Home » » SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS VIII KURTILAS KOMPETENSI DASAR 3.8 DAN 4.8 TEKS PUISI

SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS VIII KURTILAS KOMPETENSI DASAR 3.8 DAN 4.8 TEKS PUISI



                                                                               SILABUS MATA PELAJARAN
 


Nama Sekolah  
Mata Pelajaran              
Kelas / Semester
Materi Pokok           
:
:
:
:
SMP Pasundan 1 Kota  Bandung
Bahasa Indonesia
VIII/ I
Teks   Puisi
       Kompetensi Inti
KI -1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI -2
:

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI -3
:
Memahami dan penerapan  (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI- 4
:
Mengolah, menyaji  dan menalar  dan  dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
3.8














Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan,lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca.
3.8.1




3.8.2







3.8.3     
Merinci  bahasa  figuratif sebagai unsur pembangun teks puisi
Menelaah atau menganalisis makna konotasi  dari  bahasa figuratiif  dari tiap-tiap bait teks puisi

Menelaah isi teks puisi berdasarkan makna konotasi dan hahasa figuratif  dalam setisp bait teks puisi

.
1. Materi Reguler
a.Materi Fakta
contoh teks puisi
b.                  Materi Konsep
Pengertian unsur-unsur
pembangun teks puisi
c.Materi Prinsip
Teks puisi yang ideal
d.                  Materi Prosedur
Langkah-langkah menulis teks puisi
e.Materi   Metakognitif
menyajikan teks puisi
2.  Materi Remedial
Memahami unsur batin dan fisik  dalam teks puisi
3.  Materi Pengayaan
Menulis  teks puisi dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi berdasarkan jenis puisi yang sudah ditentukan temanya




Mengamati
1.     Peserta didik mengamati  lirik lagu  tulus berjudul sepatu dan mengamati puisi berjudul doa
Menanya
2.    Peserta didik diberi kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang tidak dipahami dari lirik tersebut tersebut untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik).
3.    Pertanyaan yang dihimpun akan dijawab melalui kegiatan belajar
4.    Peserta didik diberikan LKPD untuk dijadikan bahan diskusi
5.    Peserta didik mengidentifikasi pertanyaan mengenai unsur-unsur pembangun puisi yang berkaitan dengan merinci bahasa figuratif, menelaah makna konotatif dari bahasa figuratif  dan isi teks puisi dalam setiap bait teks puisi  
Mengumpulkan informasi
6.      Peserta didik mencari  jawaban atas  pertanyaan yang berhubungan  dengan merinci bahasa figuratif dan  menelaah makna   konotatif  dari  bahasa figuratif  serta menelaah isi  dari tiap-tiap bait teks puisi melalui  melaksanakan media  rumah kalimat
7.    Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan  unsur-unsur pembangun teks puisi (bahasa figuratif  yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada pendidik.
Mengasosiasi
8.    Peserta didik berdiskusi dalam kelompoknya  dapat   menjawab pertanyaan-pertanyan yang berhubungan dengan merinci  unsur teks puisi  bahasa figuratif dan menelaah makna konotasi dari bahasa  figuratif  serta isi  teks puisi dari tiap-tiap bait
9.    Peserta didik memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
a.    Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dalam diskusi kelas  yang dipresentasikan adalah merinci  bahasa figuratif sebagai unsur  fisik teks puisi dan menelaah makna konotasi dari bahasa figuratif  serta isi teks puisi dari tiap-tiap bait  teks puisi puisi
b.    Peserta didik mengolah hasil diskusi kelas dalam membuktikan tentang merinci  bahasa figuratif  sebagai unsur  fisik teks puisi dan menelaah makna konotasi dari bahasa figuratif  serta isi teks puisi dalam  tiap-tiap bait
c.    Peserta didik dan pendidik secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
       Mengomunikasikan
10.  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi belajarnya 
11.  Peserta dari kelompok lain mengajukan pertanyaan dan di jawab oleh kelompok yang presentasi
12.  Peserta didik membuat resume tentang bagaimana cara  merinci  dan menelaah bahasa figuratif  sebagai  unsur  fisik puisi yang ideal

