SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMP NEGERI 1 SODONGHILIR
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa
Indonesia
|
Kelas/
Semester
|
:
|
VIII
/1 (Satu)
|
Kompetensi
Inti
|
:
|
|
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 :
Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan
spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan
terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 :
Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
Kompetensi Dasar
|
IPK
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.1 Mengidentifikasi unsur unsur teks berita
(membanggakan dan memotivasi) yang didengar
danDibaca
|
3.1.1 Menjelaskan Pengertian
berita unsur-unsur dan ciri teks
berita
3.1.2 Menganalisis Unsur-unsur
berita (ADIKSIMBA )
3.1.3 Mengidentifikasi Jenis-Jenis Berita yang di
baca atau di dengar
3.1.4 Menentukan perbedaan dan persamaan unsur-unsur berita dengan teks berita lain
|
1. Materi pembelajaran
regular
a.
Fakta
1) teks berita
b.
Konsep
1)Menemukan
pokok berita
c.
Prinsip
1)Berita
disiarkan lewat media cetak dan media elektronika
2)Wartawan
dalam meliput peristiwa berpedoman pada 5W + 1H (What, Who, When, Where, Why
dan How)
3)Hasil
jawaban itu dikemas dalam bentuk berita
d.
Prosedur
1)Cara
menyimak berita antara lain :
2)Simak
baik-baik berita yang di dengar
3)Catat
pokok-pokok beritanya
4)
Perluas pokok-pokok berita itu dengan kalimat penjelas
5)Menuliskan
kembali isi berita secara singkat tapi jelas
2.Materi
pembelajaran remedial
a.Jenis
berita
b.
Menyimpulkan isi berita
c.Pokok-pokok
isi suatu berita
3.Materi
pembelajaran pengayaan
a.Prinsip-prinsip
berita
|
Mengamati
1.Peserta
didik mengamati video berita mengenai Banjir
Menaya
2.Peserta
didik diberi kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan
yang tidak dipahami tayangan video berita tersebut untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik). Pertanyaan yang dihimpun akan
dijawab melalui kegiatan belajar.
3.Peserta
didik menuliskan pertanyaan mengenai
pengertian berita, unsur-unsur berita yang telah diamati
Mengumpulkan
informasi
4.Peserta
didik mencari jawaban atas pertanyaan yang telah ditulisnya
5.Mengajukan
pertanyaan berkaitan dengan materi pengertian dan contoh berita yang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada pendidik
Mengasosiasi
6.Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi untuk mengolah informasi dari materi
pengertian berita, unsur dan ciri teks berita yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/ sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan
mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan yang telah disusunnya.
7.Peserta
didik memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
a. Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dalam diskusi kelas. Hal
yang dipresentasikan adalah pengertian, unsur dan ciri teks berita
b.
Peserta didik mengolah hasil diskusi
kelas dalam membuktikan tentang pengertian, unsur dan ciri teks berit
8. Peserta
didik dan pendidik secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah
dikerjakan oleh peserta didik
Mengomunikasikan
9. Peserta
didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui kegiatan:
a) Peserta
didik menyampaikan simpulannya mengenai pengertian berita unsur-unsur dan ciri teks
berita sebagai
hasil diskusi kelas.
b) Peserta
didik membuat resume tentang bagaimana teks
berita yang ideal.
c) Peserta
didik mengerjakan soal-soal pascates yang disediakan pendidik secara individu
untuk mengecek penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran.
|
1. Penilaian
Sikap:
Penilaian
nontes berupa penilaian observasi sikap.
2. Penilaian
pengetahuan:
Penilaian
tes berupa soal pilihan ganda.
3. Penilaian
keterampilan:
Penilaian
tes berupa soal uraian dan nontes berupa presentasi
|
6 X 40 menit
|
1. Teks
berita
2. Trianto,
Agus. 2018. Bahasa Indonesia: Kelas VIII SMP/MTs. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3. Wahono.
2017. Mahir Berbahasa Indonesia: untuk SMP/ MTs Kelas VIII Jakarta: Erlangga.
|
4.1 Menyimpulkan isi berita (membanggakan dan memotivasi)
yang dibaca dan didengar
|
4.1.1. Menganalisis Langkah-
langkah menyimpulkan pokok- pokok berita.
