Home » » SILABUS FISIKA UNTUK SMK KELAS X TKJ SEMESTER 2

SILABUS FISIKA UNTUK SMK KELAS X TKJ SEMESTER 2

SILABUS

NAMA SEKOLAH                                                          :  SMK ISLAM CIAWANG
MATA PELAJARAN                                                      :  Fisika
KELAS/SEMESTER                                                        :   X  /  2
STANDAR KOMPETENSI                                            :  Menerapkan konsep usaha/daya dan energi
KODE KOMPETENSI                                                    :  4
ALOKASI WAKTU                                                         :  16 x 45 menit


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
4.1         Menguasai konsep usaha/daya dan energi
·        Usaha daya dan energi
·        Berdiskusi untuk membuktikan bahwa usaha adalah hasil kali gaya dan perpindahan secara matematis dari hukum II Newton
·        Berdikusi untuk menguraikan energi mekanik tersusun dari energi potensial dan energi kinetik
·        Berdikusi untuk membandingkan kesetaraan energi potensial gravitasi dan energi potensial listrik
·        Mengunakan rumusan usaha, energi kinetik dalam memecahkan masalah sehari-hari
·        Konsep usaha sebagai hasil kali gaya dan perpindahan dibuktikan melalui persamaan matematis
·        Usaha yang dilakukan sama dengan perubahan energi kinetik pada benda dihitung dengan menggunakan rumus
·        Energi potensial gravitasi dan energi potensial listrik dibandingkan secara kuantitatif
·     Observasi/ pengamatan
·     Tugas individu
·     Tugas kelompok

 8
-
-
·     Buku pelajaran
·     LKS
·     Lingkungan sekolah

4.2.        Menguasai hukum kekekalan energi

·        Hukum kekekalan energi
·        Berdiskusi untuk merumuskan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda di bawah medan gaya konservatif
·        Berdiskusi untuk menerapkan hukum kekekalan energi dalam pemecahan masalah sehari-hari
·        Hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda di bawah medan gaya konservatif dirumuskan secara matematis
·        Penerapan konservasi energi diuraikan secara kuantitatif dan kualitataif
·     Observasi/ pengamatan
·     Tugas individu
·     Tugas kelompok

4
-
-
·     Buku pelajaran
·     LKS
·     Lingkungan sekolah

4.3.        Menghitung usaha/daya dan energi
·        Usaha, daya, dan energi
·        Berdiskusi untuk merumuskan usaha, daya dan energi kedalam bentuk persamaan matematik
·        Menentukan besarnya usaha dari grafik gaya terhadap perpindahan

·       usaha, energi dan daya disintisis ke dalam persamaan matematis
·        usaha, energi dan daya dihitung ke dalam persamaan matematis
·     Observasi/ pengamatan
·     Tugas individu
·     Tugas kelompok

4
-
-
·     Buku pelajaran
·     LKS
·     Lingkungan sekolah



















NAMA SEKOLAH                                                          :  SMK ISLAM CIAWANG
MATA PELAJARAN                                                      :  Fisika
KELAS/SEMESTER                                                        :   X  /  2
STANDAR KOMPETENSI                                            :  Menerapkan konsep impuls dan momentum
KODE KOMPETENSI                                                    :  5
ALOKASI WAKTU                                                         :  18 x 45 menit


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
5.1.        Mengenali jenis tumbukan

·      Tumbukan
·        Melakukan diskusi untuk mengidentifikasi jenis-jenis tumbukan
·        Menyebutkan contoh-contoh tumbukan lenting sempurna, lenting sebagian, dan tak lenting
·        Melakukan diskusi untuk menjelaskan pengertian dari koefisien restitusi.

·        Pengertian tumbukan tak lenting, lenting sebagian, dan lenting sempurna dideskripsikan
·        Jenis-jenis tumbukan (tidak lenting, lenting sebagian, dan lenting sempurna) diidentifikasi contoh-contohnya
·     Observasi/ pengamatan
·     Tugas kelompok

4
-
-
·     Buku pelajaran
·     LKS
·     Lingkungan sekolah

5.2.        Menguasai konsep impuls dan hukum kekekalan momentum
·        Impuls dan hukum kekekalan momentum
·        Memformulasikan konsep impuls dan momentum serta keterkaitan antara keduanya
·        Merumuskan hukum kekekalan momentum untuk sistem tanpa gaya luar
·        Mendemonstrasikan peristiwa tumbukan dengan menggunakan bola besar (bola volly, basket) dan bola kecil (bola tenis). Mencari bentuk tumbukan yang menghasilkan simpangan paling besar.
·        Konsep impuls dan momentum dan hubungannya diformulasikan dalam persamaan matematis
·        Hukum kekekalan momentum diformulasikan dalam persamaan matematis
·        Arti fisis impuls dan momentum didemontrasikan







