RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK ISLAM
CIAWANG
Mata Pelajaran : FISIKA
Kelas/Semester : X/ 1
Program Keahlian : TKJ
Alokasi Waktu : 16 X 45 menit
Kompetensi Dasar : 3.1 Memahami konsep gerak tranlasi dan rotasi.
3.2 Memahami konsep keseimbangan benda tegar
3.3 Menghitung gerak translasi dan rotasi.
3.4 Menghitung keseimbangan benda tegar.
Indikator :
·
Gerak
translasi dan gerak rotasi dirumuskan secara kuantitatif
·
Pengaruh torsi diformulasikan pada
kasus pengaruh torsi pada benda dalam kaitannya dengan gerak rotasi benda
tersebut
Dibuat
analogi hukum II Newton tentang gerak translasi dan gerak rotasi
·
Momen
inersia untuk berbagai bentuk benda tegar diformulasikan
Hukum
kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi diformulasikan dan
diterapkan
· Dinamika
rotasi benda tegar dianalisis
untuk berbagai kondisi
Gerak menggelinding
tanpa slip dianalisis
·
Jenis-jenis keseimbangan benda tegar
dideskripsikan
Berbagai
bentuk susunan benda tegar dirumuskan keseimbangannya
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa
dapat menjelaskan gerak rotasi dan translasi
2.
Siswa
dapat menjelaskan momen gaya, momen inensia, momen kopel, dan titik
berat.
3.
Siswa dapat menguraikan gaya-gaya.
4.
Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis
kesetimbangan.
5.
Siswa dapat hafal dan mengerti
rumus-rumus momen inersia dan titik berat berdasarkan bentuk benda.
6.
Siswa dapat menentukan besarnya
tegangan tali.
7.
Siswa dapat menentukan besarnya
usaha dan energi kinetik.
8.
Siswa dapat menerapkan rumus dalam
perhitungan.
9. Siswa dapat menerapkan pemahaman dalam praktikum.
A. Pendidikan Karakter Bangsa
1.
Teliti
2.
Kerja
keras
3.
Rasa
ingin tahu
4.
Bertanggung
jawab
B. Materi Pembelajaran
1. Konsep Gerak Translasi dan Rotasi
a. Perbedaan Gerak Translasi dan
Rotasi
Percepatan total:
atot =
b. Titik Pusat Rotasi dan Momen
Inersia
Momen inersia dari suatu partikel adalah hasil kali
antara massa dengan kuadrat jarak terhadap sumbu putarnya.
I
= mr2
Untuk benda tegar yang disusun oleh banyak partikel.
I =
Momen inersia dipengaruhi oleh bentuk benda, massa
benda dan letak sumbu putarnya.
Kopel
Ialah suatu sistem yang terdiri dari dua gaya sejajar
berlawanan arah dan sama besar, tetapi tidak setitik tangkap. Jumlah momen
kedua gaya dari kopel terhadap titik sembarang disebut momen kopel.
M
= F · d
dengan:
M= momen kopel (Nm)
D = lengan kopel (m)
Momen kopel berharga positif (+) jika menyebabkan
putaran benda searah dengan perputaran jarum jam.
Momen kopel berharga negatif (–) jika menyebabkan
putaran benda berlawanan arah dengan putaran jarum jam.
c. Momen Gaya/Torsi
1) Momen gaya adalah ukuran keefektifan gaya yang
dikerjakan pada benda untuk memutar benda tersebut terhadap suatu titik pokok
tertentu. Momen gaya atau torsi merupakan suatu besaran vektor yang dihasilkan
dari perkalian vektor d dan vektor gaya F.
t = F × d
2) Lengan torsi
Jika d sin =
Catatan
a) Torsi yang arah putarannya berlawanan dengan
arah jarum jam bertanda negatif.
b) Torsi yang arah putarannya searah dengan
arah jarum jam bertanda positif.
c) Jika
suatu benda dikenai oleh dua gaya atau lebih maka torsi total:
2. Memahami Konsep Keseimbangan Benda Tegar
a. Syarat-syarat Keseimbangan
Syarat keseimbangan benda tegar, secara matematis
dinyatakan:
1) Resultan
gaya = 0
atau
2) Resultan
torsi = 0
b. Keseimbangan Statis dan
Dinamis
1) Keseimbangan stabil
2) Keseimbangan labil
3) Keseimbangan indeferen
c. Pusat Massa dan Titik Berat
Pusat massa dan titik berat suatu benda memiliki
pengertian yang sama, yaitu suatu titik tempat berpusatnya massa/berat dari
benda tersebut. Perbedaannya adalah letak pusat massa suatu benda tidak
dipengaruhi oleh medan gravitasi, sehingga letaknya tidak selalu berhimpit
dengan letak titik beratnya.
x0 =
y0 =
3. Menghitung Gerak Translasi dan Rotasi
a. Torsi dengan percepatan sudut
Torsi dapat menyebabkan suatu benda berotasi terhadap
suatu poros tertentu.
