RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : ……………….....
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX
/ Ganjil
Materi Pokok : Melaporkan Percobaan
Alokasi Waktu : 4 Minggu x 6 Jam Pelajaran
A. Kompetensi Inti
·
KI1 dan KI2 : Menghargai
dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya
diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan
kawasan regional.
·
KI3 : Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
·
KI4 : Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah
abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.9 Mengidentifikasi informasi dari laporan
percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat
berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
|
·
Menjelaskan isi
informasi laporan percobaan
·
Mengidentifikasi ragam
model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
·
Mengidentifikasi prinsip
penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
·
Mengidentifikasi isi informasi tentang struktur dan ciri
kebahasaan teks laporan
|
4.9 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat,
langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
|
·
Menyimpulkan ragam
model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
·
Menyimpulkan
prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
·
Menyampaikan
isi informasi tentang struktur dan
ciri kebahasaan teks laporan
|
3.10 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks
laporan percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk
mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
|
·
Mengidentifikasi struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
·
Mengidentifikasi komponen
teks laporan (pernyataan umum/klasifikasi)
·
Memahami struktur
teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan
·
Menganalisis
kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat
|
4.10 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah,
dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan
kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan
|
·
Menerapkan
pemahaman struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan
percobaan
·
Menyajikan
kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Menjelaskan tujuan
dan fungsi teks laporan percobaan
·
Mengidentifikasi
ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan
pendeskripsian)
·
Mengidentifikasi
prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
·
Mengidentifikasi
isi informasi tentang struktur dan ciri
kebahasaan teks laporan
·
Menyimpulkan ragam
model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
·
Menyimpulkan prinsip
penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
·
Menyampaikan isi informasi tentang struktur dan ciri
kebahasaan teks laporan
·
Mengidentifikasi
struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
·
Mengidentifikasi
komponen teks laporan (pernyataan umum/klasifikasi)
·
Memahami struktur
teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan
·
Menganalisis
kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat
·
Menerapkan pemahaman
struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan
·
Menyajikan kompetensi
teks laporan percobaan secara jujur dan cermat
D. Materi Pembelajaran
·
Fungsi teks laporan
·
Pengertian teks
laporan
·
Model teks laporan
(pengamatan, percobaan/ eksperimen)
·
Simpulan tujuan,
bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau
dibaca
·
Struktur teks
laporan.
·
Ciri-ciri kebahasaan
teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan
unsur serapan.
·
Model teks laporan
percobaan.
E. Metode Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Discovery Learning
Metode : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan
bermain peran
F. Media Pembelajaran
Media :
·
Worksheet atau lembar
kerja (siswa)
·
Lembar penilaian
·
LCD Proyektor
Alat/Bahan :
·
Penggaris, spidol,
papan tulis
·
Laptop & infocus
G. Sumber Belajar
·
Buku Bahasa Indonesia
Siswa Kelas IX, Kemendikbud, Tahun 2018
·
Buku refensi yang
relevan,
·
Lingkungan setempat
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
|
Minggu
Ke-1 (6 x 40 Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru
:
|
|||
Orientasi
|
|||
·
Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin
·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
|
|||
Apersepsi
|
|||
·
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
·
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
|||
Motivasi
|
|||
·
Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
·
Apabila materitema/projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang materi :
·
Pengertian dan fungsi teks laporan
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan pertanyaan
|
|||
Pemberian
Acuan
|
|||
·
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
|||
Kegiatan Inti ( 180 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Pengertian dan fungsi teks laporan dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar
kerja materi Pengertian dan fungsi teks laporan
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Pengertian dan fungsi teks laporan untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Pengertian dan fungsi teks laporan
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Pengertian dan fungsi teks
laporan
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian
materi Pengertian dan fungsi teks laporan oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
|
||
|
Pengertian
dan fungsi teks laporan
|
||
|
|
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan
pertanyaan tentang materi :
|
||
|
Pengertian
dan fungsi teks laporan
|
||
|
|
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Pengertian dan fungsi teks laporan yang sedang
dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan
mencoba menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca
sumber lain selain buku teks
|
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Pengertian dan fungsi teks laporan yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Pengertian dan fungsi teks laporan yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Pengertian dan fungsi teks laporan yang
telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA)
|
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Pengertian dan fungsi teks laporan
|
||
→
|
Mengumpulkan
informasi
|
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Pengertian dan fungsi teks laporan yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan
