Home » , » TUGAS TAGIHAN IN 2 LK 4 PENILAIAN BERORIENTASI HOTS - PKP BERBASIS ZONASI

TUGAS TAGIHAN IN 2 LK 4 PENILAIAN BERORIENTASI HOTS - PKP BERBASIS ZONASI


LK-4. Penilaian Berorientasi HOTS

Tujuan Kegiatan:
Menyusun soal berorientasi HOTS.
Langkah Kegiatan:
1.       Buatlah penilaian pengetahuan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.       Buatlah kisi-kisi soal sesuai dengan mata pelajaran yang diampu sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang telah ditentukan di desain pembelajaran! (LK-4a)
b.      Buatlah soal pada kartu soal yang tersedia, setiap peserta minimal membuat 1 (satu) soal pilihan ganda dengan level kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi (LK-4b) dan penalaran serta 1 (satu) soal uraian (LK-4c)!
c.       Anggota kelompok secara berpasangan menelaah soal menggunakan format telaah soal HOTS yang tersedia (LK-4d).
2.       Presentasikan hasil kerja, peserta lain menyimak presentasi dengan cermat  untuk memberikan saran perbaikan!
3.       Perbaiki hasil yang dibuat sesuai saran!






LK-4a. KISIKISI-KISI PENULISAN SOAL

1.    FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL
Jenis sekolah                 : SMP                                                                              
Jumlah soal                    : 15
Mata pelajaran             : IPA                                                                                
Bentuk soal/tes           :. PG dan Uraian
Penyusun                       :  PKP Zonasi IPA
Alokasi waktu              : 2 JP


2.    KARTU SOAL

LK -4b KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KARTU SOAL NOMOR 1
(PILIHAN GANDA)

Mata Pelajaran       : IPA                                       
Kelas/Semester     : IX / 1                                                            

Kompetensi Dasar
3.3. Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .      pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup

Materi
PEWARISAN SIFAT
Indikator Soal
1.Diberikan persilangan kacang ercis bulat kuning dengan kisut hijau. Bulat dominan terhadap kisut,, hijau dominan terhadap kuning. Peserta didik dapat menentukan jumlah individu yang berpenotif bulat hijau.
Level Kognitif
C4

Soal
Disilangkan kacang ercis bulat kuning (BBkk) dengan ercis kisut hijau ( bbKK). Bulat dominan terhadap kisut, dan hijau dominan terhadap kuning.  Dari persilangan di atas jumlah individu yang mempunyai fenotipe bulat hijau adalah sebagai berikut......
a. 9
b. 6
c. 3
d. 1






KARTU SOAL NOMOR 2
(PILIHAN GANDA)

Mata Pelajaran       : IPA                                       
Kelas/Semester     : IX / 1                                                            

Kompetensi Dasar
3.3. Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .      pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup

Materi
PEWARISAN SIFAT
Indikator Soal
Diberikan persilangan kelinci rambut hitam kasar terhadap kelinci rambut putih halus. Peserta didik dapat menentukan persentase genotif kelinci berbulu hitam halus, dan putih halus pada F1
Level Kognitif
C4
Diketahui pada kelinci rambut hitam dominan terhadap rambut putih. Rambut kasar dominan terhadap rambut halus. Seekor kelinci berambut hitam dan kasar ( HHRr ) disilangkan dengan kelinci rambut hitam dan kasar juga ( HhRr). Persentase genotipe kelinci berbulu hitam halus dan putih halus  pada
F1 adalah..........
a. 75% dan 25%
b. 25% dan 0%
c. 75% dan 0%
d. 25% dan 75%




KARTU SOAL NOMOR 3
(PILIHAN GANDA)

Mata Pelajaran       : IPA                                       
Kelas/Semester     : IX / 1                                                            

Kompetensi Dasar
3.3. Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .      pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup

Materi
PEWARISAN SIFAT
Indikator Soal
Disajikan diagram punet  persilangan tanaman padi bulir besar, umur panjang (BBPP) dengan tanaman padi bulir kecil berumur pendek (bbpp). Peserta didik dapat menentukan genotif mana yang jika disilangkan menghasilkan bibit unggul.

Level Kognitif
C4

Persilangan antara  tanaman padi bulir besar, berumur panjang ( BBPP ) dengan tanaman padi bulir kecil berumur pendek ( bbpp ) adalah sebagai berikut:
P:                     BBPP                x                   bbpp
G:                        BP                                             bp
F1:                   BbPp ( Bulir besar, umur panjang )
P2:                BbPp                  x                  BbPp
G:                   BP, Bp, bP, bp                    BP, Bp, bP, bp



BP
Bp
bP
bp
BP
1
2
3
4
Bp
5
6
7
8
bP
9
10
11
12
bp
13
14
15
16

Bila sifat bulir besar dan berumur pendek merupakan sifat – sifat unggul, genotipe pada F2 yang paling baik disilangkan untuk mendapatkan bibit unggul adalah genotipe.... dengan genotipe .....
a. 1        x              16
b. 4        x             13
c. 6         x            14
d. 11       x           12


KARTU SOAL NOMOR 4
(PILIHAN GANDA)

Mata Pelajaran       : IPA                                       
Kelas/Semester     : IX / 1                                                            

Kompetensi Dasar
3.3. Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .      pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup

Materi
PEWARISAN SIFAT
Indikator Soal
Disajikan seorang ayah buta warna (XcbY)  menikah dengan seorang wanita carier buta warna (XcbX), peserta didik dapat menentukan anak yang buta warna dari 8 anak.

