LK-4. Penilaian Berorientasi HOTS
Tujuan
Kegiatan:
Menyusun soal berorientasi HOTS.
Langkah
Kegiatan:
1.
Buatlah penilaian pengetahuan dengan
langkah-langkah sebagai berikut:
a.
Buatlah kisi-kisi soal sesuai dengan mata
pelajaran yang diampu sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang telah
ditentukan di desain pembelajaran! (LK-4a)
b.
Buatlah soal pada kartu soal yang tersedia,
setiap peserta minimal membuat 1 (satu) soal pilihan ganda dengan level
kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi (LK-4b) dan penalaran serta 1
(satu) soal uraian (LK-4c)!
c.
Anggota kelompok secara berpasangan menelaah
soal menggunakan format telaah soal HOTS yang tersedia (LK-4d).
2.
Presentasikan hasil kerja, peserta lain
menyimak presentasi dengan cermat untuk
memberikan saran perbaikan!
3.
Perbaiki hasil yang dibuat sesuai saran!
LK-4a. KISIKISI-KISI
PENULISAN SOAL
1.
FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL
Jenis sekolah : SMP
Jumlah soal : 15
Mata pelajaran : IPA
Bentuk soal/tes :. PG dan Uraian
Penyusun : PKP Zonasi IPA
Alokasi waktu : 2 JP
2.
KARTU
SOAL
LK -4b KARTU SOAL PILIHAN GANDA
KARTU SOAL NOMOR 1
(PILIHAN GANDA)
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IX / 1
|
|
Kompetensi Dasar
|
3.3.
Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .
pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup
|
Materi
|
PEWARISAN SIFAT
|
Indikator Soal
|
1.Diberikan persilangan kacang
ercis bulat kuning dengan kisut hijau. Bulat dominan terhadap kisut,, hijau
dominan terhadap kuning. Peserta didik dapat menentukan jumlah individu yang
berpenotif bulat hijau.
|
Level Kognitif
|
C4
|
Soal
Disilangkan kacang ercis bulat
kuning (BBkk) dengan ercis kisut hijau ( bbKK). Bulat dominan terhadap kisut,
dan hijau dominan terhadap kuning.
Dari persilangan di atas jumlah individu yang mempunyai fenotipe bulat
hijau adalah sebagai berikut......
a. 9
b. 6
c. 3
d. 1
|
KARTU SOAL NOMOR 2
(PILIHAN GANDA)
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IX / 1
|
|
Kompetensi Dasar
|
3.3.
Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .
pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup
|
Materi
|
PEWARISAN SIFAT
|
Indikator Soal
|
Diberikan persilangan kelinci
rambut hitam kasar terhadap kelinci rambut putih halus. Peserta didik dapat
menentukan persentase genotif kelinci berbulu hitam halus, dan putih halus
pada F1
|
Level Kognitif
|
C4
|
Diketahui pada kelinci rambut
hitam dominan terhadap rambut putih. Rambut kasar dominan terhadap rambut halus.
Seekor kelinci berambut hitam dan kasar ( HHRr ) disilangkan dengan kelinci
rambut hitam dan kasar juga ( HhRr). Persentase genotipe kelinci berbulu
hitam halus dan putih halus pada
F1 adalah..........
a. 75% dan 25%
b. 25% dan 0%
c. 75% dan 0%
d. 25%
dan 75%
|
KARTU SOAL NOMOR 3
(PILIHAN GANDA)
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IX / 1
|
||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi Dasar
|
3.3.
Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .
pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup
|
|||||||||||||||||||||||||
Materi
|
PEWARISAN SIFAT
|
|||||||||||||||||||||||||
Indikator Soal
|
Disajikan
diagram punet persilangan tanaman padi
bulir besar, umur panjang (BBPP) dengan tanaman padi bulir kecil berumur
pendek (bbpp). Peserta didik dapat menentukan genotif mana yang jika
disilangkan menghasilkan bibit unggul.
|
|||||||||||||||||||||||||
Level Kognitif
|
C4
|
|||||||||||||||||||||||||
Persilangan antara tanaman padi bulir besar, berumur panjang (
BBPP ) dengan tanaman padi bulir kecil berumur pendek ( bbpp ) adalah sebagai
berikut:
P: BBPP x bbpp
G: BP bp
F1: BbPp ( Bulir besar, umur
panjang )
P2: BbPp x BbPp
G: BP, Bp, bP, bp BP, Bp, bP, bp
Bila sifat bulir besar dan
berumur pendek merupakan sifat – sifat unggul, genotipe pada F2 yang paling
baik disilangkan untuk mendapatkan bibit unggul adalah genotipe.... dengan
genotipe .....
a. 1 x
16
b. 4 x 13
c.
6 x 14
d. 11 x 12
|
||||||||||||||||||||||||||
KARTU SOAL NOMOR 4
(PILIHAN GANDA)
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IX / 1
|
|
Kompetensi Dasar
|
3.3.
Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .
pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup
|
Materi
|
PEWARISAN SIFAT
|
Indikator Soal
|
Disajikan
seorang ayah buta warna (XcbY)
menikah dengan seorang wanita carier buta warna (XcbX),
peserta didik dapat menentukan anak yang buta warna dari 8 anak.
|
Level Kognitif
|
C4
|
Seorang pria buta warna menikah
dengan seorang wanita pembawa sifat buta warna, apabila memiliki 8 orang anak,
maka yang mengalami buta warna
berjumlah...........
a. 6
b. 4
c. 2
d. 1
|
KARTU SOAL NOMOR 5
(PILIHAN GANDA)
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IX / 1
|
|
Kompetensi Dasar
|
3.3.
Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .
pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup
|
Materi
|
PEWARISAN SIFAT
|
Indikator Soal
|
Disajikan
persilangan 2 individu yang bersifat intermediet antara warna merah dan
putih. Peserta didik dapat membandingkan hasil F2 nya.
|
Level Kognitif
|
C5
|
Persilangan dua individu yang
bersifat intermediet antara warna merah dan putih akan menghasilkan F2 dengan
warna...........
a.
merah, merah muda dan putih
b. merah muda dan merah
c. merah muda dan putih
d. merah dan putih
|
KARTU SOAL NOMOR 6
(URAIAN)
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IX / 1
|
|
Kompetensi Dasar
|
3.3.
Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .
pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup
|
Materi
|
PEWARISAN SIFAT
|
Indikator Soal
|
Disajikan
gambar DNA dan RNA, peserta didik dapat membandingkan struktur materi genetikDNA
dan RNA
|
Level Kognitif
|
C5
|
Dari gambar di atas, tuliskan
perbandingan struktur materi genetik DNA dan RNA !
|
KARTU SOAL NOMOR 7
(URAIAN)
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IX / 1
|
|
Kompetensi Dasar
|
3.3.
Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .
pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup
|
Materi
|
PEWARISAN SIFAT
|
Indikator Soal
|
Peserta didik
dapat menjelaskan cara menghasilkan tanaman kapri berbunga putih dari
persilangan sesama tanaman kapri berbunga ungu.
|
Level Kognitif
|
C5
|
Bagaimana persilangan antara
sesama tanaman kapri berbunga ungu dapat menghasilkan tanaman kapri berbunga
putih?
|
KARTU SOAL NOMOR 8
(URAIAN)
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IX / 1
|
|
Kompetensi Dasar
|
3.3.
Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .
pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup
|
Materi
|
PEWARISAN SIFAT
|
Indikator Soal
|
Disajikan
Parental dari persilangan golongan darah. Siswa dapat mengidentifikasi keturunan yang bergolongan darah O
|
Level Kognitif
|
C5
|
Ayah bergolongan darah A menikah
dengan ibu yang bergolongan darah B, apakah mungkin anaknya bergolongan darah
0 jelaskan lengkap dengan skema persilangannya!
|
KARTU SOAL NOMOR 9
(URAIAN)
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IX / 1
|
||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi Dasar
|
3.3.
Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .
pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup
|
|||||||||||||||||||||||||
Materi
|
PEWARISAN SIFAT
|
|||||||||||||||||||||||||
Indikator Soal
|
Disajikan bagan
persilangan F2 dari penotif Bulat
Kuning (BbKk). Peserta didik dapat menentukan perbandingan penotif dan
genotif pada keturunan F2
|
|||||||||||||||||||||||||
Level Kognitif
|
C5
|
|||||||||||||||||||||||||
Tentukan perbandingan fenotipe
dan genotipe pada tabel keturunan F2 nya!
|
||||||||||||||||||||||||||
KARTU SOAL NOMOR 10
(URAIAN)
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IX / 1
|
||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi Dasar
|
3.3.
Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam .
pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup
|
|||||||||||||||||||||||||
Materi
|
PEWARISAN SIFAT
|
|||||||||||||||||||||||||
Indikator Soal
|
Disajikan
beberapa pernyataan tentang kelainan dan sifat yang diturunkan. Peserta didik
dapat mengidentifikasi kelainan.
|
|||||||||||||||||||||||||
Level Kognitif
|
C4
|
|||||||||||||||||||||||||
Perhatikan data di bawah ini!
1. buta warna
2. albino
3. lidah menggulung
4. cuping telinga melekat
5. hemofilia
Dari pernyaatn di atas yang
termasuk ke dalam kategori sifat dan kelainan adalah..................
|
Kunci Pedoman Penskoran
NO
SOAL
|
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
|
SKOR
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
2
3
4
5
6
7
8
9
10.
|
A
D
C
B
A
|
1
1
1
1
1
6
2
2
2
3
|
Keterangan:
Soal ini termasuk
soal HOTS karena
1. ........
2. ........
3. ........
0 komentar:
Post a Comment