RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMPN/S
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Tahun Pelajaran :
2017/2018
Tema :
Belajar Mendeskripsikan
Sub Tema :Telaah
Model Teks Deskripsi
Kelas/Semester :VII/Ganjil
Alokasi Waktu : 6 JP (3 Pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek
(sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni
daerah) yang didengar dan dibaca.
3.2
Menelaah struktur dan unsur
kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat
bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan
dibaca.
|
3.1.1
Menentukan ciri umum teks
deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.2
Menentukan ciri teks
deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.3
Menentukan jenis teks
deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
3.2.1
Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
3.2.2 Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks
deskripsi yang disajikan
3.2.3 Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
3.2.4 Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks
deskripsi yang dirumpangkan
3.2.5
Menentukan dan memperbaiki
kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan
|
4.1 Menentukan isi teks deskripsi
objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain
tradisional, dll) yang didengar dan
dibaca.
4
4.1
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks
deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau
suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan
struktur dan aspek kebahasaan baik secara lisan dan tulis.
|
4.1.1
Memetakan isi teks deskripsi (topik dan
bagian-bagiannya)
4.1.2
Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi
4.2
4.2.1
Merencanakan penulisan teks deskripsi
4.2.2
Menulis teks deskripsi dengan
memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata
kalimat/ tanda baca/ejaan
4.2.3
Menyajikan secara lisan teks deskripsi dalam konteks pembawa acara
televisi mendeskripsikan objek
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini
peserta didik diharapkan dapat:
1. Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan
tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
2. Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan
pada teks yang dibaca/didengar.
3. Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang
dibaca/didengar.
Pertemuan
Kedua
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini
peserta didik diharapkan dapat:
1. Merinci bagian-bagian
struktur teks deskripsi
2. Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian
pada teks deskripsi yang disajikan
Pertemuan
Ketiga
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini
peserta didik diharapkan dapat:
1. Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
2. Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi
teks deskripsi yang dirumpangkan
3. Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda
baca/ejaan
Fokus nilai-nilai
sikap
1. Peduli
2. Jujur berkarya
3. Tanggung jawab
4. Toleran
5. Kerjasama
6. Proaktif
7. kreatif
D.
Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular
a.
Fakta
Ø Lagu
Nasional ‘Rayuan Pulau Kelapa’
b.
Konsep
Ø
Pengertianteks deskripsi, Isi teksdeskripsi, Ciri
umu teks deskripsi
c.
Prinsip
Ø Struktur
Teks Deskripsi dan Kaidah kebahasaan
d.
Prosedur
Ø Menyusun
Teks deskripsi
2. Materi pembelajaran remedial
a. Kalimat
Berisi Penjelasan Terperinci untuk Mengonkretkan
b. Menggunakan
Pilihan Kata dengan Emosi Kuat
c. Mengidentifikasi
Majas
3. Materi pembelajaran pengayaan
a. Ciri
objek yang dideskripsikan
b. Tujuan
menciptakan teks deskripsi
c. Ciri
isi teks deskripsi
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model
Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
F.
Media
Pembelajaran
1. Media
LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan
Tayang
G.
Sumber
Belajar
1. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
2.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
3.
Modul/bahan
ajar,
4.
Internet,
5.
Sumber
lain yang relevan
H.
Langkah-langkahPembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 (2 x 40 menit )
|
Waktu
|
v
Pendahuluan/Kegiatan
Awal
Guru :
o
Orientasi
·
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
·
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
o
Apersepsi
·
Mengaitkan
materi pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta
didik dengan tema sebelumnya.
·
Mengingatkan
kembali materi prasyaratdengan
bertanya.
