Silabus Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia
Satuan
Pendidikan : SMP NEGERI 1 SODONGHILIR
Kelas /
Semester : VII / Genap
Tahun
Pelajaran : 2018/2019
Kompetensi Inti
1.
Menghayati ajaran agama
yang dianutnya
2.
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
3.9 Mengidentifikasi informasi
(pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi
rakyat (pantun, syair, dan
bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar.
4.9 Menyimpulkan isi puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi
rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis
|
Puisi rakyat
·
Ciri
puisi rakyat (pantun, gurindam, syair)
·
Cara
menyimpulkan isi pada pantun,
gurindam, dan syair
|
·
Mendiskusikan
ciri umum dan tujuan komunikasi puisi rakyat (pantun, gurindam, syair)
·
Mendaftar
kalimat perintah, saran, ajakan, larangan, kalimat pernyataan, kalimat majemuk dan kalimat tunggal dalam puisi rakyat (pantun, gurindam, syair)
·
Menyimpulkan
ciri umum, tujuan komunikasi, ragam/
jenis puisi rakyat, kata/ kalimat yang
digunakan pada puisi rakya (pantun,
gurindam, syair)
|
24 JP
|
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
· Modul/bahan ajar,
· Internet,
·
Sumber lain yang relevan
|
·
Tes Tertulis
·
Tes Lisan
·
Proyek, pengamatan, wawancara’
·
Portofolio / unjuk kerja
·
Produk
|
3.10 Menelaah struktur dan
kebahasaan puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi
rakyat setempat) yang dibaca dan didengar.
4.10Mengungkapkan gagasan,
perasaan, pesan dalam bentuk puisi
rakyat secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, rima, dan
penggunaan bahasa
|
·
Pola
pengembangan isi pantun, gurindam, dan
syair
·
Variasi
kalimat perintah, saran, ajakan, larangan dalam pantun
|
·
Menyimpulkan
prinsip pengembangan pantun, gurindam,
dan syair, penggunaan konjungsi (kalau, jika, agar, karena itu, dll) pada
pantun, gurindam, dan syair
·
Memvariasikan,
melengkapai isi, menurutkan, dan menulis
pantun, gurindam, dan syair
·
Mendemonstrasikan
berbalas pantun secara berkelompok
|
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
· Modul/bahan ajar,
· Internet,
·
Sumber lain yang relevan
|
·
Tes Tertulis
·
Tes Lisan
·
Proyek, pengamatan, wawancara’
·
Portofolio / unjuk kerja
·
Produk
|
|
3.11 Mengidentifikasi informasi
tentang fabel/legenda daerah setempat yang
dibaca dan didengar.
4.11Menceritakan kembali isi fabel/
legenda daerah setempat
|
Fabel/ legenda
·
Ciri
cerita fabel/ legenda
·
Langkah
memahami isi cerita fabel
·
Langkah
menceritakan kembali isi fabel/ legenda
|
·
Mencermati cerita rakyat (fabel
dan legenda) yang berasal dari daerah setempat.
·
Mendata kata ganti, kata kerja,
konjungsi, kalimat langsung dan tidak
langsung, tema, alur, karakter tokoh, latar, sudut pandang, amanat, dan gaya
bahasa pada fabel/ legenda
·
Berlatih menceritakan isi fabel/ legenda yang dibaca
·
Menceritakan
kembali isi fabel/legenda yang dibaca
|
18 JP
|
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
· Modul/bahan ajar,
· Internet,
·
Sumber lain yang relevan
|
·
Tes Tertulis
·
Tes Lisan
·
Proyek, pengamatan, wawancara’
·
Portofolio / unjuk kerja
·
Produk
|
3.12 Menelaah
struktur dan kebahasaan fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar.
