RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK ISLAM CIAWANG
Mata Pelajaran : FISIKA
Kelas/Semester : X/2
Program Keahlian : TKJ
Alokasi Waktu : 18 X 45 menit
Standar Kompetensi : 5.
Menerapkan konsep Impuls dan Momentum
Kompetensi dasar :
5.1 Mengenali jenis tumbukan
5.2 Menguasai konsep impuls dan hukum kekekalan momentum
5.3 Menerapkan
hubungan impuls dan momentum dalam perhitungan
Indikator :
·
Pengertian
tumbukan tak lenting, lenting sebagian, dan lenting sempurna dideskripsikan
Jenis-jenis tumbukan (tidak lenting,
lenting sebagian, dan lenting sempurna) diidentifikasi contoh-contohnya
·
Konsep
impuls dan momentum dan hubungannya diformulasikan dalam persamaan matematis
·
Hukum
kekekalan momentum diformulasikan dalam persamaan matematis
· Arti
fisis impuls dan momentum didemontrasikan
·
Hukum
kekekalan momentum anguler diterapkan dalam berbagai kondisi
·
Hukum
kekekalan energi dan kekekalan momentum diintegrasikan
untuk berbagai peristiwa tumbukan
Prinsip
kekekalan momentum diterapkan
untuk menyelesaikan masalah yang
menyangkut interaksi gaya-gaya internal
A.
Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa dapat menguasai konsep impuls dan
momentum
2. Siswa dapat menguasai hukum kekekalan
momentum
3. Siswa dapat mengaplikasikan dalam
soal-soal mekanika
4. Siswa dapat menghitung impuls dan momentum
yang saling berhubungan
B.
Pendidikan Karakter Bangsa
1. Disiplin
2. Rasa ingin tahu
3. Kerja keras
4. Jujur
5. Mandiri
C. Materi Pembelajaran
1.
Pengertian
Impuls dan Momentum
a.
Impuls
Gaya yang
berkerja pada suatu benda per satuan waktu.
I = F.∆t
b.
Momentum
Momentum adalah
kesenderungan benda yang bergerak untuk melanjutkan geraknya pada kelajuan yang
konstan
P = m.v
c.
Hubungan
Impuls dan Momentum
Secara fisis
besarnya impuls yang bekerja pada suatu benda pada selang waktu tertentu sama
dengan bertambahnya momentum benda tersebut. Momentum dimiliki oleh benda yang
bergerak, yang terus akan mempertahankan geraknya pada kelajuan yang konstans
I = P
F.∆t = m.v
2.
Hukum
Kekekalan Momentum
Hukum Kekekalan
Momentum dinyatakan sebagai berikut :
“Jika tidak ada gaya luar yang bekerja pada benda,
maka jumlah momentum sebelum tumbukan sama dengan jumlah momentum setelah
tumbukan”.
m1v1 + m2v2
= m1v1’ + m2v2’
3.
Tumbukan
Berdasarkan
sifat kelentingan benda, tumbukan dibedakan menjadi tiga jenis yaitu :
a.
Tumbukan
Lenting Sempurna
Apabila tidak
ada energi yang hilang selama tumbukan dan jumlah energi kinetik kedua benda
sebelum dan sesudah tumbukan sama. Tumbukan lenting sempurna hanya terjadi pada
benda yang bergerak saja.
b.
Tumbukan
Lenting Sebagian
Pada tumbukan
ini beberapa energi kinetik akan diubah menjadi energi bentuk lain seperti
panas, bunyi dan sebagainya.
Koefesien
restitusinya (e) adalah 0 < e < 1
c.
Tumbukan
tak Lenting sama sekali
Setelah terjadi
tumbukan benda saling bersatu sehingga kecepatan kedua benda sesudah tumbukan
besarnya sama
4.
Aplikasi
Hukum Kekekalan Momentum
1.
Balon
yang ditiup
Saat momentum
udara yang keluar dari balon mengimbangi momentum balon yang melesat ke arah
berlawanan
2.