4.1.2 Menyimpulkan isi
berita yang di baca atau di dengar
|
|
Mengamatai
1.Peserta didik membaca teks
berita yang ada da di buku paket
Menanya
2.Peserta didik diberi
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang tidak
dipahami mengenai cara menyimpulkan teks
berita
3.Peserta didik
menuliskan pertanyaan mengenai cara menyimpulkan teks berita dibacanya.
Mengumpulkan informasi
4.Peserta didik mencari
jawaban atas pertanyaan yang telah ditulisnya dari berbagai sumber. Misalnya
internet, membaca buku, dan lain-lain.
5.Mengajukan pertanyaan
berkaitan dengan materi menyimpulkan teks
berita yang telah disusun dalam
daftar pertanyaan kepada pendidik.
Mengasosiasi
6.Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
7.Mengolah informasi dari
materi menyimpulkan isi teks berita yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/ sebelumnya maupun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan
bantuan pertanyaan-pertanyaan yang telah disusunnya.
8.Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi menyimpulkan teks berita
9.Peserta didik
mendiskusikan hasil temuannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan
data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
a.
Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dalam diskusi kelas. Hal
yang dipresentasikan adalah cara menyimpulkan teks berita
b.
Peserta
didik mengolah hasil diskusi kelas dalam membuktikan tentang cara
menyimpulkan teks berita
c.
Peserta
didik dan pendidik secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah
dikerjakan oleh peserta didik.
Mengomunikasikan
10. Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
melalui kegiatan:
a.Peserta didik
menyampaikan simpulannya mengenai cara menyimpulkan teks berita sebagai hasil
diskusi kelas.
b. Peserta
didik
membuat
resume tentang bagaimana teks berita yang ideal.
c. Peserta
didik mengerjakan soal-soal pascates yang disediakan pendidik secara individu
untuk mengecek penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran
|
1.
Penilaian
Sikap:
Penilaian
nontes berupa penilaian diri, teman sebaya, wawancara, dan observasi sikap.
2.
Penilaian
pengetahuan:
Penilaian
tes berupa soal uraian.
3.
Penilaian
keterampilan:
Penilaian
nontes berupa presentasi
|
6 X 40 menit
|
1. Teks
tanggapan
2. Trianto,
Agus. 2018. Bahasa Indonesia: Kelas
VIII SMP/MTs.
Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3. Wahono.
2017. Mahir Berbahasa Indonesia: untuk SMP/ MTs Kelas VIII Jakarta:
Erlangga.
|
Diketahui
Kepala SMP Negeri 1 Sodonghilir
|
Sodonghilir, Juli 2019
Pendidik
Pengampu Mapel,
|
Drs. Zaenal Muttaqin, M.Pd
NIP 196108031983031 010
|
Indra Hadiat Permana, S.Pd
NUPTK. 6843765667130132
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMP
NEGERI 1 SODONGHILIR
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa
Indonesia
|
Kelas/
Semester
|
:
|
VIII/1
(Satu)
|
Materi
Pokok
|
:
|
TEKS
BERITA
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
6
Pertemuan (6 X 40 menit)
|
A. Kompetensi
Inti
KI 3 Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
KI 4 Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan
komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
||
3.1
|
Mengidentifikasi
unsur unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar danDibaca
|
3.1.1
|
Menjelaskan Pengertian
berita unsur-unsur dan ciri teks
berita
|
3.1.2
|
Menganalisis Unsur-unsur
berita (ADIKSIMBA )
|
||
3.1.3
|
Mengidentifikasi
jenis-jensi berita
|
||
3.1. 4
|
Menentukan perbedaan dan
persamaan unsur-unsur berita dengan teks berita lain
|
||
4.1
|
Menyimpulkan
isi berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar
|
4.1.1.
|
Menganalisis Langkah- langkah
menyimpulkan pokok- pokok berita.
|
4.1.2
|
Menyimpulkan isi berita yang di baca atau di dengar
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah
mengamati video berita teks berjudul banjir peserta didik mampu merumuskan pengertian
teks berita unsur-unsur dan ciri-ciri berita
dengan dengan benar dan percaya diri.
2.
