INSTRUMEN EVALUASI
Sekolah
|
: SMP Negeri 1 Sodonghilir
|
Mata
Pelajaran
|
: Bahasa
Indonesia
|
Kelas/Semester
|
: VIII/ Ganjil
|
Materi
Pokok
|
: Teks Eksposisi
|
Alokasi
Waktu
|
: 6 x 40
Menit
|
A.
Kompetensi Inti
KI 3
|
Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan,teknologi,seni,budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secarakreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang teori.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Mengidentifikasi struktur, unsur kebahasaan dan
aspek lisan dalam teks eksposisi artikel ilmiah popular( lingkungan hidup, kondisi
social, dan/. Atau keragaman budaya, dll) yang diperdengarkan atau di baca
|
3.6.1
Mengidentifikasi informasi yang menjadi isi teks
eksposisi.
3.6.2
Menelaah keberadaan isi dalam struktur (tesis,
rangkaian argumentasi, dan penegasan ulang) teks ekspoisi
3.6.3
Menelaah ketepatan data dalam struktur (tesis,
argumentasi, dan penegasan ulang) teks
eksposisi.
|
4.6 Menyajikan
gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi berupayang artikel ilmiah populer (lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan
tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan
|
4.6.1
Menentukan topik penyusun teks eksposisi.
4.6.2
Menyusun kerangka teks ekspoisi berdasarkan struktur,
kaidah bahasa, ciri kebahasaan, dan
pola pengembangan kebahasaan berdasarkan
objek yang akan ditulis.
4.6.3
Menyusun teks
ekposisi berdasarkan kerangka dengan menerapkan kaidah kebahasaan.
4.6.4
Mempresentasikan
teks eksposisi yang telah dibuat.
|
C. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui pengamatan terhadap teks eksposisi, peserta
didik dapat mengidentifikasi informasi yang menjadi isi teks eksposisi dengan
benar,
2. Setelah peserta didik mengidentifikasi
informasi yang menjadi isi teks eksposisi, peserta didik dapat menelaah
keberadaan isi dalam struktur (tesis, argumentasi, dan penegasan ulang) teks ekspoisi dengan teliti,
3. Setelah menelaah struktur, peserta didik
dapat menelaah ketepatan data dalam struktur teks eksposisi dengan teliti,
4. Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat
menentukan topik penyusun teks eksposisi dengan benar.
5. Setelah menentukan topik, eserta didik dapat
menyusun kerangka teks ekspoisi berdasarkan struktur, kaidah bahasa, ciri kebahasaan, dan pola pengembangan
kebahasaan berdasarkan objek yang akan
ditulis dengan benar,
6. Setelah menyusun kerangka teks eksposisi, peserta
didik dapat menyusun teks ekposisi
berdasarkan kerangka dengan menerapkan kaida kebahasaan benar,
7. Setelah menyusun teks eksposisi, peserta
didik dapat mempresentasikan hasil teks eksposisi dengan benar dan percaya
diri.
D.
PENILAIAN
1. Tabel Kisi-kisi
Penilaian Sikap
KOMPETENSI DASAR
|
Butir Nilai Sikap
|
Teknik penilian
|
Bentuk Instrumen
|
||
3.13
|
Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi
yang diperdengarkan atau dibaca
|
Religius
Disiplin
Tanggung jawab
Kreatif
Kerjasama
|
Observasi
|
Lembar
observasi atau Pengamatan
|
|
4.13
|
Menyimpulkan unsur unsur pembangun dan makna teks puisi yang
diperdengarkan atau dibaca.
|
Religius
Disiplin
Tanggung jawab
Kreatif
Kerjasama
|
Observasi
|
Lembar
observasi atau Pengamatan
|
|
2. INTRUMEN EVALUASI
Sekolah : SMP Negeri 1 Sodonghilir
Kelas/Semester : VIII/1
Tahun Pelajaran : 2019/2020
Indikator : Peserta didik menunjukan
religius, disiplin, percaya diri, kreatif dan kerjasama dalam menanggapi secara
pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
Hari, Tanggal : ………………………………………………..
Kelas/ Semester : ………………………………………………..
Materi Pokok : ………………………………………………..
Berikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan.
