Home » » RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS PUISI KANTONG AJAIB DORAEMON

RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS PUISI KANTONG AJAIB DORAEMON


RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN

TEKS  PUISI

untuk kelas  VIII
PPG dalam Jabatan Program Studi Bahasa Indonesia





Oleh
INDRA HADIAT PERMANA
Kelas A
No. Peserta PPG:


 














PPG DALAM JABATAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PASUNDAN
BANDUNG
2019




RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN


Sekolah                       :     SMP  1  Sodonghilir
Mata pelajaran        :     Bahasa Indonesia
Materi Pokok           :   Teks  Puisi
Kelas/Semester      :     VIII/I
Alokasi Waktu        :     6 JP (6 x 40 menit)

A.       Kompetensi Inti (KI)
KI-3
Memahami  dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
K2-4
Mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (KI)

Kompetensi Dasar  Pengetahuan

Indikator Pencapaian Kompetensi Pengetahuan
3..8
Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan,lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca.
3.8.1


Merinci unsur-unsur    fisik  dan  batin teks puisi  yang diperdengarkan atau yang di baca
3.8.2
Menelaah unsur-unsur fisik dan batin pembangun teks  puisi  yang diperdengarkan atau yang di baca

Kompetensi Dasar Keterampilan

Indikator Pencapaian Kompetensi
Keterampilan
4.8
Menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi  secara tulis/ lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi
4.8.1
Merancang gagasan, perasaan dan  pendapat dalam bentuk teks puisi secara tertulis / lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi
4.8.2
Menulis  gagasan, perasaan dan pendapat dalam bentuk teks puisi dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi

C.        Materi Pembelajaran
1

Setelah mengamati dan mendiskusi  unsur-unsur fisik dan batin teks puisi yang berjudul  Aku  karya  chairil anwar   peserta didik mampu merinci  unsur fisik dan batin teks puisi dengan benar dan sikap  jujur
2
Setelah mendiskusikan unsur-unsur fisik dan batin teks puisi yang berjudul   Aku  Chairil anwar   karya Chairil Anwar, peserta didik mampu  menelaah unsur fisik dan batin teks puisi  dengan   tepat dan tanggung jawab
3
Setelah menelaah unsur fisik dan batin teks puisi peserta didik dapat  Merancang gagasan, perasaan dan pendapat dalam bentuk teks puisi secara tertulis / lisan dengan memperhatikan unsur fisik dan batin teks puisi dengan benar dan percaya diri.
4
 Setelah merancang  gagasan, perasaan dan pendapat dalam bentuk teks puisi  berjudul Aku  karya Chairil Anwar dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi peserta  didik dapat membuat gagasan, perasaan dan pendapat dalam bentuk teks puisi dengan memperhatikan unsur fisik dan batin  pembangun puisi dengan  tepat  dan kreatif

D.       Jenis Media
1.       Kantong  pintar doraemon
2.       Salindia
E.        Bahan
2.       Tik
3.       karton  warna
4.       sterefoom


F.        Alat:
1.       Komputer
2.       Gunting
3.        Kater
4.       Lem


G.       Langkah Pembuatan
Proses pembuatan media pembelajaran balon kalimat yaitu sebagai berikut.
1.      Buatlah  potongan boneka doraemon lalu buatlah kantongnya
2.      Lalu potonglah sterofom menjadi segi 4   dan di bagi menjadi beberapa bagian
3.      Setelah di potong tempelkan berpasangan  


H.       Langkah Penerapan dalam Pembelajaran
1.    Tiap-tiap  kelompok  diberikan media kantong pintar doraemon peserta didik diperintahkan untuk merinci bagian dari unsur batin dan fisik
2.    Peserta didik   secara berkelompok maju bergantian untuk mengambil kartu pintar dari kantong doraemon
3.  Setiap  orang dari kelempoknya mengambil kartu  yang ada   dalam  kantong keberuntungan  lalu di tempelnya
4.      Setelah itu saling bergantian mengambil karu tersebut  lalu menempelnya
5.      Peserta didik merinci unsur batin dan fisik  teks puisi lalu menelaahnya
6.      Peserta didik Bersama pendidik melakukan refleksi



Desain Media Pembelajaran 

















/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}