SILABUS
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Satuan
Pendidikan : SMP
NEGERI 1 SODONGHILIR
Kelas /
Semester : VIII/Genap
Tahun
Pelajaran : 2018/2019
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indokator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
Belajar
|
Penilaian
|
3.11 Mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya (film,
cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan
4.11 Menceritakan kembali isi
teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni
daerah) yang dibaca atau didengar.
|
·
Pengertian
teks ulasan
·
Macam-macam
teks ulasan berdasar-kan isinya
·
Maksud/
arti penting teks ulasan
·
Kelebihan/
kelemahan dalam teks ulasan.
|
3.11.1
Menganalisis
suatu model teks ulasan.
3.11.2
Menjelaskan
tentang pengertian dan macam-macam isi teks ulasan.
3.11.3
Menjelaskan
maksud dan cara mengungkapkan kelebihan dan kekurangan teks ulasan
4.11.1
Menuliskan
informasi berupa pernyataan kelebihan dan kekurangan benda yang terdapat pada
teks ulasan.
4.11.2
Menceritakan
kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel,
karya seni daerah) yang dibaca atau didengar.
|
·
Mengamati
suatu model teks ulasan.
·
Berdiskusi
tentang pengertian dan macam-macam isi teks ulasan.
·
Mendiskusikan
maksud dan cara mengungkapkan kelebihan dan kekurangan teks ulasan
·
Menuliskan
informasi berupa pernyataan kelebihan dan kekurangan benda yang terdapat pada
teks ulasan.
·
Membacakan
kelebihan produk, karya, benda pada teks ulasan yang diidentifasi
|
·
24 JP
|
·
Buku bahasa Indonesia
·
Kamus bahasa Indonesia
·
Internet
|
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Unjuk
kerja
· Produk
·
Portofolio
|
3.12 Menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen,
puisi, novel, karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca
4.12 Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya
(film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks
ulasan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur
kebahasaan, atau aspek lisan
|
Struktur
teks ulasan:
1. orientasi
2.
tafsiran 3.
rangkuman
4. evaluasi
·
Kaidah
kebahasa-an teks ulasan.
·
Cara
menulis teks ulasan
|
3.12.1
Menjelaskan
struktur, kebahasaan, dan isi teks ulasan produk, karya, atau benda.
3.12.2
Menganalisis
keunggulan dan kelemahan/kekurangan produk, karya, atau benda tertentu
sebagai bahan menulis teks ulasan.
3.12.3
Menganalisis
Kaidah kebahasa-an teks ulasan.
3.12.4
Menjelaskan
cara menulis teks ulasan
4.12.1
Menulis
teks ulasan dengan memperhatikan struktur, kaidah-kaidah bahasa, dan data
produk, karya, atau benda.
4.12.2
Memajang
teks ulasan untuk dikomentari peserta didk lain
4.12.3
Membuat
tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni
daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan
secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur
kebahasaan, atau aspek lisan
|
·
Mendiskusikan
struktur, bahasaan, dan isi teks ulasan produk, karya, atau benda.
·
Mendata
keunggulan dan kelemahan/kekurangan produk, karya, atau benda tertentu
sebagai bahan menulis teks ulasan.
·
Menulis
teks ulasan dengan memperhatikan struktur, kaidah-kaidah bahasa, dan data produk, karya, atau benda.
·
Memajang
teks ulasan untuk dikomentari peserta didk lain (perorangan/kelompok)
|
|||
3.13 Mengidentifikasi
jenis saran, ajakan, arahan, dan
pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks
persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang
didengar dan dibaca.
4.13
Menyimpulkan isi saran, ajakan,
arahan, pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari
teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya)
yang didengar dan dibaca.
|
·
Pengertian
dan is teks persuasi.
·
Ajakan-ajakan
dalam teks persuasi.
• Langkah-langkah penyusunan kesimpulan.
|
3.13.1
Menjelaskan
jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif
atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya)
3.13.2
Menjelaskan pengertian dan isi teks persuasi
3.13.3
Mengidentifikasi ajakan- ajakan dalam teks
persuasi.
