Silabus Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia
Satuan
Pendidikan : SMP N/S
Kelas /
Semester : VII
Tahun
Pelajaran :-----------------
Kompetensi Inti
1.
Menghayati ajaran agama
yang dianutnya
2.
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
3.1 Mengidentifikasi informasi
dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas
seni daerah) yang didengar dan
dibaca.
4.1 Menentukan isi teks
deskripsi objek (tempat
wisata, tempat bersejarah, suasana
pentas seni daerah, dll) yang didengar
dan dibaca.
|
Teks deskripsi
· Pengertian
teks deskripsi
· Isi
teks deskripsi
· Ciri
umum teks deskripsi
· Struktur
teks deskripsi
· Kaidah kebahasaan
|
·
Mengamati model-model teks
deskripsi.
·
Merumuskan pengertian dan
menjelaskan isi teks deskripsi
·
Mendaftar ciri umum teks
deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.
·
Mengerjakan sejumlah kegiatan
secara berkelompok dan individual untuk menentukan isi dan ciri-cirinya
berdasarkan struktur dan kaidah-kaidahnya.
·
Mengidentifikasi model teks
observasi lainnya lainnya dari berbagai sumber untuk menentukan isi dan
ciri-cirinya.
|
18 JP
|
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
· Modul/bahan ajar,
· Internet,
·
Sumber lain yang relevan
|
·
Tes Tertulis
·
Tes Lisan
·
Proyek, pengamatan, wawancara
·
Portofolio / unjuk kerja
·
Produk
|
3.2
Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,
tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
4.2 Menyajikan
data, gagasan, kesan dalam bentuk teks
deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas
seni daerah) secara tulis dan lisan
dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan dan tulis
|
·
Struktur
teks deskripsi dan
contoh-contoh telaahannya.
·
Kaidah-kaidah
kebahasaan teks eksposisi dan contoh-contoh telaahannya.
·
Prosedur/
langkah menulis teks deskripsi.
·
Teknik
penyuntingan teks deskripsi.
|
·
Mengamati
model struktur dan kaidah-kaidah teks deskripsi.
·
Membaca
teks deskripsi untuk ditelaah struktur dan kaidah-kaidah kebahasaannya.
·
Menyajikan
teks deskripsi berdasarkan hasil pengamatan terhadap sebuah objek lingkungan.
·
Melakukan
penyuntingan terhadap teks deskripsi teman.
|
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
· Modul/bahan ajar,
· Internet,
·
Sumber lain yang relevan
|
·
Tes Tertulis
·
Tes Lisan
·
Proyek, pengamatan, wawancara’
·
Portofolio / unjuk kerja
·
Produk
|
|
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar
4.3 Menceritakan
kembali isi teks narasi (cerita fantasi)
yang didengar dan dibaca
|
· Pengertian
dan contoh-contoh teks narasi (cerita fantasi)
· Unsur-unsur
teks cerita narasi.
·
Struktur
teks narasi.
·
Kaidah
kebahasaan teks narasi.
·
Kalimat
langsung dan kalimat tidak langsung
·
Penceritaan kembali isi teks narasi
|
·
Mengamati
model-model teks narasi.
·
Mendaftar
isi, kata ganti, konjungsi (kemudian,
seketika, tiba-tiba, sementara itu), kalimat yang menunjukkan rincian latar,
watak, peristiwa, kalimat langsung dan tidak langsung pada teks cerita
fantasi
·
Mendiskusikan
ciri umum teks cerita fantasi, tujuan komunikasi cerita fantasi, struktur
teks cerita fantasi
·
Menyampaikan
secara lisan hasil diskusi ciri umum cerita fantasi tujuan komunikasi, dan
ragam/ jenis cerita fantasi, struktur cerita fantasi
·
Menceritakan kembali dengan cara naratif
|
18 JP
|
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
· Modul/bahan ajar,
· Internet,
·
Sumber lain yang relevan
|
·
Tes Tertulis
·
Tes Lisan
·
Proyek, pengamatan, wawancara’
·
Portofolio / unjuk kerja
·
Produk
|
3.4 Menelaah
struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar
4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi secara
lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur dan penggunaan bahasa
|
·
Struktur
teks cerita fantasi (orientasi, komplikasi, resolusi)
·
Kebahasaan
teks cerita fantasi
·
Prinsip
memvariasikan teks cerita fantasi
·
Ejaan
dan tanda baca
·
Langkah-langkah
menulis cerita fantasi
|
·
Mendata
struktur dan kebahasaan teks cerita fantasi
·
Mendiskusikan
prinsip memvariasikan cerita fantasi, penggunaan bahasa pada cerita fantasi,
penggunaan tanda baca/ ejaan
·
Mengurutkan
bagian-bagian cerita fantasi,
memvariasikan cerita fantasi (misal: mengubah narasi menjadi dialog, mengubah
alur, mengubah akhir cerita dll), melengkapi, dan menulis cerita fantasi
sesuai dengan kreasi serta memperhatikan ejaan dan tanda baca
·
Mempublikasikan
karya cerita fantasi/mempresentasikan
karya
|
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
· Modul/bahan ajar,
· Internet,