Peluncuran
roket
Pembakaran
3.
Air
safety bag (kantong udara)
D. Metode Pembelajaran
1.
Presentasi
2.
Diskusi
E. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1 Pendahuluan:
a.
Guru mengucapkan salam
b.
Memeriksa kehadiran siswa
c.
Apersepsi
§
Mengulang atau mengingat kembali pelajaran
sebelumnya
§
Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran
dalam pertemuan ini
d.
Motivasi
Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari
materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1
Eksplorasi
·
Siswa menyimak presentasi guru tentang Pengertian Impuls dan Momentum
·
Siswa menyimak contoh-contoh Impuls dan Momentum dalam kehidupan sehari-hari
·
Siswa menyebutkan hukum kekelan momentum dalam suatu pristiwa tumbukan
2.2
Elaborasi
·
Siswa diajak berfikir untuk mengidentifikasi
tentang faktor-faktor terjadinya
tumbukan sebagai dasar hukum kekekalan momentum yang dihasilkan suatu
benda
2.3. Konfirmasi
·
Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan
masukan kepada siswa
·
Guru melakukan pengamatan terhadap siswa
tentang penerimaan materi
·
Guru memberi motivasi bagi siswa yang
berpartisipasi aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1 Penutup
a.
Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.
Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang pelajaran yang telah diberikan.
c.
Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d.
Menutup pelajaran
|
20 Menit
|
Pertemuan Kedua
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1
Pendahuluan:
a.
Guru mengucapkan salam
b.
Memeriksa kehadiran siswa
c.
Apersepsi
§
Mengulang atau mengingat kembali pelajaran
sebelumnya
§
Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran
dalam pertemuan ini
d.
Motivasi
Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari
materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1
Eksplorasi
·
Siswa melakukan diskusi untuk mengidentifikasi jenis-jenis
tumbukan
·
Siswa Melakukan diskusi untuk menjelaskan pengertian dari
koefisien restitusi.
2.2
Elaborasi
·
Siswa secara kreatif mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya tumbukan yang menjadi dasar
hukum kekekalan momentum suatu benda dalam suatu peristiwa
·
Siswa secara kreatif mengidentifikasi kegiatan sehari-hari yang dapat menghasilkan
suatu tumbukan
2.3. Konfirmasi
·
Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan
masukan kepada siswa
·
Guru melakukan pengamatan terhadap siswa
tentang penerimaan materi
·
Guru memberi motivasi bagi siswa yang
berpartisipasi aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1
Penutup
a.
Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.
Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang pelajaran yang telah diberikan.
c.
Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d.
Menutup pelajaran
|
20 Menit
|
Pertemuan Ketiga
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1 Pendahuluan:
a.
Guru mengucapkan salam
b.
Memeriksa kehadiran siswa
c.
Apersepsi
§
Mengulang atau mengingat kembali pelajaran
sebelumnya
§
Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran
dalam pertemuan ini
d.
Motivasi
Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari
materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1 Eksplorasi
·
Siswa menyimak presentasi guru tentang Pengertian Hukum Kekekalan
Momentum
·
Siswa menyimak contoh-contoh Hukum Kekekalan Momentum dalam kehidupan
sehari-hari
·
Siswa menyebutkan peristiwa yang menyebabkan terjadinya momentum
2.2 Elaborasi
·
Siswa secara kreatif mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya impuls dan momentum suatu
benda dalam suatu peristiwa
·
Siswa diajak berfikir untuk mengidentifikasi
tentang impuls dan momentum yang
dihasilkan suatu benda
·
Siswa secara kreatif mengidentifikasi kegiatan sehari-hari yang dapat
menghasilkan suatu impuls dan momentum
2.3. Konfirmasi
·
Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan
masukan kepada siswa
·
Guru melakukan pengamatan terhadap siswa
tentang penerimaan materi
·
Guru memberi motivasi bagi siswa yang
berpartisipasi aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1
Penutup
a.
Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.
Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang pelajaran yang telah diberikan.
c.
Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d.
Menutup pelajaran
|
20 Menit
|
Pertemuan Keempat
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1
Pendahuluan:
a. Guru
mengucapkan salam
b. Memeriksa
kehadiran siswa
c. Apersepsi
§
Mengulang atau mengingat kembali pelajaran
sebelumnya
§
Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran
dalam pertemuan ini
d. Motivasi
Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari
materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1 Eksplorasi
·
Siswa memformulasikan konsep impuls dan momentum
serta keterkaitan antara keduanya
2.2 Elaborasi
·
Siswa secara kreatif mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya impuls dan momentum suatu
benda dalam suatu peristiwa
·
Siswa diajak berfikir untuk mengidentifikasi
tentang impuls dan momentum yang
dihasilkan suatu benda
·
Siswa secara kreatif mengidentifikasi kegiatan sehari-hari yang dapat
menghasilkan suatu impuls dan momentum
2.3. Konfirmasi
·
Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan
masukan kepada siswa
·
Guru melakukan pengamatan terhadap siswa
tentang penerimaan materi
·
Guru memberi motivasi bagi siswa yang
berpartisipasi aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1
Penutup
a.
Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.
Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang pelajaran yang telah diberikan.
c.
Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d.
Menutup pelajaran
|
20 Menit
|
Pertemuan Kelima
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1
Pendahuluan:
a. Guru
mengucapkan salam
b. Memeriksa
kehadiran siswa
c. Apersepsi
§
Mengulang atau mengingat kembali pelajaran
sebelumnya
§
Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran
dalam pertemuan ini
d. Motivasi
Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari
materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1 Eksplorasi
·
Siswa merumuskan hukum
kekekalan momentum untuk sistem tanpa gaya luar
2.2 Elaborasi
·
Siswa secara kreatif mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya impuls dan momentum suatu
benda dalam suatu peristiwa
·
Siswa diajak berfikir untuk mengidentifikasi
tentang impuls dan momentum yang
dihasilkan suatu benda
·
Siswa secara kreatif mengidentifikasi kegiatan sehari-hari yang dapat menghasilkan
suatu impuls dan momentum
2.3. Konfirmasi
·
Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan
masukan kepada siswa
·
Guru melakukan pengamatan terhadap siswa
tentang penerimaan materi
·
Guru memberi motivasi bagi siswa yang
berpartisipasi aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1
Penutup
a.
Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.
Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang pelajaran yang telah diberikan.
c.
Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d.
Menutup pelajaran
|
20 Menit
|
Pertemuan Keenam
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1
Pendahuluan:
a. Guru
mengucapkan salam
b. Memeriksa
kehadiran siswa
c. Apersepsi
§
Mengulang atau mengingat kembali pelajaran
sebelumnya
§
Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran
dalam pertemuan ini
d. Motivasi
Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari
materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1 Eksplorasi
·
Siswa menyimak presentasi guru tentang Pengertian tumbukan dan jenis-jenis tumbukan
·
Siswa menyimak contoh-contoh tumbukan kehidupan sehari-hari
·
Siswa menyebutkan peristiwa yang menyebabkan terjadinya tumbukan
·
Siswa memperhatikan
ketika guru mendemonstrasikan peristiwa tumbukan dengan menggunakan bola
besar (bola volly, basket) dan bola kecil (bola tenis). Mencari bentuk
tumbukan yang menghasilkan simpangan paling besar.
2.2 Elaborasi
·
Siswa secara kreatif mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya tumbukan suatu benda dalam
suatu peristiwa
·
Siswa diajak berfikir untuk mengidentifikasi
tentang suatu tumbukan berdasarkan
jenis tumbukannya yang dihasilkan suatu benda
·
Siswa secara kreatif mengidentifikasi kegiatan sehari-hari yang dapat
menghasilkan suatu tumbukan
·
2.3. Konfirmasi
·
Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan
masukan kepada siswa
·
Guru melakukan pengamatan terhadap siswa
tentang penerimaan materi
·
Guru memberi motivasi bagi siswa yang
berpartisipasi aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1
Penutup
a.
Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.
Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang pelajaran yang telah diberikan.
c.
Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d.
Menutup pelajaran
|
20 Menit
|
Pertemuan ketujuh
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1. Pendahuluan:
a.
Guru mengucapkan salam
b.
Memeriksa kehadiran siswa
c.
Apersepsi
§
Mengulang atau mengingat kembali pelajaran
sebelumnya
§
Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran
dalam pertemuan ini
d.
Motivasi
Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari
materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1
Eksplorasi
·
Siswa menyimak presentasi guru tentang impuls dan hukum kekekalan momentum
2.2 Elaborasi
·
Siswa di ajak berfikir untuk mengetahui impuls dan hukum kekelan momentum
2.3. Konfirmasi
·
Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan
masukan kepada siswa
·
Guru melakukan pengamatan terhadap siswa
tentang penerimaan materi
·
Guru memberi motivasi bagi siswa yang
berpartisipasi aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1 Penutup
a.
Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.
Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang pelajaran yang telah diberikan.
c.
Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d.
Menutup pelajaran
|
20 Menit
|
Pertemuan Kedelapan
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1. Pendahuluan:
a.
Guru mengucapkan salam
b.
Memeriksa kehadiran siswa
c.
Apersepsi
§
Mengulang atau mengingat kembali pelajaran
sebelumnya
§
Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran
dalam pertemuan ini
d.
Motivasi
Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari
materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1
Eksplorasi
·
Siswa berdiskusi untuk mencari contoh penerapan prinsip
kekekalan momentum untuk menyelesaian masalah yang menyangkut interaksi
melalui gaya-gaya internal
2.2 Elaborasi
·
Siswa secara kreatif / berfikir untuk mengetahui penerapan prinsip
kekelan momentum untuk menyelsaikan masalah yang menyangkut interkasi melalui
gaya-gaya internal
2.3. Konfirmasi
·
Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan
masukan kepada siswa
·
Guru melakukan pengamatan terhadap siswa
tentang penerimaan materi
·
Guru memberi motivasi bagi siswa yang
berpartisipasi aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1
Penutup
a.
Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.
Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang pelajaran yang telah diberikan.
c.
Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d.
Menutup pelajaran
|
20 Menit
|
Pertemuan Kesembilan
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1. Pendahuluan:
a.
Guru mengucapkan salam
b.
Memeriksa kehadiran siswa
c.
Apersepsi
§
Mengulang atau mengingat kembali pelajaran
sebelumnya
§
Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran
dalam pertemuan ini
d.
Motivasi
Menjelaskan kepada siswa tentang
manfaat mempelajari materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1
Eksplorasi
·
Siswa melakukan kerja kelompok untuk menggunakan hukum
kekekalan energi dan kekekalan momentum pada berbagai peristiwa tumbukan
2.2
Elaborasi
·
Siswa secara kreatif / berfikir menggunakan hukum kekelan energi dan
kekelan momentum pada berbagai peristiwa tumbukan.
2.3. Konfirmasi
·
Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan
masukan kepada siswa
·
Guru melakukan pengamatan terhadap siswa
tentang penerimaan materi
·
Guru memberi motivasi bagi siswa yang
berpartisipasi aktif
|
30
Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1 Penutup
a. Mengulas
kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.
Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang pelajaran yang telah diberikan.
c.
Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d.
Menutup pelajaran
|
20 Menit
|
F. Alat dan Sumber Belajar
1.
Modul
FISIKA
2.
Buku
LKS FISIKA
3.
Buku
Pegangan Guru/ Siswa
G.
Tugas
1. Tugas terstruktur
2. Tugas Non terstruktur/ Tugas mandiri
H.
Penilaian
Tasikmalaya, Juli 2015
Kepala Sekolah GURU MAPEL
Sukirman, SE Dina
Suci Wahyuni, S.Pd
0 komentar:
Post a Comment