SILABUS
NAMA SEKOLAH : SMK ISLAM CIAWANG
MATA PELAJARAN : Fisika
KELAS/SEMESTER : X
/ 2
STANDAR KOMPETENSI : Menerapkan konsep usaha/daya dan energi
KODE KOMPETENSI : 4
ALOKASI WAKTU : 16 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
4.1 Menguasai konsep usaha/daya dan energi
|
·
Usaha
daya dan energi
|
·
Berdiskusi untuk
membuktikan bahwa usaha adalah hasil kali gaya dan perpindahan secara matematis
dari hukum II Newton
·
Berdikusi untuk
menguraikan energi mekanik tersusun dari energi potensial dan energi kinetik
·
Berdikusi untuk
membandingkan kesetaraan energi potensial gravitasi dan energi potensial
listrik
·
Mengunakan
rumusan usaha, energi kinetik dalam memecahkan masalah sehari-hari
|
·
Konsep usaha sebagai hasil kali gaya dan perpindahan dibuktikan
melalui persamaan matematis
·
Usaha yang dilakukan sama dengan perubahan energi kinetik pada
benda dihitung dengan menggunakan rumus
·
Energi potensial
gravitasi dan energi potensial listrik dibandingkan secara kuantitatif
|
·
Observasi/ pengamatan
·
Tugas individu
·
Tugas kelompok
|
8
|
-
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
|
4.2. Menguasai hukum kekekalan energi
|
·
Hukum kekekalan
energi
|
·
Berdiskusi untuk
merumuskan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda di bawah medan
gaya konservatif
·
Berdiskusi
untuk menerapkan hukum kekekalan energi dalam pemecahan masalah sehari-hari
|
·
Hukum kekekalan energi mekanik pada
gerak benda di bawah medan gaya konservatif dirumuskan secara matematis
·
Penerapan
konservasi energi diuraikan secara kuantitatif dan kualitataif
|
·
Observasi/ pengamatan
·
Tugas individu
·
Tugas kelompok
|
4
|
-
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
|
4.3. Menghitung usaha/daya dan energi
|
·
Usaha, daya, dan
energi
|
·
Berdiskusi untuk
merumuskan usaha, daya dan energi kedalam bentuk persamaan matematik
·
Menentukan
besarnya usaha dari grafik gaya terhadap perpindahan
|
·
usaha, energi
dan daya disintisis ke dalam
persamaan matematis
·
usaha, energi
dan daya dihitung ke dalam persamaan
matematis
|
·
Observasi/ pengamatan
·
Tugas individu
·
Tugas kelompok
|
4
|
-
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
|
NAMA SEKOLAH : SMK ISLAM CIAWANG
MATA PELAJARAN : Fisika
KELAS/SEMESTER : X
/ 2
STANDAR KOMPETENSI : Menerapkan konsep impuls dan momentum
KODE KOMPETENSI : 5
ALOKASI WAKTU : 18 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
5.1. Mengenali jenis tumbukan
|
·
Tumbukan
|
·
Melakukan
diskusi untuk mengidentifikasi jenis-jenis tumbukan
·
Menyebutkan
contoh-contoh tumbukan lenting sempurna, lenting sebagian, dan tak lenting
·
Melakukan
diskusi untuk menjelaskan pengertian dari koefisien restitusi.
|
·
Pengertian tumbukan tak
lenting, lenting sebagian, dan lenting sempurna dideskripsikan
·
Jenis-jenis tumbukan
(tidak lenting, lenting sebagian, dan lenting sempurna) diidentifikasi
contoh-contohnya
|
·
Observasi/ pengamatan
·
Tugas kelompok
|
4
|
-
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
|
5.2. Menguasai konsep impuls dan hukum
kekekalan momentum
|
·
Impuls dan hukum
kekekalan momentum
|
·
Memformulasikan konsep impuls dan momentum serta keterkaitan antara
keduanya
·
Merumuskan hukum kekekalan momentum untuk sistem
tanpa gaya luar
·
Mendemonstrasikan
peristiwa tumbukan dengan menggunakan bola besar (bola volly, basket) dan
bola kecil (bola tenis). Mencari bentuk tumbukan yang menghasilkan simpangan
paling besar.
