Home » » SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS 8 KURIKULUM 2013 SEMESTER 1 DAN 2 REVISI 2018

SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS 8 KURIKULUM 2013 SEMESTER 1 DAN 2 REVISI 2018


SILABUS

SEKOLAH                             : SMP NEGERI 4 SODONGHILIR
KELAS/SEMESTER             : VIII/1&2
MATA PELAJARAN                        : BAHASA INDONESIA

Kompetensi Inti
1.        Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.        Menunjukan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.        Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.        Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar
3.1  Mengidentifikasi unsur-unsur berita (mengembangkan dan memotivasi)    yang didengar dan dibaca.

4.1    Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar.

Teks  berita
·   Pengertian teks berita
·   Unsur-unsur berita
·   Ringkasan dan penyimpulan berita
·   Langkah-langkah menyimpulkan pokok-pokok berita
·   Tanggapan terhadap isi berita

·       Mengamati teks berita, baik yang diperdengarkan atau ditayangkan
·        Mendiskusikan hasil membaca untuk memeroleh pemahaman tentang unsur-unsur berita
·       Mendiskusikan langkah-langkah menentukan pokokpokok/unsur-unsur berita
·       Merumuskan ringkasan/kesimpulan unsur-unsur teks berita yang dibaca
·       Menanggapi berita



1.     Teknik Penilaian
a.    sikap (Spiritual dan sosial)
1)   Observasi (Jurnal)
b.    Pengetahuan
1)   Tes Tertulis
c.    Keterampilan
1)  Produk
2)  Praktik
2.    Instrumen penilaian
a.       Pertemuan Pertama (Sampel butir soal terlampir)
b.      Pertemuan kedua (rubrik terlampir)
c.       Pertemuan ketiga (rubrik terlampir)
d.      Pertemuan keempat (rubrik telampir)

1.    Titik Harsiati. 2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/M.Ts. Jakarta: Pusat Perbukuan ,Balitbang, Kemdikbud.
2.    Permendikbud No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Bahasa Indonesia. 30 November 2015
3.2   kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca berita
4.2  Menyajikan data,
informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur,kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, kinesik)
·  Struktur teks berita
ü Kepala berita (lead)
ü Tubuh berita
ü Ekor berita
·  Kaidah-kaidah kebahasaan teks berita
·  Bahasa baku dan tidak baku (pengayaan).

·       Membaca berbagai sumber untuk memahami struktur teks berita, kaidah kebahasaan(bahasa baku, kalimat langsung,konjungsi bawah, konjungsi temporal dan kronologis,keterangan waktu, kata kerjamental) yang digunakan dalammenulis bagian-bagian teksberita
·       Mendata objek dari berbagai sumber tentang berita, bahan, dan cara/langkah-langkah kegiatan yang disusun menjadi teks berita
·       Menulis teks berita dengan memperhatikan unsur-unsur berita dan pola penyajiannya
·       Membacakan teks berita yang ditulis
·      Teknik Penilaian
a.    sikap (Spiritual dan sosial)
1)  Observasi (Jurnal)
b.    Pengetahuan
1) Tes Tertulis
c.    Keterampilan
1)      Produk
2)      Praktik
·      Instrumen penilaian
a.    Pertemuan Pertama (Sampel butir soal terlampir)
b.    Pertemuan kedua (rubrik terlampir)
c.    Pertemuan ketiga (rubrik terlampir)
d.   Pertemuan keempat (rubrik telampir)

1.    Titik Harsiati. 2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/M.Ts. Jakarta: Pusat Perbukuan ,Balitbang, Kemdikbud.
2.    Permendikbud No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Bahasa Indonesia. 30 November 2015
3.3 Mengidentifikasi
informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.3 Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber


·  Pengertian dan Teks iklan, slogan, poster
·  Unsur-unsur teks Iklan, slogan, poster
·  Penyimpulan maksud suatu Iklan
·  Menceritakan kembali iklan