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Religius
|
Disiplin
|
Tanggung
Jawab
|
Kreatif
|
Kerja sama
|
Rata-Rata
|
|||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||||||||
5.
|
3. Rubrik Penilaian Sikap
Nomor
|
Indikator
|
Skor
|
1.
|
Religius
a. Selalu berdoa serta memberi salam pada saat awal dan akhir
pembelajaran sesuai agama yang dianut.
b. Sering berdoa serta memberi salam pada saat awal dan akhir pembelajaran
sesuai agama yang dianut.
c. Kadang-kadang berdoa serta memberi salam pada saat awal dan akhir pembelajaran
sesuai agama yang dianut.
d. Tidak pernah berdoa serta memberi salam pada saat awal dan akhir
pembelajaran sesuai agama yang dianut
|
4
3
2
1
|
2.
|
Disiplin
a. Selalu hadir tepat waktu, sering melaksanakan kegiatan literasi, dan
sering mengenakan seragam serta atribut sesuai ketentuan tata tertib.
b. Sering hadir tepat waktu, sering melaksanakan kegiatan literasi, dan
sering mengenakan seragam serta atribut sesuai ketentuan tata tertib.
c. Kadang-kadang hadir tepat waktu, kadang-kadang melaksanakan kegiatan literasi,
dan kadang-kadang mengenakan seragam serta atribut sesuai ketentuan tata
tertib.
d. Tidak pernah hadir tepat waktu, tidak pernah melaksanakan kegiatan literasi,
dan tidak mengenakan seragam serta atribut sesuai ketentuan tata tertib.
|
4
3
2
1
|
3.
|
Tanggung Jawab
a. Selalu melaksanakan tugas dan selalu menerima risiko dari tindakan
yang dilakukan.
b. Sering melaksanakan tugas dan menerima risiko dari tindakan yang
dilakukan.
c. Kadang-kadang melaksanakan tugas dan kadang-kadang menerima risiko dari
tindakan yang dilakukan.
d. Tidak pernah melaksanakan tugas dan tidak mau menerima risiko dari tindakan
yang dilakukan.
|
4
3
2
1
|
4.
|
Kreatif
a. Selalu kreatif mengerjakan tugas dalam pembelajaran.
b. Sering kreatif mengerjakan tugas dalam pembelajaran..
c. Kadang-kadang kreatif mengerjakan tugas dalam pembelajaran.
d. Tidak pernah kreatif mengerjakan tugas dalam pembelajaran
|
4
3
2
1
|
5.
|
Kerja sama
a. Selalu terlibat aktif dalam diskusi kelompok dan selalu bersedia
melakukan tugas sesuai kesepakatan kelompok.
b.
Sering terlibat aktif dalam diskusi kelompok dan
bersedia melakukan tugas sesuai kesepakatan kelompok
c. Kadang-kadang terlibat aktif dalam diskusi kelompok dan kadang-kadang
bersedia melakukan tugas sesuai kesepakatan kelompok
d. Tidak pernah terlibat aktif dalam diskusi kelompok dan tidak pernah bersedia
melakukan tugas sesuai kesepakatan kelompok
|
4
3
2
1
|
4. Pedomana
Penilaian
Nilai = Jumlah Skor Peserta didik X
4
Jumlah Skor Maksimal
No.
|
Kriteria
|
Deskripsi
|
1.
|
Sangat baik
|
apabila
memperoleh skor 3,33 < skor ≤ 4,00
|
2.
|
Baik
|
apabila
memperoleh skor 2,33 < skor ≤ 3.33
|
3.
|
Cukup
|
apabila
memperoleh skor 1,33 < skor ≤ 2,33
|
4.
|
Kurang
|
apabila
memperoleh skor ≤ 1,33
|
2. Penilaian
Pengetahuan
a. Tabel Kisi-Kisi
Pengetahuan
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR SOAL
|
LEVEL KOGNITIF
|
BENTUK SOAL
|
NOMOR SOAL
|
1.
|
3.6 Mengidentifikasi struktur, unsur kebahasaan dan
aspek lisan dalam teks eksposisi artikel ilmiah popular( lingkungan hidup,
kondisi social, dan/. Atau keragaman budaya, dll) yang diperdengarkan atau di
baca
|
1. Struktur
teks eksposisi
2. Variasi
kalimat
3. Kata
teknis
4. Pilihan
kata
5. Prinsip
penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca dan ejaan
|
Disajikan kutipan teks eksposisi,
peserta didik dapat menganasis struktur teks eksposisi dengan tepat
|
C6
|
Pilihan
Ganda
|
1,9,10
|
Disajikan teks eksposisi yang rumpang,
peserta didik dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
|
C6
|
Pilihan
Ganda
|
2
|
|||
Disajikan teks teks eksposisi, peserta
didik dapat merangkum teks eksposisi tersebut
|
C6
|
Pilihan
Ganda
|
3
|
|||
Disajikan teks eksposisi yang
susunannya acak, peserta didik dapat
menyusunnya menjadi teks eksposisi
|
C6
|
Pilihan
Ganda
|
4
|
|||
Disajikan teks eksposisi, peserta
didik menganalisis kelebihan dan kekurangan teks eksposisi tersebut
|
C4
|
Pilihan
Ganda
|
5
|
|||
Disajikan teks eksposisi, peserta
didik mengevaluasi informasi yang tersurat dalam teks tersebut
|
C5
|
Pilihan
Ganda
|
6
|
|||
Disajikan kutipan teks eksposisi,
peserta didik dapat menentukan makna kata teknis dalam teks tersebut
|
C6
|
Pilihan
Ganda
|
7,8
|
|||
Disajikan kutipan teks eksposisi yang
rumpang, peserta didik dapat memperbaiki kesalahan dalam kalimat
|
C6
|
Pilihan
Ganda
|
9,10
|
b.
