1. Solusi-Solusi dalam Mengembangkan
Indikator yang sesuai dengan KD
Kemampuan Guru dalam memahami
ketentuan merumuskan indikator Pencapaian KD akan mengantarkan guru dalam
merumuskan Indikator yang benar, Perumusan Indikator yang benar akan menjadi tolak
ukur dalam menentukan keberhasilan peserta didik dalam kompetensi yang
diharapkan. Adapun pengertian dari Indikator adalah Prilaku yang dapat diukur
atau diobservasi untuk menunjukan ketercapaian Kompetensi Dasar tertentu yang
menjadi acuan penilaian mata pelajaran, Dalam mengembangkan indikator
dari KD ada dua langkah yang dapat digunakan adalah sebagai berikut :
A.
Menganalisis tingkat Kompetensi yang
digunakan pada KD,
langkah ini dilakukan dengan
cara melihat tingkat kompetensi yang terdapat pada Kompetensi Dasar. Kriteria
yang dapat dilakukan dengan menganalisa kata kerja operasional (KKO) yang
digunakan dalam KD tersebut, apabila tingkat kompetensi pada Ranah
Kognitif KD sampai pada level C2(memhami) maka indikator yang
dikembangkan harus mencapai kompetensi C2 hal ini untuk memenuhi tuntutan
minimal dari kompetensi yang dijadikan acuan untuk mencapai standar nasional
tetapi bagi pendidik bukan hanya sekedar penerapkan kata kerja
operasinal C2 atau level bawah yang sudah ditentukan dari KD
tetapi untuk mengembangkan indikatornya bisa dengan kata kerja operasional
melebihi kompetensi dasar yang ada
Contoh KD dan
IPK yang satu Level yaitu kata kerja Operasional C1 (Mengetahui)
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
3.3 Mengidentifikasi
unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar
|
3.3.1 Menjelaskan ciri tokoh, latar, alur, dan tema pada cerita fantasi dan menunjukan
buktinya pada teks yang dibaca/didengar
|
Contoh KD dan IPK yang beda Level menggunakan Kata
kerja Operasional C1 dan C3 C1( Mengetahui) C3 ( mengaplikasikan
)
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.3 Mengidentifikasi
unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar
|
3.3.1 Menentukan jenis cerita fantasi dan
menunjukan bukti pada teks yang dibaca dan didengar
|
Solusi yang
dapat dilakukan seorang guru ketika ada masalah dengan merumuskan IPK
sesuai dengan KD adalah sebagai Berikut :
- Guru harus mengetahui
bahwa IPK itu di rumuskan Dari Kompetensi Dasar
- Setiap KD
dikembangkan sekurang-kurangnya menjadi tiga IPK
- IPK pada umumnya dikembangkan
sesuai dengan karakter siswa, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi
daerah.
- Guru harus mengetahui bahwa IPK
dirumuskan menggunakan kata kerja operasional yang dapat di
ukur atau yang menandai dikuasainya suatu kompetensi yang befungsi sebagai
penanda perolehan kompetensi.
- Hanya mengandung satu tindakan
dan satu materi.
- Rumusan Indikator dapat
dikembangkan menjadi beberapa Indikator Penilaian yang mencakup ranah
kognitif afektif dan spikomotor
0 komentar:
Post a Comment