Home » , » TUGAS DISKUSI - MODUL PENGUATAN INTEGRITAS

TUGAS DISKUSI - MODUL PENGUATAN INTEGRITAS

 

Penguatan karakter dalam pendidikan sejak dini perlu ditanamkan, mulai dari sikap dan perbuatan.

Sekolah menjadi dasar utama membentuk karakter bangsa yang lebih baik. Dalam dunia pendidikan diperlukan pendidik yang memiliki sikap:

a.       Berintegritas : ( jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan peduli )

b.      Terpercaya : ( berpihak pada kebenaran, berprasangka baik, berorientasi pada kualitas hasil dan professional

c.       Pengetahuan luas : ( cerdas dan pembelajar, berwawasan luas, up to date, dan menguasai ilmu pendidikan

d.      Menebar kebaikan: ( berbuat baik dan berkata baik, kreatif dan variatif dalam mendidik, komunikatif dan adaptable serta merupaka pribadi yang menyenangkan )

Guru yang berintegritas akan melahirkan peserta didik yang berintegritas.  Sekolah merupakan sarana pembelajaran yang penting bagi siswa, maka dari itu mulai dari pendidik harus menjadi contoh yang teladan dengan memiliki sikap integritas yang tinggi, maka siswa akan mencontoh dan berprilaku yang baik. Guru merupakan penggerak pada kebaikan, karena tidak hanya mengajar namun membentuk pribadi peserta didik menjadi manusia yang berarti

Semestinya orang tua dan guru bekerja sama untuk membentuk karakter pribadi peserta didik, hal yang harus ditanamakan pada anak sejak dini dan pendidikan terpenting adalah mengajarkan anak untuk tidak melakukan kecurang dan selalu berkata jujur.

Berikan dorongan yang besar dan semangat yang tinggi baik yang dilakukan oleh guru dan orang tua, agar anak memiliki rasa percaya diri dan menjadi pribadi yang berani untuk berkata jujur.

Mengapa anak pandai berbohong? Itu karena anak sering dihukum, maka dari itu anak menyembunyikan kebenaran dan dalam jangka panjang anak tumbuh menjadi manusia yang tidak jujur dan berlaku curang.

Mengapa peserta didik korupsi waktu atau tidak disiplin waktu dan terlambat masuk ke kelas / sekolah? Itu dikarenakan ada sosok yang dia ikuti tiada lain adalah orang tua yang tidak disiplin di rumah dan guru yang datang terlambat.

Pentinganya kegiatan pembelajaran anti koruspi dari hal tersebut perlu diberikan pengarahan agar peserta didik tidak tumbuh menjadi manusia yang tidak memiliki integritas ( kebaikan dalam dirinya ), tidak hidup curang dan tidak menganggap manusia lain lebih rendah.

Maka dari itu perlu ditanamkan 7 prinsip dasar penguatan integritas:

1.      Mengubah pola piker

2.      Diri pribadi sebagai kunci

3.      Capaian kompetensi yang sesuai dengan perkembangan anak

4.      Bersifat mendasar dalam kehidupan manusia

5.      Terkoneksi dengan manusia dan masyarakat

6.      Konsisten dalam setiap aktivitas

7.      Dilakukan terus meneru dan terus dijaga

Ke 7 prinsip ini akan membetuk peserta didik dan moral bangsa yang memiliki integritas yang baik


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}