RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK ISLAM CIAWANG
Mata Pelajaran : FISIKA
Kelas/Semester : X/2
Program Keahlian : TKJ
Alokasi Waktu : 18 X 45 menit
Standar
Kompetensi : 6.
Menginterprestasikan sifat mekanik
Kompetensi
dasar :
6.1 Menguasai konsep elastisitas bahan
6.2
Menguasai hukum Hooke tentang elastisitas bahan
Indikator :
·
Konsep
rapat massa, berat jenis dideskripsikan dan dirumuskan kedalam bentuk persamaan
matematis
·
Rumusan
matematis dari konsep rapat massa dan berat jenis diaplikasikan dalam
perhitungan masalah FISIKA sehari-hari
·
Konsep
tegangan dan regangan dideskripsikan dan dirumuskan kedalam bentuk persamaan
matematis
Definisi elestisitas
dideskripsikan dan dirumuskan persamaan matematisnya
·
Hukum
Hooke tentang elastisitas bahan dianalisis dan dibuktikan melalui percobaan
·
Konstanta
pegas ditentukan dari data percobaan
Konstanta pegas untuk susunan
pegas seri, pararlel dan gabungan dianalisis dan dihitung dengan menggunakan
rumusan matematika
·
Konsep
modulus elastisitas dianalisis dan dirumuskan persamaan matematisnya
Kekuatan bahan dianalisis
berdasarkan modulus elastisitasnya
A.
Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa dapat menguasai konsep elastisitas
bahan
2. Siswa dapat menguasai hukum hooke tentang
elastisitas bahan dengan perhitungan matematisnya
3. Siswa dapat mengaplikasikan dalam
soal-soal elastisitas bahan hubungannya dengan energi potensial, tegangan,
modulus dan kekuatan bahan
B. Pendidikan Karakter Bangsa
1.
Rasa ingin
tahu
2.
Kreatif
3.
Mandiri
4.
Tanggung
jawab
5.
Kerja
sama
C. Materi Pembelajaran
Sifat Mekanika Bahan
1.
Elastisitas
zat padat
Adalah
kemampuan suatu benda untuk kembali ke keadaan semula setelah gaya yang
diberikan kepadanya dihilangkan. Benda-benda yang memiliki elastisitas atau
sifat elastis seperti karet gelang, pegas, dan plat logam disebut benda
elastis. Sedangkan benda yang tidak memiliki elastisitas (tidak kembali
kebentuk awalnya) disebut benda plastis contohnya tanah liat dan plastisin
(lilin mainan)
2.
Tegangan
dan Regangan
Perubahan
bentuk dan ukuran benda tergantung pada arah dan letak gaya luar yang
diberikan. Regangan (strain) adalah perubahan bentuk benda yang terjadi karena
gaya yang diberikan pada masing-masing ujung benda dan arahnya menjauhi benda.
Ada pertambahan panjang pada benda yang mengalami regangan.
Mampatan
merupakan balikan dari regangan. Terjadi karena gaya yang bekerja pada
masing-masing ujung benda arahnya menuju titik benda. Mengakibatkan benda
menjadi lebih pendek.
Geseran
terjadi karena gaya yang bekerja pada benda dikenakan pada masing-masing sisi
benda. Pada peristiwa geseran terjadi tegangan geser yang akibatnya benda
mengalami pergeseran. Sifat elastis benda akan hilang bila gaya yang diberikan
pada benda tersebut melebihi batas elastisitasnya. Sifat elastisitas ini
kaitannya dengan modulus elastisitas yang disebut juga dengan modulus Young.
3.
Gaya
Pemulih
Kemampuan
benda untuk berubah bentuk yang dimiliki oleh setiap benda elastis. Gaya tersebut
timbul pada benda elastis untuk menarik kembali benda yang melekat pada benda
tersebut disebut gaya pemulih
4.
Hukum
Hooke
Hubungan
antara gaya yang meregangkan pegas dengan pertambahan panjang pegas pada dearah
elastisitas.
Jika gaya
tarik tidak melampui batas elastisitas pegas, maka pertambahan panjang pegas
berbanding lurus dengan gaya tariknya.
5.
