Home » » INSTRUMEN EVALUASI HASIL BELAJAR KELAS VIII MATERI TEKS EKSPOSISI KURIKULUM 2017 REVISI

INSTRUMEN EVALUASI HASIL BELAJAR KELAS VIII MATERI TEKS EKSPOSISI KURIKULUM 2017 REVISI


INSTRUMEN EVALUASI
Sekolah
: SMP Negeri 1 Sodonghilir
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: VIII/ Ganjil
Materi Pokok
: Teks Eksposisi
Alokasi Waktu
: 6 x 40 Menit

A.     Kompetensi Inti

KI 3
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi,seni,budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secarakreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6    Mengidentifikasi struktur, unsur kebahasaan dan aspek lisan dalam teks eksposisi artikel ilmiah popular( lingkungan hidup, kondisi social, dan/. Atau keragaman budaya, dll) yang diperdengarkan atau di baca
3.6.1        Mengidentifikasi informasi yang menjadi isi teks eksposisi.
3.6.2        Menelaah keberadaan isi dalam struktur (tesis, rangkaian argumentasi, dan penegasan ulang) teks ekspoisi
3.6.3        Menelaah ketepatan data dalam struktur (tesis, argumentasi, dan penegasan ulang)  teks eksposisi.

4.6    Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi berupayang artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan
4.6.1        Menentukan topik penyusun teks eksposisi.
4.6.2        Menyusun kerangka teks ekspoisi berdasarkan struktur, kaidah bahasa,  ciri kebahasaan, dan pola pengembangan kebahasaan berdasarkan  objek yang akan ditulis.
4.6.3        Menyusun  teks ekposisi berdasarkan kerangka dengan menerapkan kaidah kebahasaan.
4.6.4        Mempresentasikan  teks eksposisi yang telah dibuat.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui pengamatan terhadap teks eksposisi, peserta didik dapat mengidentifikasi informasi yang menjadi isi teks eksposisi dengan benar,
2.      Setelah peserta didik mengidentifikasi informasi yang menjadi isi teks eksposisi, peserta didik dapat menelaah keberadaan isi dalam struktur (tesis, argumentasi, dan penegasan ulang)  teks ekspoisi dengan teliti,
3.      Setelah menelaah struktur, peserta didik dapat menelaah ketepatan data dalam struktur teks eksposisi dengan teliti,
4.      Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menentukan topik penyusun teks eksposisi dengan benar.
5.      Setelah menentukan topik, eserta didik dapat menyusun kerangka teks ekspoisi berdasarkan struktur, kaidah bahasa,  ciri kebahasaan, dan pola pengembangan kebahasaan berdasarkan  objek yang akan ditulis dengan benar,
6.      Setelah menyusun kerangka teks eksposisi, peserta didik dapat menyusun  teks ekposisi berdasarkan kerangka dengan menerapkan kaida kebahasaan benar,
7.      Setelah menyusun teks eksposisi, peserta didik dapat mempresentasikan hasil teks eksposisi dengan benar dan percaya diri.


D.    PENILAIAN
1.      Tabel Kisi-kisi Penilaian Sikap
KOMPETENSI DASAR
Butir Nilai Sikap
Teknik penilian
Bentuk Instrumen
3.13




Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca
Religius
Disiplin
Tanggung jawab
Kreatif
Kerjasama  

Observasi
Lembar  observasi atau Pengamatan
4.13





Menyimpulkan unsur unsur pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca.
 Religius
Disiplin
Tanggung jawab
Kreatif
Kerjasama  

Observasi
Lembar  observasi atau Pengamatan

2.      INTRUMEN  EVALUASI
Sekolah                            : SMP    Negeri 1 Sodonghilir
Kelas/Semester                : VIII/1
Tahun Pelajaran               : 2019/2020
                                           Indikator  : Peserta didik  menunjukan religius, disiplin, percaya diri, kreatif dan kerjasama dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi

Hari, Tanggal                        : ………………………………………………..
Kelas/ Semester                    : ………………………………………………..
Materi Pokok                        : ………………………………………………..
Berikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan.
No
Nama Peserta Didik
Religius
Disiplin
Tanggung Jawab
Kreatif
Kerja sama
Rata-Rata
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.






















2.






















3.






















4.






















5.