4.12Memerankan isi
fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar.
|
·
Struktur teks fabel/legenda: orientasi, komplikasi resolusi dan koda
·
Teknik
penggambaran tokoh
·
Pemeranan
isi fabel/legenda daerah setempat
|
·
Mendiskusikan struktur teks
fabel/ legenda dan kebahasaan yang digunakan (variasi penyajian, variasi pola
pengembangan)
·
Mendata
isi, memperbaiki pilihan kata, kalimat narasi, dialog, penyajian latar agar
cerita menjadi lebih menarik
·
Menulis fabel/ legenda berdasarkan ide yang direncanakan dan data yang
diperoleh
·
Memerankan
dan menceritakan fabel/ legenda yang berasal dari daerah setempat.
|
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
· Modul/bahan ajar,
· Internet,
·
Sumber lain yang relevan
|
·
Tes Tertulis
·
Tes Lisan
·
Proyek, pengamatan, wawancara’
·
Portofolio / unjuk kerja
·
Produk
|
|
3.13 Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan,
dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.
4.13Menyimpulkan isi (kabar,
keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas
yang dibaca atau diperdengarkan
|
Surat pribadi dan surat dinas
·
Informasi
isi surat pribadi, surat dinas
·
Isi
surat pribadi dan dinas
·
Simpulan
isi surat pribadi dan dinas
|
·
Mendata
isi surat pribadi dan surat dinas
·
Mendiskusikan
isi surat pribadi dan dinas
·
Menyimpulkan
isi surat pribadi dan surat dinas
|
24 JP
|
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
· Modul/bahan ajar,
· Internet,
·
Sumber lain yang relevan
|
·
Tes Tertulis
·
Tes Lisan
·
Proyek, pengamatan, wawancara’
·
Portofolio / unjuk kerja
·
Produk
|
3.14 Menelaah unsur-unsur dan
kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.
4.14Menulis surat (pribadi dan
dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi.
|
·
Unsur-unsur
surat pribadi dan dinas
·
Kebahasaan
surat priadi dan dinas
·
Cara
menulis surat pribadi dan dinas
|
·
Mengidentifikasi
unsur-unsur surat pribadi dan sistematika surat dinas
·
Mendiskusikan
karakteristik bahasa dan urutan surat pribadi dan dinas
·
Menulis
surat pribadi sesuai tujuan penulisan
·
Menulis
surat dinas sesuai dengan sistematika dan bahasa surat dinas
|
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
· Modul/bahan ajar,
· Internet,
·
Sumber lain yang relevan
|
·
Tes Tertulis
·
Tes Lisan
·
Proyek, pengamatan, wawancara’
·
Portofolio / unjuk kerja
·
Produk
|
|
3.15 Menemukan unsur-unsur dari buku
fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.15Membuat peta pikiran/ rangkuman
alur tentang isi buku nonfiksi/ buku fiksi yang dibaca
|
Literasi buku fiksi dan
nonfiksi
·
Unsur-unsur
buku
·
Cara
membaca buku dengan SQ3R, yaitu
1)
Survey atau meninjau,
2) Question atau bertanya, 3) Read atau membaca, 4) Recite atau menuturkan, 5) Review atau mengulang
·
Cara
membuat rangkuman
|
·
Mendata
sub-bab buku
·
Membaca
garis besar isi subbab
·
Menentukan
gagasan pokok isi buku
·
Membuat
peta pikiran isi buku
·
Mempresentasikan
hasil peta pikiran isi buku yang dibaca
|
24 JP
|
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
· Modul/bahan ajar,
· Internet,
·
Sumber lain yang relevan
|
·
Tes Tertulis
·
Tes Lisan
·
Proyek, pengamatan, wawancara’
·
Portofolio / unjuk kerja
·
Produk
|
3.16 Menelaah hubungan unsur-unsur
dalam buku fiksi dan nonfiksi
4.16Menyajikan tanggapan terhadap
isi buku fiksi nonfiksi yang dibaca
|
·
Hubungan
antarunsur buku
·
Langkah
menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca
|
·
Mendata bagian isi yang akan ditanggapi, penggunaan
bahasa dalam buku, dan sistematika buku
·
Menyusun
tanggapan dalam bentuk komentar
terhadap isi, sistematika, kebermaknaan buku, penggunaan bahasa, dan tanda
baca/ ejaan
·
Memublikasikan
komentar terhadap buku yang dibaca
|
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
· Modul/bahan ajar,
· Internet,
·
Sumber lain yang relevan
|
·
|
1 komentar:
Assalamualaikum, izin share silabusnya ya kak utk bahan bahan administrasi mengajar, terimakasih ilmunya :)
Post a Comment