|
·
Konsep impuls
dan momentum dan hubungannya diformulasikan dalam persamaan matematis
·
Hukum kekekalan
momentum diformulasikan dalam persamaan matematis
· Arti fisis
impuls dan momentum didemontrasikan
|
·
Observasi/ pengamatan
·
Tugas kelompok
|
2
|
6
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
·
Internet
·
Bola voly
·
Bola basket
·
Meteran
|
5.3. Menerapkan
hubungan impuls dan momentum dalam perhitungan
|
·
Penerapan impuls dan hukum kekekalan momentum
|
·
Berdiskusi
untuk mencari contoh penerapan prinsip kekekalan momentum untuk menyelesaian
masalah yang menyangkut interaksi melalui gaya-gaya internal
·
Melakukan
kerja kelompok untuk menggunakan hukum kekekalan energi dan kekekalan
momentum pada berbagai peristiwa tumbukan
|
·
Hukum kekekalan
momentum anguler diterapkan dalam berbagai kondisi
·
Hukum kekekalan
energi dan kekekalan momentum diintegrasikan
untuk berbagai peristiwa tumbukan
·
Prinsip
kekekalan momentum diterapkan
untuk menyelesaikan masalah yang
menyangkut interaksi gaya-gaya internal
|
·
Observasi/ pengamatan
·
Tugas kelompok
|
6
|
-
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
|
NAMA SEKOLAH : SMK ISLAM CIAWANG
MATA PELAJARAN : Fisika
KELAS/SEMESTER : X
/ 2
STANDAR KOMPETENSI : Menginterpretasikan sifat mekanik bahan
KODE KOMPETENSI : 6
ALOKASI WAKTU : 18 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
6.
1
Menguasai konsep elastisitas bahan
|
·
Elastisitas bahan
|
·
Melakukan
diskusi untuk mendeskripsikan pengertian rapat massa dan berat jenis
·
Melakukan
percobaan untuk menentukan rapat massa beberapa jenis benda (bola logam,
balok kayu, kelereng, dll) dengan menggunakan neraca dan gelas ukur
·
Melakukan
diskusi untuk merumuskan persamaan matematis dari rapat massa dan berat jenis.
·
Melakukan
diskusi untuk mendeskripsikan dan merumuskan persamaan matematis dari
tegangan dan regangan
|
·
Konsep rapat
massa, berat jenis dideskripsikan dan dirumuskan kedalam bentuk persamaan
matematis
·
Rumusan
matematis dari konsep rapat massa dan berat jenis diaplikasikan dalam
perhitungan masalah FISIKA sehari-hari
·
Konsep tegangan
dan regangan dideskripsikan dan dirumuskan kedalam bentuk persamaan matematis
·
Definisi
elestisitas dideskripsikan dan dirumuskan persamaan matematisnya
|
·
Observasi/ pengamatan
·
Tugas kelompok
·
Laporan prakti kum
|
2
|
6
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
·
Benda (bola logam, balok kayu, kelereng, dll)
·
Neraca
·
Gelas ukur
|
6.
2
Menguasai hukum Hooke
|
·
Hukum Hooke
|
·
Membaca
literatur berdiskusi tentang hukum Hooke
·
Melakukan
percobaan dengan menggunakan beberapa pegas dan beban untuk membuktikan hukum
Hooke
·
Berdiskusi dalam
kelompok untuk menentukan konstanta pegas berdasarkan data hasil percobaan
·
Berdiskusi dalam
kelompok untuk menentukan konstanta pegas yang disusun seri, paralel, dan
gabungan.
|
·
Hukum Hooke
tentang elastisitas bahan dianalisis dan dibuktikan melalui percobaan
·
Konstanta pegas
ditentukan dari data percobaan
·
Konstanta pegas
untuk susunan pegas seri, pararlel dan gabungan dianalisis dan dihitung
dengan menggunakan rumusan matematika
|
·
Observasi/ pengamatan
·
Tugas kelompok
·
Laporan prakti kum
|
2
|
6
|
-
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
·
Internet
·
Beberapa jenis pegas
·
Statif
·
Beban
·
Neraca
·
Penggaris/ mistar
|
6.
3
Menentukan kekuatan bahan
|
·
Modulus elastisitas bahan
|
·
Membaca
literatur berdiskusi tentang modulus elastisitas
·
Berdiskusi dalam
kelompok untuk membandingkan kekuatan beberapa jenis bahan berdasarkan
data berdasarkan data modulus
elastisitasnya
|
·
Konsep modulus
elastisitas dianalisis dan dirumuskan persamaan matematisnya
·
Kekuatan bahan
dianalisis berdasarkan modulus elastisitasnya
|
·
Observasi/ pengamatan
·
Tugas kelompok
|
2
|
|
|
·
Buku pelajaran
·
LKS
·
Lingkungan sekolah
·
Internet
|
0 komentar:
Post a Comment