·  Mendata informasi isi dan unsur–unsur yang terdapat pada iklan, slogan, atau poster
·  Menelaah dan membedakan unsur-unsur iklan, slogan, dan poster
·  Mendiskuskan simpulan isi teks iklan, slogan, atau poster
·  Mempresentasikan isi teks iklan, slogan, atau poster
·         Teknik Penilaian
a.    sikap (Spiritual dan sosial)
1)      Observasi (Jurnal)

b.    Pengetahuan
1)      Tes Tertulis
c.    Keterampilan
1)      Produk
2)      Praktik
·      Instrumen penilaian
a.    Pertemuan Pertama (Sampel butir soal terlampir)
b.    Pertemuan kedua (rubrik terlampir)
c.    Pertemuan ketiga (rubrik terlampir)
d.   Pertemuan keempat (rubrik telampir)

1.    Titik Harsiati. 2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/M.Ts. Jakarta: Pusat Perbukuan ,Balitbang, Kemdikbud.
2.    Permendikbud No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Bahasa Indonesia. 30 November 2015
3.4  Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.4 Menyajikan gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis
·  Unsur-unsur iklan, slogan, dan poster
·  Cara menyusun teks iklan
·  Mendiskusikan ciri-ciri atau komponen dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster berdasarkan teks iklan, slogan, atau poster yang dibaca/didengar/disaksika
·  Menganalisis langkah-langkah penulisan iklan, slogan atau poster
·  Merumuskan konteks iklan, slogan, atau poster sesuai dengan keperluan untuk bahan penulisan slogan dan/poster
·  Menulis iklan, slogan, atau poster berdasarkan konteks yang telah dirumuskan
·  Mempresentasikan iklan, slogan, dan/atau poster yang ditulis dengn berbagai variasi
1.    Teknik Penilaian
a.    sikap (Spiritual dan sosial)
1)      Observasi (Jurnal)
b.    Pengetahuan
1)      Tes Tertulis
c.    Keterampilan
1)      Produk
2)      Praktik
2.    Instrumen penilaian
a.    Pertemuan Pertama (Sampel butir soal terlampir)
b.    Pertemuan kedua (rubrik terlampir)
c.    Pertemuan ketiga (rubrik terlampir)
d.   Pertemuan keempat (rubrik telampir)

·        Titik Harsiati. 2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/M.Ts. Jakarta: Pusat Perbukuan ,Balitbang, Kemdikbud.
·        Permendikbud No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Bahasa Indonesia. 30 November 2015
Mengidentifikasi
informasi teks eksposisi
berupa artikel ilmiah
populer dari
koran/majalah) yang
didengar dan dibaca yang
didengar dan dibaca
4.5 Menyimpulkan isi teks
eksposisi (artikel ilmiah
populer dari koran dan
majalah) yang
diperdengarkan dan
dibaca
Pengertian teks eksposisi
Unsur-unsur teks eksposisi:
gagasan dan fakta-fakta
Pola-pola pengembangan
teks eksposisi
Simpulan teks eksposisi
berdasarkan gagasan
utamanya
Jenis-jenis paragraf dalam
·   teks eksposisi
Mengamati teks eksposisi untuk
merumuskan pengertiannya
Mendata dan merumuskan
unsur-unsur teks eksposisi yang
meliputi gagasan dan fakta dan
pola pengembangannya
Mengakaji hubungan bagianbagian
struktur dan kebahasaan
teks eksposisi
Menelaah dan informasi isi teks
sesuai dengan bagian-bagian
teks eksposisi
Menyimpulkan isi teks eksposisi
·         hasil diskusi
1.   Teknik Penilaian
a.    sikap (Spiritual dan sosial)
1)      Observasi (Jurnal)
b.    Pengetahuan
1)      Tes Tertulis
c.    Keterampilan
1)      Produk
2)      Praktik
2.    Instrumen penilaian
·         Pertemuan Pertama (Sampel butir soal terlampir)
·         Pertemuan kedua (rubrik terlampir)
·         Pertemuan ketiga (rubrik terlampir)
·         Pertemuan keempat (rubrik telampir)