Instumen Penilaian
MATA PELAJARAN
JENJANG PENDIDIKAN
KELAS/SEMESTER
|
: BAHASA INDONESIA
: SMP
: VIII/GANJIL
|
1. Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian pada
lembar jawaban yang disediakan.
2. Periksa dan bacalah soal-soal Anda
mengerjakan.
3. Jumlah soal sebanyak 10 butir pilihan ganda
dari empat pilihan jawaban
A.
Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B,
C, atau D pada jawaban yang benar!
Perhatikan
kutipan teks eksposisi di bawah ini!
Minat baca masyarakat Indonesia
harus ditingkatkan dan buta aksara harus terus diberantas. Peningkatan minat
baca perlu dilakukan karena pada masa perkembangan teknologi, masyarakat banyak
disuguhi informasi di berbagai media. Media itu harus dimanfaatkan masyarakat
untuk meningkatkan pengetahuan. Upaya itu harus dilakukan karena kita tahu
bahwa minat baca masyarakat masih rendah. ...
1.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang
teks tersebut adalah …
A. Kita harus
segera menanggulangi rendahnya minat baca.
B. Kita harus
segera menanggulangi masalah besar ini.
C. Terutama
minat baca di beberapa sekolah terpencil masih rendah.
D. Terutama
dengan mendirikan perpustakaan sebanyak-banyaknya.
Bacalah kutipan teks eksposisi di bawah ini!
Namun, bagi saya facebook lebih banyak merugikan. Bagaimana tidak? Sebagai
seorang pelajar, yang tentu mempunyai kewajiban belajar, facebook sangat
mengganggu terhadap pelajaran saya, baik dari segi waktu maupun konsentrasi
untuk belajar.
Hampir setiap hari orang-orang membuka facebook hanya sekadar untuk update
status, chating, dan banyak lagi. Itu hanya membuang-buang waktu, padahal masih
banyak yang lebih penting yang harus dikerjakan.
2.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks eksposisi
tersebut adalah …
A. Namun,
keberadaan facebook saat ini seakan mampu menyihir para penggunanya.
B. Para orang
tua harus mengontrol pemakaian internet anak-anaknya.
C. Banyak para
pelajar yang tidak menyadari pengaruh negatif facebook
D. Hendaknya
para pelajar mengendalikan dalam menggunakan facebook.
Cermatilah teks eksposisi berikut dengan
saksama!
Remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak ke
masa awal dewasa. Usia remaja berada pada kisaran usia 10 tahun sampai dengan
21 tahun. Pada masa itu remaja sedang mencari identitas dirinya.
Remaja mengalami gejolak emosi karena perubahan berat
dan tinggi badan yang berpengaruh juga pada perkembangan psikisnya. Pada masa
gejolak itu merupakan masa sulit sehingga remaja memerlukan pengendalian diri yang
kuat ketika berada di sekolah, di rumah, dan di lingkungan masyarakat. Dalam
keadaan seperti ini, remaja membutuhkan orang dewasa untuk mengarahkan dirinya.
Oleh karena itu, remaja harus mendapat pendidikan karakter agar dapat
mengarahkan minatnya pada kegiatan-kegiatan positif. Pendidikan karakter yang
diberikan pada remaja, antara lain, berperilaku jujur, kreatif, percaya diri,
santun, dan peduli.
3.
Ringkasan isi teks tersebut yang tepat adalah …
A. Remaja
adalah masa mencari identitas dengan perubahan berat badan sehingga membutuhkan orang dewasa dan pendidikan
karakter.
B. Remaja
adalah masa transisi yang mengalami gejolak emosi sehingga membuthkan orang
dewasa dan pendidikan karakter
C. Remaja
adalah masa transisi dengan perubahan berat badan sehingga membutuhkan orang
dewasa dan kegiatan positif.