Dirumuskan:
b. Energi kinetik rotasi
Jika benda berputar terhadap suatu poros maka benda
tersebut memiliki energi kinetik rotasi.
Dirumuskan:
c. Energi kinetik benda yang menggelinding
Gerak menggelinding terjadi bila suatu benda tegar
bergerak translasi dalam suatu ruang sambil berotasi.
Ek
= Ektranslasi + Ekrotasi
C. Metode Pembelajaran
1.
Presentasi
2.
Diskusi
3.
Praktikum
D.
Langkah- langkah pembelajaran
Pertemuan Pertama
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1 Pendahuluan:
a. Guru mengucapkan salam
b. Memeriksa kehadiran siswa
c. Apersepsi
§
Mengulang atau
mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§
Menyatakan
topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan
kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini
d. Motivasi
Menjelaskan kepada
siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1 Eksplorasi
a.
Siswa menyimakpresentasi guru tentang pengertian Gerak Translasi dan Rotasi.
b.
Siswa membaca
buku referensi dan modul tentang pengertian Gerak Translasi dan Rotasi.
c.
Siswa membaca
modul tentang syarat-syarat terjadinya Gerak Translasi dan Rotasi.
2.2 Elaborasi
a.
Siswa secara kreatif mengidentifikasi faktor-faktor terjadinya Gerak Translasi dan Rotasi.
b.
Siswa diajak berfikir untuk mengidentifikasi tentang
besaran Gerak
Translasi dan Rotasi yang dilakukan oleh suatu benda
c.
Siswa secara kreatif mengidentifikasi macam Gerak Translasi dan Rotasi
2.3. Konfirmasi
a.
Guru memberikan
umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa
b.
Guru
melakukan pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi
c.
Guru memberi motivasi bagi siswa yang berpartisipasi
aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1 Penutup
a.
Mengulas
kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.
Memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah
diberikan.
c.
Memberikan
pekerjaan rumah kepada siswa
d.
Menutup
pelajaran
|
20 Menit
|
Pertemuan kedua
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.2 Pendahuluan:
b.
Guru
mengucapkan salam
a. Memeriksa kehadiran siswa
b. Apersepsi
§
Mengulang atau
mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§
Menyatakan
topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan
kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini
c. Motivasi
Menjelaskan kepada
siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1 Eksplorasi
a.
Siswa melakukan
percobaan dengan
menggunakan kit mekanika untuk melihat pengaruh torsi terhadap gerak rotasi
benda
b.
Siswa
berdiskusi untuk menemukan analogi hukum Newton tentang gerak translasi
dan rotasi (gaya dan torsi, massa dan momen inersia, percepatan dan
percepatan sudut, kecepatan dan kecepatan sudut)
2.2 Elaborasi
a.
Siswa secara kreatif mengidentifikasi pengaruh torsi terhadap gerak rotasi benda
2.3. Konfirmasi
a. Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan
masukan kepada siswa
b. Guru melakukan pengamatan terhadap
siswa tentang penerimaan materi
c. Guru memberi motivasi
bagi siswa yang berpartisipasi aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1 Penutup
a. Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b. Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang pelajaran yang telah diberikan.
c. Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d. Menutup pelajaran
|
20 Menit
|
Pertemuan ketiga
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1 Pendahuluan:
a. Guru mengucapkan salam
b. Memeriksa kehadiran siswa
c. Apersepsi
§
Mengulang atau
mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§
Menyatakan
topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan
kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini
d. Motivasi
Menjelaskan kepada
siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1
Eksplorasi
a.
Siswa menyimakpresentasi guru tentang menghitung Gerak Translasi
dan Rotasi
b.
Siswa membaca
buku referensi dan modul tentang menghitung Gerak Translasi
dan Rotasi
c.
Siswa membaca
modul tentang menghitung Gerak Translasi dan Rotasi
2.2
Elaborasi
a. Siswa secara kreatif
mengidentifikasi contoh-contoh menghitung Gerak Translasi
dan Rotasi
b. Siswa diajak berfikir
untuk mengidentifikasi tentang menghitung Gerak Translasi
dan Rotasi
c. Siswa secara kreatif
mengidentifikasi menghitung Gerak Translasi
dan Rotasi dalam kegiatan sehari-hari
2.3. Konfirmasi
a.