1.    Titik Harsiati. 2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/M.Ts. Jakarta: Pusat Perbukuan ,Balitbang, Kemdikbud.
2.    Permendikbud No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Bahasa Indonesia. 30 November 2015
Menelaah isi dan struktur
teks eksposisi (berupa
artikel ilmiah populer dari
koran/majalah) yang
diperdengarkan atau
dibaca
4.6 Menyajikan gagasan,
pendapat ke dalam bentuk
teks eksposisi berupa
yang artikel ilmiah
populer (lingkungan
hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman
budaya, dll) secara lisan
dan tertulis dengan
memperhatikan struktur,
unsur kebahasaan, aspek
lisan
Struktur teks eksposisi
Kaidah teks ekposisi
Langkah-langkah
menyusun teks eksposisi
·   Menyanting teks eksposisi
Mendiskusikan struktur dan
penggunaan kaidah bahasa teks
ekspoisi
Menyusun kerangka teks
ekspoisi berdasarkan struktu,
kaidah bahasa, ciri kebahasaan,
dan pola pengembangan
kebahasaan berdasarkan objek
yang akan ditulis
Menulis teks eksposisi
Mempresentasikan teks
eksposisi
1.       Teknik Penilaian
a.    sikap (Spiritual dan sosial)
1)      Observasi (Jurnal)
b.    Pengetahuan
1)      Tes Tertulis
c.    Keterampilan
1)      Produk
2)      Praktik
2.    Instrumen penilaian
a.    Pertemuan Pertama (Sampel butir soal terlampir)
b.    Pertemuan kedua (rubrik terlampir)
c.    Pertemuan ketiga (rubrik terlampir)
d.   Pertemuan keempat (rubrik telampir)

·      Titik Harsiati. 2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/M.Ts. Jakarta: Pusat Perbukuan ,Balitbang, Kemdikbud.
·      Permendikbud No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Bahasa Indonesia. 30 November 2015
Mengidentifikasi unsurunsur
pembangun teks
puisi yang diperdengarkan
atau dibaca
4.7 Menyimpulkan unsurunsur
pembangun dan
makna teks puisi yang
diperdengarkan atau
dibaca
Pengertian teks puisi
Unsur-unsur pembentuk teks
puisi
Simpulan isi, unsur-unsur
pembangun teks puisi, dan
jenis-jenisnya
Periodesasi puisi
·   (Pengayaan)
Mengamati model-model teks
puisi
Merumuskan pengertiaan puisi
Mendiskusikan isi teks puisi
yang dibaca
Mendiskusikan unsur-unsur
pembangun puisi dan jenisjenisnya
·      Mempresentasikan hasil diskusi
1.   Teknik Penilaian
a.    sikap (Spiritual dan sosial)
1)      Observasi (Jurnal)
b.    Pengetahuan
1)      Tes Tertulis
c.    Keterampilan
1)      Produk
2)      Praktik
2.    Instrumen penilaian
a.    Pertemuan Pertama (Sampel butir soal terlampir)
b.    Pertemuan kedua (rubrik terlampir)
c.    Pertemuan ketiga (rubrik terlampir)
d.   Pertemuan keempat (rubrik telampir)

·        Titik Harsiati. 2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/M.Ts. Jakarta: Pusat Perbukuan ,Balitbang, Kemdikbud.
·        Permendikbud No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Bahasa Indonesia. 30 November 2015
Menelaah unsur-unsur
pembangun teks puisi
(perjuangan, lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan
lain-lain) yang
diperdengarkan atau
dibaca
4.8 Menyajikan gagasan,
perasaan, pendapat dalam
bentuk teks puisi secara
tulis/lisan dengan
memperhatikan unsurunsur
pembangun puisi
Unsur lahir (bentuk) dan
batin (makna) puisi.
Pengungkapan gagasan,
perasaan, pandangan
penulis
Pembacaan puisi (ekspresi,
·   lafal, tekanan, intonasi)

Merumuskan unsur-unsur
pembentuk teks puisi
Mengidentifikasi isi,
penggunaan bahasa, kata-kata
(konotasi dan denotasi) dalam
teks puisi
Menulis puisi berdasarkan
konteks
Membacakan puisi yang ditulis
dan menanggapinya

1.   Teknik Penilaian
a.    sikap (Spiritual dan sosial)
1)      Observasi (Jurnal)
b.    Pengetahuan
1)      Tes Tertulis
c.    Keterampilan
1)      Produk
2)      Praktik
2.    Instrumen penilaian
a.    Pertemuan Pertama (Sampel butir soal terlampir)
b.    Pertemuan kedua (rubrik terlampir)
c.    Pertemuan ketiga (rubrik terlampir)
d.   Pertemuan keempat (rubrik telampir)

