IN-2
LK-3. Format Desain Pembelajaran Berdasarkan Model Pembelajaran
Perumusan kegiatan dibagi ke dalam beberapa pertemuan, disesuaikan
dengan kebutuhan konten materi yang disajikan.
-
Menjelaskan peran gen dalam pewarisan sifat
1.
Pertemuan/Pembelajaran Unit Ke-1:
No
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sumber Belajar/Media
|
Penilaian
|
|
3.3.1.mengidentifikasi faktor pembawa sifat
keturunan (materi genetis)
|
4.3.1.melakukan penelusuran informasi tentang
pemuliaan tanaman dan hewan
|
Pendahuluan:
Guru
:
-
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
-
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
-
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
|
Buku siswa kementrian pendidikan
dan kebudayaan republik indonesia tahun 2018
|
Sikap:
Jurnal penilaiam sikap dilakukan
dengan observasi
Pengetahuan:
Tes tulis/lisan
Keterampilan:
-
Diskusi dan presentasi
|
|
|
|
Inti: - Membagikan LKPD 1.1 Observasi
Karakteristik Fisik Teman kepada peserta didik
-
Menginstruksikan peserta didik
untuk mempelajari LKPD 1.1 dan memberi kesempatan peserta didik untuk
menyampaikan pertanyaan terkait yang akan mereka lakukan
-
Memfasilitasi peserta didik untuk
mengobseravasi beberapa ciri /karakteristik manusia yang sudah ditentukan di
dalam LKPD , kemudian mencatat hasil observasinya di dlaam LKPD 1.1
-
Memfasilitasi peserta didik
melakukan diskusi terkait dengan hasil observasi dan menjawab beberapa
pertanyaan dalam LKPD 1.1
-
Memfasilitasi peserta didik untuk
mengidentifikasi masalah dari hasil kegiatan observasi dikaitkan dengan
pewarisan sifat (misal : apakah
sifat-sifta yang diamati pada tubuh teman ada kaitannya dengan sifat bawaan)
|
|
|
|
|
|
Penutup:
-
Guru merefleksikan hasil belajar yang
diperoleh melalui pembelajaran hari ini
-
Guru memberikan penugasan kepada
peserta didik
|
|
1.
Pertemuan/Pembelajaran Unit Ke-2:
No
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sumber Belajar/Media
|
Penilaian
|
|
3.4.1 Mendeskripsikan konsep suhu
|
4. 4.1
Mengikuti cara konversi antar skala termometer
|
Pendahuluan:
Guru :
-
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
-
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
-
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
|
Buku
siswa kementrian pendidikan dan kebudayaan republik indonesia tahun 2018
|
Sikap:
Jurnal
penilaiam sikap dilakukan dengan observasi
Pengetahuan:
Tes
tulis/lisan
Keterampilan
Diskusi
dan presentasi
|
|
|
|
Inti: - Membagikan LKPD 1.1 tentang observasi perubahan kalor dan
perpindahannya
-
Menginstruksikan peserta didik untuk mempelajari LKPD 1.1 dan memberi
kesempatan peserta didik untuk menyampaikan pertanyaan terkait yang akan
mereka lakukan
-
Memfasilitasi peserta didik untuk mengobseravasi faktor – faktor yang berkaitan dengan perubahan suhu, kemudian mencatat hasil
observasinya di dlaam LKPD 1.1
-
Memfasilitasi peserta didik melakukan diskusi terkait dengan hasil
observasi dan menjawab beberapa pertanyaan dalam LKPD 1.1
-
Memfasilitasi peserta didik untuk mengidentifikasi masalah dari hasil
kegiatan observasi dikaitkan dengan kalor
dan perpindahnnya
|
|
|
|
|
|
Penutup:
-
Guru merefleksikan hasil belajar yang diperoleh melalui pembelajaran
hari ini
-
Guru memberikan penugasan kepada peserta didik
|
|
R-3. Rubrik Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS
Rubrik ini digunakan fasilitator
untuk menilai hasil kerja analisis KD, rumusan IPK dan kegiatan pembelajaran
sesuai model pembelajaran.
Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.
Cermati
tugas yang diberikan kepada peserta pembekalan pada LK-3!
2.
Berikan
nilai berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik
berikut!
Kriteria Penilaian:
1.
Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK
pengetahuan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dengan tepat.
2.
Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK
keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dengan tepat.
3.
Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK
pengetahuan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-2dengan
tepat.
4.
Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK
keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-2dengan tepat.
5.
Merumuskan sumber belajar sesuai IPK
pengetahuan dan keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran
unit ke-1 dan unit ke-2 dengan tepat.
6.
Merumuskan penilaian sesuai IPK pengetahuan
dan keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dan
unit ke-2 dengan tepat.
Rubrik Penilaian:
Nilai
|
Rubrik
|
90 < nilai £100
|
Enam aspek sesuai dengan kriteria
|
80 < nilai £90
|
Lima aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
|
70 < nilai £80
|
Empat aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
|
60 < nilai £70
|
Tiga aspek
sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
|
<60
|
Dua
aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek
kurang sesuai
|
0 komentar:
Post a Comment