ulang
|
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Pengertian dan fungsi teks laporan sesuai dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling
tukar informasi tentang materi :
|
||
|
Pengertian
dan fungsi teks laporan
|
||
|
|
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
:
|
|||
→
|
Berdiskusi
tentang data dari Materi :
|
||
|
Pengertian
dan fungsi teks laporan
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah
informasi dari materi Pengertian dan fungsi teks laporan yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pengertian dan fungsi teks
laporan
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
Pengertian
dan fungsi teks laporan
|
||
|
|
||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi
Pengertian dan fungsi teks laporan berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
|
Pengertian
dan fungsi teks laporan
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Pengertian dan fungsi teks laporan dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya
atas presentasi tentang materi
Pengertian dan fungsi teks laporan yang dilakukan dan peserta didik
lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
||
|
Pengertian
dan fungsi teks laporan
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab
pertanyaan tentang materi Pengertian
dan fungsi teks laporan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Pengertian dan fungsi teks laporan yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Pengertian
dan fungsi teks laporan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan
: Selama pembelajaran Pengertian dan
fungsi teks laporan berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta
didik :
|
|||
●
|
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Pengertian dan fungsi teks laporan yang
baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Pengertian dan fungsi teks laporan yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru
:
|
|||
●
|
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Pengertian dan fungsi teks
laporan
|
||
●
|
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Pengertian dan fungsi teks laporan kepada kelompok yang memiliki
kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
2.
|
Minggu
Ke-2 (6 x 40 Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru
:
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
|
Model
teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
||
Pemberian
Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 180 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen) dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar
kerja materi Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Model teks laporan
(pengamatan, percobaan/ eksperimen)
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian
materi Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen) oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
|
||
|
Model
teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
|
||
|
|
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan
pertanyaan tentang materi :
|
||
|
Model
teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
|
||
|
|
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang
disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca
sumber lain selain buku teks
|
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen) yang
sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen) yang sedang
dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Model teks laporan (pengamatan,
percobaan/ eksperimen) yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada
guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA)
|
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
|
||
→
|
Mengumpulkan
informasi
|
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Model teks laporan (pengamatan, percobaan/
eksperimen) yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi
dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan
ulang
|
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen) sesuai
dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling
tukar informasi tentang materi :
|
||
|
Model
teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
|
||
|
|
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
:
|
|||
→
|
Berdiskusi
tentang data dari Materi :
|
||
|
Model
teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah
informasi dari materi Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Model teks laporan
(pengamatan, percobaan/ eksperimen)
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
Model
teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
|
||
|
|
||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Model
teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen) berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
|
Model
teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Model teks laporan (pengamatan, percobaan/
eksperimen) dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya
atas presentasi tentang materi Model
teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen) yang dilakukan dan peserta
didik lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
||
|
Model
teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab
pertanyaan tentang materi Model teks
laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen) yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen) yang akan
selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Model teks
laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen) yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu
untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan
: Selama pembelajaran Model teks
laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen) berlangsung, guru mengamati sikap
siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta
didik :
|
|||
●
|
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Model teks laporan (pengamatan, percobaan/
eksperimen) yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen) yang baru
diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru
:
|
|||
●
|
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Model teks laporan
(pengamatan, percobaan/ eksperimen)
|
||
●
|
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen) kepada kelompok
yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
3.
