BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Berdasarkan Undang-Undang No
20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa Standar Nasional
Pendidikan salah satu diantaranya mencakup Standar Penilaian Pendidikan
yang harus ditingkatkan secara berencana dan berkala, Juga berdasarkan Peraturan
Mentri Pendidikan No 20 Tahun 2007 tentang
Standar Penilaian Pendidikan, Penilaian itu mencakup penilaian oleh pendidik, oleh
Satuan Pendidikan dan Penilaian oleh Pemerintah. Salah satu Penilaian yang dilaksanakan oleh Satuan
Pendidikan diantaranya Penilaian Akhir Semester (PAS) yang merupakan kegiatan yang dilakukan oleh
pendidik di akhir semesterGanjil, untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta
didik di akhir semesterGanjil pada
satuan pendidikan yang menggunakan sistem paket dan cakupannya meliputi seluruh
indikator yang mempresentasikan Kompetensi Dasar (KD) pada semester teresebut.
Penilaian Pendidikan
merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Sistem Pendidikan, yang merupakan
tolak ukur keberhasilan dari proses pembelajaran. Di samping itu Penilaian
dipakai untuk mengukur ketuntasan belajar siswa dalam mencapai kompetensi dasar yang telah ditentukan / yang
harus diselesaikan dalam setiap tahun pelajaran. Oleh karena itu di SMP Negeri
4 Sodonghilir sebagai institusi pendidikan perlu mengadakan Proforsi Soal
Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019
Untuk terlaksananya Penilaian
Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019
yang terencana dan terorganisir dengan baik sesuai dengan yang diharapkan, maka
kami Menyusun Program Kerja Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 supaya bisa dijadikan
sebagai pedoman pelaksanaan Penilaian Akhir Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019.
1.2 MAKSUD DAN
TUJUAN
Penilaian Akhir Semester Ganjil
Tahun Pelajaran 2018/2019 disusun dengan maksud untuk mengorganisir kegiatan Penilaian
Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019
agar terlaksana sesuai dengan yang diharapkan.
Adapun tujuan disusunnya
Program Kerja Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah:
a.
Sebagai
bahan acuan bagi POKJA dalam melaksanakan langkah-langkah kegiatan Penilaian Akhir Semester ( PAS )
b.
Agar semua
Panitia Penilaian Akhir Semester (PAS) dapat
mengetahui bidang garapannya masing-masing.
c.
Agar
pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) berjalan dengan lancar dan mencapai
hasil yang optimal.
1.3 LANDASAN
Pelaksanaan Penilaian Akhir
Semester Ganjil berlandaskan pada:
a.
Undang-Undang
No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
b.
PP No 28
Tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar dan Menengah
c.
PP No 19
Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
d.
Permen
Diknas No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan
Menengah
e.
Permen
Diknas No 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan
f.
Permendiknas
No. 23 tahun 2006 tentang Standar
Kompetensi Lulusan
g.
Permendiknas No. 41 tahun 2007 tentang Standar Proses
h.
Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia No. 47 tahun 2008 tentang Wajib Belajar
i.
Permendiknas No. 63 tahun 2009 tentang Sistem Penjaminan
Mutu Pendidikan
j.
Permendikbud
No. 54 tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan
Menengah
k.
Permendikbud No. 65 tahun 2013 tentang Standar Proses
Pendidikan Dasar dan Menengah
l.
Permendikbud No. 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian
Pendidikan
m. Surat Edaran Kepala Dinas Provinsi Jawa Barat Tahun 2007 tentang
Kalender Pendidikan
n.
Surat
Edaran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya Nomor 421.2/ /Disdik/2017 tentang Penilaian Akhir Semester semesterGanjil Tahun Pelajaran 2018/2019
o.
Hasil Rapat
Dinas Dewan Guru 10 Desember 2018 tentang
POKJA Penilaian Tengah Semester (PTS) Penilaian Akhir Semester (PAS), Penilaian
Akhir Tahun (PAT),TRY OUT, Ujian Sekolah( US) Ujian Sekolah Berstandar Nasional
(USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun
Pelajaran 2018/2019.