1.    Titik Harsiati. 2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/M.Ts. Jakarta: Pusat Perbukuan ,Balitbang, Kemdikbud.
2.    Permendikbud No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Bahasa Indonesia. 30 November 2015
3.9   Mengidentifikasi
informasi dari teks
ekplanasi berupa paparan
kejadian suatu fenomena
alam yang diperdengarkan
atau dibaca dengan
memperhatikan struktur,
unsur kebahasaan, dan isi
secara tertulis
4.9 Meringkas isi teks
eksplanasi yang berupa
proses terjadinya suatu
fenomena dari beragam
sumber yang didengar
dan dibaca
Pengertian teks eksplanasi
Ciri-ciri teks eksplanasi
berdasar-kan pola/struktur
teks eksplanasi
Gagasan umum dalam teks
eksplanasi
Langkah-langkah
meringkas isi teks
eksplanasi berdasar-kan
·   gagasan umumnya
Mengamati suatu model teks
eksplanasi
Menyimpulkan pengertian, ciriciri
berdasarkan pola/struktur
teks eksplanasi
Mendata gagasan umum dam
teks eksplanasi
Meringkas isi teks eksplanasi
Memajang ringkasan teks
·         eksplanasi

1.   Teknik Penilaian
a.    sikap (Spiritual dan sosial)
1)      Observasi (Jurnal)
b.    Pengetahuan
1)      Tes Tertulis
c.    Keterampilan
1)      Produk
2)      Praktik
2.    Instrumen penilaian
a.    Pertemuan Pertama (Sampel butir soal terlampir)
b.    Pertemuan kedua (rubrik terlampir)
c.    Pertemuan ketiga (rubrik terlampir)
d.   Pertemuan keempat (rubrik telampir)

1.    Titik Harsiati. 2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/M.Ts. Jakarta: Pusat Perbukuan ,Balitbang, Kemdikbud.
2.    Permendikbud No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Bahasa Indonesia. 30 November 2015
Menelaah teks eksplanasi
berupa paparan kejadian
suatu fenomena alam
yang diperdengarkan atau
dibaca
4.10 Menyajikan informasi,
data dalam bentuk teks
eksplanasi proses
terjadinya suatu fenomena
secara lisan dan tulis
dengan memperhatikan
struktur, unsur
kebahasaan, atau aspek
lisan
Ragam isi teks eksplanasi
Struktur teks eksplanasi
Kaidah teks eksplanasi
Pola-pola pengembangan
·   teks eksplanasi
Mengamati model-model teks
eksplanasi
Mendata isi, struktur, dan
kaidah teks eksplanasi
Mendata peristiwa-peristiwa
yang terjadi di lingkungan
siswa tinggal sebagai bahan
menulis teks eksplanasi
Menulis teks eksplanasi sesuai
dengan kerangka/pola yang
telah dirancang
Memajang teks eksplanasi yang
disusun dan ringkaannya
1.    Teknik Penilaian
a.    sikap (Spiritual dan sosial)
1)      Observasi (Jurnal)
b.    Pengetahuan
1)      Tes Tertulis
c.    Keterampilan
1)      Produk
2)      Praktik
2.    Instrumen penilaian
a.    Pertemuan Pertama (Sampel butir soal terlampir)
b.    Pertemuan kedua (rubrik terlampir)
c.    Pertemuan ketiga (rubrik terlampir)
d.   Pertemuan keempat (rubrik telampir)

1.     Titik Harsiati. 2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/M.Ts. Jakarta: Pusat Perbukuan ,Balitbang, Kemdikbud.
2.     Permendikbud No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Bahasa Indonesia. 30 November 2015



Mengidentifikasi
informasi pada teks
ulasan tentang kualitas
karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah)
yang dibaca atau
diperdengarkan
4.11 Menceritakan kembali isi
teks ulasan tentang
kualitas karya (film,
cerpen, puisi, novel, karya
seni daerah) yang dibaca
atau didengar
Pengertian teks ulasan
Macam-macam teks ulasan
berdasar-kan isinya
Maksud/arti penting teks
ulasan
Kelebihan/kelemahan
dalam teks ulasan.