3.      Rubrik Penilaian Sikap
Nomor
Indikator
Skor
1.
Religius
a.       Selalu berdoa serta memberi salam pada saat awal dan akhir pembelajaran sesuai agama yang dianut.
b.      Sering berdoa serta memberi salam pada saat awal dan akhir pembelajaran sesuai agama yang dianut.
c.       Kadang-kadang berdoa serta memberi salam pada saat awal dan akhir pembelajaran sesuai agama yang dianut.
d.      Tidak pernah berdoa serta memberi salam pada saat awal dan akhir pembelajaran sesuai agama yang dianut

4

3

2

1

2.
Disiplin
a.       Selalu hadir tepat waktu, sering melaksanakan kegiatan literasi, dan sering mengenakan seragam serta atribut sesuai ketentuan tata tertib.
b.      Sering hadir tepat waktu, sering melaksanakan kegiatan literasi, dan sering mengenakan seragam serta atribut sesuai ketentuan tata tertib.
c.       Kadang-kadang hadir tepat waktu, kadang-kadang melaksanakan kegiatan literasi, dan kadang-kadang mengenakan seragam serta atribut sesuai ketentuan tata tertib.
d.      Tidak pernah hadir tepat waktu, tidak pernah melaksanakan kegiatan literasi, dan tidak mengenakan seragam serta atribut sesuai ketentuan tata tertib.

4

3

2


1

3.
Tanggung Jawab
a.       Selalu melaksanakan tugas dan selalu menerima risiko dari tindakan yang dilakukan.
b.      Sering melaksanakan tugas dan menerima risiko dari tindakan yang dilakukan.
c.       Kadang-kadang melaksanakan tugas dan kadang-kadang menerima risiko dari tindakan yang dilakukan.
d.      Tidak pernah melaksanakan tugas dan tidak mau menerima risiko dari tindakan yang dilakukan.

4

3

2

1

4.

Kreatif
a.       Selalu kreatif mengerjakan tugas dalam pembelajaran.
b.      Sering kreatif mengerjakan tugas dalam pembelajaran..
c.       Kadang-kadang kreatif mengerjakan tugas dalam pembelajaran.
d.      Tidak pernah kreatif mengerjakan tugas dalam pembelajaran

4
3
2
1
5.
Kerja sama
a.       Selalu terlibat aktif dalam diskusi kelompok dan selalu bersedia melakukan tugas sesuai kesepakatan kelompok.
b.      Sering terlibat aktif dalam diskusi kelompok dan bersedia melakukan tugas sesuai kesepakatan kelompok
c.       Kadang-kadang terlibat aktif dalam diskusi kelompok dan kadang-kadang bersedia melakukan tugas sesuai kesepakatan kelompok
d.      Tidak pernah terlibat aktif dalam diskusi kelompok dan tidak pernah bersedia melakukan tugas sesuai kesepakatan kelompok

4

3

2

1

4.      Pedomana  Penilaian

Nilai =  Jumlah Skor Peserta didik      X 4
               Jumlah Skor Maksimal

No.
Kriteria
Deskripsi
1.
Sangat baik
apabila memperoleh skor 3,33 < skor ≤ 4,00
2.
Baik
apabila memperoleh skor 2,33 < skor ≤ 3.33
3.
Cukup
apabila memperoleh skor 1,33 < skor ≤ 2,33
4.
Kurang
apabila memperoleh skor ≤ 1,33









2. Penilaian Pengetahuan
a. Tabel Kisi-Kisi Pengetahuan

NO
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
INDIKATOR SOAL
LEVEL KOGNITIF
BENTUK SOAL
NOMOR SOAL
1.

3.6    Mengidentifikasi struktur, unsur kebahasaan dan aspek lisan dalam teks eksposisi artikel ilmiah popular( lingkungan hidup, kondisi social, dan/. Atau keragaman budaya, dll) yang diperdengarkan atau di baca
1.    Struktur teks eksposisi
2.    Variasi kalimat
3.    Kata teknis
4.    Pilihan kata
5.    Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca dan ejaan
Disajikan kutipan teks eksposisi, peserta didik dapat menganasis struktur teks eksposisi dengan tepat
C6
Pilihan Ganda
1,9,10
Disajikan teks eksposisi yang rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
C6
Pilihan Ganda
2
Disajikan teks teks eksposisi, peserta didik dapat merangkum teks eksposisi tersebut
C6
Pilihan Ganda
3
Disajikan teks eksposisi yang susunannya  acak, peserta didik dapat menyusunnya menjadi teks eksposisi
C6
Pilihan Ganda
4
Disajikan teks eksposisi, peserta didik menganalisis kelebihan dan kekurangan teks eksposisi tersebut
C4
Pilihan Ganda
5
Disajikan teks eksposisi, peserta didik mengevaluasi informasi yang tersurat dalam teks tersebut
C5
Pilihan Ganda
6
Disajikan kutipan teks eksposisi, peserta didik dapat menentukan makna kata teknis dalam teks tersebut

