Home » » Silabus dan RPP bahasa Indonesia KD 3.13 kelas VII Semester 2 Mengidentifikasi informasi puisi rakyat

Silabus dan RPP bahasa Indonesia KD 3.13 kelas VII Semester 2 Mengidentifikasi informasi puisi rakyat


SILABUS MATA PELAJARAN

Nama Sekolah                        :   SMP NEGERI 1 SODONGHILIR
Mata Pelajaran                       :   Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                   :   VII /  2
Materi Pokok                         :   Mewarisi  Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
Kompetensi Inti
K-1 ( Spiritual )
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
K-2 ( Sosial )
:

Menunjukan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
K-3 ( Pengetahuan )
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
K-4 ( Keterampilan )
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
1
2
3

4
5
6
7
3.13
















Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar








3.13.1
Menyimpulkan ciri umum puisi rakyat( pantun, syiar dan gurindam ) pada teks yang di baca atau di dengar
1.        Materi reguler
1)       Fakta:
a.     Teks puisi rakyat (pantun, syair, gurindam)
2)                              Konsep :
a.     Pengertian Puis rakyat 
b.    Mengenal dan memahami ciri umum puisi rakyat (pantun syair dan gurindam
c.     Jenis –jenis puisi rakyat  
d.    Membandingkan persamaan dan perbedaan pantun , syair dan gurindam  pada teks yang di baca atau di dengar
3)            Prinsip
Untuk dapat menangkap makna teks puisi rakyat (pantun, syair, gurindam), peserta didik harus dapat menjelaskan unsur-unsur  dalam teks puisi rakyat (pantun, syair, gurindam).
4)                          Prosedur
a.     Ciri-ciri pantun syair san gurindam
b.    Rima dalam pantun, syair dan gurindam
5)  Meta kognitif
a.     Manfaat  memahami pantun ,  syair dan gurindam
b.     Kesistimawaan pantun, syair  dan gurindam  dalam membangun karakter peserta didik
2.   Materi Remidial
1)     Ciri umum puisi rakyat pantun syair dan gurindam 
2)     Membandingkan persamaan dan perbedaan  puisi rakyat (pantun syair dan gurindam
3.   Materi Pengayaan
Menyimpulkan  isi ( nilai moral nasehat  pada pantun  syair dan gurindam







A.    Mengamati
Mengamati  tayangan video puisi rakyat (pantun  gurindam dan syair
Peserta didik diminta untuk membaca secara berantai pantun syair dan gurindam  dengan lirik yang telah ditentukan guru
B.       Menanya
Setelah mencermati  berbagi puisi rakyat(pantun gurindam dan syair  peserta didik di arahkan  untuk berfikir kritis
C.   Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi.
D.   Mengasosiasi
Peserta dididk menentukan ciri umum puisi rakyat yang telah dibaca Perserta didik  menentukan persamaan dan perbedaan pantun, syair, dan gurindam
Mendaftar kata atau kalimat yang digunakan pada puisi rakyat
 Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
E.    Mengkomunikasikan
Peserta didik membacakan hasil kerjanya dan peserta  didik  dari tiap kelompok memberikan masukan  atau komentar pertanyaan atau sanggahan pendidik memberikan penguatan

1.    Teknik Penilaian
a.Sikap
1)  Sosial
b.    Pengetahuan
1)   Tes tertulis (PG
2)  Penugasan
c.     Keterampilan
1)     Praktik





3x 40 menit
1.    Harsiati, Titik. Agus Trianto, E. Kosasih. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta:  pusat kurikulum dan pembukuan  balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.    Harsiati, Titik. Agus Trianto, E. Kosasih. 2017. Buku  Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta:  pusat kurikulum dan pembukuan  balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3.    Kosasih, E. 2018. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMP/MTs Bandung: Yrama Widya
3.13.2





Membandingkan persamaan dan perbedaan struktur pantun syair, dan gurindam pada teks yang di baca atau di dengar


3.13.3
Mendaftar kata atau kalimat yang digunakan pada puisi rakyat pada teks yang di baca/ di dengar





























3.14





Menyimpulkan isi puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis dan lisan

