Zaenal Muttaqin,M.Pd
NIP. 196108031983031010


                         Indra Hadiat Permana, S.Pd
                         NUPTK 6843765667130132





/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}