D. Remaja
adalah masa mencari identitas antara 10 sampai dengan 21 tahun sehingga
membutuhkan orang dewasa dan kegiatan positif.
Cermatilah
kalimat-kalimat berikut!
1.Meskipun sejak dulu dikenal memiliki
banyak khasiat, belum banyak yang
mengetahui bahwa lidah buaya bisa menjadi komoditas yang menguntungkan.
2.Mungkin sudah banyak beredar
buku-buku tentang manfaat lidah buaya.
3.Namun, minat baca masyarakat kita
yang rendah sedikit menghambat laju informasi tersebut.
4.Hal itu terjadi karena informasi
tentang manfaat tanaman ini belum tersosialisasikan dengan maksimal.
5.Padahal, para peneliti menemukan
manfaat lebih dari tanaman serbaguna ini.
6.Berikut ini lima manfaat kesehatan
dan lidah buaya, jus lidah buaya, dan gel lidah buaya.
4.
Urutkan kalimat di atas agar menjadi teks eksposisi
yang utuh adalah…
A. (1), (2),
(3), (4), (5), (6)
B. (1), (2),
(3), (5), (4), (6)
C. (1), (4),
(2), (3), (5), (6)
D. (6), (1),
(4), (2), (3), (5)
Bacalah
kutipan teks eksposisi di bawah ini!
Pertama, aneka tanaman sayur mayur, seperti kacang
panjang, cabai, kangkung darat, dan terong, misalnya, dapat ditanam di media
selain tanah. Khusus untuk kangkung darat dapat dibudidayakan di bumbung
bambu yang di sulap menjadi semacam pot. Tanaman terong, kencur, dan
jahe, dapat dibudidayakan di media kantong plastik dan pot.
Sementara itu, sumber karbohidrat seperti jagung,
ketela pohon, ubi jalar di tanam di pekarangan. Untuk pencukupan pupuk,
kotoran ternak kambing dan sapi yang menjadi piaraanya dapat dimanfaatkan untuk
pupuk alami.
5.
Kelebihan dan kelemahan teks eksposisi di atas adalah…
A. Argumentasi
belum jelas, tetapi ada penggunaan bentuk di bumbung yang salah.
B. Argumentasi
sudah jelas, tetapi ada penggunaan bentuk di pekarangan yang salah.
C. Argumentasi
sudah jelas, tetapi ada penggunaan bentuk di sulap yang salah.
D. Argumentasi
belum jelas, tetapi ada penggunaan bentuk di sulap yang benar.
Cermatilah
kutipan teks eksposisi berikut!
Rokok adalah benda yang memberi efek santai dan
sugesti merasa lebih jantan dengan memberikan candu kepada orang yang
menikmatinya. Rokok mempunyai rupa silinder dari kertas berukuran panjang,
berisi daun tembakau yang telah dicacah. Rokok biasanya dijual dalam bungkusan
yang umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya
kesehatan akibat merokok, misalnya kanker paru-paru atau serangan jantung.
6.
Informasi tersurat yang terdapat pada kutipan teks
tersebut adalah…
A. Dalam
bungkusan rokok terdapat pesan kesehatan yang memperingatkan perokok.
B. Orang yang
terbiasa merokok akan kecanduan dan susah untuk berhenti.
C. Orang yang
merokok akan merasa rileks dan nyaman
D. Kebiasaan
merokok dapat merugikan kesehatan.
Cermatilah kutipan teks eksposisi berikut.
Globalisasi memberikan dampak berupa perubahan pada pasar
internasional. Salah satunya adalah liberalisasi perdagangan yang dipandang
sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing.
7.
Makna kata globalisasi yang tepat pada kutipan
teks eksposisi tersebut adalah…
A. Persaingan
bebas Negara-negara di dunia
B. Proses
masuknya ke ruang lingkup dunia.
C. Perubahan
kemajuan Negara-negara di dunia.
D. Pertukaran
kebudayaan asing antar negara.
Cermatilah
kutipan teks eksposisi berikut!
Limbah radioaktif berbahaya bagi lingkungan dan
kehidupan manusia karena menghasilkan radiasi yang berdampak
buruk terhadap kesehatan manusia. Oleh karena itu, limbah radioaktif disimpan
di tempat-tempat yang tidak berpotensi tinggi.
8.
Kata-kata
bercetak miring yang memiliki makna kata yang sesuai adalah…
A. Limbah
radioaktif adalah limbah yang tekontaminasi sesuai dengan batas yang diizinkan
B. Radiasi
adalah pancaran energi melalui suatu materi dalam bentuk panas.