C6
Pilihan Ganda
7,8
Disajikan kutipan teks eksposisi yang rumpang, peserta didik dapat memperbaiki kesalahan dalam kalimat 

C6
Pilihan Ganda
9,10















Text Box: PETUNJUK UMUM b. Instumen Penilaian
MATA PELAJARAN
JENJANG PENDIDIKAN
KELAS/SEMESTER          
: BAHASA INDONESIA
: SMP
: VIII/GANJIL



1.      Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian pada lembar jawaban yang disediakan.
2.      Periksa dan bacalah soal-soal Anda mengerjakan.
3.      Jumlah soal sebanyak 10 butir pilihan ganda dari empat pilihan jawaban

A.      Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C,  atau D pada  jawaban yang benar!

Perhatikan kutipan teks eksposisi di bawah ini!

Minat baca masyarakat Indonesia harus ditingkatkan dan buta aksara harus terus diberantas. Peningkatan minat baca perlu dilakukan karena pada masa perkembangan teknologi, masyarakat banyak disuguhi informasi di berbagai media. Media itu harus dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan. Upaya itu harus dilakukan karena kita tahu bahwa minat baca masyarakat masih rendah. ...

1.      Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks tersebut adalah …
A.  Kita harus segera menanggulangi rendahnya minat baca.
B.  Kita harus segera menanggulangi masalah besar ini.
C.  Terutama minat baca di beberapa sekolah terpencil masih rendah.
D.  Terutama dengan mendirikan perpustakaan sebanyak-banyaknya.
Bacalah kutipan teks eksposisi di bawah ini!

Namun, bagi saya facebook lebih banyak merugikan. Bagaimana tidak? Sebagai seorang pelajar, yang tentu mempunyai kewajiban belajar, facebook sangat mengganggu terhadap pelajaran saya, baik dari segi waktu maupun konsentrasi untuk belajar.
Hampir setiap hari orang-orang membuka facebook hanya sekadar untuk update status, chating, dan banyak lagi. Itu hanya membuang-buang waktu, padahal masih banyak yang lebih penting yang harus dikerjakan.

