LK-4d Format Telaah Soal
INSTRUMEN
TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES
PILIHAN GANDA
Nama Pengembang Soal :
Apip Saepurohman,S.Pd
Mata Pelajaran/Paket Keahlian/Layanan/Tema : IPA
Kls/Prog/Peminatan :
IX
Isilah tanda ceklist (v) pada
kolom butir soal memenuhi kaidah dan silang (X) pada kolom butir soal bila soal tersebut tidak memenuhi
kaidah.
No.
|
Aspek yang
ditelaah
|
Butir Soal
|
1
|
||
A.
|
Materi
|
|
1.
|
Soal sesuai Kompetensi
Dasar (KD)
|
ü
|
2.
|
Soal
sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi (IPK)
|
ü
|
3.
|
Soal tidak
mengandung unsur SARAPPPK (Suku, Agama, Ras, Antargolongan, Pornografi,
Politik, Propaganda, dan Kekerasan).
|
ü
|
4.
|
Soal menggunakan stimulus
yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll, sesuai dengan dunia
nyata)*
|
ü
|
5.
|
Soal menggunakan stimulus
yang imajinatif (baru, mendorong peserta didik untuk membaca).
|
ü
|
6.
|
Soal menggunakan stimulus
yang mendorong peserta didik untuk melakukan sesuatu).
|
ü
|
7.
|
Soal
mengukur level kognitif penalaran (menganalisis, mengevaluasi, mencipta).
Sebelum menentukan pilihan, peserta didik melakukaan tahapan-tahapan
tertentu.
|
ü
|
8.
|
Jawaban tersirat pada stimulus
|
ü
|
B.
|
Konstruksi
|
|
1.
|
Pokok
soal dirumuskan dengan singkat, jelas, dan tegas.
|
ü
|
2.
|
Rumusan
pokok soal dan pilihan jawaban merupakan pernyataan yang diperlukan saja.
|
ü
|
3.
|
Pokok
soal tidak memberi petunjuk kunci jawaban.
|
ü
|
4.
|
Pokok
soal bebas dari pernyataan yang bersifat negatif ganda.
|
ü
|
5.
|
Pilihan
jawaban homogen dan logis ditinjau dari segi materi.
|
ü
|
6.
|
Gambar,
grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya jelas dan berfungsi.
|
ü
|
7.
|
Panjang
pilihan jawaban relatif sama.
|
ü
|
8.
|
Pilihan
jawaban tidak menggunakan pernyataan “semua jawaban di atas salah/benar” dan
sejenisnya.
|
ü
|
9.
|
Pilihan
jawaban yang berbentuk angka/waktu disusun berdasarkan urutan besar kecilnya
angka atau kronologisnya.
|
x
|
10.
|
Butir
soal tidak bergantung pada jawaban soal sebelumnya.
|
ü
|
C.
|
Bahasa
|
|
1.
|
Menggunakan bahasa yang
sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, untuk bahasa daerah dan bahasa asing
sesuai kaidahnya.
|
ü
|
2.
|
Tidak menggunakan bahasa yang
berlaku setempat/tabu.
|
ü
|
3.
|
Soal menggunakan kalimat yang
komunikatif.
|
ü
|
Sodonghilir, Oktober 2019
Penelaah
Format Telaah Soal Uraian
INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES URAIAN
Nama Pengembang Soal :
Apip Saepurohman,S.pd
Mata Pelajaran/Paket Keahlian/Layanan/Tema : .IPA
Kelas/Program/Peminatan :
IX
Isilah tanda ceklist (v) pada
kolom butir soal memenuhi kaidah dan silang (X) pada kolom butir soal bila soal
tersebut tidak memenuhi kaidah.
No.
|
Aspek yang
ditelaah
|
Butir Soal
|
1
|
||
A.
|
Materi
|
|
1.
|
Soal sesuai Kompetensi Dasar
(KD)
|
ü
|
2.
|
Soal
sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi (IPK)
|
ü
|
3.
|
Soal
tidak mengandung unsur SARAPPPK (Suku, Agama, Ras, Anatargolongan,
Pornografi, Politik, Propopaganda, dan Kekerasan).
|
ü
|
4.
|
Soal menggunakan stimulus
yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll, sesuai dengan dunia
nyata)*
|
ü
|
5.
|
Soal menggunakan stimulus
yang imajinatif (baru, mendorong peserta didik untuk membaca).
|
ü
|
6.
|
Soal menggunakan stimulus
yang mendorong peserta didik untuk melakukan sesuatu).
|
ü
|
7.
|
Soal mengukur
level kognitif penalaran (menganalisis, mengevaluasi, mencipta). Sebelum
menentukan pilihan, peserta didik melakukaan tahapan-tahapan tertentu.
|
ü
|
B.
|
Konstruksi
|
|
1.
|
Rumusan
kalimat soal atau pertanyaan
menggunakan kata-kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai.
|
ü
|
2.
|
Memuat petunjuk yang jelas
tentang cara mengerjakan soal.
|
ü
|
3.
|
Ada pedoman
penskoran/rubrik sesuai dengan kriteria/kalimat yang mengandung kata kunci.
|
ü
|
4.
|
Gambar, grafik, tabel,
diagram, atau sejenisnya jelas dan berfungsi.
|
ü
|
5.
|
Butir soal tidak bergantung
pada jawaban soal lain.
|
ü
|
C.
|
Bahasa
|
|
1.
|
Menggunakan bahasa yang
sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, untuk bahasa daerah dan bahasa asing
sesuai kaidahnya.
|
ü
|
2.
|
Tidak menggunakan bahasa yang
berlaku setempat/tabu.
|
ü
|
3.
|
Soal menggunakan kalimat yang
komunikatif.
|
ü
|
Sodonghilir,
Oktober 2019
Penelaah
R-3. Rubrik Pengembangan Soal HOTS
Rubrik ini digunakan fasilitator
untuk menilai hasil kerja pengembangan butir soal USBN.
Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.
Cermati
tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK-3!
2.
Berikan
nilai berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik
berikut!
Kriteria Penilaian:
1.
Merumuskan indikator soal dengan tepat.
2.
Menuliskan soal sesuai indikator soal.
3.
Menuliskan kisi-kisi soal dengan tepat.
4.
Menuliskan soal pilihan ganda sesuai kriteria
soal HOTS.
5.
Menuliskan kunci jawaban pilihan ganda dengan
tepat.
6.
Menuliskan soal uraian sesuai kriteria soal
HOTS.
7.
Menuliskan kunci jawaban uraian dengan tepat.
Rubrik Penilaian:
Nilai
|
Rubrik
|
90 < nilai £100
|
Tujuh aspek sesuai dengan kriteria
|
80 < nilai £90
|
Enam aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
|
70 < nilai £80
|
Lima aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
|
60 < nilai £70
|
Empat aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
|
<60
|
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai
|
0 komentar:
Post a Comment