Setelah mendiskusikan teks berita yang berjudul
banjir peserta didik mampu mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (ADIKSIMBA) yang
dibacanya dengan tepat dan bertanggung jawab.
3.
Setelah mengamati video berita peserta didik dapat
menentukan jenis-jenis teks berita dengan tepat dan disiplin
4. Setelah
mendiskusikan teks berita yang berjudul hutan gundul peserta didik mampu menentukan
perbedaan dan persamaan unsur-unsur berita dengan
teks berita lain dengan
benar dan percaya diri.
5. Setelah
mendiskusikan teks
berita peserta didik
mampu Menganalisis
Langkah- langkah menyimpulkan pokok- pokok berita. Dengan
benar dan jujur
6. Setelah
mendiskusikan teks berita peserta
didik mampu menyimpulkan isi berita yang dibaca dengan benar dan
percaya diri
D. Materi
Pembelajaran
1. Materi
pembelajaran regular
a. Fakta
1)
Berita
adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian peristiwa yang hangat. Atau
bisa disebut juga kabar
b. Konsep
1)
Menemukan
pokok berita
c. Prinsip
1) Berita disiarkan lewat
media cetak dan media elektronika
2) Wartawan dalam meliput
peristiwa berpedoman pada 5W + 1H (What, Who, When, Where, Why dan How)
3) Hasil jawaban itu dikemas
dalam bentuk berita
d. Prosedur
1) Cara menyimak berita
antara lain :
2) Simak baik-baik berita
yang di dengar
3) Catat pokok-pokok
beritanya
4) Perluas pokok-pokok
berita itu dengan kalimat penjelas
5) Menuliskan kembali isi
berita secara singkat tapi jelas
2. Materi
pembelajaran remedial
a.
Jenis
berita
b.
Menyimpulkan
isi berita
c.
Pokok-pokok
isi suatu berita
3. Materi
pembelajaran pengayaan
a.
Prinsip-prinsip
berita
E. Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model :
Discovery Learning
3. Metode : Diskusi
F. Media
Pembelajaran
1. Alat :
a. Laptop
b. Proyektor
c. Papan
tulis
d. Spidol
2. Bahan :
a. Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD)
b. Lembar
observasi peserta didik
c. Lembar
penilaian
d. Soal
prates dan pascates
F. Sumber
Pembelajaran
Trianto,
Agus. 2018. Bahasa Indonesia: Kelas VIII SMP/MTs.
Jakarta:
Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Wahono.
2017. Mahir Berbahasa Indonesia: untuk SMP/ MTs Kelas VIII. Jakarta:
Erlangga.
G. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Tahap
|
Sintak
Pembelajaran
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
Nilai
Karakter
(PPK),
Literasi,
4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
|
Orientasi
|
Religius
Jujur
Tanggung
Jawab
|
10 Menit
|
1. Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
(PPK: Religius)
2. Peserta
didik melaporkan ketidakhadiran temannya sebagai sikap disiplin
3. Peserta
didik menyiapkan fisik dan psikis untuk mengawali kegiatan pembelajaran.
|
||||
Motivasi
|
Tanggung
Jawab
|
|||
4. Peserta
didik menerima penjelasan atau gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran
yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
5. Peserta
didik menyimak tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
|
||||
Apersepsi
|
Rasa
ingin tahu
|
|||
6. Peserta
didik dibantu pendidik mengaitkan materi/ tema/ kegiatan pembelajaran yang
akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/ tema/ kegiatan
sebelumnya
7. Peserta
didik mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang
akan dilakukan.
|
||||
Pemberian
Acuan
|
Rasa
ingin tahu
|
|||
8. Peserta
didik menyimak kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang
berlangsung.
9. Peserta
didik berkelompok secara heterogen. Setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang.
10. Peserta
didik menyimak penjelasan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran menggunakan model discovery learning
11. Peserta
didik mengerjakan soal-soal prates yang disediakan pendidik.
|
||||
Kegiatan
Inti
|
Stimulus
(Pemberian
rangsangan)
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah)
Data
collection
(pengumpulan
data)
Data
processing
(pengolahan
Data)
Verification
(pembuktian)
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
Literasi
|
Berpikir
kritis
Berpikir
kritis
Rasa
ingin tahu
Rasa
ingin tahu
Kerja
sama (collaborations)
Berpikir kritis
Percaya
diri
Berpikir
kritis
Communication
(Berkomunikasi)
Kreativitas
|
60
Menit
|
1. Peserta
didik membaca Koran yang berkaitan dengan materi yang akan
dibahas.