·
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
o
Motivasi
·
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
·
Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang,
Ø
Menentukan Ciri
Isi dan Tujuan Teks Deskripsi
§
Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaranpada
pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan
pertanyaan.
o
Pemberian Acuan;
·
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan
tentang standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian
kelompok belajar
·
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
|
10
menit
|
v Kegiatan
Inti
Pesertadidik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
o Melihat (tanpa atau dengan alat)
o Mengamati
Ø
Peserta didik diminta Mengamati Teks Deskripsi
Tema 1 Tentang Parang Tritis nan Indah:
Ø
Peserta didik diminta Mengamati Teks Deskripsi
Tema 2 Tentang Ayah, Panutanku
Ø
Peserta didik diminta Mengamati Teks Deskripsi
Tema 3 Tentang Ibu, Inspirasiku
Ø
Peserta didik diminta Mengamati Teks Deskripsi
Tema 4 Sibagas, Kelinciku
Ø
Peserta didik diminta mengamatitentang model- model teks deskripsi.
o Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan
pembelajaran berlangsung), :peserta didik diminta untuk membaca materi tentang
Ø
Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
o Mendengar
Peserta didik diminta mendenganrkan penjelasan
materi yang disampaikan oleh guru tentang
Ø
Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
o Menyimak
Penjelasan pengantar yang di sampaikan oleh guru
secara global tentang
Ø
Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
|
Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang :Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan,
dan Isi Teks Deskripsiyang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
Ø
Apa ciri teks deskripsi dari segi tujuan dan
objek yangdideskripsikan?
|
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
o
Menggunakan alat dan bahan (eksperiment),
o
Mengamati obyek/kejadian,
o
Mendemontrasikan tentang
o
Memperagakan
o
Mengumpulkan informasi :
Ø
Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang
Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
o
Mencari informasi
tentang :
Ø
Peserta didik diminta mencari data Informasi tentang Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
o Aktivitas:
Ø Peserta
didik diminta membuat daftar hal yang dideskripsikan dari keempat teks,
Judul Parang tritis nan Indah, Ayah Panutanku, Ibu Inspirasiku, Sibagas
Kelinci kecilku Pada halaman 3 s-d 5
o
Wawancara dengan nara sumber
o
Membaca sumber lain selain buku teks,
o
Membaca :
Ø
Peserta didik diminta membaca materi
tentang Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
Ø
Peserta didik diminta membaca tentang Parang
tritis nan Indah
Ø
Peserta didik diminta membaca tentang Ayah,
Panutanku
Ø
Peserta didik diminta membaca tentang Ibu,
Inspirasiku
Ø
Peserta didik diminta membaca
tentang Sibagas, Kelinciku
o Mendiskusikan
Ø
Pesertadidik diminta mendiskusikan dalam
kelompok: Tentang ciri teks deskripsi dari segi isi dan tujuan teks
deskripsi!
Ø
Peserta didik diminta mendiskusikan dalam
kelompok:Tentang ciri objek yang dideskripsikan
Ø
Peserta didik diminta mendiskusikan dalam
kelompok:Tentang tujuan menciptakan teks deskripsi
Ø
Peserta didik diminta mendiskusikan dalam
kelompok: Tentang ciri isi teks deskripsi
o
Mengulang
o
Mempresentasikan ulang
o
Saling tukar informasi tentang: Mengidentifikasi Ciri Objek,
Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik
dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baruyang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengasosiasikan
o
Berdiskusi tentang datayang
sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
o
Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya
mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi
yang sedang berlangsung.
o
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan: Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan,
dan Isi Teks Deskripsi
|
Mengkomunikasikan
o
Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
o
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas tentang : Mengidentifikasi Ciri Objek,
Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
o
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
o
Bertanya atas presentasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
o
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupalaporan tertulis tentangMengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
o
Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
o
Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
o
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap:
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
60
menit
|
v Penutup
Pesertadidik :
o Membuat resume
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
o Mengagendakan
pekerjaan rumah.
o Mengagendakan
materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah
atau dirumah.
Ø Peserta didik diminta membaca buku
yang berkaitan denganobjek-objek di Nusantara baik mengenai wisata,
kuliner, situs sejarah, museum,taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan
siswa dituangkan pada jurnal harianberikut. Sikap yang ditekankan adalah
minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab,dan kejujuran dalam melakukan
tugas.