1.4 SASARAN
Sasaran Program Kerja Penilaian
Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019
adalah:
a.
Terlaksananya
Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan tertib dan lancar.
b.
Tercapainya
efektifitas dan efesiensi kerja
c.
Adanya
peningkatan hasil yang dicapai dalam pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS)
2018/2019 dari pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) sebelumnya.
d.
Terjaminnya
kerahasiahan pelaksanaan Penilaian Akhir Semester(PAS) 2018/2019.
e.
Terwujudnya
nilai Penilaian Akhir Semester (PAS) yang objektif.
1.5 SISTEMATIKA
PENULISAN
Sistematika penulisan
Program Kerja Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah sebagaii
berikut:
BAB I. PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
1.2
Maksud dan
Tujuan
1.3
Dasar Hukum
1.4
Sasaran
1.5
Sistematika
Penulisan
BAB II. PENGORGANISASIAN
2.1 Kepanitiaan
2.2 Uraian Tugas
Panitia
2.3 Peserta
BAB III RENCANA KEGIATAN
3.1 Matrik Kegiatan
3.2 Waktu dan Tempat
3.3 Mata Pelajaran Yang
diujikan
BAB IV
ANGGARAN BIAYA
4.1 SUMBER BIAYA.
4.2 RENCANA ANGGARAN
BAB V PENUTUP
5.1 SIMPULAN
5.2 SARAN
BAB II
PENGORGANISASIAN
2.1 KEPANITIAAN
a. Kelompok Kerja Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 Berdasarkan Hasil
Rapat dinas Dewan Guru , Kelompok Kerja Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 terdiri dari:
1.
Penanggungjawab : Kepala Sekolah
2.
Ketua : Hera
Hernawati, S.Ag
3.
Sekretaris : Indra Hadiat Permana, S.Pd
4.
Bendahara : Lina
Nurhidayah, S.Pd
5.
Anggota : Dadan
Cahyadi Sahbana, Ma.Pd
: Yeni Nuraeni, S.Pd
: Rima Amiyati
: Ahmad Sahidin
b. Penyusun Kisi-kisi dan Naskah Soal (terlampir)
c. Penyusun Naskah Soal (terlampir)
d. Penguji Penilaian Akhir
Semester (PAS) Praktik (terlampir)
e. Pengawas Penilaian Akhir Semester (PAS) (terlampir)
f. Pemeriksa Hasil Kerja Siswa (terlampir)
Sebagaimana tertera pada surat keputusan kepala sekolah nomor 423.5/ /SMPN.4-Sdh-2018 tanggal 18 September 2018 tentang Susunan Pokja Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian
Akhir Semester (PAS), Penilain Akhir Tahun (PAT), TRY OUT, Ujian Sekolah(US),
Ujian Berstandar Nasional( USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)
Tahun pelajaran 2018/2019
2.2 URAIAN
TUGAS PANITIA
a. Penanggung
Jawab
1. Bertanggung jawab atas pelaksanana Penilaian Akhir Semester Ganjil
Tahun Pelajaran 2018/2019.
2. Mengarahkan dan membimbing Panitia Pelaksana dalam pelaksanaan Penilaian
Akhir Semester (PAS) dalam menjalankan tugasnya masing-masing
b. Ketua POKJA
1. Menyusun Program Kerja
2. Mengatur pembagian tugas panitia
3. Mengatur pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019.
c.
Sekretaris
1. Menyiapkan dan menyusun Program Kerja bersama Ketua.
2. Menyiapkan dan menyusun Administrasi Penilaian Akhir Semester Ganjil
Tahun Pelajaran 2018/2019.
3. Menyiapkan dan menyusun laporan hasil Penilaian Akhir Semester Ganjil
Tahun Pelajaran 2018/2019.