2. Peserta
didik disilakan untuk memberikan tanggapan
tentang berita
mengenai apa yang di bacanya
|
||||
Mengamati
|
||||
3. Peserta
didik mengamati video berita mengenai Banjir
|
||||
Menanya
|
||||
4. Peserta
didik diberi kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan
yang tidak dipahami tayangan video berita tersebut untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik). Pertanyaan yang dihimpun akan
dijawab melalui kegiatan belajar.
5. Peserta
didik menuliskan pertanyaan mengenai
pengertian berita, unsur-unsur berita yang telah diamati
|
||||
Mengumpulkan
Informasi
|
||||
6. Peserta
didik mencari jawaban atas pertanyaan yang telah ditulisnya dengan r.
7. Mengajukan
pertanyaan berkaitan dengan materi pengertian dan contoh berita yang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada pendidik.
|
||||
Mengasosiasi
|
||||
8. Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi untuk mengolah informasi dari materi pengertian
berita, unsur
dan ciri teks berita yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/ sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan
mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan yang telah disusunnya.
9. Peserta
didik memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
a.
Setiap kelompok mempresentasikan hasil
diskusi kelompoknya dalam diskusi kelas. Hal yang dipresentasikan adalah pengertian,
unsur dan ciri teks berita
b.
Peserta didik mengolah hasil diskusi
kelas dalam membuktikan tentang pengertian, unsur dan ciri teks berit
c.
Peserta didik dan pendidik secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik.
|
||||
Mengomunikasikan
|
||||
10. Peserta
didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui kegiatan:
a. Peserta
didik menyampaikan simpulannya mengenai pengertian berita unsur-unsur dan ciri teks
berita sebagai
hasil diskusi kelas.
b. Peserta
didik membuat resume tentang bagaimana teks berita yang ideal.
11. Peserta
didik mengerjakan soal-soal pascates yang disediakan pendidik secara individu
untuk mengecek penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran.
|
||||
Catatan :
Selama
pembelajaran berlangsung, pendidik mengamati sikap siswa dalam pembelajaran
yang meliputi sikap: religius, percaya diri, santun, rasa ingin tahu,
berpikir kritis, kerja sama, dan kreatif.
|
||||
Kegiatan
Penutup
|
|
1. Peserta
didik menyerahkan jawaban soal pascates mereka kepada pendidik.
2. Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas.
3. Peserta
didik yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik menerima penghargaan
untuk meningkatkan motivasi mereka dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya.
4. Peserta
didik (bila perlu) bersama pendidik mengagendakan pekerjaan rumah untuk
materi pelajaran yang telah dilaksanakan.
5. Peserta
didik bersama pendidik berdoa untuk menutup pembelajaran.
6. Peserta
didik menjawab salam penutup yang diucapkan pendidik.
|
|
10
Menit
|
Pertemuan Kedua
Tahap
|
Sintak Pembelajaran
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
Nilai
Karakter
(PPK),
Literasi,
4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
|
Orientasi
|
Religius
Disiplin
Percaya diri
|
10 Menit
|
1. Peserta
didik menjawab salam yang diucapkan pendidik dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
2. Peserta
didik melaporkan ketidakhadiran temannya sebagai sikap disiplin
3. Peserta
didik menyiapkan fisik dan psikis untuk mengawali kegiatan pembelajaran.
|
||||
Motivasi
|
Literasi
|
|||
4. Peserta
didik menyimak tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
|
||||
Apersepsi
|
Rasa ingin tahu
|
|||
5. Peserta
didik dibantu pendidik mengaitkan materi/ tema/ kegiatan pembelajaran yang
akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/ tema/ kegiatan
sebelumnya yaitu pengertian teks berita
unsur-unsur berita dan ciri-ciri berita
6. Peserta
didik mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang
akan dilakukan.
|
||||
Pemberian
Acuan
|
Rasa
ingin tahu
|
|||
7. Peserta
didik menyimak ulasan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat
itu.