3.13.4
Menganalisis langkah- langkah penyusunan
kesimpulan
4.13.1
Merumuskan informasi yang terdapat
pada teks persuasi sesuai
dengan bagian-bagian
teks
persuasi
4.13.2
Menyimpulkan
cara menyajikan informasi
isi teks Persuasi
|
·
Mengamati
model-model teks persuasi.
·
Berdiskusi
tentang informasi pada teks persuasi yang didengarkan/ dibaca dan cara
menyajikan ulang isinya
·
Merumuskan
informasi yang terdapat pada teks persuasi sesuai dengan bagian-bagian teks
persuasi
·
Menyimpulkan
cara menyajikan informasi isi teks persuasi
|
·
24 JP
|
·
Buku bahasa Indonesia
·
Kamus bahasa Indonesia
·
Internet
|
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Unjuk
kerja
· Produk
·
Portofolio
|
3. 14 Menelaah struktur dan
kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang
berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau
keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca
4.14 Menyajikan teks persuasi
(saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan
memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan
|
·
Struktur
dan unsur kebahasa-an teks persuasi
·
Menggunakaan
konjungsi supaya dan selagi (pengayaan)
·
Cara
menyajikan teks persuasi
·
Penyiapan
bujukan/ ajakan.
·
Memper-hatikan
struktur/ kaidah teks ulasan
|
3.14.1
Menganalisis Struktur dan unsure kebahasa-an teks
persuasi
3.14.2
Menjelaskan cara menyajikan teks persuasi
3.14.3
Menjelaskan cara penyiapan bujukan/ ajakan.
3.14.4
Menganalisis struktur/ kaidah teks ulasan
3.14.5 Menelaah struktur
dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan
tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman budaya, dll)
4.14.1 Menulis teks persuasi
sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah
kebahasaan teks
persuasi
4.14.2 Menyajikan teks persuasi
(saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan
memperhatikan truktur, kebahasaan, atau aspek lisan
|
·
Mendiskusikan
struktur, kebahasaan, dan isi teks persuasi
·
Mendata
permasalahan aktual yang perlu diangkat untuk diberi masukan sebagai bahan
menulis teks persuasi
·
Mendiskusikan
cara menyusun teks persuasi tentang masalah aktual tertentu dengan
memperhatikan gagasan utama, alasan dan bukti, saran, arahan, atau ajakan,
serta unsur kebahasaan yang digunakan
·
Menulis
teks persuasi sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks
persuasi
·
Mempresentasikan
teks persuasi yang ditulis
|
|||
3.15 Mengidentifikasi
unsur-unsur drama (tradisional dan
moderen) yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah.
4.15
Menginterprestasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/
didengar
|
·
Pengertian/karakteris-tik teks drama
·
Unsur-unsur teks drama
·
Penjelasan
isi drama
·
Tanggapan
atas drama
|
3.15.1 Menjelaskan pengertian/karakteristik teks
drama
3.15.2 Menganalisis unsur-unsur teks drama
3.15.3 Mendeskripsikan penjelasan isi drama
3.15.4 Mendeskripsikan tanggapan atas drama
4.15.1
Menginterprestasi
drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/ didengar
|
·
Memperhatikan
suatu model teks drama
·
Merumuskan
pengertian/karakteristik drama.
·
Mendiskusikan
unsur-unsur dan isi drama
·
Mengidentifikasi
isi drama
·
Menanggapi
dan melaporkan secara lisan dan atau tulis isi drama yang ditonton
|
·
18 JP
|
·
Buku bahasa Indonesia
·
Kamus bahasa Indonesia
·
Internet
|
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Unjuk
kerja
· Produk
·
Portofolio
|
3.16 Menelaah karakteristik
unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang berbentuk naskah atau
pentas.
