RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
TEKS TANGGAPAN
untuk kelas IX Semester 1
PPG dalam Jabatan Program Studi Bahasa Indonesia
Oleh,
PPG
DALAM JABATAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
PASUNDAN
BANDUNG
2019
...................................................................................................................................................................
RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP IT AL-Faqih
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Materi
Pokok : Teks Tanggapan
Kelas/Semester : IX/ 1
Alokasi Waktu : 6 JP (6 x
40 menit)
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 3
|
:
|
Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI 4
|
:
|
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret
dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain
yang sama dalam sudut pandang teori.
|
Kompetensi
Dasar
|
IPK
|
||
3.7
|
Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan,
atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau
keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca.
|
3.7.1
|
Merumuskan pengertian teks tanggapan
|
3.7.2
|
Mengidentifikasi kritik dari teks tanggapan yang dibaca
|
||
3.7.3
|
Mengidentifikasi sanggahan dari teks tanggapan yang
dibaca
|
||
3.7.4
|
Mengidentifikasi pujian dari teks tanggapan yang dibaca
|
||
4.7
|
Menyimpulkan isi teks tanggapan berupa kritik,
sanggahan, atau pujian (mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau
keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
|
4.7.1
|
Menyimpulkan kritik dari teks tanggapan yang dibaca
|
4.7.2
|
Menyimpulkan sanggahan dari teks tanggapan yang dibaca
|
||
4.7.3
|
Menyimpulkan pujian dari teks tanggapan yang dibaca
|
1.
Setelah membaca teks
tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”, peserta didik mampu
merumuskan pengertian teks tanggapan dengan benar dan percaya diri.
2.
Setelah mendiskusikan
teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”, peserta didik
mampu mengidentifikasi kritik dari teks tanggapan yang dibacanya dengan tepat
dan bertanggung jawab.
3.
Setelah mendiskusikan
teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”, peserta didik
mampu mengidentifikasi sanggahan dari teks tanggapan yang dibaca dengan benar
dan percaya diri.
4.
Setelah mendiskusikan
teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”, peserta didik
mampu mengidentifikasi pujian dari teks tanggapan yang dibaca dengan benar dan
percaya diri.
5.
Setelah mendiskusikan
teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”, peserta didik
mampu menyimpulkan kritik dari teks tanggapan yang dibaca dengan benar dan
percaya diri.
6.
Setelah mendiskusikan
teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”, peserta didik
mampu menyimpulkan sanggahan dari teks tanggapan yang dibaca dengan benar dan
jujur.
7.
Setelah mendiskusikan
teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”, peserta didik
mampu menyimpulkan pujian dari teks tanggapan yang dibaca dengan benar dan
percaya diri.
D.
Materi Pembelajaran
1. Pengertian
teks tanggapan, ciri kalimat kritik, ciri kalimat sanggahan, dan ciri kalimat
pujian dalam teks tanggapan.
2. Cara
menyimpulkan isi teks tanggapan.
E. Jenis
Media
1. Balon
Kalimat
2. Salindia
F.
Bahan
2.
Karton putih polos
3.
Karton berwarna
4.
Kertas origami
5.
Balon
6.
Tali / pita
7.
Lem/ perekat ganda.
G. Alat:
1. Komputer
2. Spidol
aneka warna
3. Jarum
4. Gunting
5. Jarum
tekan (push pin)
6. Kursi
sebanyak jumlah anggota kelompok dikurangi satu
H. Langkah
Pembuatan
Proses pembuatan media pembelajaran balon kalimat yaitu sebagai
berikut.
1.
Siapkan
teks tanggapan yang akan dibuat permainan (game).
2.
Pilah
kalimat kritik, sanggahan, dan pujian dalam teks tanggapan tersebut.
3.
Cetak teks
tanggapan yang telah dipilah.
4.
Guntinglah teks
tanggapan tersebut berdasarkan jenis kalimat yang telah dipilah.
5.
Masukkan kertas
yang berisi kalimat kritik, sanggahan, dan pujian ke dalam balon.
6.
Tiuplah
balon-balon tersebut.
7.
Tulislah kata
‘SIMPULAN’ pada kertas origami.
8.
Cetak judul
teks tanggapan dengan ukuran besar lalu tempelkan pada karton putih.
9.
Buatlah
wadah-wadah dengan nama kritik, sanggahan, dan pujian lalu tempelkan di bawah
judul teks tanggapan yang telah dibuat.
10.
Ikatlah
balon-balon yang telah ditiup pada kursi yang disediakan.
I.
Langkah Penerapan dalam Pembelajaran
1.
Tempelkan
papan tanggapan di tempat yang mudah dijangkau.
2.
Peserta
didik dibagi ke dalam beberapa kelompok.
3.
Setiap kelompok
berdiri mengelilingi balon-balon yang diikat pada kursi.
4.
Pendidik
memberi komando agar peserta didik mengelilingi kursi tersebut sambil
bernyanyi.
5.
Pendidik
memberi tanda agar nyanyian berhenti. Bersamaan dengan itu peserta didik
berlomba untuk duduk di kursi yang disediakan.
6.
Peserta didik
yang tidak mendapat tempat duduk harus memecahkan balon dan mengambil kalimat
di dalamnya, lalu memasukkan jenis kalimat yang didapatnya ke dalam papan
tanggapan yang disediakan.
7.
Peserta didik
yang telah memasukkan kalimat, memisahkan diri untuk memberi semangat pada
peserta didik lain.
8.
Ulangi kegiatan
tersebut sampai semua peserta didik mendapat giliran memecahkan balon.
9.
Setelah semua
peserta didik mendapat giliran. Peserta didik berkelompok berdasarkan kecocokan
kalimat yang ditemukan dengan judul teks tanggapan.
10.
Jika anggota
kelompok sudah lengkap dan benar, jenis kalimat yang dimasukkan pada papan
tanggapan dikeluarkan dan diurutkan berdasarkan kelogisan teks.
11.
Peserta didik
dalam kelompok berdiskusi untuk menyusun simpulan berdasarkan kalimat-kalimat
yang mereka kelompokkan.
12.
Setiap kelompok
menuliskan simpulan teks tanggapan pada kertas origami yang disediakan lalu menempelkannya
di papan tanggapan sesuai dengan judulnya.
13.
Kelompok yang
paling cepat menyelesaikan adalah kelompok yang layak mendapatkan hadiah.
14.
Peserta
didik Bersama-sama pendidik melakukan refleksi.
DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN
DESAIN PAPAN TANGGAPAN
0 komentar:
Post a Comment