8. Peserta
didik menyimak kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang
berlangsung.
9. Peserta
didik kembali pada kelompok yang telah dibentuk sebelumnya.
10. Peserta
didik menyimak penjelasan mengenai ruang lingkup dan teknik penilaian yang
akan digunakan pada pertemuan ini.
11. Peserta
didik mengerjakan soal-soal prates yang disediakan pendidik.
|
||||
Kegiatan
Inti
|
Stimulus
(Pemberian
rangsangan)
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah)
Data
collection
(pengumpulan
data)
Data
processing
(pengolahan
Data)
Verification
(pembuktian)
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
Mengamati
|
Literasi
Literasi
Berpikir
kritis
Literasi
Rasa ingin
tahu
Rasa ingin
tahu
Kerja sama (collaborations)
Berpikir
kritis
Santun
Percaya diri
Berpikir
kritis
Communication
(Berkomunikasi)
Kreativitas
|
60
Menit
|
1. Peserta
didik membaca teks berita yang ada da di buku paket
|
||||
Menanya
|
||||
2. Peserta
didik diberi kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan
yang tidak dipahami mengenai cara menyimpulkan teks berita
3. Peserta
didik menuliskan pertanyaan mengenai cara menyimpulkan teks berita dibacanya.
|
||||
Mengumpulkan
Informasi
|
||||
4. Peserta
didik mencari jawaban atas pertanyaan yang telah ditulisnya dari berbagai
sumber. Misalnya internet, membaca buku, dan lain-lain.
5. Mengajukan
pertanyaan berkaitan dengan materi menyimpulkan teks berita yang telah disusun dalam daftar pertanyaan
kepada pendidik.
|
||||
Mengasosiasi
|
||||
6. Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
:
a. Mengolah
informasi dari materi menyimpulkan isi teks berita yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/ sebelumnya maupun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan
bantuan pertanyaan-pertanyaan yang telah disusunnya.
b. Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi menyimpulkan teks berita
7. Peserta
didik mendiskusikan hasil temuannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
a. Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dalam diskusi kelas. Hal
yang dipresentasikan adalah cara menyimpulkan teks berita
b. Peserta
didik mengolah hasil diskusi kelas dalam membuktikan tentang cara
menyimpulkan teks berita
8. Peserta
didik dan pendidik secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah
dikerjakan oleh peserta didik.
|
||||
Mengomunikasikan
|
||||
9. Peserta
didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui kegiatan:
a. Peserta
didik menyampaikan simpulannya mengenai cara menyimpulkan teks berita sebagai
hasil diskusi kelas.
b. Peserta
didik membuat resume tentang bagaimana teks berita yang ideal.
10. Peserta
didik mengerjakan soal-soal pascates yang disediakan pendidik secara individu
untuk mengecek penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran.
|
||||
Catatan :
Selama
pembelajaran berlangsung, pendidik mengamati sikap siswa dalam pembelajaran
yang meliputi sikap: religius, disiplin, percaya diri, santun, rasa ingin
tahu, berpikir kritis, kerja sama, dan kreatif.
|
||||
Kegiatan
Penutup
|
|
1. Peserta
didik menyerahkan jawaban soal pascates kepada pendidik.
2. Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/ produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas.
3. Peserta
didik yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik menerima penghargaan
untuk meningkatkan motivasi mereka dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya.
4. Peserta
didik (bila perlu) bersama pendidik mengagendakan pekerjaan rumah untuk
materi pelajaran yang telah dilaksanakan.
5. Peserta
didik bersama pendidik berdoa untuk menutup pembelajaran.
6. Peserta
didik menjawab salam penutup yang diucapkan pendidik.
|
|
10
Menit
|
H. Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Teknik
Penilaian
a. Penilaian
Sikap :
Nontes
b. Penilaian
Pengetahuan :
Tes
c. Penilaian
Keterampilan :
Tes
2.