Sikap : non tes /pengamatan

Pegetahuan  : tes tertulis

















Obsevasi


Tulis : pilihan  ganda











6  x 40 Menit
1.    Harsiati, Titik. Agus Trianto, E. Kosasih. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta:  pusat kurikulum dan pembukuan  balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.Harsiati, Titik. Agus Trianto, E. Kosasih. 2017. Buku  Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta:  pusat kurikulum dan pembukuan  balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3.Kosasih, E. 2018. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMP/MTs Bandung: Yrama Widya
4.8





Menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi  secara tulis/ lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi
4.8.1    Merancang gagasan  dan pendapat dalam bentuk  teks   puisi secara tertulis  dengan memperhatikan bahasa figuratif


Mengamati
1.    Peserta didik  dapat membaca teks  puisi  yang berjudul  doa  karya  chairil anwar
Menanya
2.    Peserta didik diberi kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang tidak dipahami dari teks puisi  untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik).
3.     Pertanyaan yang dihimpun akan dijawab melalui kegiatan belajar
4.     Peserta didik menuliskan pertanyaan mengenai  cara  Merancang gagasan, perasaan dan pendapat dalam bentuk teks puisi secara tertulis / lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi serta hal-hal yang harus diperhatikan dalam  menyajikan gagasan, perasaan dan pendapat dalam bentuk teks puisi
Mengumpulkan informasi
5.     Peserta didik mencari  jawaban atas  pertanyaan yang berhubungan    dengan pelaksakan media dan dari berbagai sumber
6.     Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi  cara-cara merancang teks puisi dan cara menyajiakan teks puisi  yang telah  disusun dalam daftar pertanyaan kepada pendidik.
7.     Mengasosiasi
Peserta didik berdiskusi  mengerjakan LKPD  dalam  kelompoknya    dan menjawab pertanyaan-pertanyan yang berhubungan dengan    cara merancang teks puisi serta menyajikan teks puisi dengan  memperhatikan bahasa figuratif
8.     Peserta didik memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
a.    Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dalam diskusi kelas. Hal yang dipresentasikan adalah merancang gagasan perasaan dan pendapat teks puisi   dan Menyajikan gagasan, perasaan dan pendapat dalam bentuk teks puisi  berorientasi pada gaya bahsa
b.    Peserta didik mengolah hasil diskusi kelas dalam membuktikan tentang.  Merancang pendapat dan gagasan teks puisi dan menyajikan  teks pembangun teks  puisi  serta menyajikan gagasan, perasaan dan pendapat dalam bentuk teks puisi dengan memperhatikan unsur  fisik dan batin pembangun puisi
c.    Peserta didik dan pendidik secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Mengomunikasikan
9.     Peserta didik menyampaikan simpulannya mengenai  cara  merancang pendapat, gagasan dan pendapat mengenai teks puisi serta  menempel teks sajiannya dalam bentuk produk
10. Peserta didik membuat resume tentang bagaimana cara merancang dan menyajikan teks puisi berdasarkan  bahasa  figuratif
Sikap : non tes pengamata
n

keterampilan: produk



Penugasan
















1.    Harsiati, Titik. Agus Trianto, E. Kosasih. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta:  pusat kurikulum dan pembukuan  balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2.    Harsiati, Titik. Agus Trianto, E. Kosasih. 2017. Buku  Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta:  pusat kurikulum dan pembukuan  balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3.    Kosasih, E. 2018. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMP/MTs Bandung: Yrama Widya
4.8.2 Merancang  perasaan  dalam bentuk  teks  puisi secara tertulis dengan memperhatikan  bahasa figuratif
 4.8.3   Menulis  gagasan, perasaan dan pendapat dalam bentuk teks puisi dengan memperhatikan bahasa figuratif
                                                                                                                                                                                 


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}