Mengamati suatu model teks
ulasan
Berdiskusi tentang pengertian
dan macam-macam isi teks ulasan
Mendiskusikan maksud dan
cara mengungkapkan kelebihan
dan kekurangan teks ulasan
Menuliskan informasi berupa
pernyataan kelebihan dan
kekurangan benda yang
terdapat pada teks ulasan
Membacakan kelebihan produk,
karya, benda pada teks ulasan
yang diidentifikasi
1.       Teknik Penilaian
a.    sikap (Spiritual dan sosial)
1)      Observasi (Jurnal)
b.    Pengetahuan
1)      Tes Tertulis
c.    Keterampilan
1)      Produk
2)      Praktik
2.   Instrumen penilaian
a.         Pertemuan Pertama (Sampel butir soal terlampir)
b.         Pertemuan kedua (rubrik terlampir)
c.         Pertemuan ketiga (rubrik terlampir)
d.        Pertemuan keempat (rubrik telampir)

1.     Titik Harsiati. 2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/M.Ts. Jakarta: Pusat Perbukuan ,Balitbang, Kemdikbud.
2.     Permendikbud No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Bahasa Indonesia. 30 November 2015
Menelaah struktur dan
kebahasaan teks ulasan
(film, cerpen, puisi, novel,
karya seni daerah) yang
diperdengarkan dan
dibaca
4.12 Menyajikan tanggapan
tentang kualitas karya
(film, cerpen, puisi, novel,
karya seni daerah, dll.)
dalam bentuk teks ulasan
secara lisan dan tulis
dengan memperhatikan
struktur, unsur
kebahasaan, atau aspek
lisan
Struktur teks ulasan:
1. orientasi
2. tafsiran 3.
rangkuman
4. evaluasi
Kaidah kebahasaan teks
ulasan
Cara menulis teks ulasan




Mendiskusikan struktur,
bahasaan, dan isi teks ulasan
produk, karya, atau benda
Mendata keunggulan dan
kelemahan/kekurangan produk,
karya, atau benda tertentu
sebagai bahan menulis teks
ulasan
Menulis teks ulasan dengan
memperhatikan struktur,
kaidah-kaidah bahasa, dan data
produk, karya, atau benda
Memajang teks ulasan untuk
dikomentari siswa lain
·         (perorangan/kelompok)
1.       Teknik Penilaian
a.    sikap (Spiritual dan sosial)
1)      Observasi (Jurnal)
b.    Pengetahuan
1)      Tes Tertulis
c.    Keterampilan
1)      Produk
2)      Praktik
2.    Instrumen penilaian
a.    Pertemuan Pertama (Sampel butir soal terlampir)
b.    Pertemuan kedua (rubrik terlampir)
c.    Pertemuan ketiga (rubrik terlampir)
d.   Pertemuan keempat (rubrik telampir)

1.     Titik Harsiati. 2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/M.Ts. Jakarta: Pusat Perbukuan ,Balitbang, Kemdikbud.
2.     Permendikbud No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Bahasa Indonesia. 30 November 2015
Mengidentifikasi jenis
saran, ajakan, arahan, dan
pertimbangan tentang
berbagai hal positif atas
permasalahan aktual dari
teks persuasi (lingkungan
hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman
budaya) yang didengar
dan dibaca
4.13 Menyimpulkan isi saran,
ajakan, arahan,
pertimbangan tentang
berbagai hal positif
permasalahan aktual dari
teks persuasi (lingkungan
hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman
budaya) yang didengar
dan dibaca
Pengertian dan is teks
persuasi
Ajakan-ajakan dalam teks
persuasi
• Langkah-langkah
1.      penyusunan kesimpulan
Mengamati model-model teks
persuasi
Berdiskusi tentang informasi
pada teks persuasi yang
didengarkan/dibaca dan cara
menyajikan ulang isinya
Merumuskan informasi yang
terdapat pada teks persuasi
sesuai dengan bagian-bagian
teks persuasi
Menyimpulkan cara
menyajikan informasi isi teks
persuasi
1.       Teknik Penilaian
a.    sikap (Spiritual dan sosial)
1)      Observasi (Jurnal)
b.    Pengetahuan
1)      Tes Tertulis
c.    Keterampilan
1)      Produk
2)      Praktik
2.    Instrumen penilaian
a.    Pertemuan Pertama (Sampel butir soal terlampir)
b.    Pertemuan kedua (rubrik terlampir)
c.    Pertemuan ketiga (rubrik terlampir
d.   Pertemuan keempat (rubrik telampir)