Energi
Potensial Pegas
Adalah besarnya gaya pegas untuk
meregangkan sepanjang yang diinginkan.
Ep = ½ k.x2
6.
Susunan
Pegas
a.
Susunan
Seri Pegas
b.
Susunan
Paralel Pegas
c.
Gabungan
Susunan Seri dan Paralel
D. Metode Pembelajaran
a.
Presentasi
b.
Diskusi
E. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1 Pendahuluan:
a. Guru mengucapkan salam
b. Memeriksa kehadiran siswa
c. Apersepsi
§
Mengulang atau
mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§
Menyatakan
topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan
kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini
d. Motivasi
Menjelaskan kepada
siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1 Eksplorasi
·
Siswa menyimak presentasi
guru tentang Pengertian sifat mekanik bahan
·
Siswa menyimak faktor-faktor
dari sifat mekanik suatu bahan
·
Siswa menyebutkan bahan yang
memiliki elastisitas bahan
2.2 Elaborasi
·
Siswa diajak
berfikir untuk mengidentifikasi tentang faktor-faktor terjadinya
elastisitas bahan yang dihasilkan suatu
benda
berdasarkan sifat bahannya
·
Siswa secara kreatif
mengidentifikasi kegiatan sehari-hari yang dapat menghasilkan suatu
elastisitas bahan
2.3. Konfirmasi
·
Guru memberikan
umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa
·
Guru melakukan
pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi
·
Guru memberi
motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1 Penutup
a.
Mengulas kembali
pelajaran pada pertemuan ini
b.
Memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah
diberikan.
c.
Memberikan
pekerjaan rumah kepada siswa
d.
Menutup
pelajaran
|
20 Menit
|
Pertemuan Kedua
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1 Pendahuluan:
a.
Guru
mengucapkan salam
b.
Memeriksa
kehadiran siswa
c.
Apersepsi
§
Mengulang atau
mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§
Menyatakan
topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan
kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini
d.
Motivasi
Menjelaskan kepada siswa
tentang manfaat mempelajari materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1 Eksplorasi
·
Siswa melakukan percobaan untuk menentukan rapat massa
beberapa jenis benda (bola logam, balok kayu, kelereng, dll) dengan
menggunakan neraca dan gelas ukur
2.2 Elaborasi
·
Siswa diajak
berfikir untuk mengidentifikasi tentang faktor-faktor terjadinya
elastisitas bahan yang dihasilkan suatu
benda
berdasarkan sifat bahannya
·
Siswa secara kreatif
mengidentifikasi kegiatan sehari-hari yang dapat menghasilkan suatu
elastisitas bahan
2.3. Konfirmasi
·
Guru memberikan
umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa
·
Guru melakukan
pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi
·
Guru memberi
motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1 Penutup
a. Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b. Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang pelajaran yang telah diberikan.
c. Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d. Menutup pelajaran
|
20 Menit
|
Pertemuan Ketiga
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1 Pendahuluan:
a.
Guru
mengucapkan salam
b.
Memeriksa
kehadiran siswa
c.
Apersepsi
§
Mengulang atau
mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§
Menyatakan
topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan
kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini
d.
Motivasi
Menjelaskan kepada siswa
tentang manfaat mempelajari materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1 Eksplorasi
·
Siswa melakukan percobaan untuk menentukan rapat massa
beberapa jenis benda (bola logam, balok kayu, kelereng, dll) dengan
menggunakan neraca dan gelas ukur
2.2 Elaborasi
·
Siswa diajak
berfikir untuk mengidentifikasi tentang faktor-faktor terjadinya
elastisitas bahan yang dihasilkan suatu
benda
berdasarkan sifat bahannya
·
Siswa secara kreatif
mengidentifikasi kegiatan sehari-hari yang dapat menghasilkan suatu
elastisitas bahan
2.3. Konfirmasi
·
Guru memberikan
umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa
·
Guru melakukan
pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi
·
Guru memberi
motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1 Penutup
a. Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b. Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang pelajaran yang telah diberikan.
c. Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d. Menutup pelajaran
|
20 Menit
|
Pertemuan Keempat
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1 Pendahuluan:
a.
Guru
mengucapkan salam
b.
Memeriksa
kehadiran siswa
c.