3.14.1
Menyimpulkan isi ( nilai moral sehat pantun yang di baca atau di dengar
A.  Mengamati
Peserta didik dalam kelompok  diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik  menunjukan  kata berima pada puisi rakyat (pantun, gurindam dan syair) serta menentukan isi dari puisi rakyat ( pantun, gurindam dan Syair).
B.    Menanya
Setelah mencermati berbagi puisi rakyat(pantun gurindam dan syair  peserta didik di arahkan  untuk berfikir kritis  Yakni bagai mana  menunjukan  kata berima pada puisi rakyat (pantun, gurindam dan syair) serta menentukan isi dari puisi rakyat ( pantun, gurindam dan Syair).
C.   Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
a)     Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu mengumpulkan informasi tentang pertanyaan –pertanyaan yang muncul yang berkaitan dengan menunjukan  kata berima pada puisi rakyat (pantun, gurindam dan syair) serta menentukan isi dari puisi rakyat ( pantun, gurindam dan Syair).
D. Mengasosiasi
a) Peserta didik  menunjukan  kata berima pada puisi rakyat (pantun, gurindam dan syair) serta menentukan isi dari puisi rakyat ( pantun, gurindam dan Syair).
b) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
E. Mengkomunikasikan
a)  Peserta didik membacakan hasil kerjanya dan peserta  didik  dari tiap kelompok memberikan masukan  atau komentar  pertanyaan atau sanggahan

















3x 40 Menit

3.14.23
Menyimpulkan isi ( nilai moral sehehat pada syair yang di baca atau di dengar
3.14. 3     Menyimpulkan isi ( nilai moral sesehat gurindam yang di baca atau di dengar

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                
                                                                      
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                                :  SMP Negeri 1 Sodonghilir
Mata Pelajaran                                    :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                                  :  VII/ II
Materi Pokok                                       : Mewarisi  Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
Alokasi Waktu                                     : 6 Jam Pelajaran @40 Menit ( 2 Pertemuan )


A.   Kompetensi Inti

K-3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
K-4
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.  Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar  Pengetahuan

Indikator Pencapaian Kompetensi Pengetahuan
3.13
Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
3.13.1

Menganalisis ciri  umum  puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks yang dibaca atau di dengar
3.13.2
Membandingkan persamaan dan perbedaan struktur pantun syair, dan gurindam pada teks yang di baca atau di dengar
3.13.3
Mendaftar kata atau kalimat yang digunakan pada puisi rakyat pada

Kompetensi Dasar Keterampilan

Indikator Pencapaian Kompetensi
Keterampilan
4.13
Menyimpulkan isi puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis dan lisan
4.13.1
Menyimpulkan  isi ( nilai moral nasehat  pada pantun 
4.13.2
Menyimpulkan  isi ( nilai moral nasehat  pada syair 
4.13.3
Menyimpulkan  isi ( nilai moral nasehat  pada syair 

C.   Tujuan Pembelajaran

1

Melalui tanyangan  video dan contoh puisi rakyat (pantun syair dan gurindam   peserta didik diharapkan  mampu menganalisis ciri umum puisi rakyat  puisi rakyat (pantun, syair dan gurindam ) dengan benar dan sikap  jujur
2
Melalui tayangan video dan contoh  puisi rakyat ( pantun gurindam dan syair)
Peserta didik  membandingkan  persamaan dan perbedaan  puisi rakyat (pantun syair  dan  gurindam  pada teks yang dibaca/didengar dengan tepat dan tanggung jawab
3
Setelah Membaca contoh puisi rakyat siswa dapat  mendaftar kata atau kalimat  yang digunakan pada  puisi rakyat   (pantun  Syair  dan gurindam dengan tepat   dan cermat  mandiri
4
Setelah menelaah contoh pantun peserta didik dapat  menentukan isi ( nilai moral dan nasehat dengan  tepat  dan  penuh  kreatif
5
 Setelah menelaah dan mencermati contoh Syair  peserta didik dapat Menyimpulkan  isi ( nilai moral nasehat  pada  syair dengan tepat dan cermat
6
Setelah menelaah dan mencermati contoh  Gurindam   peserta didik dapat Menyimpulkan  isi ( nilai moral nasehat  pada   gurindam  dengan tepat dan cermat