Bentuk Penilaian
a. Penilaian
Sikap :
1)
Penilaian diri
2)
Observasi/ pengamatan
b. Penilaian
Pengetahuan :
Tes tertulis (soal pilihan ganda)
c. Penilaian
Keterampilan :
Tes uraian dan Unjuk
Kerja/ Presentasi
d. Penilaian
Remedial dan Pengayaan :
1)
Remedial
Pembelajaran remedial
diberikan kepada peserta didik yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM). Peserta didik diminta berkelompok untuk mendiskusikan materi yang belum
dikuasainya.
2)
Pengayaan
Pembelajaran pengayaan diberikan kepada diberikan kepada peserta didik
yang sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Peserta didik diminta berkelompok untuk
mendiskusikan materi tujuan penulisan teks berita dan manfaat penulisan teks tanggapan
3.
Instrumen Penilaian
a. Penilaian
Sikap
Kisi-kisi penilaian sikap
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Butir Nilai Sikap
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
1.
|
3.7 Mengidentifikasi
informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks berita (lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau
dibaca.
|
Religius
Tanggung
jawab
Jujur
|
Observasi
|
Lembar
Pengamatan
|
2.
|
4.7 Menyimpulkan isi teks berita
berupa kritik, sanggahan, atau pujian (mengenai lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
|
Religius
Kerja
sama
Percaya
diri
|
Observasi
|
Lembar
Pengamatan
|
b. Penilaian Pengetahuan
Kisi-kisi penilaian pengetahuan KD 3.7
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Level
Kognitif
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Nomor
Soal
|
1.
|
3..1
mengidentifikasi unsur.unsur teks berita( membanggakan dan memotivasi yang
di dengar dan di baca
|
1. Pengertian teks berita
2. Unsur-unsur teks berita
3. Ringkasan dan menyimpulan berita
4. Langkah-langkah menyimpulkan
pokok-pokok berita
5. Tanggapan terhadap isi berita
|
Peserta didik
dapat menemukan unsur-unsur berita (ADIKSIMBA ) pada kutipan teks berita yang disajikan
|
C3
|
Tes
Tertulis
|
Pilihan
Ganda
|
1
|
C3
|
2
|
||||||
C3
|
3
|
||||||
siswa dapat
menyimpulkan kutipan berita tersebut
peserta didik
dapat menelaah pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan berita tersebut
|
C4
|
4
|
|||||
C4
|
5
|
c. Penilaian
Keterampilan
Kisi-kisi
penilaian KD 4.1
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
Level Kognitif
|
No. Soal
|
Teknik
|
Bentuk Soal
|
1.
|
4.1 menyimpulkan isi dari berita ( membanggakan dan memotivasi)
yang di dengar atau di baca
|
1. Langkah-langkah menyimpulkan teks
berita
|
Siwa dapat menuliskan langkah-lagkah cara Menyimpulkan isi teks berita
|
C4
C4
|
1
2
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
2. Langkah-langkah
menyimpulkan pada
teks berita
|
Disajikan teks berita
1.
Siswa dapat menelaah pertanyaan yang sesuai dengan
isi kutipan berita
|
C4
C5
|
3
4
|
|
Uraian
|
||
3. Langkah-langkah menyimpulkan teks berita
|
Disajikan teks berita
1. Menyimpulkan isi pada teks berita
|
C6
|
5
|
|
Uraian
|
d. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
1) Kisi-kisi
Penilaian Pembelajaran Remedial
No.
|
Nama
Siswa
|
Kelas
|
Rencana
tindak lanjut
|
Waktu
|
Nilai
|
Ket
|
||
UH
1
|
R1
|
R2
|
||||||
1
|
|
|
Belajar
Kelompok
Materi
:
Unsur-unsur berita
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|||
3
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
2) Kisi-kisi
Pembelajaran Pengayaan
No.
|
Nama
Siswa
|
Kelas
|
Rencana
tindak lanjut
|
Waktu
|
Nilai
|
Ket
|
1
|
|
|
Belajar
Kelompok
Materi:
Tujuan
penulisan teks berita dan manfaat penulisan teks berita
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|||
3
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
Diketahui
Kepala SMP Negeri 1 Sodonghilir
|
Sodonghilir Juli 2019
Pendidik Pengampu Mapel,
|
Drs. Zaenal Muttaqin,M.Pd
NIP.
196108031983031010
|
Indra
Hadiat Permana, S.Pd
NUPTK 6843765667130132
|
|
|
0 komentar:
Post a Comment