3.8
|
Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan,lingkungan hidup,
kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca.
|
3.8.1
3.8.2
3.8.3
|
Merinci
bahasa figuratif sebagai unsur
pembangun teks puisi
Menelaah atau
menganalisis makna konotasi dari bahasa figuratiif dari tiap-tiap bait teks puisi
Menelaah isi teks puisi berdasarkan makna konotasi dan hahasa figuratif dalam setisp bait teks puisi
.
|
1. Materi Reguler
a.Materi
Fakta
contoh teks puisi
b.
Materi
Konsep
Pengertian unsur-unsur
pembangun teks puisi
c.Materi Prinsip
Teks puisi yang ideal
d.
Materi Prosedur
Langkah-langkah menulis teks puisi
e.Materi Metakognitif
menyajikan teks puisi
2.
Materi Remedial
Memahami unsur
batin dan fisik dalam teks puisi
3. Materi Pengayaan
Menulis teks
puisi dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi berdasarkan
jenis puisi yang sudah ditentukan temanya
|
Mengamati
1.
Peserta didik
mengamati lirik lagu
tulus berjudul sepatu dan mengamati puisi berjudul doa
Menanya
2.
Peserta didik diberi kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang tidak dipahami dari lirik tersebut tersebut untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik).
3.
Pertanyaan yang dihimpun akan dijawab melalui kegiatan
belajar
4.
Peserta didik
diberikan LKPD untuk dijadikan bahan diskusi
5.
Peserta didik mengidentifikasi pertanyaan mengenai unsur-unsur
pembangun puisi yang berkaitan dengan merinci bahasa figuratif, menelaah
makna konotatif dari bahasa figuratif
dan isi teks puisi dalam setiap bait teks puisi
Mengumpulkan informasi
6.
Peserta didik mencari jawaban
atas pertanyaan yang berhubungan dengan merinci
bahasa figuratif dan menelaah
makna konotatif dari
bahasa figuratif serta menelaah
isi dari tiap-tiap bait teks puisi
melalui melaksanakan media rumah kalimat
7.
Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan unsur-unsur pembangun teks puisi (bahasa
figuratif yang telah disusun dalam
daftar pertanyaan kepada pendidik.
Mengasosiasi
8.
Peserta didik berdiskusi dalam kelompoknya dapat menjawab
pertanyaan-pertanyan yang berhubungan dengan
merinci unsur teks
puisi bahasa figuratif dan menelaah
makna konotasi dari bahasa figuratif serta isi
teks puisi dari tiap-tiap bait
9.
Peserta didik memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
a. Setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusi kelompoknya dalam diskusi kelas
yang dipresentasikan adalah
merinci bahasa figuratif sebagai unsur fisik teks
puisi dan menelaah makna konotasi dari bahasa figuratif serta isi teks puisi dari tiap-tiap
bait teks puisi puisi
b. Peserta didik mengolah
hasil diskusi kelas dalam membuktikan tentang merinci bahasa figuratif sebagai unsur fisik teks
puisi dan menelaah makna konotasi dari bahasa figuratif serta isi teks puisi dalam tiap-tiap bait
c. Peserta didik dan
pendidik secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan
oleh peserta didik.
Mengomunikasikan
10. Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi belajarnya
11. Peserta dari kelompok lain mengajukan pertanyaan dan di jawab oleh
kelompok yang presentasi
12. Peserta didik
membuat resume tentang bagaimana cara
merinci dan menelaah bahasa
figuratif sebagai unsur
fisik puisi yang ideal
|
Sikap : non tes /pengamatan
Pegetahuan : tes
tertulis
|
Obsevasi
Tulis : pilihan ganda
|
6 x 40 Menit
|
1.
Harsiati, Titik. Agus Trianto, E. Kosasih. 2017. Buku Siswa
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta:
pusat kurikulum dan pembukuan
balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.Harsiati,
Titik. Agus Trianto, E. Kosasih. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: pusat kurikulum dan
pembukuan balitbang, Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
3.Kosasih, E.
2018. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMP/MTs Bandung:
Yrama Widya
|
4.8
|
Menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk
teks puisi secara tulis/ lisan dengan
memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi
|
4.8.1 Merancang gagasan dan pendapat dalam bentuk teks puisi secara tertulis dengan memperhatikan bahasa figuratif
|
|
Mengamati
1.
Peserta
didik dapat membaca teks puisi
yang berjudul
doa karya chairil anwar
Menanya
2.
Peserta didik
diberi kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
tidak dipahami dari teks puisi untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik).
3.
Pertanyaan
yang dihimpun akan dijawab melalui kegiatan belajar
4.
Peserta
didik menuliskan pertanyaan mengenai
cara Merancang gagasan, perasaan dan pendapat dalam bentuk teks puisi secara
tertulis / lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi serta hal-hal
yang harus diperhatikan dalam menyajikan gagasan, perasaan dan pendapat dalam bentuk
teks puisi
Mengumpulkan informasi
5.
Peserta didik mencari jawaban atas pertanyaan yang berhubungan dengan pelaksakan media dan dari berbagai
sumber
6.
Mengajukan pertanyaan berkaitan
dengan materi cara-cara merancang teks
puisi dan cara menyajiakan teks puisi
yang telah disusun dalam daftar
pertanyaan kepada pendidik.
7.
Mengasosiasi
Peserta didik berdiskusi mengerjakan LKPD dalam
kelompoknya dan menjawab pertanyaan-pertanyan yang berhubungan
dengan cara merancang teks puisi serta menyajikan
teks puisi dengan memperhatikan bahasa figuratif
8.
Peserta
didik memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
a. Setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusi kelompoknya dalam diskusi kelas. Hal yang dipresentasikan
adalah merancang gagasan perasaan dan pendapat teks puisi dan Menyajikan
gagasan, perasaan dan pendapat dalam bentuk teks puisi berorientasi pada gaya bahsa
b. Peserta didik mengolah hasil
diskusi kelas dalam membuktikan tentang.
Merancang pendapat dan gagasan teks puisi dan menyajikan teks pembangun teks
puisi
serta menyajikan gagasan, perasaan dan pendapat dalam bentuk
teks puisi dengan memperhatikan unsur fisik dan batin pembangun puisi
c. Peserta didik dan pendidik secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik.
Mengomunikasikan
9. Peserta didik menyampaikan
simpulannya mengenai cara
merancang pendapat, gagasan dan pendapat mengenai teks puisi
serta menempel teks sajiannya dalam
bentuk produk
10. Peserta
didik membuat resume tentang bagaimana cara merancang dan menyajikan teks
puisi berdasarkan bahasa figuratif
|
Sikap : non tes pengamata
n
keterampilan: produk
|
Penugasan
|
|
1.
Harsiati, Titik. Agus Trianto, E. Kosasih. 2017. Buku Siswa
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta:
pusat kurikulum dan pembukuan balitbang, Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan
2.
Harsiati, Titik. Agus Trianto, E. Kosasih. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: pusat kurikulum dan
pembukuan balitbang, Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
3.
Kosasih, E. 2018. Jenis-Jenis Teks
dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMP/MTs Bandung: Yrama Widya
|
0 komentar:
Post a Comment