Guru :
o Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesa ilangsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan soal dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
o Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
|
|
10
menit
|
2. Pertemuan Ke-2 (2 x 40 menit )
|
Waktu
|
v
Pendahuluan/Kegiatan
Awal
Guru :
o
Orientasi
·
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
·
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
o
Apersepsi
·
Mengaitkan
materi pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta
didik dengan tema sebelumnya.yaitu
Ø
Menentukan Ciri
Isi dan Tujuan Teks Deskripsi
§
Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
·
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan
bertanya.
·
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
o
Motivasi
·
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
·
Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang,
Ø
Menentukan Ciri
Isi dan Tujuan Teks Deskripsi
§
Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
§
Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks
Deskripsi
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaranpada
pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan
pertanyaan.
o
Pemberian Acuan;
·
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan
tentang standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian
kelompok belajar
·
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
|
10
menit
|
v Kegiatan
Inti
Pesertadidik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
o Melihat (tanpa atau dengan alat)
o Mengamati
Ø
Peserta didik diminta untuk mengamati
tentang Kalimat Berisi Penjelasan Terperinci untuk Mengongkritkan
Ø
Peserta didik diminta untuk mengamati tentang
Menggunakan Pilihan Kata dengan Emosi Kuat
Ø
Peserta didik diminta untuk
mengamati tentang Mengidentifikasi Majas
o Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan
pembelajaran berlangsung), :peserta didik diminta untuk membaca materi tentang
Ø
Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø
Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks
Deskripsi
o Mendengar
Peserta didik diminta mendengarkan penjelasan
materi yang disampaikan oleh guru tentang
Ø
Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø
Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada
Teks Deskripsi
o Menyimak
Penjelasan pengantar yang di sampaikan oleh guru
secara global tentang
Ø
Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø
Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada
Teks Deskripsi
|
Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang
:Mengidentifikasi Jenis Teks
Deskripsi dan Mendaftar Ciri Penggunaan
Bahasa pada Teks Deskripsi yang tidak dipahami dari apa
yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang
apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
Ø
Sebutkan ciri-ciri Teks deskripsi dari
segi penggunaan bahasa?
|
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
o
Menggunakan alat dan bahan (eksperiment),
o
Mengamati obyek/kejadian,
o
Mendemontrasikan tentang
o
Memperagakan
o
Mengumpulkan informasi :
Ø
Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi
tentang Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø
Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi
tentang Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks
Deskripsi
o
Mencari informasi
tentang :
Ø
Peserta didik diminta mencari data Informasi
tentang Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø
Peserta didik diminta mencari data Informasi
tentang Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks
Deskripsi
o Aktivitas:
Ø Peserta
didik diminta membuat daftar kalimat perincian yang menjelaskan kalimat
lain yang lebih umum,
Ø Peserta
didik diminta membuat daftar semua kalimat yang membuat kamu seakan
melihat, mendengar, dan merasakan objek yang dideskripsikan
o
Wawancara dengan nara sumber
o
Membaca sumber lain selain buku teks,
o
Membaca :
Ø
Peserta didik diminta untuk membaca tentang Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø
Peserta
didik diminta untuk membaca tentang Mendaftar Ciri Penggunaan
Bahasa pada Teks Deskripsi
o Mendiskusikan
Ø Peserta
didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang jenis teks deskripsi
ditinjau dari bentuknya
Ø Peserta
didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang tulis dengan bahasamu
sendiri jenis teks deskripsi ditinjau dari kemandiriannya sebagai sebuah
jenis teks
Ø Peserta
didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang Ciri penggunaan kata
pada teks deskripsi
Ø Peserta
didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang Ciri Penggunaan Kalimat
pada teks deskripsi
o
Mengulang
o
Mempresentasikan ulang
o
Saling tukar informasi tentang: Mengidentifikasi Jenis Teks
Deskripsi dan Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks
Deskripsi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik
dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baruyang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi,
menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang
dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengasosiasikan
o
Berdiskusi tentang datayang
sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
o
Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya
mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi
yang sedang berlangsung.