4. Menyiapkan Perangkat / format Analisis Butir Soal.
d. Bendahara
1. Menyusun Rencana Anggaran Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019.
2. Menerima, menyimpan, mengeluarkan dan mempertanggung jawabkan penggunaan
Anaggaran Penyelenggaraan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019.
e.
Anggota
1. Menyiapkan dan membagikan Format kisi-kisi dan kartu soal kepada
guru penyusun kisi-kisi dan naskah soal.
2. Menelaah dan merevisi soal sebelum dan sesudah masuk tikrai.
3. Menggandakan dan mengepak soal yang sudah di tikrai
4. Mendata siswa peserta Penilaian Akhir Semester (PAS)
5. Membuat legitimasi dan
nomor peserta
6. Membuat denah/peta lokasi penyelenggaraan Penilaian Akhir Semester
(PAS) 2018/2019.
7. Menyiapkan Ruang Panitia dan Ruang Ulangan.
8. Mengumpulkan,mengecek dan mendistribusikan Hasil Pekerjaan Siswa
dan mendistribusikan kepada Pemeriksa .
9. Mengkordinir Nilai Penilaian Akhir Semester (PAS) dari Pemeriksa/ Guru
mata pelajaran dan mendistribusikannya kepada wali Kelas.
10. Menyiapkan dan mendistribusikan format-format administrasi yang
diperlukan oleh pengawas, penyusun kisi-kisi /naskah soal, pemeriksa dan penguji Penilaian Akhir Semester Praktikum
f.
Penyusun Kisi-kisi dan Naskah Soal
1. Menyusun Kisi-kisi Penilaian Akhir Semester (PAS)
2. Menyusun Naskah soal.
g. Penguji
Praktikum
1. Melaksanakan Ulangan praktikum sesuai dengan Kisi-kisi yang telah
dibuat.
2. Membuat laporan berupa nilai Penilaian Akhir Semester Praktikum
h. Pengawas Penilaian
Akhir Semester
1. Melakukan Pengawasan Penilaian Akhir Semester sesuai
dengan jadwal yang telah dibuat oleh POKJA
2. Melaksanakan Tata Tertib Pengawas Penilaian Akhir Semester 2018/2019
i.
Pemeriksa Hasil Pekerjaan Siswa.
1.
Memeriksa
hasil Pekerjaan Siswa.
2.
Mengolah
nilai Hasil Pekerjaan Siswa
3.
Membuat
Laporan berupa nilai Penilaian Akhir Semester
dan nilai Raport.
4.
Mengisi
Rekapitulasi nilai Penilaian Akhir Semester
.
5.
Menyusun
Analisis Butir Soal
2.3 PESERTA
Peserta Penilaian Akhir Semester SMP Negeri 4 Sodonghilir Tahun
Pelajaran 2018/2019 terdiri dari:
Kelas VII : 32 Orang ; Laki-laki
13 Orang
Perempuan
19 Orang
Kelas VIII : 38 Orang; Laki-laki 23
Orang
Perempuan 15
Orang
Kelas IX : 48 Orang; Laki-laki
34 Orang
Perempuan
14 Orang
Jumlah :
118
Orang
Daftar Peserta Terlampir;
Tata Tertib Peserta terlampir.
BAB III
RENCANA KEGIATAN
3.1 MATRIK
KEGIATAN
Kegiatan Penilaian Akhir Semester terdiri
dari kegiatan sebagai berikut:
a.
Persiapan,
meliputi:
· Pembagian Tugas Pokja
· Penyusunan Kisi-Kisi
· Penulisan Soal
· Kajian Soal / Revisi Soal
· Perakitan Perangkat Test
· Penggandaan Soal
· Persiapan Administrasi
· Persiapan Ruangan
b.
Pelaksanaan
, meliputi :
· Penilaian Akhir Semester praktik
· Penilaian Akhir Semester
Tulis
· Pemeriksaan Hasil Kerja Siswa
c.
