SILABUS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 SODONGHILIR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VII / 2
Materi Pokok : Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
Kompetensi
Inti
K-1 ( Spiritual )
|
:
|
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
|
K-2 ( Sosial )
|
:
|
Menunjukan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
K-3 ( Pengetahuan )
|
:
|
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
|
K-4 ( Keterampilan )
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Sodonghilir
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII/ II
Materi Pokok :
Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan
Puisi Rakyat
A.
Kompetensi Inti
K-3
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
K-4
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
B. Kompetensi Dasar
|
Kompetensi
Dasar Pengetahuan
|
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi Pengetahuan
|
3.13
|
Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun,
syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
|
3.13.1
|
Menganalisis ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam)
pada teks yang dibaca atau di
dengar
|
3.13.2
|
Membandingkan persamaan dan perbedaan struktur pantun syair, dan
gurindam pada teks yang di baca atau di dengar
|
||
3.13.3
|
Mendaftar kata atau kalimat yang digunakan pada puisi rakyat
pada
|
||
|
Kompetensi Dasar Keterampilan
|
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
Keterampilan
|
4.13
|
Menyimpulkan isi puisi rakyat (pantun,
syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis
dan lisan
|
4.13.1
|
Menyimpulkan isi ( nilai moral nasehat pada pantun
|
4.13.2
|
Menyimpulkan isi ( nilai moral nasehat pada syair
|
||
4.13.3
|
Menyimpulkan isi ( nilai moral nasehat
pada syair
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1
|
Melalui tanyangan video dan contoh puisi rakyat (pantun syair
dan gurindam peserta didik
diharapkan mampu menganalisis ciri
umum puisi rakyat puisi rakyat (pantun,
syair dan gurindam ) dengan benar dan sikap
jujur
|
2
|
Melalui tayangan video dan contoh puisi rakyat ( pantun gurindam dan syair)
Peserta
didik membandingkan persamaan dan perbedaan puisi rakyat (pantun syair dan
gurindam pada teks yang
dibaca/didengar dengan tepat dan tanggung
jawab
|
3
|
Setelah Membaca contoh
puisi rakyat siswa dapat mendaftar
kata atau kalimat yang digunakan pada puisi rakyat
(pantun Syair
dan gurindam dengan tepat dan
cermat mandiri
|
4
|
Setelah menelaah contoh
pantun peserta didik dapat menentukan
isi ( nilai moral dan nasehat dengan
tepat dan penuh
kreatif
|
5
|
Setelah menelaah dan mencermati contoh
Syair peserta didik dapat Menyimpulkan isi ( nilai moral nasehat pada
syair dengan tepat dan cermat
|
6
|
Setelah
menelaah dan mencermati contoh
Gurindam peserta didik dapat Menyimpulkan
isi ( nilai moral nasehat pada
gurindam dengan tepat dan
cermat
|
D. Materi
Pembelajaran
1.
Materi reguler
a. Fakta
Teks puisi rakyat (pantun,
syair, gurindam)
b. Konsep
1) Pengertian puisi rakyat
2) Mengenal dan memahami ciri
umum puisi rakyat (pantun syair dan gurindam
3) Jenis-jenis puisi rakyat
4) Membandingkan persamaan dan
perbedaan pantun , syair dan gurindam
pada teks yang di baca atau di dengar
c. Prinsip
Untuk dapat menangkap makna teks puisi rakyat
(pantun, syair, gurindam), peserta didik harus dapat menjelaskan
unsur-unsur dalam teks puisi rakyat
(pantun, syair, gurindam).
d. Prosedur
1) Ciri-ciri pantun syair san gurindam
2) Rima dalam pantun, syair dan gurindam
3) Menyimpulkan isi ( nilai moral sehat pantun syair dan gurindam yang di baca atau di dengar
e. Meta kognitif
1) Manfaat memahami
pantun , syair dan gurindam
2) Kesistimawaan pantun, syair dan gurindam
dalam membangun karakter peserta didik
2. Materi Remidial
1) Ciri umum puisi rakyat pantun syair dan gurindam
2) Membandingkan persamaan dan perbedaan puisi rakyat (pantun syair dan gurindam
3. Materi Pengayaan
Menyimpulkan isi ( nilai moral nasehat pada pantun syair dan gurindam
E.
Metode Pembelajaran
a. Pendekatan :
Saintifik
b. Model Pembelajaran :
Discovery Learning
c. Metode :
Tanya jawab, wawancara, diskusi
F.
Media
Pembelajaran
1. Media
a. Powerpoint
b.
Video pantun syair gurindam
2.
Alat
a. leptop dan LCD
Proyektor
b. Spidol dan papan tulis
3.
Bahan
a. Leptop
dan LCD Proyektor Buku paket
b. Spidol
dan papan tulis LKS (Lembar Kerja
Siswa )
G.
