SILABUS
NAMA SEKOLAH : SMK ISLAM
CIAWANG
MATA PELAJARAN : Fisika
KELAS/SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Mengukur besaran dan menerapkan satuannya
KODE KOMPETENSI : 1
ALOKASI WAKTU : 8 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.1 Menguasai konsep besaran
dan satuannya
|
·Besaran pokok dan
besaran turunan
|
·Berdiskusi tentang 7
besaran pokok dan satuannya
·Berdiskusi tentang cara
memperoleh besaran turunan dari besaran pokok
|
·Besaran pokok dan
besaran turunan dibandingkan
·Satuan besaran pokok
diterapkan dalam Sistem Internasional
|
·
Tes tertulis
·
Tes lisan
|
4
|
-
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Internet
|
1.2 Menggunakan alat ukur
yang tepat untuk mengukur suatu besaran fisis
|
·Pengukuran dan alat ukur
|
·Membaca literatur
tentang pengukuran
·Mengamati dan
mempelajari alat-alat ukur (massa, panjang, waktu, suhu, kuat arus listrik)
·Menyiapkan bahan yang
ada disekitar siswa (tali, silinder, kertas karton, kertas HVS, balok kayu
dan lain-lain)
·Mengukur dan mencatat
hasil pengukuran
·Mengolah dan menyajikan
data hasil pengukuran dalam bentuk grafik
|
·Instrumen
disiapkan secara tepat serta pengukuran dilakukan dengan benar berkaitan
dengan besaran pokok panjang, massa, waktu, dengan mempertimbangkan aspek
ketepatan (akurasi), kesalahan matematis yang memerlukan kalibrasi,
ketelitian (presisi) dan kepekaan (sensitivitas)
·Nilai yang
ditunjukkan alat ukur dibaca secara tepat, serta hasil pengukuran ditulis sesuai aturan
penulisan angka penting disertai ketidakpastiannya (batas ketelitian alat)
dengan tepat.
·Angka penting
didefinisikan dan diterapkan dalam pengukuran.
·Pengertian tentang
kesalahan sistematik dan acak dijelaskan serta diberikan contohnya
·Kesalahan sistematik dihitung dalam pengukuran
·Data hasil pengukuran diolah dan
disajikan dalam bentuk grafik dan dibuat kesimpulan tentang besaran fisis
yang diukur berdasarkan hasil yang telah disajikan dalam bentuk grafik
|
·
Observasi/ pengamatan
·
Laporan prakti kum
|
2
|
2
|
-
|
·
Penggaris,
·
Jangka sorong
·
Mikrometer skrup
·
AVO meter
·
Jam henti
·
Termometer
·
Neraca
·
Benda yang diukur
·
Buku pelajaran
·
LKS
|
NAMA SEKOLAH : SMK ISLAM
CIAWANG
MATA PELAJARAN : Fisika
KELAS/SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Menerapkan hukum gerak dan gaya
KODE KOMPETENSI : 2
ALOKASI WAKTU : 10 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
2.1 Menguasai konsep gerak
dan gaya
|
·
Gerak dan Gaya
|
·
Mendemonstrasikan
tentang macam-macam gerak
·
Berdiskusi
tentang pola hubungan jarak, perpindahan, dan kecepatan
·
Mengungkapkan
bahwa kecepatan sesaat merupakan bagian dari kecepatan pada selang waktu yang
singkat
|
·
Menjelaskan konsep gerak dan gaya
|
·
Kuis
·
Tugas kelompok
|
2
|
-
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
·
Internet
|
2.2 Menguasai hukum Newton
|
·
Hukum Newton
tentang gerak
|
·
Membaca
literatur serta berdiskusi tentang hukum I, II, dan III Newton
·
Berdiskusi
tentang penurunan hukum Kepller dengan menggunakan hukum II Newton.
|
·
Menjelaskan hukum Newton
|
·
Kuis
·
Tugas kelompok
|
2
|
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
·
Internet
|
2.3 Menghitung gerak lurus
|
·
Gerak lurus
|
·
Mengamati demonstrasi dan melakukan percobaan tentang
GLB dan GLBB
·
Berdiskusi
tentang perumusan GLB dan GLBB
·
Berdiskusi tentang
pemecahan permasalahan GLB dan GLBB dengan menggunakan persamaan matematik
|
·
Menyelesaikan permasalahan GLB dan GLBB
|
·
Kuis
·
Tugas kelompok
|
2
|
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
|
2.4 Menghitung gerak melingkar
|
·
Gerak melingkar
|
·
Berdiskusi
dalam merumuskan gerak melingkar beraturan secara kuantitatif.