1.    Titik Harsiati. 2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/M.Ts. Jakarta: Pusat Perbukuan ,Balitbang, Kemdikbud.
2.     Permendikbud No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Bahasa Indonesia. 30 November 2015
3.14  Menelaah struktur dan
kebahasaan teks persuasi
yang berupa saran,
ajakan, dan pertimbangan
tentang berbagai
permasalahan aktual
(lingkungan hidup,
kondisi sosial, dan/atau
keragaman budaya, dll)
dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca
4.14 Menyajikan teks persuasi
(saran, ajakan, arahan,
dan pertimbangan) secara
tulis dan lisan dengan
memperhatikan struktur,
kebahasaan, atau aspek
lisan
Struktur dan unsur kebahasaan
teks persuasi
Menggunakaan konjungsi
supaya dan selagi
(pengayaan)
Cara menyajikan teks
persuasi
Penyiapan bujukan/ajakan
Memper-hatikan
struktur/kaidah teks ulasan
Mendiskusikan struktur,
kebahasaan, dan isi teks
persuasi
Mendata permasalahan aktual
yang perlu diangkat untuk
diberi masukan sebagai bahan
menulis teks persuasi
Mendiskusikan cara menyusun
teks persuasi tentang masalah
aktual tertentu dengan memperhatikan gagasan utama,
alasan dan bukti, saran, arahan,
atau ajakan, serta unsur
kebahasaan yang digunakan
Menulis teks persuasi sesuai
dengan memperhatikan struktur
dan kaidah kebahasaan teks
persuasi
Mempresentasikan teks
persuasi yang ditulis
1.       Teknik Penilaian
a.    sikap (Spiritual dan sosial)
1)      Observasi (Jurnal)
b.    Pengetahuan
1)      Tes Tertulis
c.    Keterampilan
1)      Produk
2)      Praktik
2.    Instrumen penilaian
a.    Pertemuan Pertama (Sampel butir soal terlampir)
b.    Pertemuan kedua (rubrik terlampir)
c.    Pertemuan ketiga (rubrik terlampir)
d.   Pertemuan keempat (rubrik telampir)

1.        Titik Harsiati. 2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/M.Ts. Jakarta: Pusat Perbukuan ,Balitbang, Kemdikbud.
2.        Permendikbud No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Bahasa Indonesia. 30 November 2015
Mengidentifikasi unsurunsur
drama (tradisional
dan modern) yang
disajikan dalam bentuk
pentas atau naskah
4.15 Menginterprestasi drama
(tradisional dan modern)
yang dibaca dan
ditonton/didengar
Pengertian/
karakteris-tik teks drama
Unsur-unsur teks drama
Penjelasan isi drama
1.      Tanggapan atas drama
Memperhatikan suatu model
teks drama
Merumuskan
pengertian/karakteristik drama
Mendiskusikan unsur-unsur dan
isi drama
Mengidentifikasi isi drama
Menanggapi dan melaporkan
secara lisan dan/atau tulis isi
drama yang ditonton
1.    Teknik Penilaian
a.    sikap (Spiritual dan sosial)
1)      Observasi (Jurnal)
b.    Pengetahuan
1)      Tes Tertulis
c.    Keterampilan
1)      Produk
2)      Praktik
2.    Instrumen penilaian
a.    Pertemuan Pertama (Sampel butir soal terlampir)
b.    Pertemuan kedua (rubrik terlampir)
c.    Pertemuan ketiga (rubrik terlampir)
d.   Pertemuan keempat (rubrik telampir)