Level Kognitif
C4
Seorang pria buta warna menikah dengan seorang wanita pembawa sifat buta warna, apabila memiliki 8 orang anak, maka  yang mengalami buta warna berjumlah...........
a. 6
b. 4
c. 2
d. 1



KARTU SOAL NOMOR 5
(PILIHAN GANDA)

Mata Pelajaran       : IPA                                       
Kelas/Semester     : IX / 1                                                            

Kompetensi Dasar
3.3. Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .      pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup

Materi
PEWARISAN SIFAT
Indikator Soal
Disajikan persilangan 2 individu yang bersifat intermediet antara warna merah dan putih. Peserta didik dapat membandingkan hasil F2 nya.

Level Kognitif
C5

Persilangan dua individu yang bersifat intermediet antara warna merah dan putih akan menghasilkan F2 dengan warna...........
a. merah, merah muda dan putih
b. merah muda dan merah
c. merah muda dan putih
d. merah dan putih

KARTU SOAL NOMOR 6
(URAIAN)

Mata Pelajaran       : IPA                                       
Kelas/Semester     : IX / 1                                                            

Kompetensi Dasar
3.3. Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .      pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup

Materi
PEWARISAN SIFAT
Indikator Soal
Disajikan gambar DNA dan RNA, peserta didik dapat membandingkan struktur materi genetikDNA dan RNA
Level Kognitif
C5

Dari gambar di atas, tuliskan perbandingan struktur materi genetik DNA dan RNA !


KARTU SOAL NOMOR 7
(URAIAN)

Mata Pelajaran       : IPA                                       
Kelas/Semester     : IX / 1                                                            

Kompetensi Dasar
3.3. Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .      pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup

Materi
PEWARISAN SIFAT
Indikator Soal
Peserta didik dapat menjelaskan cara menghasilkan tanaman kapri berbunga putih dari persilangan sesama tanaman kapri berbunga ungu.

Level Kognitif
C5
Bagaimana persilangan antara sesama tanaman kapri berbunga ungu dapat menghasilkan tanaman kapri berbunga putih?



KARTU SOAL NOMOR 8
(URAIAN)

Mata Pelajaran       : IPA                                       
Kelas/Semester     : IX / 1                                                            

Kompetensi Dasar
3.3. Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .      pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup

Materi
PEWARISAN SIFAT
Indikator Soal
Disajikan Parental dari persilangan golongan darah. Siswa dapat mengidentifikasi  keturunan yang bergolongan darah O
Level Kognitif
C5
Ayah bergolongan darah A menikah dengan ibu yang bergolongan darah B, apakah mungkin anaknya bergolongan darah 0 jelaskan lengkap dengan skema persilangannya!

KARTU SOAL NOMOR 9
(URAIAN)

Mata Pelajaran       : IPA                                       
Kelas/Semester     : IX / 1                                                            

Kompetensi Dasar
3.3. Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .      pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup

Materi
PEWARISAN SIFAT
Indikator Soal
Disajikan bagan persilangan F2 dari penotif  Bulat Kuning (BbKk). Peserta didik dapat menentukan perbandingan penotif dan genotif pada keturunan F2
Level Kognitif
C5


BK
Bk
bK
bk
BK
BBKK
BBKk
BbKK
BbKk
Bk
BBKk
BBkk
BbKk
Bbkk
bK
BbKK
BbKk
BbKK
bbKk
Bk
BbKk
Bbkk
bbKkk
bbkk

Tentukan perbandingan fenotipe dan genotipe pada tabel keturunan F2 nya!






KARTU SOAL NOMOR 10
(URAIAN)

Mata Pelajaran       : IPA                                       
Kelas/Semester     : IX / 1                                                            

Kompetensi Dasar
3.3. Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .      pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup

Materi
PEWARISAN SIFAT
Indikator Soal
Disajikan beberapa pernyataan tentang kelainan dan sifat yang diturunkan. Peserta didik dapat mengidentifikasi kelainan.
Level Kognitif
C4
Perhatikan data di bawah ini!
1. buta warna
2. albino
3. lidah menggulung
4. cuping telinga melekat
5. hemofilia

Dari pernyaatn di atas yang termasuk ke dalam kategori sifat dan kelainan adalah..................




Kunci  Pedoman Penskoran
NO
SOAL
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
SKOR
1.
2
3
4
5

6




















7








8








9

10.



A
D
C
B
A

NO
DNA
RNA
1
Ditemukan dalam nukleus yaitu dalam kromosom, mitokondria dan kloroplas
Ditemukan dalam sitoplasma , terutama dalam ribosom dan juga dalam nukleus
2
Berupa rantai panjang dan ganda ( double helix)
Berupa rantai pendek dan tunggal
3
Fungsinya berhubungan erat dengan penurunan sifat dan sintesis protein
Fungsinya berhunbungan erat dengan sitesis protein
4
Kadarnya tidak dipengaruhi oleh aktivitas sintesis protein
Kadarnya dipengaruhi oleh sintesis protein
5
Basa nitrogen:
Adenin
Guanin
Timin
sitosin
Basa nitrogen
Adenin
Guanin
Urasil
sitosin
6

Komplemen gulanya deoksiribosa yaitu ribosa
diribosa

P:           UU                  X              uu
    Ungu                        putih
Gamet:              U                            U
F:                                    Uu
P:                       Uu                x                uu
                         Ungu                           putih
Gamet:            U,u                               u

Mungkin
IA IOx    IBIO
IAX  IB
IO                 IO

IA
IO
IB
IAIB
IBIO
IO
IAIO
IOIO

Kmungkinan keturunannya  bergolongan darah AB, B, A, O
9:3:3:1

SIFAT
KELAINAN
Lidah mggulung
albino
Cuping melekat
Buta warna

hemofilia













1
1
1
1
1

6



















2








2









2
3

Keterangan:                                                                                                                               
Soal ini termasuk soal HOTS karena
1.       ........
2.       ........
3.       ........








/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}