2.      Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks eksposisi tersebut adalah …
A.  Namun, keberadaan facebook saat ini seakan mampu menyihir para penggunanya.
B.  Para orang tua harus mengontrol pemakaian internet anak-anaknya.
C.  Banyak para pelajar yang tidak menyadari pengaruh negatif facebook
D.  Hendaknya para pelajar mengendalikan dalam menggunakan facebook.
  Cermatilah teks eksposisi berikut dengan saksama!
Remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak ke masa awal dewasa. Usia remaja berada pada kisaran usia 10 tahun sampai dengan 21 tahun. Pada masa itu remaja sedang mencari identitas dirinya.
Remaja mengalami gejolak emosi karena perubahan berat dan tinggi badan yang berpengaruh juga pada perkembangan psikisnya. Pada masa gejolak itu merupakan masa sulit sehingga remaja memerlukan pengendalian diri yang kuat ketika berada di sekolah, di rumah, dan di lingkungan masyarakat. Dalam keadaan seperti ini, remaja membutuhkan orang dewasa untuk mengarahkan dirinya. Oleh karena itu, remaja harus mendapat pendidikan karakter agar dapat mengarahkan minatnya pada kegiatan-kegiatan positif. Pendidikan karakter yang diberikan pada remaja, antara lain, berperilaku jujur, kreatif, percaya diri, santun, dan peduli.
3.      Ringkasan isi teks tersebut yang tepat adalah …
A.  Remaja adalah masa mencari identitas dengan perubahan berat badan sehingga  membutuhkan orang dewasa dan pendidikan karakter.
B.  Remaja adalah masa transisi yang mengalami gejolak emosi sehingga membuthkan orang dewasa dan pendidikan karakter
C.  Remaja adalah masa transisi dengan perubahan berat badan sehingga membutuhkan orang dewasa dan kegiatan positif.
D.  Remaja adalah masa mencari identitas antara 10 sampai dengan 21 tahun sehingga membutuhkan orang dewasa dan kegiatan positif.
Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
1.Meskipun sejak dulu dikenal memiliki banyak khasiat, belum banyak yang  mengetahui bahwa lidah buaya bisa menjadi komoditas yang menguntungkan.
2.Mungkin sudah banyak beredar buku-buku tentang manfaat lidah buaya.
3.Namun, minat baca masyarakat kita yang rendah sedikit menghambat laju informasi tersebut.
4.Hal itu terjadi karena informasi tentang manfaat tanaman ini belum tersosialisasikan dengan maksimal.
5.Padahal, para peneliti menemukan manfaat lebih dari tanaman serbaguna ini.
6.Berikut ini lima manfaat kesehatan dan lidah buaya, jus lidah buaya, dan gel lidah buaya.
4.      Urutkan kalimat di atas agar menjadi teks eksposisi yang utuh adalah…
A.  (1), (2), (3), (4), (5), (6)
B.  (1), (2), (3), (5), (4), (6)
C.  (1), (4), (2), (3), (5), (6)
D.  (6), (1), (4), (2), (3), (5)
Bacalah kutipan teks eksposisi di bawah ini!
Pertama, aneka tanaman sayur mayur, seperti kacang panjang, cabai, kangkung darat, dan terong, misalnya, dapat ditanam di media selain tanah. Khusus untuk kangkung darat dapat dibudidayakan di bumbung bambu yang di sulap menjadi semacam pot. Tanaman terong, kencur, dan jahe, dapat dibudidayakan di media kantong plastik dan pot.
Sementara itu, sumber karbohidrat seperti jagung, ketela pohon, ubi jalar di tanam di pekarangan. Untuk pencukupan pupuk, kotoran ternak kambing dan sapi yang menjadi piaraanya dapat dimanfaatkan untuk pupuk alami.
5.      Kelebihan dan kelemahan teks eksposisi di atas adalah…
A.  Argumentasi belum jelas, tetapi ada penggunaan bentuk di bumbung yang salah.
B.  Argumentasi sudah jelas, tetapi ada penggunaan bentuk di pekarangan yang salah.
C.  Argumentasi sudah jelas, tetapi ada penggunaan bentuk di sulap yang salah.
D.  Argumentasi belum jelas, tetapi ada penggunaan bentuk di sulap yang benar.
Cermatilah kutipan teks eksposisi berikut!
Rokok adalah benda yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan dengan memberikan candu kepada orang yang menikmatinya. Rokok mempunyai rupa silinder dari kertas berukuran panjang, berisi daun tembakau yang telah dicacah. Rokok biasanya dijual dalam bungkusan yang umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan akibat merokok, misalnya kanker paru-paru atau serangan jantung.

6.      Informasi tersurat yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah…
A.  Dalam bungkusan rokok terdapat pesan kesehatan yang memperingatkan perokok.
B.  Orang yang terbiasa merokok akan kecanduan dan susah untuk berhenti.
C.  Orang yang merokok akan merasa rileks dan nyaman
D.  Kebiasaan merokok dapat merugikan kesehatan.

Cermatilah kutipan teks eksposisi berikut.
Globalisasi memberikan dampak berupa perubahan pada pasar internasional. Salah satunya adalah liberalisasi perdagangan yang dipandang sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing.
7.      Makna kata globalisasi yang tepat pada kutipan teks eksposisi tersebut adalah…
A.  Persaingan bebas Negara-negara di dunia
B.  Proses masuknya ke ruang lingkup dunia.
C.  Perubahan kemajuan Negara-negara di dunia.
D.  Pertukaran kebudayaan asing antar negara.
Cermatilah kutipan teks eksposisi berikut!
Limbah radioaktif berbahaya bagi lingkungan dan kehidupan manusia karena menghasilkan radiasi yang berdampak buruk terhadap kesehatan manusia. Oleh karena itu, limbah radioaktif disimpan di tempat-tempat yang tidak berpotensi tinggi.
8.       Kata-kata bercetak miring yang memiliki makna kata yang sesuai adalah…
A.  Limbah radioaktif adalah limbah yang tekontaminasi sesuai dengan batas yang diizinkan
B.  Radiasi adalah pancaran energi melalui suatu materi dalam bentuk panas.
C.  Berpotensi adalah mempunyai bakat.
D.  Berdampak adalah bersifat.