Pelaporan,
meliputi:
· Penilaian
·
Rekapitulasi
Nilai
·
Analisis
Butir Soal
·
Laporan
nilai hasil Penilaian Akhir Semester Ganjil, terdiri dari : nilai tertinggi,
nilai terendah, rata-rata dan rentang nilai.
3.2 WAKTU DAN
TEMPAT
a.
Waktu
· Persiapan dari Tanggal 15
Oktober – 25 November 2018
· Pelakasanaan Penilaian Akhir Semeter praktik tanggal 26 November 2018
( Jadwal Terlampir)
· Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Tulis dilaksanakan dari Tanggal 26
November s.d. 01 Desember 2018
· Pemeriksaan dan Pengolahan Nilai dilaksanakan dari
tanggal 02 s.d.
13 Desember 2018
· Pelaporan hasil Penilaian Akhir Semester dilaksanakan tanggal dari tanggal 14 Desember 2018
b.
Tempat
Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester SMP
Negeri 4 Sodonghilir 2018/2019 dilaksanakan dengan menggunakan Ruangan sebanyak
4 Ruang. Ruangan yang akan digunakan yaitu Ruang Kelas VII, VIII A, VIIIB, IX A
Ruang POKJA Kelas IXB
(Denah Terlampir)
3.3 MATA
PELAJARAN YANG DIUJIKAN
Mata Pelajaran yang diujikan pada Penilaian Akhir Semester Ganjil 2018/2019 adalah sebagai berikut:
A.
Mata Pelajaran Kurikulum 2013
NO
|
MATA PELAJARAN
|
PENILAIAN AKHIR SEMESTER TULIS
|
PENILAIAN AKHIR SEMESTER PRAKTIK
|
KET
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
|
Pendidikan Agama Dan
Budi Pekerti
Pendidikan Pancasila
Dan Kewarganegaraan
Bahasa Indonesia
Matematika
Ilmu Pengetahuan
Alam
Ilmu Pengetahuan
Sosial
Bahasa Inggris
Seni
Budaya
Penjasorkes
Prakarya
Bahasa
Sunda
|
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
|
ü
-
ü
-
ü
-
ü
ü
ü
ü
ü
|
|
B.
Mata Pelajaran Kurikulum KTSP 2006
NO
|
MATA PELAJARAN
|
PENILAIAN AKHIR SEMESTER TULIS
|
PENILAIAN AKHIR SEMESTER PRAKTIK
|
KET
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
|
Pendidikan
Agama Islam
Pendidikan
Kewarganegaraan
Bahasa
Inddonesia
Bahasa Inggris
Matematika
Ilmu Pengetahuan
Alam
Ilmu Pengetahuan
Sosial
Seni Budaya
Penjasorkes
Tata Boga
Pertanian
Teknologi Informasi
Dan Komunikasi
Bahasa Sunda
Pendidikan
Lingkungan Hidu p
|
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
-
-
-
-
ü
ü
-
|
ü
-
ü
ü
-
ü
-
ü
ü
ü
ü
ü
ü
ü
|
|
3.4 PERIVIKASI
NILAI
Perivikasi nilai merupakan perivikasi nilai raport peserta hasil
olahan dari nilai proses pembelajaran, ulangan harian, nilai praktikum, Nilai
tengah Semester dan Nilai akhir semester, Untuk Kurikulum KTSP 2006 dengan
rumus sebagai berikut:
Nilai raport = (NH + Tugas + PTS+ PAS : 4
Untuk Penilaian Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:
1.
Nilai
Spritual
2.
Nilai
Sosial
3.
Nilai
Pengetahuan dan
4.
Nilai
keterampilan
Perivikasi nilai akan
dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2017
3.5 PEMBAGIAN
RAPORT
Untuk mengkomunikasikan hasil belajar peserta didik selama satu
semester dengan orang tua peserta didik maka buku laporan peserta didik diberikan
pada tanggal 14 Desember 2018 kepada orang tua atau wali yang hadir di SMP
Negeri 4 Sodonghilir.
