RANCANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN
TEKS  PUISI 
untuk kelas  VIII
PPG dalam Jabatan Program
Studi Bahasa Indonesia
Oleh
INDRA HADIAT PERMANA
Kelas A
No. Peserta PPG: 
PPG DALAM JABATAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN 
UNIVERSITAS PASUNDAN
BANDUNG
2019
RANCANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN
Sekolah                       :     SMP  1 
Sodonghilir 
Mata pelajaran        :     Bahasa
Indonesia
Materi Pokok           :   Teks  Puisi 
Kelas/Semester      :     VIII/I
Alokasi Waktu        :     6 JP (6 x 40 menit)
A.       Kompetensi Inti (KI)
KI-3 
 | 
  
Memahami  dan menerapkan pengetahuan (faktual,
  konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
  pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
  mata 
 | 
 
K2-4 
 | 
  
Mengolah,
  dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
  memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
  menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
  sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 
 | 
 
Kompetensi Dasar 
  Pengetahuan 
 | 
  
  
Indikator Pencapaian
  Kompetensi Pengetahuan 
 | 
  
 ||
3..8 
 | 
  
  
Menelaah
  unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan,lingkungan hidup, kondisi
  sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca. 
 | 
  
  
3.8.1 
 | 
  
  
Merinci unsur-unsur   
  fisik  dan  batin teks puisi  yang diperdengarkan atau yang di baca  
 | 
  
 
3.8.2 
 | 
  
  
Menelaah
  unsur-unsur fisik dan batin pembangun teks 
  puisi  yang diperdengarkan atau
  yang di baca  
 | 
  
 ||
Kompetensi Dasar Keterampilan 
 | 
  
  
Indikator
  Pencapaian Kompetensi  
Keterampilan  
 | 
  
 ||
4.8 
 | 
  
  
Menyajikan
  gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi  secara tulis/ lisan dengan memperhatikan
  unsur-unsur pembangun puisi 
 | 
  
  
4.8.1 
 | 
  
  
Merancang
  gagasan, perasaan dan  pendapat dalam
  bentuk teks puisi secara tertulis / lisan dengan memperhatikan unsur-unsur
  pembangun puisi 
 | 
  
 
4.8.2 
 | 
  
  
Menulis  gagasan, perasaan dan pendapat dalam bentuk
  teks puisi dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi 
 | 
  
 
C.       
Materi
Pembelajaran
1 
 | 
  
Setelah mengamati dan mendiskusi  unsur-unsur fisik dan batin teks puisi yang
  berjudul  Aku  karya  chairil anwar   peserta didik mampu merinci  unsur fisik dan batin teks puisi dengan benar dan sikap 
  jujur 
 | 
 
2 
 | 
  
Setelah mendiskusikan unsur-unsur
  fisik dan batin teks puisi yang berjudul 
   Aku  Chairil anwar   karya Chairil Anwar, peserta didik
  mampu  menelaah unsur fisik dan batin
  teks puisi  dengan   tepat dan
  tanggung jawab 
 | 
 
3 
 | 
  
Setelah menelaah unsur
  fisik dan batin teks puisi peserta didik dapat  Merancang gagasan, perasaan dan
  pendapat dalam bentuk teks puisi secara tertulis / lisan dengan memperhatikan
  unsur fisik dan batin teks puisi dengan benar dan percaya diri. 
 | 
 
4 
 | 
  
 Setelah
  merancang  gagasan, perasaan dan
  pendapat dalam bentuk teks puisi 
  berjudul Aku  karya Chairil
  Anwar dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi peserta  didik dapat membuat gagasan, perasaan dan
  pendapat dalam bentuk teks puisi dengan memperhatikan unsur fisik dan
  batin  pembangun puisi dengan  tepat 
  dan kreatif 
 | 
 
D.       Jenis Media
1.       Kantong  pintar
doraemon 
2.       Salindia 
E.       
Bahan
2.       Tik 
3.       karton  warna
4.       sterefoom
F.       
Alat: 
1.       Komputer
2.       Gunting 
3.        Kater 
4.       Lem 
G.       Langkah Pembuatan
Proses pembuatan media pembelajaran balon
kalimat yaitu sebagai berikut.
1.     
Buatlah  potongan
boneka doraemon lalu buatlah kantongnya
2.     
Lalu
potonglah sterofom menjadi segi 4   dan di bagi menjadi beberapa bagian 
3.     
Setelah
di potong tempelkan berpasangan  
H.       Langkah Penerapan dalam Pembelajaran
1.    Tiap-tiap  kelompok 
diberikan media kantong pintar doraemon peserta didik diperintahkan
untuk merinci bagian dari unsur batin dan fisik 
2.    Peserta didik  
secara berkelompok maju bergantian untuk mengambil kartu pintar dari
kantong doraemon 
3.  Setiap  orang dari
kelempoknya mengambil kartu  yang
ada   dalam  kantong keberuntungan  lalu di tempelnya 
4.     
Setelah itu saling bergantian mengambil karu tersebut  lalu menempelnya 
5.     
Peserta didik merinci unsur batin dan fisik  teks puisi lalu menelaahnya 
6.     
Peserta didik Bersama pendidik melakukan refleksi
Desain Media Pembelajaran 



0 komentar:
Post a Comment