Cermatilah teks berikut dengan saksama!
Teman-teman sekalian, mari kita lestarikan lingkungan sekolah yang asri ini. Hal yang  kita bisa lakukan adalah terus menjaga dan merawat.
9.      Perbaikan kalimat pertama dalam teks tersebut adalah …
A.  Teman-teman, mari kita lestarikan lingkungan sekolah yang asri ini.
B.  Para teman-teman sekalian, mari kita lestarikan lingkungan sekolah yang asri ini.
C.  Para teman-teman, mari kita lestarikan lingkungan sekolah yang asri ini.
D.  Para teman-teman semuanya, mari kita lestarikan lingkungan sekolah yang asri ini.
Cermatilah teks eksposisi berikut!
Tanah longsor selama ini terjadi karena dua hal; pertama karena alam atau lingkungan dan kedua karena manusia. Kebiasaan manusia yang menjadi penyebab utama terjadinya tanah longsor adalah perusakan alam, yaitu tidak melestarikan penghijauan lingkungan, terutama di (….) perbukitan atau pegunungan.
10.  Kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tersebut adalah …
A.  lokasi
B.  kawasan
C.  tempat
D.  tanah
c. Pedoman Penilaian
            
Setiap pertanyaan yang dijawab benar
1
Setiap pertanyaan yang dijawab salah
0

            


3.    PENILAIAN KETERAMPILAN

a.      Tabel Kisi-kisi Keterampilan

Kompetensi
Dasar
Materi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
No. Soal
4.6 Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi berupayang artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan
1.    Struktur teks eksposisi
2.    Variasi kalimat
3.    Kata teknis
4.    Pilihan kata
5.    Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca dan ejaan
4.6.1        Menentukan topik penyusun teks eksposisi.
4.6.2        Menyusun kerangka teks ekspoisi berdasarkan struktur, kaidah bahasa,  ciri kebahasaan, dan pola pengembangan kebahasaan berdasarkan  objek yang akan ditulis.
4.6.3        Menyusun  teks ekposisi berdasarkan kerangka dengan menerapkan kaidah kebahasaan.
4.6.4        Mempresentasikan  teks eksposisi yang telah dibuat.
Produk
Penugasan
1


b.      Instrumen Soal Keterampilan
TUGAS
1)        Buatlah kerangka teks eksposisi berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaannya!
2)        Susunlah teks ekposisi berdasarkan kerangka dengan menerapkan kaidah kebahasaan.


c.       Pedoman Penilaian

No
Aspek yang Dinilai
Sangat
Lengkap
(4)
Cukup Lengkap
(3)
Kurang
Lengkap
(2)
Tidak
Lengkap
(1)
1.
Isi gagasan




2.
Keserasian pemilihan kata




3.
Kesesuaian penggunaan tata bahasa




4.
Kesesuaian struktur





Kriteria penilaian (skor)
4 = Sangat Baik                                                    2   =   Kurang Baik
3 = Baik                                                                1   =   Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumlah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
               
                
4.        PROGRAM REMIDIAL DAN PENGAYAAN

1.     PROGRAM REMEDIAL
Sekolah                                                :  SMP Negeri 1 Sodonghilir
Kelas/Semester                                    :  VIII/1
Mata Pelajaran                                     :  Bahasa Indonesia
Ulangan Harian Ke                             :  ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian                     :  ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian                      :  ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian                        :  ……………………………………………..
(KD / Indikator)                                  :  ……………………………………………..
KBM                                                   :  ……………………………………………..
No
Nama Peserta Didik
Nilai Ulangan
Indikator yang Belum Dikuasai
Bentuk Tindakan Remedial
Nilai Setelah Remedial
Keterangan
1.
2.
3.
4.






5.






dst











2.    PROGRAM PENGAYAAN
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas Semester                       : VIII/1
Kompetensi dasar       :

No
indikator
Asal materi soal

Penilaian
Keterangan


1
Menyimpulkan isi teks puisi yang  diperdengarkan dan dibaca




Membantu kelompok individu yang mendapat tugas remedial
Tugas kelompok



               Mengetahui .                                                                         Sodonghilir ,         Juli 2019
               Kepala Sekolah                                                                                  Guru Mapel


      Drs. Zaenal Muttaqin, M.Pd                                                                       Indra Hadiat Permana, S.Pd
      NIP. 196108031983031010                                                                         NIP -

                         


untuk lebih lengkapnya download di sini !!!!!!!
 download instrumen evaluasi hasil belajar 



/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}