BAB IV
ANGGARAN BIAYA
4.1. SUMBER
BIAYA.
Sumber Biaya penyelenggaraan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun
pelajaran 2018/2019 dIbebankan kepada BOS.
4.2. RENCANA
ANGGARAN
Rencana Anggaran Biaya Penyelenggaraan Penilaian Akhir Semester Ganjil tahun
2018/2019 berdaasarkan RKAS tahun 2018/2019 yang bersumber dari BOS terdiri dari:
a.
Operasional Kegiatan Penilaian
Akhir Semester
8.1
|
Penyelenggaraan Penilaian Akhir
Semester 1
|
volume
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
||||||
8.1.1
|
Penggandaan naskah soal Penilaian Akhir
Semester
|
118
|
ssw
|
x
|
1sm
|
x
|
9 mp
|
1188
|
2.500
|
2.970.000
|
BAB V
PENUTUP
5.1 SIMPULAN
Program Kerja Penilaian Akhir Semester semester
Ganjil tahun pelajaran 2018/2019 merupakan
pedoman dalam penyelenggaraan Penilaian
Akhir Semester 2018/2019, agar langkah kerja panitia terarah
dan terorganisir dengan baik.
5.2 SARAN
Porgram kerja tidak merupakan jaminan
bagi berhasilnya suatu kegiatan dalam pencapaian suatu tujuan, tetapi kerja
keras , semangat pengabdian dan ketekunan para pelaksana / panitia akan
memberikan sumbangsih yang sangat besar
dan paling berharga terhadap upaya pencapaian tujuan.
Karena itu Program Kerja Penilaian Akhir
Semester Ganjil 2018/2019 hanya akan berarti bila setiap pelaksana/panitia
bersedia bekerja keras, tekun, dan penuh rasa tanggung jawab akan tugas yang
diembannya demi tercapainya keamanan, ketertiban, kelancaran dan keberhasilan Penilaian Akhir Semester 2018/2019.
PERSIAPAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER
NO
|
NAMA
|
PENYELESAIAN
|
||
KONSEP
|
TIK
|
PRINT
|
||
1.
|
PROGRAM KERJA
|
|
|
|
2.
|
SK-SK
|
|
|
|
3.
|
NOMOR PESERTA
|
|
|
|
4.
|
DAFTAR PESERTA TIAP RUANG
|
|
|
|
5.
|
DENAH TEMPAT DUDUK PESERTA
|
|
|
|
6.
|
LEGITIMASI
|
|
|
|
7.
|
DAFTAR HADIR POKJA
|
|
|
|
8.
|
DAFTAR HADIR PENGAWAS
|
|
|
|
9.
|
DAFTAR SERAH TERIMA BAHPEN
|
|
|
|
10.
|
JADWAL MENGAWAS
|
|
|
|
11.
|
NOMOR MEJA PESERTA
|
|
|
|
12.
|
DAFTAR NILAI PERKELAS
|
|
|
|
13.
|
REKAPITULASI NILAI / TALLY
|
|
|
|
14.
|
FORMAT ANALISIS BUTIR
SOAL
|
|
|
|
15.
|
JADWAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER
|
|
|
|
16.
|
DENAH RUANG PENILAIAN AKHIR SEMESTER
|
|
|
|
17.
|
SURAT PERNYATAAN MENJAGA KERAHASIAHAN
|
|
|
|
18.
|
TATA TERTIB PENGAWAS PENILAIAN AKHIR SEMESTER
|
|
|
|
19.
|
TATA TERTIB PESERTA PENILAIAN AKHIR SEMESTER
|
|
|
|
20.
|
ETIKET MAP
|
|
|
|
21.
|
ANGGARAN BIAYA
|
|
|
|
22.
|
AMPLOP SOAL/ETIKET AMPLOP
|
|
|
|
23.
|
LJK
|
|
|
|
0 komentar:
Post a Comment