D.  Materi Pembelajaran
1.         Materi reguler
a.     Fakta
Teks puisi rakyat (pantun, syair, gurindam)
b.    Konsep
1)   Pengertian puisi rakyat
2)   Mengenal dan memahami ciri umum puisi rakyat (pantun syair dan gurindam
3)   Jenis-jenis puisi rakyat
4)   Membandingkan persamaan dan perbedaan pantun , syair dan gurindam  pada teks yang di baca atau di dengar
c.     Prinsip
Untuk dapat menangkap makna teks puisi rakyat (pantun, syair, gurindam), peserta didik harus dapat menjelaskan unsur-unsur  dalam teks puisi rakyat (pantun, syair, gurindam).
d.    Prosedur
1)   Ciri-ciri pantun syair san gurindam
2)   Rima dalam pantun, syair dan gurindam
3)   Menyimpulkan isi ( nilai moral sehat pantun  syair dan gurindam yang di baca atau di dengar
e.       Meta kognitif
1)    Manfaat  memahami pantun ,  syair dan gurindam
2)   Kesistimawaan pantun, syair  dan gurindam  dalam membangun karakter peserta didik
2.    Materi Remidial
1)   Ciri umum puisi rakyat pantun syair dan gurindam 
2)   Membandingkan persamaan dan perbedaan  puisi rakyat (pantun syair dan gurindam
3.    Materi Pengayaan
Menyimpulkan  isi ( nilai moral nasehat  pada pantun  syair dan gurindam

E.   Metode Pembelajaran
a.     Pendekatan                                      : Saintifik
b.    Model Pembelajaran                       : Discovery Learning
c.     Metode                                               : Tanya jawab, wawancara, diskusi

F.                  Media Pembelajaran
1.    Media
a.     Powerpoint  
b.     Video pantun syair gurindam
2.    Alat
a.      leptop dan LCD Proyektor
b.    Spidol dan papan tulis
3.    Bahan
a.     Leptop dan LCD Proyektor  Buku paket
b.    Spidol dan papan tulis    LKS (Lembar Kerja Siswa )




G.       Sumber Belajar
Harsiati, Titik, Agus Trianto, E.Kosasih 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
 Harsiati. Titik , Agus Trioanto. E. Kosasih. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kosasih, E. 2018. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMP/MTs Bandung: Yrama Widya
H.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
Tahap
Sintak Pembelajaran
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal/ Pemberian Stimulus

A.    Orientasi
1.   Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
2.   Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
3.   Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
4.   Peserta didik menyampaikan yel-yel kelasnya
B.    Apersepsi
1.   Mengaitkan materi kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
2.   Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
C.   Motivasi
1.   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. Apabila materi  ini  dikerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh dan  dikuasai dengan baik,  dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
1)    Menganalisis  ciri umum puisi rakyat (pantun syair  dan dan gurindam )
2)   Membandingkan persamaan dan perbedaan puisi rakyat  (pantun syair  dan  gurindam
3)   Mendaftar kata atau kalimat yang digunakan pada puisi rakyat pada teks yang di baca/ di dengar
2.        Menyampaikan  tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
3.        Mengajukan pertanyaan.
D.   Pemberian Acuan
1.        Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
2.        Memberitahukan tentang kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
3.        Peserta didik berkelompok  terdiri dari 4-5 orang secara heterogen
4.        Peserta didik di beri penjelasan  mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. Dengan menggunakan model discovery learning
5.        Menyampaikan ruang lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan pada pertemuan ini

Religius





Memberikan motivasi






























Rasa ingin tahu




15 menit
Kegiatan Inti
Stimulus (Pemberian rangsangan)





