|
Minggu
Ke-3 (6 x 40 Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru
:
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
|
Simpulan
tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar
dan/ atau dibaca
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
||
Pemberian
Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 180 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan
percobaan yang didengar dan/ atau dibaca dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar
kerja materi Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan
percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam
laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam
laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Simpulan tujuan, bahan/alat,
langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian
materi Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan
percobaan yang didengar dan/ atau dibaca oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
|
||
|
Simpulan
tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar
dan/ atau dibaca
|
||
|
|
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan
pertanyaan tentang materi :
|
||
|
Simpulan
tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar
dan/ atau dibaca
|
||
|
|
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam
laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca
sumber lain selain buku teks
|
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan
percobaan yang didengar dan/ atau dibaca yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang
didengar dan/ atau dibaca yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan
hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca yang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA)
|
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan
percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
|
||
→
|
Mengumpulkan
informasi
|
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan
hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan
ulang
|
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan
percobaan yang didengar dan/ atau dibaca sesuai dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling
tukar informasi tentang materi :
|
||
|
Simpulan
tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar
dan/ atau dibaca
|
||
|
|
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
:
|
|||
→
|
Berdiskusi
tentang data dari Materi :
|
||
|
Simpulan
tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar
dan/ atau dibaca
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah
informasi dari materi Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam
laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Simpulan tujuan, bahan/alat,
langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
Simpulan
tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar
dan/ atau dibaca
|
||
|
|
||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Simpulan
tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar
dan/ atau dibaca berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
|
Simpulan
tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar
dan/ atau dibaca
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan
hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca dan ditanggapi
oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya
atas presentasi tentang materi
Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan
percobaan yang didengar dan/ atau dibaca yang dilakukan dan peserta didik
lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
||
|
Simpulan
tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar
dan/ atau dibaca
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab
pertanyaan tentang materi Simpulan
tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar
dan/ atau dibaca yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan
percobaan yang didengar dan/ atau dibaca yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Simpulan
tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar
dan/ atau dibaca yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan
: Selama pembelajaran Simpulan tujuan,
bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/
atau dibaca berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta
didik :
|
|||
●
|
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan
hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan
percobaan yang didengar dan/ atau dibaca yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru
:
|
|||
●
|
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Simpulan tujuan, bahan/alat,
langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
|
||
●
|
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan
hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca kepada kelompok
yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
4.
|
Minggu
Ke-4 (6 x 40 Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru
:
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
|
Struktur
teks laporan
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
||
Pemberian
Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 180 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Struktur teks laporan dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar
kerja materi Struktur teks laporan
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Struktur teks laporan untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Struktur teks laporan
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Struktur teks laporan
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian
materi Struktur teks laporan oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
|
||
|
Struktur
teks laporan
|
||
|
|
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan
pertanyaan tentang materi :
|
||
|
Struktur
teks laporan
|
||
|
|
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Struktur teks laporan yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca
sumber lain selain buku teks
|
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Struktur teks laporan yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Struktur teks laporan yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Struktur teks laporan yang telah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA)
|
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Struktur teks laporan
|
||
→
|
Mengumpulkan
informasi
|
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Struktur teks laporan yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan
ulang
|
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Struktur teks laporan sesuai dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling
tukar informasi tentang materi :
|
||
|
Struktur
teks laporan
|
||
|
|
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
:
|
|||
→
|
Berdiskusi
tentang data dari Materi :
|
||
|
Struktur
teks laporan
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah
informasi dari materi Struktur teks laporan yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Struktur teks laporan
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
Struktur
teks laporan
|
||
|
|
||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Struktur
teks laporan berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
|
Struktur
teks laporan
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Struktur teks laporan dan ditanggapi oleh
kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya
atas presentasi tentang materi
Struktur teks laporan yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
||
|
Struktur
teks laporan
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab
pertanyaan tentang materi Struktur
teks laporan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Struktur teks laporan yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Struktur
teks laporan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa
terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan
: Selama pembelajaran Struktur teks
laporan berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta
didik :
|
|||
●
|
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Struktur teks laporan yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Struktur teks laporan yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru
:
|
|||
●
|
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Struktur teks laporan
|
||
●
|
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Struktur teks laporan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
|
||
5.