·
Sumber lain yang relevan
|
·
Tes Tertulis
·
Tes Lisan
·
Proyek, pengamatan, wawancara’
·
Portofolio / unjuk kerja
·
Produk
|
|
3.5 Mengidentifikasi
teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu
dan cara membuat (cara
memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah,
dll.) dari berbagai sumber yang dibaca
dan didengar
4.5 Menyimpulkan isi teks
prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/ tarian daerah, cara
membuat kuliner khas daerah dll.) dari
berbagai sumber yang dibaca dan didengar yang dibaca dan didengar
|
Teks
prosedur
· Ciri
umum teks prosedur
· Struktur
teks:
Tujuan,
bahan, alat langkah,
·
Ciri
kebahasaan:
kalimat perintah, kalimat
saran, kata benda, kata kerja, kalimat majemuk (dengan, hingga, sampai), konjungsi
urutan (kemudian, selanjutnya, dll)
·
Simpulan
isi teks prosedur
|
·
Mendaftar
kalimat perintah, saran, larangan pada teks prosedur
·
Mendaftar
kalimat yang menunjukkan tujuan,
bahan, alat, langkah-langkah
·
Mendiskusikan
ciri umum teks prosedur, tujuan
komunikasi, struktur, ragam/ jenis
teks prosedur, kata/ kalimat yang digunakan pada teks prosedur, isi teks
prosedur
·
Menyampaikan
secara lisan hasil diskusi ciri umum teks prosedur, tujuan komunikasi, dan
ragam/ jenis teks prosedur
|
18 JP
|
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
· Modul/bahan ajar,
· Internet,
·
Sumber lain yang relevan
|
·
Tes Tertulis
·
Tes Lisan
·
Proyek, pengamatan, wawancara’
·
Portofolio / unjuk kerja
·
Produk
|
3.6 Menelaah
struktur dan aspek kebahasaan teks
prosedur tentang cara melakukan sesuatu
dan cara membuat (cara
memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah,
membuat cindera mata, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan
didengar
4.6 Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara
memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll)
dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan
tulis
|
·
Variasi pola penyajian tujuan, bahan/ alat langkah
·
Variasi
kalimat perintah/ saran/ larangan
·
Prinsip
penyusunan kalimat perintah
·
Pilihan
kata dalam penyusunan teks prosedur
·
Prinsip
penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca dan ejaan
|
·
Mendata
jenis-jenis dan variasi pola penyajian
tujuan, bahan dan alat, langkah teks prosedur
·
Menyusun
teks prosedur dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi
• Menyunting dan memperbaiki teks prosedur
yang ditulis dari segi isi, pilihan kata/ kalimat/ paragraf dan penggunaan
tanda baca/ ejaan
• Memublikasikan teks prosedur yang dibuat
|
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
· Modul/bahan ajar,
· Internet,
·
Sumber lain yang relevan
|
·
Tes Tertulis
·
Tes Lisan
·
Proyek, pengamatan, wawancara’
·
Portofolio / unjuk kerja
·
Produk
|
|
3.7 Mengidentifikasi
informasi dari teks laporan hasil
observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
4.7 Menyimpulkan
isi teks laporan hasil observasi yang
berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar
|
Teks laporan hasil observasi
·
Daftar
informasi isi teks laporan hasil observasi (LHO)
·
Penggunaan
bahasa dalam laporan hasil observasi
·
Ciri
umum laporan
|
·
Mendaftar
dan mendiskusikan informasi isi, kalimat definisi, kalimat untuk klasifikasi,
kalimat rincian dalam teks laporan
observasi.
·
Merinci
isi teks LHO (bagian definisi/
klasifikasi, deskripsi bagian, penegasan)
·
Menyajikan
hasil diskusi tentang isi bagian dan gagasan pokok yang ditemukan pada teks
LHO
·
Menyimpulkan
isi teks laporan hasil observasi
|
24 JP
|
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
· Modul/bahan ajar,
· Internet,
·
Sumber lain yang relevan
|
·
Tes Tertulis
·
Tes Lisan
·
Proyek, pengamatan, wawancara’
·
Portofolio / unjuk kerja
·
Produk
|
3.8 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan
yang dibaca atau diperdengarkan
4.8 Menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi yang
berupa buku pengetahuan secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan
|
·
Struktur
teks LHO
·
Variasi pola penyajian teks LHO
·
Variasi
kalimat definisi, variasi pola
penyajian teks LHO
|
·
Mendiskusikan
struktur, kebahasaan, da nisi teks LHO
·
Mendata
jenis-jenis dan variasi pola penyajian
definisi, klasifikasi, deskripsi bagian
·
Merangkum
teks LHO
·
Mempresentasikan
teks LHO yang ditulis
|
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
· Modul/bahan ajar,
· Internet,
·
Sumber lain yang relevan
|
·
Tes Tertulis
·
Tes Lisan
·
Proyek, pengamatan, wawancara’
·
Portofolio / unjuk kerja
·
Produk
|
0 komentar:
Post a Comment