SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMP PASUNDAN 1 KOTA BANDUNG
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/ Semester
|
:
|
IX/ I (Satu)
|
Kompetensi Inti
|
:
|
|
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
KI 4 : Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara
kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah
konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang teori.
Kompetensi Dasar
|
IPK
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.7 Mengidentifikasi informasi berupa kritik,
sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca.
|
3.7.1 Merumuskan
pengertian teks tanggapan
3.7.2 Mengidentifikasi
kritik dari teks tanggapan yang dibaca
3.7.3 Mengidentifikasi
sanggahan dari teks tanggapan yang dibaca
3.7.4 Mengidentifikasi
pujian dari teks tanggapan yang dibaca
|
1. Pengertian
teks tanggapan
2. Kalimat
kritik, sanggahan, dan pujian dalam teks tanggapan
|
Literasi
1. Peserta
didik membaca puisi yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
2. Peserta
didik disilakan untuk memberikan tanggapan atas puisi yang dibacanya.
Mengamati
3. Peserta
didik membaca teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan Bandung”.
Menanya
4. Peserta
didik diberi kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan
yang tidak dipahami dari teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan
Bandung” untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik). Pertanyaan yang dihimpun akan dijawab melalui kegiatan belajar.
5. Peserta
didik menuliskan pertanyaan mengenai kalimat kritik, sanggahan, dan pujian
dari teks tanggapan yang dibacanya.
Mengumpulkan
Informasi
6. Peserta
didik mencari jawaban atas pertanyaan yang telah ditulisnya dengan
melaksanakan teknik ‘Balon Kalimat’ dan dari berbagai sumber.
7. Mengajukan
pertanyaan berkaitan dengan materi pengertian dan contoh tanggapan yang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada pendidik.
Mengasosiasi
8. Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi untuk mengolah informasi dari materi
pengertian dan contoh tanggapan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/
sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan yang
telah disusunnya.
9. Peserta
didik memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
a.
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dalam diskusi kelas. Hal yang
dipresentasikan adalah pengertian, ciri kalimat kritik, sanggahan, dan pujian
dalam teks tanggapan.
b.
Peserta didik
mengolah hasil diskusi kelas dalam membuktikan tentang pengertian, ciri
kalimat kritik, sanggahan, dan pujian dalam teks tanggapan.
10. Peserta
didik dan pendidik secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah
dikerjakan oleh peserta didik.
Mengomunikasikan
11. Peserta
didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui kegiatan:
a.
Peserta didik
menyampaikan simpulannya mengenai kalimat kritik, sanggahan, dan pujian dalam
teks tanggapan sebagai hasil diskusi kelas.
b.
Peserta didik membuat
resume tentang bagaimana teks tanggapan yang ideal.
12. Peserta
didik mengerjakan soal-soal pascates yang disediakan pendidik secara individu
untuk mengecek penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran.
|
1. Penilaian
Sikap:
Penilaian nontes berupa penilaian
observasi sikap.
2. Penilaian
pengetahuan:
Penilaian tes berupa soal pilihan
ganda.
3. Penilaian
keterampilan:
Penilaian tes berupa soal uraian
dan nontes berupa presentasi
|
3 X 40 menit
|
1.
Teks tanggapan
2.
Trianto, Agus. 2018. Bahasa
Indonesia: Kelas IX SMP/MTs. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan,
Balitbang, Kemendikbud.
3.
Wahono. 2017. Mahir
Berbahasa Indonesia: untuk SMP/ MTs Kelas IX. Jakarta: Erlangga.
|
4.7 Menyimpulkan isi teks tanggapan berupa kritik,
sanggahan, atau pujian (mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau
keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
|
4.7.1 Menyimpulkan
kritik dari teks tanggapan yang dibaca
4.7.2 Menyimpulkan
sanggahan dari teks tanggapan yang dibaca
4.7.3 Menyimpulkan
pujian dari teks tanggapan yang dibaca
|
1. Cara
menyimpulkan kritik, sanggahan, dan pujian dalam teks tanggapan
|
Mengamati
1. Peserta
didik menyimak tayangan video tentang teks tanggapan
2. Peserta
didik membaca puisi yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas
3. Peserta
didik kembali membaca teks tanggapan yang berjudul “Krisis Air di Cekungan
Bandung”
Menanya
4. Peserta
didik diberi kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan
yang tidak dipahami mengenai cara menyimpulkan teks tanggapan yang berjudul
“Krisis Air di Cekungan Bandung”.
5. Peserta
didik menuliskan pertanyaan mengenai cara menyimpulkan teks tanggapan yang
dibacanya.
Mengumpulkan Informasi
6. Peserta
didik mencari jawaban atas pertanyaan yang telah ditulisnya dari berbagai
sumber. Misalnya internet, membaca buku, dan lain-lain.
7. Mengajukan
pertanyaan berkaitan dengan materi menyimpulkan teks tanggapan yang telah disusun dalam daftar
pertanyaan kepada pendidik.
Mengasosiasi
8. Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
:
a.
Mengolah informasi
dari materi menyimpulkan teks tanggapan yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/ sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan
mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan yang telah disusunnya.
b.
Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai materi menyimpulkan teks tanggapan.
9. Peserta
didik mendiskusikan hasil temuannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
a.
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dalam diskusi kelas. Hal yang
dipresentasikan adalah cara menyimpulkan teks tanggapan.
b.
Peserta didik
mengolah hasil diskusi kelas dalam membuktikan tentang cara menyimpulkan teks
tanggapan.
10. Peserta
didik dan pendidik secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah
dikerjakan oleh peserta didik.
Mengomunikasikan
11. Peserta
didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui kegiatan:
a.
Peserta didik
menyampaikan simpulannya mengenai cara menyimpulkan teks tanggapan sebagai
hasil diskusi kelas.
b.
Peserta didik membuat
resume tentang bagaimana teks tanggapan yang ideal.
12. Peserta
didik mengerjakan soal-soal pascates yang disediakan pendidik secara individu
untuk mengecek penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran.
|
1. Penilaian
Sikap:
Penilaian
nontes berupa penilaian diri, teman sebaya, wawancara, dan observasi sikap.
2. Penilaian
pengetahuan:
Penilaian
tes berupa soal uraian.
3. Penilaian
keterampilan:
Penilaian
nontes berupa presentasi
|
3 X 40 menit
|
1.
Teks tanggapan
2.
Trianto, Agus. 2018. Bahasa
Indonesia: Kelas IX SMP/MTs. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan,
Balitbang, Kemendikbud.
3.
Wahono. 2017. Mahir
Berbahasa Indonesia: untuk SMP/ MTs Kelas IX. Jakarta: Erlangga.
|
Diketahui
Kepala SMP
IT AL-FAQIH,
|
Manonjaya, September 2019
Pendidik Pengampu Mapel,
|
Maulana Mastur, S. Kom.
NIP. 196110271988031007
|
Yana
Suryana, S.Pd.
|
0 komentar:
Post a Comment