|
Minggu
Ke-5 (6 x 40 Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru
:
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
|
Ciri-ciri
kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang
ilmu; penulisan unsur serapan
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
||
Pemberian
Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 180 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata
teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar
kerja materi Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas,
kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata
tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata
tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Ciri-ciri kebahasaan teks
laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan
unsur serapan
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian
materi Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata
teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
|
||
|
Ciri-ciri
kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang
ilmu; penulisan unsur serapan
|
||
|
|
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan
pertanyaan tentang materi :
|
||
|
Ciri-ciri
kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang
ilmu; penulisan unsur serapan
|
||
|
|
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata
tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan yang sedang
dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan
mencoba menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca
sumber lain selain buku teks
|
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas,
kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis
bidang ilmu; penulisan unsur serapan yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Ciri-ciri kebahasaan teks laporan:
Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur
serapan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA)
|
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata
teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan
|
||
→
|
Mengumpulkan
informasi
|
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat
aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan yang
telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan
ulang
|
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas,
kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan sesuai dengan
pemahamannya.
|
||
→
|
Saling
tukar informasi tentang materi :
|
||
|
Ciri-ciri
kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang
ilmu; penulisan unsur serapan
|
||
|
|
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian,
dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
:
|
|||
→
|
Berdiskusi
tentang data dari Materi :
|
||
|
Ciri-ciri
kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang
ilmu; penulisan unsur serapan
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah
informasi dari materi Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata
tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Ciri-ciri kebahasaan teks
laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan
unsur serapan
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
Ciri-ciri
kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang
ilmu; penulisan unsur serapan
|
||
|
|
||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Ciri-ciri
kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang
ilmu; penulisan unsur serapan berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
|
Ciri-ciri
kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang
ilmu; penulisan unsur serapan
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat
aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya
atas presentasi tentang materi
Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata
teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan yang dilakukan dan peserta didik
lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
||
|
Ciri-ciri
kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang
ilmu; penulisan unsur serapan
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab
pertanyaan tentang materi Ciri-ciri
kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang
ilmu; penulisan unsur serapan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata
teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Ciri-ciri
kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang
ilmu; penulisan unsur serapan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan
: Selama pembelajaran Ciri-ciri
kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang
ilmu; penulisan unsur serapan berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta
didik :
|
|||
●
|
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat
aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan yang
baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata
teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru
:
|
|||
●
|
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Ciri-ciri kebahasaan teks
laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan
unsur serapan
|
||
●
|
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata
teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan kepada kelompok yang memiliki
kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
6.
