KISI- KISI UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
1.
Bahasa Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lingkup Materi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Level Kognitif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Membaca Nonsastra
|
|
|
Membaca Satra
|
|
|
Menulis Terbatas
|
|
|
Menyunting Kata,
|
|
|
Menyunting Ejaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kalimat, Paragraf
|
|
|
dan Tanda Baca
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengetahuan dan
|
Peserta didik dapat
|
Peserta didik dapat
|
|
Peserta
didik dapat
|
|
Peserta
didik dapat
|
Peserta didik dapat
|
|
||||||||||
pemahaman
|
-menentukan makna
|
-menentukan makna kata
|
|
melengkapi istilah/kata
|
|
-menunjukkan kata
|
-menunjukkan
|
|
||||||||||
·
|
Mengidentifikasi
|
|
kata/kalimat pada teks
|
|
dalam cerpen dan fabel
|
|
dalam
kalimat
|
|
yang tidak sesuai
|
|
kesalahan
|
|
||||||
·
|
Menentukan
|
-menentukan informasi
|
-menentukan makna tersurat
|
|
|
|
|
kaidah
|
|
penggunaan ejaan
|
|
|||||||
·
|
Memaknai
|
|
tersurat teks
|
|
dalam cerpen dan fabel
|
|
|
|
|
-menunjukkan kalimat
|
-menunjukkan
|
|
||||||
|
|
|
-menentukan bagian
|
-menentukan bagian cerpen
|
|
|
|
|
yang tidak sesuai
|
|
kesalahan
|
|
||||||
|
|
|
|
teks
|
|
dan fabel
|
|
|
|
|
dengan kaidah
|
|
penggunaan tanda
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
baca
|
|
|
Aplikasi
|
Peserta didik dapat
|
Peserta didik dapat
|
|
Peserta
didik dapat
|
|
Peserta
didik dapat
|
Peserta didik dapat
|
|
||||||||||
·
|
Menunjukkan
|
-menentukan ide pokok
|
-menyimpulkan makna
|
|
-menyusun urutan
|
|
-menggunakan kata
|
-menggunakan
ejaan
|
|
|||||||||
|
bukti
|
|
teks
|
|
simbol dalam cerpen dan
|
|
kalimat berbagai jenis
|
|
bentukan sesuai
|
-menggunaan tanda
|
|
|||||||
·
|
Menyimpulkan
|
-menyimpulkan isi teks
|
|
fabel
|
|
teks
|
|
dengan kaidah
|
|
baca
|
|
|||||||
·
|
Menemukan ide
|
-menyimpulkan
|
-menyimpulkan isi tersirat
|
|
-melengkapi paragraf
|
|
-menggunakan
|
|
|
|
|
|||||||
·
|
Menginterpretasi
|
|
pendapat pro/kontra
|
|
dalam cerpen/fabel
|
|
dengan kalimat
|
|
konjungsi dalam
|
|
|
|
|
|||||
·
|
Menggunakan
|
|
dalam teks
|
-menyimpulkan sebab/akibat
|
|
-melengkapi bagian
|
|
kalimat
|
|
|
|
|
||||||
|
Menyusun
|
-meringkas isi teks
|
|
konflik
|
|
teks (eksposisi,
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
deskripsi, ulasan, dan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
lain-lain)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penalaran
|
Peserta didik dapat
|
Peserta didik dapat
|
|
Peserta
didik dapat
|
|
Peserta
didik dapat
|
Peserta didik dapat
|
|
||||||||||
·
|
Mengevaluasi
|
-membandingkan
|
-membandingkan pola
|
|
-memvariasikan kata
|
|
-memperbaiki
|
-memperbaiki
|
|
|||||||||
·
|
Membandingkan
|
|
penggunaan bahasa
|
|
pengembangan cerpen dan
|
|
-memvariasikan
|
|
kesalahan penggunaan
|
|
kesalahan
|
|
||||||
|
pola
|
|
dan pola penyajian
|
|
fabel
|
|
kalimat
|
|
kata, kalimat, dan
|
|
penggunaan ejaan
|
|
||||||
|
(menganalisis)
|
|
beberapa jenis teks
|
-membandingkan
|
|
-menulis dengan
|
|
ketidakpaduan
|
-memperbaiki
|
|
||||||||
·
|
Menanggapi
|
-menilai keunggulan/
|
|
penggunaan bahasa
|
|
ilustrasi tertentu
|
|
paragraf
|
|
kesalahan
|
|
|||||||
|
|
|
|
kelemahan teks
|
|
cerpen/fabel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lingkup Materi
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Level Kognitif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Membaca Nonsastra
|
|
|
Membaca Satra
|
|
|
Menulis Terbatas
|
|
|
Menyunting Kata,
|
|
|
Menyunting Ejaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kalimat, Paragraf
|
|
|
dan Tanda Baca
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
· Memvariasikan
|
-mengomentari isi teks
|
-menunjukkan bukti latar
|
|
-mengubah teks ke
|
|
-menentukan alasan
|
|
penggunaan tanda
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
|
dan watak tokoh dalam
|
|
bentuk lain
|
|
kesalahan penggunaan
|
|
baca
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
cerpen/tabel
|
|
|
|
|
kata, kalimat, dan
|
-menentukan alasan
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
-mengomentari unsur
|
|
|
|
|
ketidakpaduan
|
|
kesalahan
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
intrinsik karya sastra
|
|
|
|
|
paragraf
|
|
penggunaan ejaan
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dan tanda baca
|
|
0 komentar:
Post a Comment