Apersepsi
§
Mengulang atau
mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§
Menyatakan
topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan
kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini
d.
Motivasi
Menjelaskan kepada
siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1 Eksplorasi
·
Melakukan diskusi untuk merumuskan persamaan matematis dari rapat massa
dan berat jenis.
·
Melakukan diskusi untuk
mendeskripsikan dan merumuskan persamaan matematis dari tegangan dan regangan
2.2 Elaborasi
·
Siswa diajak
berfikir untuk mengidentifikasi tentang faktor-faktor terjadinya
elastisitas bahan yang dihasilkan suatu
benda
berdasarkan sifat bahannya
·
Siswa secara kreatif
mengidentifikasi kegiatan sehari-hari yang dapat menghasilkan suatu
elastisitas bahan
2.3. Konfirmasi
·
Guru memberikan
umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa
·
Guru melakukan
pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi
·
Guru memberi
motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1 Penutup
a. Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b. Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang pelajaran yang telah diberikan.
c. Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d. Menutup pelajaran
|
20 Menit
|
Pertemuan Kelima
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1 Pendahuluan:
a. Guru mengucapkan salam
b. Memeriksa kehadiran siswa
c. Apersepsi
§
Mengulang atau
mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§
Menyatakan
topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan
kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini
d. Motivasi
Menjelaskan kepada
siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1
Eksplorasi
·
Siswa menyimak presentasi
guru tentang hukum hooked an elastic bahan
2.2
Elaborasi
·
Siswa secara kreatif mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi
terjadinya elastisitas bahan hubungannya dengan hukum hoole suatu benda dalam
suatu peristiwa
2.3. Konfirmasi
·
Guru memberikan
umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa
·
Guru melakukan
pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi
·
Guru memberi
motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1 Penutup
a.
Mengulas
kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.
Memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah
diberikan.
c.
Memberikan
pekerjaan rumah kepada siswa
d.
Menutup
pelajaran
|
20 Menit
|
Pertemuan Keenam
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1 Pendahuluan:
a.
Guru
mengucapkan salam
b.
Memeriksa
kehadiran siswa
c.
Apersepsi
§
Mengulang atau
mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§
Menyatakan
topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan
kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini
d.
Motivasi
Menjelaskan kepada
siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1 Eksplorasi
· Siswa melakukan percobaan dengan
menggunakan beberapa pegas dan beban untuk membuktikan hukum Hooke
2.2 Elaborasi
·
Siswa secara kreatif mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi
terjadinya elastisitas bahan hubungannya dengan hukum hooke suatu benda dalam suatu peristiwa
2.3. Konfirmasi
·
Guru memberikan
umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa
·
Guru melakukan
pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi
·
Guru memberi
motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1 Penutup
a. Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b. Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang pelajaran yang telah diberikan.
c. Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d. Menutup pelajaran
|
20 Menit
|
Pertemuan Ketujuh
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1 Pendahuluan:
a.
Guru
mengucapkan salam
b.
Memeriksa
kehadiran siswa
c.
Apersepsi
§
Mengulang atau
mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§
Menyatakan
topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan
kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini
d.
Motivasi
Menjelaskan kepada
siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1 Eksplorasi
·
Siswa
berdiskusi dalam kelompok untuk menentukan konstanta pegas berdasarkan data
hasil percobaan
2.2 Elaborasi
·
Siswa secara kreatif mengidentifikasi
faktor-faktor
yang mempengaruhi terjadinya elastisitas bahan hubungannya dengan hukum hooke suatu benda dalam suatu peristiwa
2.3. Konfirmasi
·
Guru memberikan
umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa
·
Guru melakukan
pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi
·
Guru memberi
motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1 Penutup
a. Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b. Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang pelajaran yang telah diberikan.
c. Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d. Menutup pelajaran
|
20 Menit
|
Pertemuan Kedelapan
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1 Pendahuluan:
a.
Guru
mengucapkan salam
b.
Memeriksa
kehadiran siswa
c.
Apersepsi
§
Mengulang atau
mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§
Menyatakan
topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan
kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini
d.