o
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan: Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi dan Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
|
Mengkomunikasikan
o
Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
o
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas tentang : Mengidentifikasi Jenis Teks
Deskripsi dan Mendaftar Ciri Penggunaan
Bahasa pada Teks Deskripsi Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
o
Bertanya atas presentasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
o
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupalaporan tertulis tentangMengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi dan Mendaftar Ciri Penggunaan
Bahasa pada Teks Deskripsi Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
o
Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
o
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
60
menit
|
v Penutup
Pesertadidik :
o Membuat resume
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
o Mengagendakan
pekerjaan rumah.
o Mengagendakan
materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah
atau dirumah.
Ø Peserta didik diminta membaca buku
yang berkaitan denganobjek-objek di Nusantara baik mengenai wisata,
kuliner, situs sejarah, museum,taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan
siswa dituangkan pada jurnal harianberikut. Sikap yang ditekankan adalah
minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab,dan kejujuran dalam melakukan
tugas.
Guru :
o Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesa ilangsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan soal dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
o Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
|
|
10
menit
|
3. Pertemuan Ke-3 (2 x 40 menit )
|
Waktu
|
v
Pendahuluan/Kegiatan
Awal
Guru :
o
Orientasi
·
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
·
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
o
Apersepsi
·
Mengaitkan
materi pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta
didik dengan tema sebelumnya.yaitu
Ø
Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi
§
Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
·
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan
bertanya.
·
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
o
Motivasi
·
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
·
Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang,
Ø Menentukan
Isi Teks Deskripsi
Ø Menentukan
Perincian Informasi pada Teks Deskripsi
Ø Membandingkan
Isi Teks 1 dan Teks 2
v
Menyampaikan
tujuan pembelajaranpada
pertemuan yang berlangsungMengajukan pertanyaan.
o
Pemberian Acuan;
·
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan
tentang standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian
kelompok belajar
·
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
|
10
menit
|
v Kegiatan
Inti
Pesertadidik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
o Melihat (tanpa atau dengan alat)
o Mengamati
Ø Peserta
didik diminta untuk mengamati tentang Teks 1 tentang Pesona Pantai Senggigi
Ø Peserta
didik diminta untuk mengamati tentang Teks 2 tentang Gebyar Pementasan Tari
Kolosal Ariah
o Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan
pembelajaran berlangsung), :peserta didik diminta untuk membaca materi tentang
Ø Menentukan
Isi Teks Deskripsi
Ø Menentukan
Perincian Informasi pada Teks Deskripsi
Ø Membandingkan
Isi Teks 1 dan Teks 2
o Mendengar
Peserta didik diminta mendengarkan penjelasan
materi yang disampaikan oleh guru tentang
Ø Menentukan
Isi Teks Deskripsi
Ø Menentukan
Perincian Informasi pada Teks Deskripsi
Ø Membandingkan Isi Teks 1 dan Teks 2
o Menyimak
Penjelasan pengantar yang di sampaikan oleh guru
secara global tentang
Ø Menentukan
Isi Teks Deskripsi
Ø Menentukan
Perincian Informasi pada Teks Deskripsi
Ø Membandingkan
Isi Teks 1 dan Teks 2
|
Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang
:Menentukan Isi Teks Deskripsi, Menentukan Perincian
Informasi pada Teks Deskripsi dan Membandingkan Isi
Teks 1 dan Teks 2yang tidak dipahami dari apa
yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang
apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
Ø
Apa tujuan penulis menampilkan teks tersebut?