Sumber
Belajar
Harsiati, Titik, Agus Trianto, E.Kosasih 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII Jakarta:
Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Harsiati. Titik ,
Agus Trioanto. E. Kosasih. Buku Guru
Bahasa Indonesia Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan,
Balitbang, Kemendikbud.
Kosasih, E. 2018. Jenis-Jenis
Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMP/MTs Bandung: Yrama Widya
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1
Tahap
|
Sintak Pembelajaran
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal/ Pemberian Stimulus
|
|
A.
Orientasi
1.
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
2.
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
3.
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
4.
Peserta didik menyampaikan yel-yel kelasnya
B.
Apersepsi
1.
Mengaitkan materi kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya,
2.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan
pelajaran yang akan dilakukan.
C.
Motivasi
1.
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari. Apabila
materi ini dikerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh dan dikuasai dengan baik, dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang:
1) Menganalisis ciri umum puisi rakyat (pantun syair dan dan gurindam )
2) Membandingkan persamaan
dan perbedaan puisi rakyat (pantun
syair dan gurindam
3) Mendaftar kata atau kalimat yang digunakan
pada puisi rakyat pada teks yang di baca/ di dengar
2.
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
3.
Mengajukan pertanyaan.
D.
Pemberian Acuan
1.
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
2.
Memberitahukan tentang kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
3.
Peserta didik berkelompok terdiri dari 4-5 orang secara heterogen
4.
Peserta didik di beri penjelasan mekanisme pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran. Dengan menggunakan model discovery learning
5.
Menyampaikan ruang lingkup dan teknik penilaian yang
akan digunakan pada pertemuan ini
|
Religius
Memberikan motivasi
Rasa
ingin tahu
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Stimulus
(Pemberian rangsangan)
Problem statement (Identifikasi
masalah)
|
A. Mengamati
1. Peserta didik dengan
cermat
melihat Menanyangkan Video
tentang puisi rakyat ( pantun syair dan gurindam)
2. Peserta didik diberikan contoh- contoh puisi rakyat (pantun syair
gurindam untuk dapat dikembangkan peserta didik dari media interaktif
3. Peserta didik diminta
untuk membaca secara berantai pantun syair dan gurindam dengan lirik yang telah ditentukan pendidik
4. Peserta didik Membaca materi dari buku paket
atau dari bahan ajar tentang menganalisis -ciri umum puisi
rakyat dan membandingkan persamaan dan perbedaan puisi rakyat (pantun syair dan
Gurindam serta
Mendaftar kata atau kalimat yang digunakan
pada puisi rakyat pada teks yang di baca/ di dengar
5. Peserta didik menulis
Resume tentang apa yang di baca , diamati dan dengarkan sebagai pembiasaan
dalam kegiatan membaca dan menulis ( literasi
a.
B. Menanya
Peserta didik memberikan kesempatan atau berdiskusi untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan video pantun gurindam dan contoh-contoh puisi rakyat
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
C.
Mengumpulkan
informasi
1. Peserta
didik melalui
diskusi mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan mengamati
obyek/kejadian, Membaca sumber
lain selain buku teks, untuk mencari jawaban
yang
berhubungan dengan
1) Meenganalisis ciri umum puisi rakyat (pantun gurindam dan
syair
2) Membandingkan persamaan dan perbedaan struktur puisi
rakyat
3) Mendaftar kata atau kalimat yang digunakan
pada puisi rakyat pada teks yang di baca/ di dengar
D. Mengasosiasi
1.
Dalam
berdiskusi Peserta dididk dapat
menjawab pertanyaan-pertanyan yang berhubungan dengan :
1)
Menganalisis Ciri-ciri umum puisi rakyat ( pantun gurindam dan
syair
2)
Membandingkan persamaan
dan perbedaan pantun, syair, dan gurindam
3)
Mendaftar kata
atau kalimat yang digunakan pada puisi rakyat pada teks yang di baca/ di
dengar
2.
Peserta didik Mengembangkan dan menyajikan
hasil karya
E.
Mengkomunikasikan
1.
Peserta didik secara
berkelompok menyampaikan hasil kerjanya tentang materi
1)
Menganalisis
ciri umum puisi rakyat (pantun syiar dan gurindam
2)
Membandingkan
persamaan dan perbedaan puisi rakyat (pantun gurindam dan syair
3)
Mendaftar kata
atau kalimat yang digunakan pada puisi rakyat pada teks yang di baca/ di dengar
berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan tertulis atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berfikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
2.
Bertanya atas
presentasi tentang materi tersebut yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya
3.