Motivasi
Menjelaskan kepada
siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1 Eksplorasi
·
Berdiskusi
dalam kelompok untuk menentukan konstanta pegas yang disusun seri, paralel,
dan gabungan.
2.2 Elaborasi
·
Siswa secara kreatif mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi
terjadinya elastisitas bahan hubungannya dengan hukum hooke suatu benda dalam suatu peristiwa
2.3. Konfirmasi
·
Guru memberikan
umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa
·
Guru melakukan
pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi
·
Guru memberi
motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1 Penutup
a. Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b. Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
tentang pelajaran yang telah diberikan.
c. Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d. Menutup pelajaran
|
20 Menit
|
Pertemuan kesembilan
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1 Pendahuluan:
a.
Guru
mengucapkan salam
b.
Memeriksa
kehadiran siswa
c.
Apersepsi
§
Mengulang atau
mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§
Menyatakan
topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan
kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini
d. Motivasi
Menjelaskan kepada
siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1
Eksplorasi
·
Siswa menyimak presentasi
guru tentang kekuatan bahan kaitannya dengan
elastisitas bahan
·
Berdiskusi
dalam kelompok untuk membandingkan kekuatan beberapa jenis bahan berdasarkan
data berdasarkan data modulus
elastisitasnya
2.2
Elaborasi
·
Siswa secara kreatif mengidentifikasi faktor-faktor kekuatan bahan
kaitannya dengan elastisitas bahan
·
Siswa diajak
berfikir untuk mengidentifikasi tentang kekuatan bahan kaitannya dengan
elastisitas bahan yang dihasilkan suatu
benda
·
Siswa secara kreatif
menganalisis besarnya kekuatan bahan kaitannya dengan elastisitas bahan
2.3. Konfirmasi
·
Guru memberikan
umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa
·
Guru melakukan
pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi
·
Guru memberi
motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1 Penutup
a.
Mengulas
kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.
Memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah
diberikan.
c.
Memberikan
pekerjaan rumah kepada siswa
d.
Menutup
pelajaran
|
20 Menit
|
F. Alat dan Sumber Belajar
1.
Slide
presentasi power point
2.
Modul
FISIKA
3.
Buku
LKS FISIKANew Fokus
4.
Buku
Pegangan Guru/ Siswa
5.
Modul
FISIKA Erlangga
6.
LKS
New Fokus
7.
LKS
Mentari
G.
Tugas
1.
Tugas
terstruktur
2.
Tugas
Non terstruktur/ Tugas mandiri
H.
Penilaian
1.
Teknik :
2.
Bentuk
Instrumen :
3.
Soal/
Instrumen :
Soal :
1.
Seutas
tali sepanjang 2 m dengan luas penampang 2 mm2 dberi beban bermassa
5 kg, sehingga panjangnya bertambah 4 mm. Tentukan :
a.
Tegangan
tali
b.
Regangan
tali
c.
Modolus
elastis tali
2.
Sebuah
pegas yang panjangnya 10 cm tergantung bebas. Ketika pegas tersebut menahan
beban 10N, ternyata panjangnya menjadi 10,5 cm. Tentukan tetapan gaya pegas
tersebut?
3.
Sebuah
pegas yang panjangnya 15 cm digantungkan vertikal. Jika diberikan gaya 0,5 N,
panjang pegas menjadi 25 cm. Berapakah panjang pegas jika diregangkan oleh gaya
0,6N?
4.
Tiga
buah pegas identik dengan konstanta gaya 300 N/m disusun secara 2 seri dan satu paralel. Jika pegas diberi beban
bermassa 6 kg, hitunglah pertambahan panjang masing-masing pegas ?(g = 10 m/s2)
5. Sebuah pegas ketika ditarik dengan gaya
10N bertambah panjang 4 cm. Berapakah energi potensial yang dimiliki pegas saat
itu?
Jawaban :
1. a. σ = 2,5 .107N/m2;
b. e = 2.10-3; c. E = 1,25. 1010N/m2
2.
k =
2.103N/m
3.
27 cm
4.
0,3m
5.
Ep =
0,2 J
Tasikmalaya, Juli 2015
Kepala Sekolah GURU MAPEL
Sukirman, SE Dina Suci Wahyuni,S.Pd
0 komentar:
Post a Comment