·     Observasi/ pengamatan
·     Tugas kelompok

2
6
-
·     Buku pelajaran
·     LKS
·     Lingkungan sekolah
·     Internet
·     Bola voly
·     Bola basket
·     Meteran
5.3.        Menerapkan hubungan impuls dan momentum dalam perhitungan


·        Penerapan impuls dan hukum kekekalan momentum
·        Berdiskusi untuk mencari contoh penerapan prinsip kekekalan momentum untuk menyelesaian masalah yang menyangkut interaksi melalui gaya-gaya internal
·        Melakukan kerja kelompok untuk menggunakan hukum kekekalan energi dan kekekalan momentum pada berbagai peristiwa tumbukan

·        Hukum kekekalan momentum anguler diterapkan dalam berbagai kondisi
·        Hukum kekekalan energi dan kekekalan momentum diintegrasikan untuk berbagai peristiwa tumbukan
·        Prinsip kekekalan momentum diterapkan untuk  menyelesaikan masalah yang menyangkut interaksi gaya-gaya internal
·     Observasi/ pengamatan
·     Tugas kelompok

6
-
-
·     Buku pelajaran
·     LKS
·     Lingkungan sekolah



NAMA SEKOLAH                                                          :  SMK ISLAM CIAWANG
MATA PELAJARAN                                                      :  Fisika
KELAS/SEMESTER                                                        :   X  /  2
STANDAR KOMPETENSI                                            :  Menginterpretasikan sifat mekanik bahan
KODE KOMPETENSI                                                    :  6
ALOKASI WAKTU                                                         :  18 x 45 menit


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
6. 1        Menguasai konsep elastisitas bahan


·      Elastisitas bahan
·        Melakukan diskusi untuk mendeskripsikan pengertian rapat massa dan berat jenis
·        Melakukan percobaan untuk menentukan rapat massa beberapa jenis benda (bola logam, balok kayu, kelereng, dll) dengan menggunakan neraca dan gelas ukur
·        Melakukan diskusi untuk merumuskan persamaan matematis dari rapat massa dan  berat jenis.
·        Melakukan diskusi untuk mendeskripsikan dan merumuskan persamaan matematis dari tegangan dan regangan

·        Konsep rapat massa, berat jenis dideskripsikan dan dirumuskan kedalam bentuk persamaan matematis
·        Rumusan matematis dari konsep rapat massa dan berat jenis diaplikasikan dalam perhitungan masalah FISIKA sehari-hari
·        Konsep tegangan dan regangan dideskripsikan dan dirumuskan kedalam bentuk persamaan matematis
·        Definisi elestisitas dideskripsikan dan dirumuskan persamaan matematisnya
·     Observasi/ pengamatan
·     Tugas kelompok
·     Laporan prakti kum

2
6
-
·     Buku pelajaran
·     LKS
·     Lingkungan sekolah
·     Benda (bola logam, balok kayu, kelereng, dll)
·     Neraca
·     Gelas ukur

6. 2        Menguasai hukum Hooke

·      Hukum Hooke
·        Membaca literatur berdiskusi tentang hukum Hooke
·        Melakukan percobaan dengan menggunakan beberapa pegas dan beban untuk membuktikan hukum Hooke
·        Berdiskusi dalam kelompok untuk menentukan konstanta pegas berdasarkan data hasil percobaan
·        Berdiskusi dalam kelompok untuk menentukan konstanta pegas yang disusun seri, paralel, dan gabungan.

·        Hukum Hooke tentang elastisitas bahan dianalisis dan dibuktikan melalui percobaan
·        Konstanta pegas ditentukan dari data percobaan
·        Konstanta pegas untuk susunan pegas seri, pararlel dan gabungan dianalisis dan dihitung dengan menggunakan rumusan matematika

·     Observasi/ pengamatan
·     Tugas kelompok
·     Laporan prakti kum

2
6
-
·     Buku pelajaran
·     LKS
·     Lingkungan sekolah
·     Internet
·     Beberapa jenis pegas
·     Statif
·     Beban
·     Neraca
·     Penggaris/ mistar
6. 3        Menentukan kekuatan bahan

·      Modulus elastisitas bahan
·        Membaca literatur berdiskusi tentang modulus elastisitas
·        Berdiskusi dalam kelompok untuk membandingkan kekuatan beberapa jenis bahan berdasarkan data  berdasarkan data modulus elastisitasnya
·        Konsep modulus elastisitas dianalisis dan dirumuskan persamaan matematisnya
·        Kekuatan bahan dianalisis berdasarkan modulus elastisitasnya
·     Observasi/ pengamatan
·     Tugas kelompok

2


·     Buku pelajaran
·     LKS
·     Lingkungan sekolah
·     Internet


                        


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}