Home » » RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS TANGGAPAN BALON KALIMAT

RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS TANGGAPAN BALON KALIMAT


RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN

TEKS TANGGAPAN

untuk kelas IX Semester 1
PPG dalam Jabatan Program Studi Bahasa Indonesia




Oleh, 










PPG DALAM JABATAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PASUNDAN
BANDUNG
2019





...................................................................................................................................................................



RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN

Sekolah                 :    SMP IT AL-Faqih
Mata pelajaran      :    Bahasa Indonesia
Materi Pokok        :   Teks Tanggapan
Kelas/Semester      :    IX/ 1
Alokasi Waktu      :    6 JP (6 x 40 menit)

A.       Kompetensi Inti (KI)
KI 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (KI)

Kompetensi Dasar
IPK
3.7
Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca.
3.7.1
Merumuskan pengertian teks tanggapan
3.7.2
Mengidentifikasi kritik dari teks tanggapan yang dibaca
3.7.3
Mengidentifikasi sanggahan dari teks tanggapan yang dibaca
3.7.4
Mengidentifikasi pujian dari teks tanggapan yang dibaca
4.7
Menyimpulkan isi teks tanggapan berupa kritik, sanggahan, atau pujian (mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
4.7.1
Menyimpulkan kritik dari teks tanggapan yang dibaca
4.7.2
Menyimpulkan sanggahan dari teks tanggapan yang dibaca
4.7.3
Menyimpulkan pujian dari teks tanggapan yang dibaca
C.     Tujuan Pembelajaran
1.        Setelah membaca teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”, peserta didik mampu merumuskan pengertian teks tanggapan dengan benar dan percaya diri.
2.        Setelah mendiskusikan teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”, peserta didik mampu mengidentifikasi kritik dari teks tanggapan yang dibacanya dengan tepat dan bertanggung jawab.
3.        Setelah mendiskusikan teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”, peserta didik mampu mengidentifikasi sanggahan dari teks tanggapan yang dibaca dengan benar dan percaya diri.
4.        Setelah mendiskusikan teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”, peserta didik mampu mengidentifikasi pujian dari teks tanggapan yang dibaca dengan benar dan percaya diri.
5.        Setelah mendiskusikan teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”, peserta didik mampu menyimpulkan kritik dari teks tanggapan yang dibaca dengan benar dan percaya diri.
6.        Setelah mendiskusikan teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”, peserta didik mampu menyimpulkan sanggahan dari teks tanggapan yang dibaca dengan benar dan jujur.
7.        Setelah mendiskusikan teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”, peserta didik mampu menyimpulkan pujian dari teks tanggapan yang dibaca dengan benar dan percaya diri.

D.       Materi Pembelajaran
1.      Pengertian teks tanggapan, ciri kalimat kritik, ciri kalimat sanggahan, dan ciri kalimat pujian dalam teks tanggapan.
2.      Cara menyimpulkan isi teks tanggapan.

E.       Jenis Media
1.      Balon Kalimat
2.      Salindia

F.        Bahan
2.      Karton putih polos
3.      Karton berwarna
4.      Kertas origami
5.      Balon
6.      Tali / pita
7.      Lem/ perekat ganda.

G.      Alat:
1.      Komputer
2.      Spidol aneka warna
3.      Jarum
4.      Gunting
5.      Jarum tekan (push pin)
6.      Kursi sebanyak jumlah anggota kelompok dikurangi satu

H.      Langkah Pembuatan
Proses pembuatan media pembelajaran balon kalimat yaitu sebagai berikut.
1.      Siapkan teks tanggapan yang akan dibuat permainan (game). 
2.      Pilah kalimat kritik, sanggahan, dan pujian dalam teks tanggapan tersebut.
3.      Cetak teks tanggapan yang telah dipilah.
4.      Guntinglah teks tanggapan tersebut berdasarkan jenis kalimat yang telah dipilah.
5.      Masukkan kertas yang berisi kalimat kritik, sanggahan, dan pujian ke dalam balon.
6.      Tiuplah balon-balon tersebut.
7.      Tulislah kata ‘SIMPULAN’ pada kertas origami.
8.      Cetak judul teks tanggapan dengan ukuran besar lalu tempelkan pada karton putih.
9.      Buatlah wadah-wadah dengan nama kritik, sanggahan, dan pujian lalu tempelkan di bawah judul teks tanggapan yang telah dibuat.
10.  Ikatlah balon-balon yang telah ditiup pada kursi yang disediakan.

I.         Langkah Penerapan dalam Pembelajaran
1.      Tempelkan papan tanggapan di tempat yang mudah dijangkau.
2.      Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok.
3.      Setiap kelompok berdiri mengelilingi balon-balon yang diikat pada kursi. 
4.      Pendidik memberi komando agar peserta didik mengelilingi kursi tersebut sambil bernyanyi.
5.      Pendidik memberi tanda agar nyanyian berhenti. Bersamaan dengan itu peserta didik berlomba untuk duduk di kursi yang disediakan.
6.      Peserta didik yang tidak mendapat tempat duduk harus memecahkan balon dan mengambil kalimat di dalamnya, lalu memasukkan jenis kalimat yang didapatnya ke dalam papan tanggapan yang disediakan.
7.      Peserta didik yang telah memasukkan kalimat, memisahkan diri untuk memberi semangat pada peserta didik lain.
8.      Ulangi kegiatan tersebut sampai semua peserta didik mendapat giliran memecahkan balon.
9.      Setelah semua peserta didik mendapat giliran. Peserta didik berkelompok berdasarkan kecocokan kalimat yang ditemukan dengan judul teks tanggapan.
10.  Jika anggota kelompok sudah lengkap dan benar, jenis kalimat yang dimasukkan pada papan tanggapan dikeluarkan dan diurutkan berdasarkan kelogisan teks.
11.  Peserta didik dalam kelompok berdiskusi untuk menyusun simpulan berdasarkan kalimat-kalimat yang mereka kelompokkan.
12.  Setiap kelompok menuliskan simpulan teks tanggapan pada kertas origami yang disediakan lalu menempelkannya di papan tanggapan sesuai dengan judulnya.
13.  Kelompok yang paling cepat menyelesaikan adalah kelompok yang layak mendapatkan hadiah.

14.  Peserta didik Bersama-sama pendidik melakukan refleksi.


DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN 




DESAIN PAPAN TANGGAPAN 



/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}