Problem statement (Identifikasi masalah)
A.   Mengamati
1.    Peserta didik dengan cermat
melihat Menanyangkan Video tentang puisi rakyat ( pantun syair dan gurindam)
2.    Peserta didik diberikan  contoh- contoh puisi rakyat (pantun syair gurindam untuk dapat dikembangkan peserta didik dari media interaktif
3.    Peserta didik diminta untuk membaca secara berantai pantun syair dan gurindam  dengan lirik yang telah ditentukan pendidik
4.     Peserta didik Membaca materi dari buku paket atau dari bahan ajar tentang menganalisis -ciri  umum puisi  rakyat dan membandingkan persamaan dan perbedaan  puisi rakyat (pantun syair  dan  Gurindam  serta
Mendaftar kata atau kalimat yang digunakan pada puisi rakyat pada teks yang di baca/ di dengar
5.    Peserta didik menulis Resume tentang apa yang di baca , diamati dan dengarkan sebagai pembiasaan dalam kegiatan membaca dan menulis ( literasi
a.            B. Menanya
Peserta didik  memberikan kesempatan atau berdiskusi  untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan video  pantun gurindam dan contoh-contoh puisi rakyat yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
C.    Mengumpulkan informasi
1.    Peserta didik  melalui diskusi mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan mengamati obyek/kejadian,  Membaca sumber lain selain buku teks, untuk mencari jawaban yang berhubungan dengan
1)       Meenganalisis  ciri umum puisi rakyat (pantun gurindam dan syair
2)       Membandingkan persamaan dan perbedaan struktur puisi rakyat
3)       Mendaftar kata atau kalimat yang digunakan pada puisi rakyat pada teks yang di baca/ di dengar
D.   Mengasosiasi
1.    Dalam berdiskusi Peserta dididk dapat menjawab pertanyaan-pertanyan yang berhubungan dengan  :
1)    Menganalisis Ciri-ciri  umum puisi rakyat ( pantun gurindam dan syair
2)   Membandingkan persamaan dan perbedaan pantun, syair, dan gurindam
3)   Mendaftar kata atau kalimat yang digunakan pada puisi rakyat pada teks yang di baca/ di dengar
2.     Peserta didik Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
E.   Mengkomunikasikan
1.    Peserta didik  secara berkelompok menyampaikan hasil kerjanya  tentang materi
1)   Menganalisis ciri umum puisi rakyat (pantun syiar dan gurindam
2)   Membandingkan persamaan dan perbedaan puisi rakyat (pantun gurindam dan syair
3)   Mendaftar kata atau kalimat yang digunakan pada puisi rakyat pada teks yang di baca/ di dengar berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan tertulis atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berfikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
2.    Bertanya atas presentasi tentang materi tersebut yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya
3.    Peserta didik menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Menganalisis ciri umum, membandingkakan persamaan dan perbedan serta mendaftar kata atau kalimat pada puisi rakyat (pantun gurindam dan syair )

Rasa ingin tahu




Literasi







Literasi







Kerja sama (Collaborative)







Berpikir kritis (Critical thinking)












Kreativitas (Creativity)









(Menalar/membuktikan kebenaran temuan





















Komunikatif (Communicative)
90 menit
Kegiatan Penutup

A.   Kegiatan Pendidik  dan Peserta didik
1.    Peserta didik bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
2.    Peserta didik bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran. yang sudah dilaksnakan.
3.    Peserta didik menerima umpan balik terhadap  proses dan hasil pembelajaran.
B.    Kegiatan Pendidik
1.    Melakukan penilaian.
2.    Peserta didik diwajibkan membaca kumpulan pantun gurindam dan syair Hasil bacaannya dituangkan pada jurnal harian
3.    Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4.    Menutup kegiatan belajar mengajar.


Kreativitas (Creativity)






HOTS
















15 menit

Pertemuan Ke-2
Tahap
Sintak Pembelajaran
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal/ Pemberian Stimulus

A.   Orientasi
1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
2. Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
3. Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
4. Peserta didik menyampaikan yel-yel kelasnya

B. Apersepsi
1.    mengaitkan materi kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
2.    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
C.   Motivasi
1.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. Apabila materi  ini  dikerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh dan  dikuasai dengan baik,  dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
1)   Menyimpulkan  isi ( nilai moral nasehat  pada pantun
2)   Menyimpulkan  isi ( nilai moral nasehat  pada Syair
3)   Menyimpulkan  isi ( nilai moral nasehat  pada    gurindam
2.    Menyampaikan  tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
3.    Mengajukan pertanyaan.