·
Berdisksi
tentang pengertian percepatan sentripetal, dan mengaplikasikannya dalam
kehidupan sehari-hari
·
Berdiskusi
tentang contoh gerak melingkar beraturan dan berubah beraturan dalam
kehidupan sehari-hari
·
Merancang
alat sentripetal
·
Berdiskusi
tentang perumusan kuantitatif gerak melingkar berubah beraturan dan
menerapkannya dalam pemecahan masalah sehari-hari.
|
·
Menyelesaikan permasalahan gerak melingkar
|
·
Kuis
·
Observasi
·
Tugas kelompok
|
2
|
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
·
Alat sentripetal (Benang, dua buah bandul, paralon atau
bollpoint, jam henti)
|
2.5 Menghitung gaya gesek
|
·
Gaya gesek
|
·
Mengamati
perbedaan kecepatan gerak benda pada permukaan datar yang berbeda
kekasarannya
·
Mengamati
perbedaan kecepatan gerak benda pada permukaan bidang miring yang berbeda
kekasarannya
·
Berdiskusi untuk
merumuskan gaya gesek dan menggunakannya dalam perhitungan.
|
·
Menguasai Gaya
|
·
Kuis
·
Observasi
·
Tugas kelompok
|
2
|
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
·
Alat Bidang miring
·
Bidang datar yang berbeda kekasaran nya
·
Benang, balok, jam henti
|
NAMA SEKOLAH : SMK ISLAM CIAWANG
MATA PELAJARAN : Fisika
KELAS/SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Menerapkan gerak translasi, rotasi, dan keseimbangan
benda tegar
KODE KOMPETENSI : 3
ALOKASI WAKTU : 16 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
3.1 Menguasai konsep gerak translasi dan
rotasi.
|
·
Gerak translasi dan rotasi
|
·
Melakukan
diskusi untuk merumuskan gerak translasi dan rotasi
·
Melakukan percobaan dengan
menggunakan kit mekanika untuk melihat pengaruh torsi terhadap gerak rotasi
benda
·
Berdiskusi untuk
menemukan analogi hukum Newton tentang gerak translasi dan rotasi (gaya dan
torsi, massa dan momen inersia, percepatan dan percepatan sudut, kecepatan
dan kecepatan sudut)
|
·
Gerak translasi
dan gerak rotasi dirumuskan secara kuantitatif
·
Pengaruh torsi
diformulasikan pada kasus pengaruh torsi pada benda dalam kaitannya dengan
gerak rotasi benda tersebut
·
Dibuat analogi
hukum II Newton tentang gerak translasi dan gerak rotasi
|
·
Observasi/ pengamatan
·
Laporan prakti kum
|
2
|
2 (4)
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
·
Kit Mekanika
|
3.2. Menguasai konsep keseimbangan benda
tegar.
|
·
Keseimbangan benda tegar
|
·
Mengamati
demonstrasi dan melakukan percobaan untuk membuktikan adanya perbedaan momen
inersia untuk berbagai bentuk benda
·
Berdiskusi untuk
merumuskan momen inersia berbagai bentuk benda (persegi, segi tiga, silinder,
kerucut, dll)
·
Berdiskusi untuk
merumuskan hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi
·
Menggunakan
hukum kekekalan momentum sudut untuk memecahkan masalah sehari-hari
|
·
Momen inersia
untuk berbagai bentuk benda tegar diformulasikan
·
Hukum kekekalan
momentum sudut pada gerak rotasi diformulasikan
dan diterapkan
|
·
Kuis
·
Observasi/ pengamatan
·
Laporan prakti kum
|
2
|
2 (4)
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
·
Kit Mekanika
|
3.3. Menghitung gerak translasi dan
rotasi
|
·
Gerak translasi
dan rotasi
|
·
Berdiskusi untuk
merumuskan dinamika rotasi benda tegar
·
Melakukan
perhitungan besaran fisis (jarak, kecepatan, kecepatan sudut, percepatan,
percepatan sudut) pada benda yang menggelinding tanpa slip pada bidang miring
|
· Dinamika rotasi benda tegar dianalisis untuk berbagai kondisi
·
Gerak menggelinding
tanpa slip dianalisis
|
·
Kuis
·
Observasi/ pengamatan
·
Tugas kelompok
|
2
|
2 (4)
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
·
Kit Mekanika
|
3.4. Menghitung keseimbangan benda tegar.
|
·
Keseimbangan
benda tegar
|
·
Berdiskusi untuk
mengidentifikasi jenis-jenis keseimbangan benda tegar (keseimbangan statis
dan dinamis)
·
Berdiskusi untuk
merumuskan pemecahan permasalahan keseimbangan benda tegar dalam kehidupan
sehari-hari
|
·
Jenis-jenis
keseimbangan benda tegar dideskripsikan
·
Berbagai bentuk
susunan benda tegar dirumuskan keseimbangannya
|
·
Kuis
·
Tugas individu
·
Tugas kelompok
|
2
|
2 (4)
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
|
0 komentar:
Post a Comment