C. Berpotensi
adalah mempunyai bakat.
D. Berdampak
adalah bersifat.
Cermatilah
teks berikut dengan saksama!
Teman-teman sekalian, mari kita lestarikan lingkungan
sekolah yang asri ini. Hal yang kita
bisa lakukan adalah terus menjaga dan merawat.
9.
Perbaikan kalimat pertama dalam teks tersebut adalah …
A. Teman-teman,
mari kita lestarikan lingkungan sekolah yang asri ini.
B. Para
teman-teman sekalian, mari kita lestarikan lingkungan sekolah yang asri ini.
C. Para
teman-teman, mari kita lestarikan lingkungan sekolah yang asri ini.
D. Para
teman-teman semuanya, mari kita lestarikan lingkungan sekolah yang asri ini.
Cermatilah
teks eksposisi berikut!
Tanah longsor selama ini terjadi karena dua hal;
pertama karena alam atau lingkungan dan kedua karena manusia. Kebiasaan manusia
yang menjadi penyebab utama terjadinya tanah longsor adalah perusakan alam,
yaitu tidak melestarikan penghijauan lingkungan, terutama di (….) perbukitan
atau pegunungan.
10. Kata yang
tepat untuk melengkapi teks rumpang tersebut adalah …
A. lokasi
B. kawasan
C. tempat
D. tanah
c. Pedoman Penilaian
Setiap
pertanyaan yang dijawab benar
|
1
|
Setiap
pertanyaan yang dijawab salah
|
0
|
3.
PENILAIAN
KETERAMPILAN
a.
Tabel Kisi-kisi Keterampilan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
No. Soal
|
4.6
Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi berupayang artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan
memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan
|
1. Struktur
teks eksposisi
2. Variasi
kalimat
3. Kata
teknis
4. Pilihan
kata
5. Prinsip
penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca dan ejaan
|
4.6.1
Menentukan topik penyusun teks eksposisi.
4.6.2
Menyusun kerangka teks ekspoisi berdasarkan struktur,
kaidah bahasa, ciri kebahasaan, dan
pola pengembangan kebahasaan berdasarkan
objek yang akan ditulis.
4.6.3
Menyusun teks
ekposisi berdasarkan kerangka dengan menerapkan kaidah kebahasaan.
4.6.4
Mempresentasikan
teks eksposisi yang telah dibuat.
|
Produk
|
Penugasan
|
1
|
b.
Instrumen Soal Keterampilan
TUGAS
1)
Buatlah
kerangka teks eksposisi berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaannya!
2)
Susunlah
teks ekposisi berdasarkan kerangka dengan menerapkan kaidah kebahasaan.
c.
Pedoman Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Lengkap
(4)
|
Cukup
Lengkap
(3)
|
Kurang
Lengkap
(2)
|
Tidak
Lengkap
(1)
|
1.
|
Isi
gagasan
|
||||
2.
|
Keserasian pemilihan kata
|
||||
3.
|
Kesesuaian penggunaan tata bahasa
|
||||
4.
|
Kesesuaian struktur
|
Kriteria penilaian (skor)
4 = Sangat Baik 2 = Kurang Baik
3 = Baik 1 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) =
Jumlah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal
(100)
4.
PROGRAM
REMIDIAL DAN PENGAYAAN
1.
PROGRAM
REMEDIAL
Sekolah : SMP
Negeri 1 Sodonghilir
Kelas/Semester : VIII/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Ulangan Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD / Indikator) : ……………………………………………..
KBM : ……………………………………………..
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Nilai
Ulangan
|
Indikator
yang Belum Dikuasai
|
Bentuk
Tindakan Remedial
|
Nilai
Setelah Remedial
|
Keterangan
|
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
||||||
5.
|
||||||
dst
|
2. PROGRAM PENGAYAAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas Semester : VIII/1
Kompetensi dasar :
No
|
indikator
|
Asal materi soal
|
Penilaian
|
Keterangan
|
||
1
|
Menyimpulkan isi teks puisi yang diperdengarkan dan dibaca
|
Membantu kelompok individu yang mendapat
tugas remedial
|
Tugas kelompok
|
Mengetahui . Sodonghilir
, Juli 2019
Kepala Sekolah Guru Mapel
Drs. Zaenal Muttaqin, M.Pd Indra
Hadiat Permana, S.Pd
NIP. 196108031983031010 NIP -
download instrumen evaluasi hasil belajar
0 komentar:
Post a Comment