D.  Pemberian Acuan
1.    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
2.    Memberitahukan tentang kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
3.    Peserta didik berkelompok  terdiri dari 4-5 orang secara heterogen
4.    Peserta didik di beri penjelasan  mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. Dengan menggunakan model discovery learning
5.    Menyampaikan ruang lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan pada pertemuan ini
Religius












Rasa ingin tahu













 15 menit
Kegiatan Inti
Stimulus (Pemberian rangsangan)







Problem statement (Identifikasi masalah)
A.  Mengamati
Peserta didik mengamati dengan saksama  materi tentang menunjukan rima yang berdapat dalam puisi rakyat dan menentukan isi dari puisi rakyat (  (pantun gurindam dan syair  dari slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
B.     Menanya
Peserta didik berdiskusi tentang
1.    Menyimpulkan  isi ( nilai moral nasehat  pada pantun
2.    Menyimpulkan  isi ( nilai moral nasehat  pada Syair
3.    Menyimpulkan  isi ( nilai moral nasehat  pada    gurindam
C.   Mengumpulkan informasi
Peserta didik  melalui diskusi mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan mengamati obyek/kejadian,  Membaca sumber lain selain buku teks, untuk mencari jawaban yang berhubungan :
1) Menyimpulkan  isi ( nilai moral nasehat  pada pantun
2) Menyimpulkan  isi ( nilai moral nasehat  pada Syair
3) Menyimpulkan  isi ( nilai moral nasehat  pada    gurindam
D.  Mengasosiasi
Dalam berdiskusi Peserta didik dapat menyimpulkan
1.    isi ( nilai moral nasehat  pada pantun
2.    Menyimpulkan  isi ( nilai moral nasehat  pada Syair
3) Menyimpulkan  isi ( nilai moral nasehat  pada    gurindam
E.    Mengomunikasikan
1.   Peserta didik secara berkelompok menyajikan hasil kerjanya
2.    Bertanya atas presentasi tentang materi yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya
3.   Peserta didik menyimpulkan tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan
4.   Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami, tentang materi  
  1. Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Menyimpulkan  isi ( nilai moral nasehat  pada pantun  gurindun dan syair

Rasa ingin tahu











Kerja sama (Collaborative)








Berpikir kritis (Critical thinking)









Kreativitas (Creativity) Menalar/membuktikan kebenaran temuan






Komunikatif (Communicative)
90 menit
Kegiatan Penutup

Kegiatan guru bersama peserta didik
1.   Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.   Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.   Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Kegiatan guru
1.   Melakukan penilaian.
2.   Memberikan tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca contoh novel lainnya
3.   Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4.   Menutup kegiatan belajar mengajar.
Kreativitas (Creativity)





Penguatan atau refleksi
15 menit


I.                   Penilaian Hasil Pembelajaran
1.   Teknik Penilaian:
a.        Penilaian Sikap                                 : Observasi/ pengamatan
b.        Penilaian Pengetahuan                 : Tes Tertulis
c.          Penilaian Keterampilan               : Praktik
2.    Bentuk Penilaian:       
a.        Observasi                                          :  Lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b.        Tes tertulis                                        :  PG dan lembar kerja
c.         Unjuk kerja                                       : Lembar penilaian presentasi
3.   Remedial
a.    Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
b.   Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Pendidik  akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut. Menentukan ciri-ciri puisi rakyat pantun gurindam dan syair
4.        Program pengayaan
a.    Pengayaan  diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
b.   Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik
c.    Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya  Menyimpulkan  isi ( nilai moral nasehat  pada pantun  syair dan gurindan

A.       PENILAIAN SIKAP
  1. Kisi-kisi Penilaian Sikap

KOMPETENSI DASAR
BUTIR SIKAP
TEKNIK PENILAIAN
Bentuk Instrumen
3.13 Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
Kerjasama
Rasa ingin tahu
Santun
Komunikatif
Observasi
Lembar Observasi
4.13 Menyimpulkan isi puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis dan lisan
Disiplin
Tanggung jawab
Kerja sama
Teliti
Kreatif
Peduli Lingkungan

