RANCANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN
TEKS PUISI
untuk kelas VIII
PPG dalam Jabatan Program
Studi Bahasa Indonesia
Oleh
INDRA HADIAT PERMANA
Kelas A
No. Peserta PPG:
PPG DALAM JABATAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PASUNDAN
BANDUNG
2019
RANCANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP 1
Sodonghilir
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Materi Pokok : Teks Puisi
Kelas/Semester : VIII/I
Alokasi Waktu : 6 JP (6 x 40 menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-3
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
K2-4
|
Mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
Kompetensi Dasar
Pengetahuan
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi Pengetahuan
|
||
3..8
|
Menelaah
unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan,lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca.
|
3.8.1
|
Merinci unsur-unsur
fisik dan batin teks puisi yang diperdengarkan atau yang di baca
|
3.8.2
|
Menelaah
unsur-unsur fisik dan batin pembangun teks
puisi yang diperdengarkan atau
yang di baca
|
||
Kompetensi Dasar Keterampilan
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Keterampilan
|
||
4.8
|
Menyajikan
gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/ lisan dengan memperhatikan
unsur-unsur pembangun puisi
|
4.8.1
|
Merancang
gagasan, perasaan dan pendapat dalam
bentuk teks puisi secara tertulis / lisan dengan memperhatikan unsur-unsur
pembangun puisi
|
4.8.2
|
Menulis gagasan, perasaan dan pendapat dalam bentuk
teks puisi dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi
|
C.
Materi
Pembelajaran
1
|
Setelah mengamati dan mendiskusi unsur-unsur fisik dan batin teks puisi yang
berjudul Aku karya chairil anwar peserta didik mampu merinci unsur fisik dan batin teks puisi dengan benar dan sikap
jujur
|
2
|
Setelah mendiskusikan unsur-unsur
fisik dan batin teks puisi yang berjudul
Aku Chairil anwar karya Chairil Anwar, peserta didik
mampu menelaah unsur fisik dan batin
teks puisi dengan tepat dan
tanggung jawab
|
3
|
Setelah menelaah unsur
fisik dan batin teks puisi peserta didik dapat Merancang gagasan, perasaan dan
pendapat dalam bentuk teks puisi secara tertulis / lisan dengan memperhatikan
unsur fisik dan batin teks puisi dengan benar dan percaya diri.
|
4
|
Setelah
merancang gagasan, perasaan dan
pendapat dalam bentuk teks puisi
berjudul Aku karya Chairil
Anwar dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi peserta didik dapat membuat gagasan, perasaan dan
pendapat dalam bentuk teks puisi dengan memperhatikan unsur fisik dan
batin pembangun puisi dengan tepat
dan kreatif
|
D. Jenis Media
1. Kantong pintar
doraemon
2. Salindia
E.
Bahan
2. Tik
3. karton warna
4. sterefoom
F.
Alat:
1. Komputer
2. Gunting
3. Kater
4. Lem
G. Langkah Pembuatan
Proses pembuatan media pembelajaran balon
kalimat yaitu sebagai berikut.
1.
Buatlah potongan
boneka doraemon lalu buatlah kantongnya
2.
Lalu
potonglah sterofom menjadi segi 4 dan di bagi menjadi beberapa bagian
3.
Setelah
di potong tempelkan berpasangan
H. Langkah Penerapan dalam Pembelajaran
1. Tiap-tiap kelompok
diberikan media kantong pintar doraemon peserta didik diperintahkan
untuk merinci bagian dari unsur batin dan fisik
2. Peserta didik
secara berkelompok maju bergantian untuk mengambil kartu pintar dari
kantong doraemon
3. Setiap orang dari
kelempoknya mengambil kartu yang
ada dalam kantong keberuntungan lalu di tempelnya
4.
Setelah itu saling bergantian mengambil karu tersebut lalu menempelnya
5.
Peserta didik merinci unsur batin dan fisik teks puisi lalu menelaahnya
6.
Peserta didik Bersama pendidik melakukan refleksi
Desain Media Pembelajaran
0 komentar:
Post a Comment