|
Minggu
Ke-6 (6 x 40 Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru
:
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
|
Model
teks laporan percobaan
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
||
Pemberian
Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 180 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Model teks laporan percobaan dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar
kerja materi Model teks laporan percobaan
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Model teks laporan percobaan untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Model teks laporan percobaan
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Model teks laporan percobaan
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian
materi Model teks laporan percobaan oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
|
||
|
Model
teks laporan percobaan
|
||
|
|
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan
pertanyaan tentang materi :
|
||
|
Model
teks laporan percobaan
|
||
|
|
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Model teks laporan percobaan yang sedang dipelajari
dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca
sumber lain selain buku teks
|
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Model teks laporan percobaan yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Model teks laporan percobaan yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Model teks laporan percobaan yang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA)
|
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Model teks laporan percobaan
|
||
→
|
Mengumpulkan
informasi
|
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Model teks laporan percobaan yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan
ulang
|
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Model teks laporan percobaan sesuai dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling
tukar informasi tentang materi :
|
||
|
Model
teks laporan percobaan
|
||
|
|
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
:
|
|||
→
|
Berdiskusi
tentang data dari Materi :
|
||
|
Model
teks laporan percobaan
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah
informasi dari materi Model teks laporan percobaan yang sudah dikumpulkan
dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Model teks laporan percobaan
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
Model
teks laporan percobaan
|
||
|
|
||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Model
teks laporan percobaan berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara
lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
|
Model
teks laporan percobaan
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Model teks laporan percobaan dan ditanggapi
oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya
atas presentasi tentang materi Model
teks laporan percobaan yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
||
|
Model
teks laporan percobaan
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab
pertanyaan tentang materi Model teks
laporan percobaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Model teks laporan percobaan yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Model teks
laporan percobaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan
: Selama pembelajaran Model teks
laporan percobaan berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran
yang meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta
didik :
|
|||
●
|
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Model teks laporan percobaan yang baru
dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Model teks laporan percobaan yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru
:
|
|||
●
|
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Model teks laporan percobaan
|
||
●
|
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Model teks laporan percobaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
|
s
Tabel
Penilaian Aspek Pengetahuan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor 1-5
|
Skor 1-4
|
|
1
|
Tujuan
Komunikatif
|
Sangat memahami
|
5
|
4
|
|
Memahami
|
4
|
3
|
|||
Cukup memahami
|
3
|
2
|
|||
Kurang memahami
|
Hampir tidak
memahami
|
2
|
1
|
||
Tidak memahami
|
1
|
|
|||
2
|
Keruntutan
Teks
|
Struktur teks yang digunakan sangat
runtut
|
5
|
4
|
|
Struktur teks yang
digunakan runtut
|
4
|
3
|
|||
Struktur teks yang
digunakan cukup runtut
|
3
|
2
|
|||
Struktur teks yang
digunakan kurang
runtut
|
Struktur teks yang
digunakan hampir
tidak runtut
|
2
|
1
|
||
Struktur teks yang
digunakan tidak
runtut
|
1
|
|
|||
3
|
Pilihan
Kosakata
|
Sangat variatif dan
tepat
|
5
|
4
|
|
Variatif dan tepat
|
4
|
3
|
|||
Cukup variatif dan
tepat
|
3
|
2
|
|||
Kurang variatif dan
tepat
|
Hampir tidak
variatif dan tepat
|
2
|
1
|
||
Tidak variatif dan
tepat
|
1
|
|
|||
4
|
Pilihan Tata
Bahasa
|
Pilihan tata bahasa
sangat tepat
|
5
|
4
|
|
Pilihan tata bahasa
tepat
|
4
|
3
|
|||
Pilihan tata bahasa
cukup tepat
|
3
|
2
|
|||
Pilihan tata bahasa
kurang tepat
|
Pilihan tata bahasa
hampir tidak tepat
|
2
|
1
|
||
Pilihan tata bahasa
tidak tepat
|
1
|
|
3.
Penilaian
Keterampilan
a. Penilaian Presentasi/Monolog
Nama
peserta didik: ________ Kelas:
_____
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Baik
|
Kurang baik
|
1.
|
Organisasi
presentasi (pengantar, isi, kesimpulan)
|
|
|
2.
|
Isi
presentasi (kedalaman, logika)
|
|
|
3.
|
Koherensi
dan kelancaran berbahasa
|
|
|
4.
|
Bahasa:
|
|
|
|
Ucapan
|
|
|
|
Tata
bahasa
|
|
|
|
Perbendaharaan
kata
|
|
|
5.