Observasi
Lembar observasi




















                          




B.   Penilaian Pengetahuan
1.   Kisi-kisi Penilain Pengetahuan
Mata Pelajaran              :  Bahasa Indonesia
Kelas /Semester            :  VII/ 2
 Kurikulum                      :  2013
No.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
Teknik penilaian
Bentuk Soal
Nomor Soal
1


3.13 Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
3.13. 1 Menganalisis   ciri umum puisi rakyat (pantun gurindam dan syair



Peserta didik mmpu membedakan ciri pantun dan syair
Tes tulis
PG
1
Peserta didik mampu menunjukan contoh puisi berupa syair
Tes tulis
Pg
2
Menentukan ciri dari puisi rakyat ( pantun )
Tes tulis
PG
3
Mampu menjelaskan  ciri dari puisi rakyat  ( gurindam )
Tes tulis
PG
4
Menentukan ciri dari puisi rakyat  ( syair )
Tes tulis
PG
5
3.13.2       Menentukan persamaan dan perbedaa  puisi rakyat
Menentukan perbedaan dari puisi  rakyat dan pusi baru (moderen)
Tes tulis
PG
6
Disajikan sebuah pantun siswa dapat menentukan bagian sampiran pada pantun
Tes tulis
PG
7
3.13.3       Mendaftar kata atau kalimat yang digunakan pada puisi rakyat pada
Disajikan larik pantun secara acak, peserta didik mampu menyusun kalimat menjadi sebuah pantun
Tes tulis
PG
8
Menunjukan makna kata ungkapan pada puisi rakyat yang
 Tes Tes

PG
9
Menentukan jenis kalimat yang di tunjukan oleh isi sebuah pantun
 Tes tulis
PG
10

  1. Penilain Keterampila
1.   Kisi-kisi Penilaian Keterampilan
Mata Pelajaran           :  Bahasa Indonesia
Kelas /Semester        :  VII/ 2
 Kurikulum                  :  2013

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
Teknik Penilaian
Bentuk Soal
Nomor Soal
1
Menyimpulkan isi puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis dan lisan
Menyimpulkan  isi ( nilai moral nasehat  pada pantun 
Disajikan pantun siswa dapat menyimpulkan isi berupa nilai  atau makna yang terkandung  pada pantun
Praktik










Unjuk Kerja
1
Menyimpulkan  isi ( nilai moral nasehat  pada  syair
Disajikan Gurindam siswa dapat menyimpulkan  isi  berupa pesan atau amanat pada syair tersebut
2
Menyimpulkan  isi ( nilai moral nasehat  pada  Gurindam
Disajikan teks gurindam peserta didik dapat menyimpulkan isi yang terkandung dalam Gurindam
3



D.       Kisi –kisi Remidial

Sekolah                                                :  SMP Negeri 1 Sodonghilir
Kelas/Semester                               :  VII/.2
Mata Pelajaran                                 :  Bahasa Indonesia
Materi Pokok                                    : Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan puisi rakyat
               
No
Nama
Kelas
Rencana tindak lanjut
Waktu
Nilai ulangan 1
Remidial 1
Remidial 2 
Keterangan





































































           


E.              Kisi-Kisi Pengayaan

Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut  Menyimpulkan  isi ( nilai moral nasehat  pada pantun  syair dan gurindam



Sekolah                                          :  SMP Negeri 1 Sodonghilir
Kelas/Semester                         :  VII/2
Mata Pelajaran                           :  Bahasa Indonesia
Materi Poko k                             :  Mewarisi Nilai Luhur dan mengkreasikan puisi Rakyat

No
Nama
Kelas
Rencana tindak lanjut
Waktu
Nilai ulangan 1
Remidial 1
Remidial 2
Keterangan
































































                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 Sodonghilir   September 2019
Mengetahui Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                                                          Guru Mata Pelajaran,



Drs  Zenal Muttaqin, M.Pd                                                            Indra Hadiat Permana, S.Pd
NIP 196110271988031007


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}