Guru memberikan
umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa
b.
Guru
melakukan pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi
c.
Guru memberi motivasi bagi siswa yang berpartisipasi
aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1
Penutup
a.
Mengulas
kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.
Memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah
diberikan.
c.
Memberikan
pekerjaan rumah kepada siswa
d.
Menutup
pelajaran
|
20 Menit
|
Pertemuan keempat
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1 Pendahuluan:
a.
Guru
mengucapkan salam
b.
Memeriksa
kehadiran siswa
c.
Apersepsi
§
Mengulang atau
mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§
Menyatakan
topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan
kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini
d.
Motivasi
Menjelaskan kepada
siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1 Eksplorasi
a.
Siswa
melakukan percobaan untuk membuktikan adanya perbedaan momen inersia untuk
berbagai bentuk benda
b. Siswa
Berdiskusi
untuk merumuskan momen inersia berbagai bentuk benda (persegi, segi tiga,
silinder, kerucut, dll)
2.2 Elaborasi
a. Siswa dikondisikan
dalam kerja kelompok untuk membuktikan adanya perbedaan momen inersia untuk berbagai bentuk benda.
b. Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan
masukan kepada siswa
c. Guru melakukan
pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi
d. Guru
memberi motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1
Penutup
a. Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b. Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang pelajaran yang telah diberikan.
c. Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d. Menutup pelajaran
|
20 Menit
|
Pertemuan kelima
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1
Pendahuluan:
a.
Guru
mengucapkan salam
b.
Memeriksa
kehadiran siswa
c.
Apersepsi
§
Mengulang atau
mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§
Menyatakan
topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan
kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini
d.
Motivasi
Menjelaskan kepada
siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1 Eksplorasi
a. Siswa menyimakpresentasi guru tentang Keseimbangan Benda
Tegar.
b. Siswa membaca buku referensi dan modul tentang Keseimbangan Benda Tegar
c. Siswa membaca modul tentang Keseimbangan Benda Tegar
2.2 Elaborasi
a. Siswa secara kreatif
mengidentifikasi contoh-contoh Keseimbangan Benda Tegar
b. Siswa diajak berfikir
untuk mengidentifikasi tentang posisi benda yang yang berkaitan dengan Keseimbangan Benda Tegar
2.3. Konfirmasi
a. Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan
masukan kepada siswa
b. Guru melakukan pengamatan terhadap
siswa tentang penerimaan materi
c. Guru memberi
motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1 Penutup
a.
Mengulas
kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.
Memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah
diberikan.
c.
Memberikan
pekerjaan rumah kepada siswa
d.
Menutup
pelajaran
|
20 Menit
|
Pertemuan keenam
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1
Pendahuluan:
a.
Guru
mengucapkan salam
b.
Memeriksa
kehadiran siswa
c.
Apersepsi
§
Mengulang atau
mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§
Menyatakan
topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan
kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini
d.
Motivasi
Menjelaskan kepada
siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1 Eksplorasi
a.
Siswa menyimakpresentasi guru tentang Keseimbangan
Benda Tegar.
b.
Siswa membaca
buku referensi dan modul tentang Keseimbangan
Benda Tegar
c.
Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi jenis-jenis keseimbangan benda tegar
(keseimbangan statis dan dinamis)
2.2 Elaborasi
a.
Siswa secara kreatif mengidentifikasi faktor-faktor Keseimbangan Benda Tegar
b.
Siswa dikondisikan dalam kerja kelompok untuk mencari
titik pusat benda melalui praktikum sederhana
2.3. Konfirmasi
a. Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan
masukan kepada siswa
b. Guru melakukan pengamatan terhadap
siswa tentang penerimaan materi
c. Guru memberi
motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1 Penutup
a. Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b. Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang pelajaran yang telah diberikan.
c. Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d. Menutup pelajaran
|
20 Menit
|
E. Alat dan sumber belajar
1.
Modul
FISIKA
2.
Buku
Pegangan Guru/ Siswa
3.
Modul
FISIKA
4.
LKS
F. Tugas
1.
Tugas
terstruktur
2.
Tugas
Non terstruktur/ Tugas mandiri
3.
Tasikmalaya, Juli 2015
Kepala
Seklolah GURU MAPEL
Sukirman, SE Dina Suci Wahyuni,
S.Pd
0 komentar:
Post a Comment