4.16 Menyajikan drama dalam
bentuk pentas atau naskah
|
·
Karakteris-tik
teks drama berdasar-kan struktur dan kaidahnya.
·
Cara
menulis naskah drama dari karya yang sudah ada dan yang orisinal.
·
Langkah-langkah
pementas-an drama
|
3.16.1 Menjelaskan karakteristik teks drama
berdasarkan struktur dan kaidahnya.
3.16.2 Menjelaskan cara menulis naskah drama dari
karya yang sudah ada dan yang orisinal.
3.16.3 Menganalisis langkah- langkah pementasan drama
4.16.1
Membuat
drama dalam bentuk pentas atau naskah
4.16.2
Menanggapi dan
melaporkan
secara lisan
dan atau tulis
isi drama yang ditonton
4.16.3
Menulis teks drama tradisional dan modern
|
·
Mendiskusikan
karakteristik unsur drama dan kaidah kebahasaan teks drama
·
Mendiskusikan
cara menulis teks drama dan penyajiannya
·
Menulis
teks drama
·
Mementaskan
drama secara berkelompok
|
|||
3.17 Menggali dan menemukan
informasi dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.17 Membuat peta konsep/ garis
alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
·
Keragaman
informasi dalam buku fiksi/ nonfiksi.
·
Informasi
buku melalui indeks.
·
Catatan
tentang isi buku.
·
Teknik-teknik
membaca.
|
3.17.1 Menentukan unsur-unsur buku fiksi
3.17.2 Menentukan unsur-unsur buku nonfiksi
3.17.3 Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku
3.17.4 Menganalisis perbedaan unsur buku fiksi dengan
buku nonfiksi
3.17.5 Menganalisis Keragaman informasi dalam buku
fiksi/ nonfiksi.
3.17.6 Menganalisis Informasi buku melalui indeks.
3.17.7 menganalisis Teknik- teknik membaca.
4.17.1 Membuat peta
konsep/ garis
alur
dari buku fiksi
dan nonfiksi
yang dibaca
4.17.2 Membuat rangkuman dalam bentuk pemetaan
4.17.3 Membuat rangkuman dalam bentuk rangkaian
gagasan pokok isi buku
|
·
Mendiskusikan
informasi dan peta konsep alur dalam buku fiksi dan non fiksi
·
Membuat
peta konsep alur dari buku fiksi dan nonfiksi
·
Mempresentasikan
informasi peta konsep alur buku fiksi dan nonfiksi
|
·
12 JP
|
·
Buku bahasa Indonesia
·
Kamus bahasa Indonesia
·
Internet
|
· Lisan
· Tertulis
· Penugasan
· Unjuk
kerja
· Produk
·
Portofolio
|
3.18
Menelaah unsur buku fiksi dan nonfiksi
yang dibaca
4.18
Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca secara lisan/ tertulis
|
·
Ungkapan
dalam buku fiksi.
·
Unsur-unsur
menarik dalam buku fiksi.
·
Daya
tarik bacaan
·
Mendiskusikan
isi buku.
|
3.18.1 Menganalisis Ungkapan dalam buku fiksi.
3.18.2 Menganalisis Unsur-unsur menarik dalam buku
fiksi.
3.18.3 Menelaah unsur buku fiksi yang bisa
dikomentari
3.18.4 Menelaah unsur buku nonfiksi yang bisa
dikomentari
3.18.5 Menentukan persamaan dan perbedaan unsur buku
nonfiksi
4.18.1 Membuat komentar tentang buku fiksi yang
dibaca
4.18.2 Membuat komentar tentang buku nonfiksi yang
dibaca
|
·
Mendiskusikan
unsur kebahasaan dalam buku fiksi.
·
Membuat
tanggapan terhadap buku fiksi.
·
Menyajikanan
tanggapan terhadap buku fiksi.
·
Memberikan komentar terhadap tanggapan terhadap buku
fiksi.
|
1 komentar:
izin save and share untuk bahan adm pengajaran, terimakasih ilmunya :)
Post a Comment