1.     Titik Harsiati. 2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/M.Ts. Jakarta: Pusat Perbukuan ,Balitbang, Kemdikbud.
2.     Permendikbud No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Bahasa Indonesia. 30 November 2015.
Menelaah karakteristik
unsur dan kaidah
kebahasaan dalam teks
drama yang berbentuk
naskah atau pentas
4.16 Menyajikan drama dalam
bentuk pentas atau naskah
Karakteristik teks drama
berdasar-kan struktur dan
kaidahnya
Cara menulis naskah drama
dari karya yang sudah ada
dan yang orisinal
Langkah-langkah
·   pementasan drama
Mendiskusikan karakteristik
unsur drama dan kaidah
kebahasaan teks drama
Mendiskusikan cara menulis
teks drama dan penyajiannya
Menulis teks drama
Mementaskan drama secara
berkelompok
1.    Teknik Penilaian
a.    sikap (Spiritual dan sosial)
1)      Observasi (Jurnal)
b.    Pengetahuan
1)      Tes Tertulis
c.    Keterampilan
1)      Produk
2)      Praktik
2.    Instrumen penilaian
a.    Pertemuan Pertama (Sampel butir soal terlampir)
b.    Pertemuan kedua (rubrik terlampir)
c.    Pertemuan ketiga (rubrik terlampir)
d.   Pertemuan keempat (rubrik telampir)

1.     Titik Harsiati. 2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/M.Ts. Jakarta: Pusat Perbukuan ,Balitbang, Kemdikbud
2.     Permendikbud No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Bahasa Indonesia. 30 November 2015
Menggali dan
menemukan informasi
dari buku fiksi dan
nonfiksi yang dibaca
4.17 Membuat peta
konsep/garis alur dari
buku fiksi dan nonfiksi
yang dibaca
Literasi buku fiksi dan non fiksi
Keragaman informasi dalam
buku fiksi/nonfiksi
Informasi buku melalui
indeks
Catatan tentang isi buku
Teknik-teknik membaca
Mendiskusikan informasi dan
peta konsep alur dalam buku
fiksi dan nonfiksi
Membuat peta konsep alur dari
buku fiksi dan nonfiksi
Mempresentasikan informasi
peta konsep alur buku fiksi dan
nonfiksi
3.    Teknik Penilaian
a.    sikap (Spiritual dan sosial)
2)      Observasi (Jurnal)
b.    Pengetahuan
2)      Tes Tertulis
c.    Keterampilan
3)      Produk
4)      Praktik
4.    Instrumen penilaian
a.    Pertemuan Pertama (Sampel butir soal terlampir)
b.    Pertemuan kedua (rubrik terlampir)
c.    Pertemuan ketiga (rubrik terlampir)
Pertemuan keempat (rubrik telampir)


3.     Titik Harsiati. 2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/M.Ts. Jakarta: Pusat Perbukuan ,Balitbang, Kemdikbud
Permendikbud No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Bahasa Indonesia. 30 November 2015
Menelaah unsur buku
fiksi dan nonfiksi yang
dibaca
4.18 Menyajikan tanggapan
terhadap buku fiksi dan
nonfiksi yang dibaca
secara lisan/tertulis
Ungkapan dalam buku fiksi
Unsur-unsur menarik dalam
buku fiksi.
Daya tarik bacaan
Mendiskusi-kan isi buku.
Mendiskusikan unsur
kebahasaan dalam buku fiksi
Membuat tanggapan terhadap
buku fiksi
Menyajikanan tanggapan
terhadap buku fiksi
Memberikan komentar
terhadap tanggapan terhadap
buku fiksi
5.    Teknik Penilaian
a.    sikap (Spiritual dan sosial)
3)      Observasi (Jurnal)
b.    Pengetahuan
3)      Tes Tertulis
c.    Keterampilan
5)      Produk
6)      Praktik
6.    Instrumen penilaian
a.    Pertemuan Pertama (Sampel butir soal terlampir)
b.    Pertemuan kedua (rubrik terlampir)
c.    Pertemuan ketiga (rubrik terlampir)
Pertemuan keempat (rubrik telampir)

4.     Titik Harsiati. 2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/M.Ts. Jakarta: Pusat Perbukuan ,Balitbang, Kemdikbud
Permendikbud No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Bahasa Indonesia. 30 November 2015

Mengetahui
Kepala SMPN 4 Sodonghilir,




Hj. SURYAKANIA,S.Pd.,M.Pd.
NIP. 19661030 198803 2 008
Sodonghilir, Juli 2018
Guru Mata Pelajaran,




LINA NURHIDAYAH,S.Pd.
NIP.



/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}