Peserta didik
menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Menganalisis ciri umum,
membandingkakan persamaan dan perbedan serta mendaftar kata atau kalimat pada
puisi rakyat (pantun gurindam dan syair )
|
Rasa ingin tahu
Literasi
Literasi
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
(Menalar/membuktikan
kebenaran temuan
Komunikatif (Communicative)
|
90 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
|
A. Kegiatan Pendidik dan Peserta didik
1.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan
butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
2.
Peserta didik bersama guru
melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran. yang
sudah dilaksnakan.
3.
Peserta didik menerima umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
B. Kegiatan Pendidik
1. Melakukan penilaian.
2. Peserta
didik diwajibkan membaca kumpulan pantun gurindam dan syair Hasil bacaannya
dituangkan pada jurnal harian
3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang
akan dilakukan selanjutnya.
4. Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
15 menit
|
Pertemuan
Ke-2
Tahap
|
Sintak Pembelajaran
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal/ Pemberian Stimulus
|
|
A.
Orientasi
1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
2. Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
3. Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
4. Peserta didik menyampaikan yel-yel kelasnya
B. Apersepsi
1. mengaitkan materi kegiatan pembelajaran yang
akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya,
2. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
C.
Motivasi
1. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari. Apabila materi ini
dikerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh dan dikuasai dengan
baik, dengan menggunakan model
pembelajaran discovery learning maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang:
1) Menyimpulkan isi
( nilai moral nasehat pada pantun
2) Menyimpulkan isi
( nilai moral nasehat pada Syair
3) Menyimpulkan isi
( nilai moral nasehat pada gurindam
2. Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
3. Mengajukan pertanyaan.
D. Pemberian
Acuan
1. Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
2. Memberitahukan tentang kompetensi dasar,
indikator, dan KKM pada pertemuan yang
berlangsung
3. Peserta didik berkelompok terdiri dari 4-5 orang secara heterogen
4.
Peserta
didik di beri penjelasan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran. Dengan menggunakan model discovery learning
5. Menyampaikan ruang lingkup dan teknik penilaian
yang akan digunakan pada pertemuan ini
|
Religius
Rasa ingin tahu
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Stimulus
(Pemberian rangsangan)
Problem statement (Identifikasi
masalah)
|
A. Mengamati
Peserta didik mengamati dengan saksama materi
tentang menunjukan rima yang berdapat dalam puisi rakyat dan menentukan isi
dari puisi rakyat ( (pantun gurindam
dan syair dari slide presentasi yang
disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
B. Menanya
Peserta didik berdiskusi tentang
1. Menyimpulkan isi
( nilai moral nasehat pada pantun
2. Menyimpulkan isi
( nilai moral nasehat pada Syair
3. Menyimpulkan isi
( nilai moral nasehat pada gurindam
C.
Mengumpulkan
informasi
Peserta
didik melalui
diskusi mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan mengamati
obyek/kejadian, Membaca
sumber lain selain buku teks, untuk mencari jawaban yang berhubungan :
1) Menyimpulkan isi ( nilai moral nasehat pada pantun
2) Menyimpulkan isi ( nilai moral
nasehat pada Syair
3) Menyimpulkan isi ( nilai moral
nasehat pada gurindam
D. Mengasosiasi
Dalam
berdiskusi Peserta didik dapat menyimpulkan
1.
isi ( nilai moral nasehat pada
pantun
2.
Menyimpulkan isi ( nilai moral
nasehat pada Syair
3) Menyimpulkan isi ( nilai moral
nasehat pada gurindam
E. Mengomunikasikan
1. Peserta didik secara berkelompok menyajikan
hasil kerjanya
2. Bertanya atas presentasi
tentang materi yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya
3. Peserta didik menyimpulkan
tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan
4. Peserta didik bertanya
tentang hal yang belum dipahami, tentang materi
|
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity) Menalar/membuktikan kebenaran temuan
Komunikatif (Communicative)
|
90 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
|
Kegiatan
guru bersama peserta didik
1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran.
Kegiatan
guru
1. Melakukan penilaian.
2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca contoh novel lainnya
3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang
akan dilakukan selanjutnya.
4. Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
Penguatan
atau refleksi
|
15 menit
|
I.
Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian:
a.
Penilaian Sikap : Observasi/ pengamatan
b.
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c.
Penilaian Keterampilan :
Praktik
2. Bentuk Penilaian:
a.
Observasi : Lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b.
Tes tertulis : PG dan lembar kerja
c.
Unjuk kerja : Lembar penilaian
presentasi
3. Remedial
a. Remidial dapat
diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta
didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial
karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
b. Guru memberi semangat
kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).
Pendidik akan memberikan tugas bagi
peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya
sebagai berikut. Menentukan ciri-ciri puisi rakyat pantun gurindam dan syair
4.