|
Penyajian
(tatapan, ekspresi wajah, bahasa tubuh)
|
|
|
Skor yang dicapai
|
|
|
|
Skor maksimum
|
10
|
Keterangan:
Baik mendapat skor 2
Kurang baik mendapat
skor 1
b. Rubrik untuk Penilaian Unjuk Kerja
AKTIVITAS
|
KRITERIA
|
||
TERBATAS
|
MEMUASKAN
|
MAHIR
|
|
Melakukan Observasi
|
Tidak
jelas pelaksanaannya
|
Beberapa
kegiatan jelas dan terperinci
|
Semua
kegiatan jelas dan terperinci
|
Role Play
|
Membaca script,
kosakata terbatas, dan tidak lancar
|
Lancar
dan kosakata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
|
Lancar
mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
|
Simulasi
|
Fungsi
social tidak tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan tidak tepat
|
Fungsi
social kurang tercapai, ungkapan dan unsure kebahasaan kurang tepat
|
Fungsi
social tercapai, ungkapan dan unsure kebahasaan tepat
|
Presentasi
|
Tidak
lancar, topik kurang jelas, dan tidak menggunakan slide presentasi
|
Lancar,
topik jelas, dan menggunakan slide presentasi tetapi kurang menarik
|
Sangat
lancar, topic jelas, menggunakan slide presentasi yang menarik
|
Melakukan Monolog
|
Membaca
teks, fungsi social kurang tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan kurang
tepat, serta tidak lancar
|
Kurang
lancar, fungsi social tercapai, struktur dan unsure kebahasaan tepat dan
kalimat berkembang, serta ada transisi
|
Lancar
mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai, kalimat
berkembang, serta ada transisi
|
Keterangan:
MAHIR mendapat skor 3
MEMUASKAN mendapat skor 2
TERBATAS mendapat skor 1
c. Penilaian Portofolio
Mata Pelajaran :
Alokasi Waktu :
Sampel yang Dikumpulkan :
Nama Peserta didik : ______________ Kelas :_________
No
|
Kompetensi Dasar
|
Periode
|
Contoh aspek yang dinilai
|
Catatan pendidik
|
|||
Tata Bahasa
|
Perbendaharaan kata
|
Kelengkapan Gagasan
|
Sistematika
|
||||
1.
|
Menulis
karangan deskriptif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
||
2.
|
Membuat
Resensi Buku
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
d. Penilaian Kemampuan Menulis
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor 1-5
|
Skor 1-4
|
|
1
|
Keaslian
Penulisan
|
Sangat original
|
5
|
4
|
|
Original
|
4
|
3
|
|||
Cukup original
|
3
|
2
|
|||
Kurang memahami
|
Hampir tidak
original
|
2
|
1
|
||
Tidak original
|
1
|
|
|||
2
|
Kesesuaian
isi dengan
judul
|
Isi sangat sesuai
dengan judul
|
5
|
4
|
|
Isi sesuai dengan judul
|
4
|
3
|
|||
Isi cukup sesuai
dengan judul
|
3
|
2
|
|||
Isi kurang sesuai
dengan judul
|
Isi hampir tidak
sesuai dengan judul
|
2
|
1
|
||
Isi tidak sesuai
dengan judul
|
1
|
|
|||
3
|
Keruntutan
Teks
|
Keruntutan teks sangat
tepat
|
5
|
4
|
|
Keruntutan teks tepat
|
4
|
3
|
|||
Keruntutan teks cukup
tepat
|
3
|
2
|
|||
Keruntutan teks kurang
tepat
|
Isi hampir tidak
sesuai dengan judul
|
2
|
1
|
||
