Home » » SOLUSI DALAM MENGEMBANGKAN INDIKATOR

SOLUSI DALAM MENGEMBANGKAN INDIKATOR


1. Solusi-Solusi dalam Mengembangkan Indikator  yang sesuai dengan KD
Kemampuan Guru dalam memahami ketentuan merumuskan indikator Pencapaian KD akan mengantarkan guru dalam merumuskan Indikator yang benar, Perumusan Indikator yang benar akan menjadi tolak ukur dalam menentukan keberhasilan peserta didik dalam kompetensi yang diharapkan. Adapun pengertian dari Indikator adalah Prilaku yang dapat diukur atau diobservasi untuk menunjukan ketercapaian Kompetensi Dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran, Dalam mengembangkan  indikator dari KD ada dua  langkah yang dapat digunakan adalah sebagai berikut :
A.  Menganalisis tingkat Kompetensi yang digunakan pada KD,
langkah ini  dilakukan dengan cara melihat tingkat kompetensi yang terdapat pada Kompetensi Dasar. Kriteria yang dapat dilakukan dengan menganalisa kata kerja operasional (KKO) yang digunakan  dalam KD tersebut, apabila  tingkat kompetensi pada Ranah Kognitif  KD sampai pada level  C2(memhami)  maka indikator yang dikembangkan harus  mencapai kompetensi C2 hal ini untuk memenuhi tuntutan minimal dari kompetensi yang dijadikan acuan untuk mencapai standar nasional tetapi  bagi pendidik bukan hanya  sekedar penerapkan kata kerja operasinal C2  atau level bawah yang sudah ditentukan dari KD   tetapi untuk mengembangkan indikatornya bisa dengan kata kerja operasional melebihi kompetensi  dasar yang ada 
Contoh  KD dan  IPK yang satu Level yaitu kata kerja Operasional C1 (Mengetahui)
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Mengidentifikasi  unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar
3.3.1 Menjelaskan ciri tokoh, latar, alur, dan tema pada cerita fantasi dan menunjukan buktinya pada teks yang dibaca/didengar
Contoh KD dan IPK yang beda Level menggunakan Kata kerja Operasional   C1 dan  C3 C1( Mengetahui)   C3 (  mengaplikasikan )
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Mengidentifikasi  unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar
3.3.1 Menentukan jenis cerita fantasi dan menunjukan bukti pada teks yang dibaca dan didengar

Solusi yang dapat  dilakukan seorang guru ketika ada masalah dengan merumuskan IPK sesuai dengan KD adalah sebagai Berikut :
  1.  Guru harus mengetahui bahwa IPK itu di rumuskan Dari Kompetensi Dasar
  2.  Setiap KD  dikembangkan sekurang-kurangnya menjadi tiga IPK
  3. IPK pada umumnya dikembangkan sesuai dengan karakter siswa, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah.
  4. Guru harus mengetahui bahwa IPK dirumuskan menggunakan  kata kerja operasional  yang dapat di ukur atau yang menandai dikuasainya suatu kompetensi yang befungsi sebagai penanda perolehan kompetensi.
  5. Hanya mengandung satu tindakan dan satu materi.
  6. Rumusan Indikator  dapat dikembangkan menjadi beberapa Indikator Penilaian yang mencakup ranah kognitif afektif dan spikomotor
  7.  



/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}