RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Pasundan 1 Kota Bandung
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Materi
Pokok : Teks Puisi
Kelas/Semester : VIII/I
Alokasi Waktu : 6 JP (6 x
40 menit)
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI-3
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
K2-4
|
Mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
|
KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN
|
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
3.8
|
Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan,lingkungan hidup,
kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca
|
3.8.1
|
Merinci bahasa figuratif sebagai salah
satu unsur fisik pembangun teks puisi.
|
3.8.2
|
Menelaah makna konotasi dari bahasa figuratif
dalam setiap bait teks puisi
|
||
3.8. 2
|
Menelaah isi teks puisi berdasarkan makna
konotasi dan hahasa figuratif dalam setisp
bait teks puisi
|
||
|
KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN
|
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
4.8
|
Menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/ lisan dengan memperhatikan
unsur-unsur pembangun puisi
|
4.8.1
|
Merancang
gagasan dalam bentuk teks puisi secara
tertulis dengan memperhatikan makna
konotasi dan bahasa figuratif
|
4.8.2
|
Merancang perasaan
dalam bentuk teks puisi secara
tertulis dengan memperhatikan bahasa figuratif
|
||
4.8.3
|
Menulis gagasan, perasaan dan
pendapat dalam bentuk teks puisi dengan memperhatikan gaya
bahasa sebagai unsur pembangun teks puisi
|
C.
Tujuan Pembelajaran
1
|
Setelah mengamati lirik lagu tulus berjudul
sepatu peserta didik dapat merinci
bahasa figuratif sebagai unsur fisik
teks puisi
|
2.
|
Setelah mengamati lirik
lagu tulus berju dul sepatu peserta
didik dapat menelaah makna
konotatif dari bahasa
figuratif dalam tiap-tiap bait dengan tepat dan cermat
|
3.
|
Setelah mengamati video
puisi doa chairil anwar peserta didik
dapat menelaah isi puisi berdasarkan
makna konotasi dari bahasa figuratif
teks puisi
|
4.
|
Setelah
mengamati teks puisi yang berjudul doa
karya chairil anwar peserta didik
dapat merancang gagasan,dan pendapat dalam bentuk teks puisi
berorientasi terhadap bahasa figuratif
secara tertulis dengan benar dan
percaya diri
|
5.
|
Setelah
merancang gagasan dan pendapat dalam
bentuk teks puisi peserta didik dapat merancang perasaan dan
dalam bentuk teks puisi berorientasi bahasa figuratif secara tertulis dengan benar dan percaya diri
|
6
|
Setelah merancang gagasan, pendapat dan perasaan peserta didik dapat membuat teks puisi berorientasi
terhadap bahasa figuratif dengan tepat
dan kreatif
|
D. Jenis
Media
1. Rumah kalimat dan jendela kata
2. Salindia
3. Video lagu sepatu ciptaan tulus
E. Bahan
2.
karton warna
3.
sterefoom
4. gambar hias
5. Stik kayu
F.
Alat:
1. Komputer
2. Gunting
3. Kater
4. Lem
5. Dabeltif
G. Langkah
Pembuatan
Proses pembuatan media pembelajaran rumah kalimat dan
kartu kata yaitu sebagai berikut.
1. Sediakanlah 5 sterofoam untuk dijadikan bahan membuatan
media rumah kalimat dan kartu kata
2.
Buatlah potongan kecil dari sterofoam untuk dijadikan jendela kata dan jendela kalimat
3.
Hiasi dengan berbagai teknik
4.
tempelkan stik kayu di bagian atasnya sehingga menjadi bentuk segitiga
H. Langkah
Penerapan dalam Pembelajaran
1. Peserta didik menyimak penjelasan dari pendidik
mengenai proses pembelajaran
mericinci gaya bahasa dengan
media rumah kalimat dan jendela
kata
2. Peserta
didik dari tiap-tiap kelompok tampil bergantian untuk mengambil jendela kata
untuk di tempelkan dalam rumah
kalimat sesuai dengan pasangannya
3.
Tiap-tiap
kelompok dapat merinci gaya bahasa dengan tepat dan disiplin
4. Tiap-tiap
kelompok mempresentasikan hasil kerjanya
di depan kelas dan kelompok yang lain menanggapinya
5.
Peserta
didik Bersama pendidik melakukan refleksi
0 komentar:
Post a Comment