Keruntutan teks tidak
tepat
|
1
|
|
|||
4
|
Pilihan
Kosakata
|
Pilihan kosakata
sangat tepat
|
5
|
4
|
|
Pilihan kosakata tepat
|
4
|
3
|
|||
Pilihan kosakata cukup
tepat
|
3
|
2
|
|||
Pilihan kosakata
kurang tepat
|
Pilihan kosakata
hampir tidak tepat
|
2
|
1
|
||
Pilihan kosakata tidak
tepat
|
1
|
|
|||
5
|
Pilihan
tata bahasa
|
Pilihan tata bahasa
sangat tepat
|
5
|
4
|
|
Pilihan tata bahasa
tepat
|
4
|
3
|
|||
Pilihan tata bahasa
cukup tepat
|
3
|
2
|
|||
Pilihan tata bahasa kurang
tepat
|
Pilihan tata bahasa
hamper tidak tepat
|
2
|
1
|
||
Pilihan tata bahasa
tidak tepat
|
1
|
|
|||
6
|
Penulisan
Kosakata
|
Penulisan kosakata
sangat tepat
|
5
|
4
|
|
Penulisan kosakata
tepat
|
4
|
3
|
|||
Penulisan kosakata
cukup tepat
|
3
|
2
|
|||
Penulisan kosakata
kurang tepat
|
Penulisan kosakata
hampir tidak tepat
|
2
|
1
|
||
Penulisan kosakata
tidak tepat
|
1
|
|
|||
7
|
Kerapihan
Tulisan
|
Tulisan rapi dan mudah
terbaca
|
5
|
4
|
|
Tulisan tidak rapi
tetapi mudah terbaca
|
4
|
3
|
|||
Tulisan tidak rapi dan
tidak mudah terbaca
|
3
|
2
|
|||
Tulisan tidak rapi dan
sulit terbaca
|
Tulisan rapi dan
hamper tidak terbaca
|
2
|
1
|
||
Tulisan tidak rapi dan
tidak terbaca
|
1
|
|
e. Penilaian Kemampuan Berbicara (Speaking Skill)
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor 1-5
|
Skor 1-4
|
|
1
|
Pengucapan (pronounciation)
|
Hampir sempurna
|
5
|
4
|
|
Ada beberapa
kesalahan, tetapi tidak
mengganggu makna
|
4
|
3
|
|||
Ada beberapa kesalahan dan
mengganggu makna
|
3
|
2
|
|||
Banyak kesalahan
dan mengganggu
makna
|
Hampir semua
salah dan
mengganggu
makna
|
2
|
1
|
||
Terlalu banyak
kesalahan dan
mengganggu makna
|
1
|
|
|||
2
|
Intonasi (intonation)
|
Hampir sempurna
|
5
|
4
|
|
Ada beberapa
kesalahan, tetapi tidak
mengganggu makna
|
4
|
3
|
|||
Ada beberapa kesalahan dan
mengganggu makna
|
3
|
2
|
|||
Banyak kesalahan
dan mengganggu
makna
|
Hampir semua
salah dan
mengganggu
makna
|
2
|
1
|
||
Terlalu banyak
kesalahan dan
mengganggu makna
|
1
|
|
|||
3
|
Kelancaran (fluency)
|
Sangat lancar
|
5
|
4
|
|
Lancar
|
4
|
3
|
|||
Cukup lancar
|
3
|
2
|
|||
Kurang lancar
|
Sangat tidak lancar
|
2
|
1
|
||
Tidak lancar
|
1
|
|
|||
4
|
Ketepatan Makna (accuracy)
|
Sangat tepat
|
5
|
4
|
|
Tepat
|
4
|
3
|
|||
Cukup tepat
|
3
|
2
|
|||
Kurang tepat
|
Hampir tidak tepat
|
2
|
1
|
||
Tidak tepat
|
1
|
|
Skor Penilaian
No.
|
Huruf
|
Rentang angka
|
1.
|
Sangat Baik (A)
|
86-100
|
2.
|
Baik (B)
|
71-85
|
3.
|
Cukup (C)
|
56-70
|
4.
|
Kurang (D)
|
≤ 55
|
4.
Pengayaan
Bagi
peserta didik yang telah mencapai target pembelajaran sebelum waktu yang telah
dialokasikan berakhir, perlu diberikan kegiatan pengayaan.
5.
Pengayaan
Bagi
peserta didik yang belum mencapai target pembelajaran pada waktu yang telah
dialokasikan, perlu diberikan kegiatan remedial
0 komentar:
Post a Comment