|
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
o
Menggunakan alat dan bahan (eksperiment),
o
Mengamati obyek/kejadian,
o
Mendemontrasikan tentang
o
Memperagakan
o
Mengumpulkan informasi :
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi
tentang Menentukan Isi Teks Deskripsi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi
tentang menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi
tentang Membandingkan Isi Teks 1 dan
Teks 2
o
Mencari informasi
tentang :
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi
tentang Menentukan Isi Teks Deskripsi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi
tentang menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi tentang Membandingkan Isi Teks 1 dan
Teks 2
o Aktivitas:
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan Perbedaan Teks
1 dan Teks 2pada buku siswa pada
halaman 17
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan Persamaan Teks
1 dan Teks 2 pada buku sisw pada halaman 17
o
Wawancara dengan nara sumber
o
Membaca sumber lain selain buku teks,
o
Membaca :
Ø Peserta didik diminta untuk membaca Teks 1 tentang
Pesona Pantai Senggigi
Ø Peserta didik diminta untuk membaca Teks 2 tentang
Gebyar Pementasan Tari Kolosal Ariah
o Mendiskusikan
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan dalam
kelompok: Tentang Persamaan Teks 1 dan Teks 2
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan dalam
kelompok: Tentang Perbedaan Teks 1 dan Teks 2
o
Mengulang
o
Mempresentasikan ulang
o
Saling tukar informasi tentang:Menentukan Isi Teks Deskripsi, Menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi dan Membandingkan Isi Teks 1 dan
Teks 2dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengasosiasikan
o
Berdiskusi tentang datayang
sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
o
Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya
mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi
yang sedang berlangsung.
o
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan: Menentukan Isi Teks Deskripsi, Menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi dan Membandingkan Isi Teks 1 dan
Teks 2
|
Mengkomunikasikan
o
Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
o
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas tentang : Menentukan Isi Teks Deskripsi, Menentukan Perincian
Informasi pada Teks Deskripsi dan Membandingkan Isi
Teks 1 dan Teks 2Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
o
Bertanya atas presentasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
o
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupalaporan tertulis tentangMenentukan Isi Teks Deskripsi, Menentukan Perincian
Informasi pada Teks Deskripsi dan Membandingkan Isi
Teks 1 dan Teks 2Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
o
Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
o
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
60
menit
|
v Penutup
Pesertadidik :
o Membuat resume
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
o Mengagendakan
pekerjaan rumah.
o Mengagendakan
materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah
atau dirumah.
Ø Peserta didik diminta membaca buku
yang berkaitan denganobjek-objek di Nusantara baik mengenai wisata,
kuliner, situs sejarah, museum,taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan
siswa dituangkan pada jurnal harianberikut. Sikap yang ditekankan adalah
minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab,dan kejujuran dalam melakukan
tugas.
Guru :
o Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesa ilangsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan soal dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
o Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
|
|
10
menit
|
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
a. Sikap (Spiritualdan
Sosial)
1) Observasi (jurnal)
2) Penilaian diri
3) Penilaian antarteman
b. Pengetahuan
1. Ter tertulis
c. Keterampilan
1) Kinerja
2.
Instrumen Penilaian
a.
Pertemuan
Pertama (Terlampir)
b.
Pertemuan
Kedua (Terlampir)
c.
Pertemuan
Ketiga (Terlampir)
3. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
1) Remidial
dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada
peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian :
remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai
Kompetensi Dasar
2) Guru
memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum
mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
© Kalimat Berisi Penjelasan Terperinci
untuk Mengonkretkan
© Menggunakan Pilihan Kata dengan
Emosi Kuat
© Mengidentifikasi Majas
b. Pengayaan
1) Pengayaan
diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran
yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau
mencapai Kompetensi Dasar.
2) Pengayaan
dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta
didik.
3) Direncanakan
berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
misalnya
© Ciri objek yang dideskripsikan
© Tujuan menciptakan teks deskripsi
© Ciri isi teks deskripsi
……………, 17 Juli 2017
Mengetahui
Kepala SMPN/S Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
0 komentar:
Post a Comment