Home » » SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS VII SEMESTER 2 KURIKULUM 2013 REVISI 2018

SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS VII SEMESTER 2 KURIKULUM 2013 REVISI 2018


Silabus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia 

Satuan Pendidikan      : SMP  NEGERI 1 SODONGHILIR
Kelas / Semester         : VII / Genap
Tahun Pelajaran         : 2018/2019

Kompetensi Inti
1.      Menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Penilaian
3.9  Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar.
4.9  Menyimpulkan isi puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis
Puisi rakyat
·   Ciri puisi rakyat (pantun, gurindam, syair)
·   Cara menyimpulkan isi pada  pantun, gurindam, dan syair
·         Mendiskusikan ciri umum dan tujuan komunikasi puisi rakyat (pantun, gurindam, syair)
·         Mendaftar kalimat perintah, saran, ajakan, larangan, kalimat pernyataan,   kalimat majemuk  dan kalimat tunggal dalam  puisi rakyat (pantun, gurindam, syair)
·         Menyimpulkan ciri umum, tujuan komunikasi,  ragam/ jenis puisi rakyat,  kata/ kalimat yang digunakan pada  puisi rakya (pantun, gurindam, syair)


























24 JP
·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·      Modul/bahan ajar,
·      Internet,
·      Sumber lain yang relevan
·      Tes Tertulis
·      Tes Lisan
·      Proyek, pengamatan, wawancara’
·      Portofolio / unjuk kerja
·      Produk
3.10 Menelaah struktur dan kebahasaan puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar.
4.10Mengungkapkan gagasan, perasaan, pesan dalam bentuk puisi  rakyat secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa







·   Pola pengembangan isi  pantun, gurindam, dan syair
·   Variasi kalimat perintah, saran, ajakan, larangan dalam pantun

·      Menyimpulkan prinsip pengembangan  pantun, gurindam, dan syair, penggunaan konjungsi (kalau, jika, agar, karena itu, dll)  pada  pantun, gurindam, dan syair
·         Memvariasikan, melengkapai isi, menurutkan, dan menulis  pantun, gurindam, dan syair
·         Mendemonstrasikan berbalas pantun secara berkelompok

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·      Modul/bahan ajar,
·      Internet,
·      Sumber lain yang relevan
·      Tes Tertulis
·      Tes Lisan
·      Proyek, pengamatan, wawancara’
·      Portofolio / unjuk kerja
·      Produk
3.11 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar.
4.11Menceritakan kembali isi fabel/ legenda daerah setempat

Fabel/ legenda
·   Ciri cerita fabel/ legenda
·   Langkah memahami isi cerita fabel
·   Langkah menceritakan kembali isi fabel/ legenda
·      Mencermati cerita rakyat (fabel dan legenda) yang berasal dari daerah setempat.
·      Mendata kata ganti, kata kerja, konjungsi,  kalimat langsung dan tidak langsung, tema, alur, karakter tokoh, latar, sudut pandang, amanat, dan gaya bahasa pada fabel/ legenda
·      Berlatih  menceritakan isi fabel/ legenda yang dibaca
·         Menceritakan kembali isi fabel/legenda yang dibaca

























18 JP
·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·      Modul/bahan ajar,
·      Internet,
·      Sumber lain yang relevan
·      Tes Tertulis
·      Tes Lisan
·      Proyek, pengamatan, wawancara’
·      Portofolio / unjuk kerja
·      Produk
3.12   Menelaah  struktur dan kebahasaan fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar.
4.12Memerankan isi fabel/legenda   daerah setempat yang dibaca dan didengar.
·   Struktur  teks fabel/legenda:  orientasi, komplikasi resolusi dan koda
·   Teknik penggambaran tokoh
·   Pemeranan isi fabel/legenda daerah setempat
·         Mendiskusikan struktur teks fabel/ legenda dan kebahasaan yang digunakan (variasi penyajian, variasi pola pengembangan)
·         Mendata isi, memperbaiki pilihan kata, kalimat narasi, dialog, penyajian latar agar cerita menjadi lebih menarik
·         Menulis   fabel/ legenda berdasarkan  ide yang direncanakan dan data yang diperoleh
·         Memerankan dan menceritakan fabel/ legenda yang berasal dari daerah setempat.
·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·      Modul/bahan ajar,
·      Internet,
·      Sumber lain yang relevan
·      Tes Tertulis
·      Tes Lisan
·      Proyek, pengamatan, wawancara’
·      Portofolio / unjuk kerja
·      Produk
3.13 Mengidentifikasi  informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.
4.13Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan

Surat pribadi dan surat dinas
·   Informasi isi surat pribadi, surat dinas
·   Isi surat pribadi dan dinas
·   Simpulan isi surat pribadi dan dinas


·         Mendata isi surat pribadi dan surat dinas
·         Mendiskusikan isi surat pribadi dan dinas
·         Menyimpulkan isi  surat pribadi dan surat dinas


































24 JP
·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·      Modul/bahan ajar,
·      Internet,
·      Sumber lain yang relevan
·      Tes Tertulis
·      Tes Lisan
·      Proyek, pengamatan, wawancara’
·      Portofolio / unjuk kerja
·      Produk
3.14 Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.
4.14Menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks,  kebahasaan, dan isi.
·   Unsur-unsur surat pribadi dan dinas
·   Kebahasaan surat priadi dan dinas
·   Cara menulis surat pribadi dan dinas





·         Mengidentifikasi unsur-unsur surat pribadi dan sistematika surat dinas
·         Mendiskusikan karakteristik bahasa dan urutan surat pribadi dan dinas
·         Menulis surat pribadi sesuai tujuan penulisan
·         Menulis surat dinas sesuai dengan sistematika dan bahasa surat dinas
·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·      Modul/bahan ajar,
·      Internet,
·      Sumber lain yang relevan
·      Tes Tertulis
·      Tes Lisan
·      Proyek, pengamatan, wawancara’
·      Portofolio / unjuk kerja
·      Produk
3.15 Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.15Membuat peta pikiran/ rangkuman alur tentang isi buku nonfiksi/ buku fiksi yang dibaca
Literasi buku fiksi dan nonfiksi
·   Unsur-unsur buku
·   Cara membaca buku dengan SQ3R, yaitu
1) Survey atau meninjau,
2) Question atau bertanya, 3) Read atau membaca,
4) Recite atau menuturkan,
5) Review atau mengulang
·   Cara membuat rangkuman
·         Mendata sub-bab buku
·         Membaca garis besar isi subbab
·         Menentukan gagasan pokok isi buku
·         Membuat peta pikiran isi buku
·         Mempresentasikan hasil peta pikiran isi buku yang dibaca


































24 JP
·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·      Modul/bahan ajar,
·      Internet,
·      Sumber lain yang relevan
·      Tes Tertulis
·      Tes Lisan
·      Proyek, pengamatan, wawancara’
·      Portofolio / unjuk kerja
·      Produk
3.16 Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
4.16Menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi nonfiksi yang dibaca

·   Hubungan antarunsur buku
·   Langkah menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca
·         Mendata  bagian isi yang akan ditanggapi, penggunaan bahasa dalam buku, dan sistematika buku
·         Menyusun tanggapan  dalam bentuk komentar terhadap isi, sistematika, kebermaknaan buku, penggunaan bahasa, dan tanda baca/ ejaan
·         Memublikasikan komentar terhadap buku  yang dibaca

·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·      Modul/bahan ajar,
·      Internet,
·      Sumber lain yang relevan
·          









/>

1 komentar:

ok said...

Assalamualaikum, izin share silabusnya ya kak utk bahan bahan administrasi mengajar, terimakasih ilmunya :)

.comment-content a {display: none;}