Program pengayaan
a. Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik
mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang
telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
b. Pengayaan dapat
ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik
c. Direncanakan
berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih
luas misalnya Menyimpulkan isi ( nilai moral
nasehat pada pantun syair dan gurindan
A.
PENILAIAN SIKAP
- Kisi-kisi Penilaian
Sikap
KOMPETENSI DASAR
|
BUTIR SIKAP
|
TEKNIK PENILAIAN
|
Bentuk Instrumen
|
3.13
Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat
(pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
|
Kerjasama
Rasa ingin tahu
Santun
Komunikatif
|
Observasi
|
Lembar
Observasi
|
4.13 Menyimpulkan
isi puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang
disajikan dalam bentuk tulis dan lisan
|
Disiplin
Tanggung jawab
Kerja sama
Teliti
Kreatif
Peduli Lingkungan
|
Observasi
|
Lembar
observasi
|
B.
Penilaian
Pengetahuan
1.
Kisi-kisi Penilain Pengetahuan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester : VII/
2
Kurikulum : 2013
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Indikator
Soal
|
Teknik penilaian
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
1
|
3.13
Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun,
syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
|
3.13. 1 Menganalisis ciri umum puisi rakyat (pantun gurindam dan
syair
|
Peserta didik mmpu
membedakan ciri pantun dan syair
|
Tes tulis
|
PG
|
1
|
Peserta didik mampu
menunjukan contoh puisi berupa syair
|
Tes tulis
|
Pg
|
2
|
|||
Menentukan ciri dari puisi
rakyat ( pantun )
|
Tes tulis
|
PG
|
3
|
|||
Mampu menjelaskan ciri dari puisi rakyat ( gurindam )
|
Tes tulis
|
PG
|
4
|
|||
Menentukan ciri dari puisi
rakyat ( syair )
|
Tes tulis
|
PG
|
5
|
|||
3.13.2
Menentukan persamaan dan
perbedaa puisi rakyat
|
Menentukan perbedaan dari
puisi rakyat dan pusi baru (moderen)
|
Tes tulis
|
PG
|
6
|
||
Disajikan sebuah pantun
siswa dapat menentukan bagian sampiran pada pantun
|
Tes tulis
|
PG
|
7
|
|||
3.13.3 Mendaftar kata
atau kalimat yang digunakan pada puisi rakyat pada
|
Disajikan larik pantun
secara acak, peserta didik mampu menyusun kalimat menjadi sebuah pantun
|
Tes tulis
|
PG
|
8
|
||
Menunjukan makna kata ungkapan pada puisi rakyat yang
|
Tes Tes
|
PG
|
9
|
|||
Menentukan jenis kalimat yang di tunjukan oleh isi
sebuah pantun
|
Tes tulis
|
PG
|
10
|
- Penilain Keterampila
1.
Kisi-kisi Penilaian Keterampilan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester : VII/
2
Kurikulum : 2013
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
1
|
Menyimpulkan isi puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat)
yang disajikan dalam bentuk tulis dan lisan
|
Menyimpulkan
isi ( nilai moral nasehat pada
pantun
|
Disajikan
pantun siswa dapat menyimpulkan isi berupa nilai atau makna yang terkandung pada pantun
|
Praktik
|
Unjuk Kerja
|
1
|
Menyimpulkan
isi ( nilai moral nasehat pada syair
|
Disajikan
Gurindam siswa dapat menyimpulkan
isi berupa pesan atau amanat
pada syair tersebut
|
2
|
||||
Menyimpulkan
isi ( nilai moral nasehat pada Gurindam
|
Disajikan
teks gurindam peserta didik dapat menyimpulkan isi yang terkandung dalam
Gurindam
|
3
|
D. Kisi –kisi Remidial
Sekolah : SMP Negeri 1 Sodonghilir
Kelas/Semester : VII/.2
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Materi Pokok :
Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan puisi rakyat
No
|
Nama
|
Kelas
|
Rencana tindak lanjut
|
Waktu
|
Nilai ulangan 1
|
Remidial 1
|
Remidial 2
|
Keterangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
E.
Kisi-Kisi Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena
telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal
pengayaan sebagai berikut Menyimpulkan isi ( nilai moral nasehat pada pantun
syair dan gurindam
Sekolah : SMP Negeri 1 Sodonghilir
Kelas/Semester : VII/2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Materi Poko k : Mewarisi Nilai Luhur dan mengkreasikan puisi
Rakyat
No
|
Nama
|
Kelas
|
Rencana tindak lanjut
|
Waktu
|
Nilai ulangan 1
|
Remidial 1
|
Remidial 2
|
Keterangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sodonghilir September 2019
Mengetahui Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
Drs Zenal Muttaqin, M.Pd Indra Hadiat Permana, S.Pd
NIP 196110271988031007
0 komentar:
Post a Comment