Home » , » TUGAS TAGIHAN IN 2 LK 3 FORMAT DESAIN PEMBELAJARAN - PKP BERBASIS ZONASI

TUGAS TAGIHAN IN 2 LK 3 FORMAT DESAIN PEMBELAJARAN - PKP BERBASIS ZONASI


IN-2

LK-3. Format Desain Pembelajaran Berdasarkan Model Pembelajaran
Perumusan kegiatan dibagi ke dalam beberapa pertemuan, disesuaikan dengan kebutuhan konten materi yang disajikan.
Tujuan Pembelajaran: -  mengidentifikasi faktor pembawa sifat
-          Menjelaskan peran gen dalam pewarisan sifat
1.      Pertemuan/Pembelajaran Unit Ke-1:


No
IPK Pengetahuan
IPK Keterampilan
Kegiatan Pembelajaran
Sumber Belajar/Media
Penilaian

3.3.1.mengidentifikasi faktor pembawa sifat keturunan (materi genetis)


4.3.1.melakukan penelusuran informasi tentang pemuliaan tanaman dan hewan

Pendahuluan:
Guru :
-          Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
-          Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
-          Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.



Buku siswa kementrian pendidikan dan kebudayaan republik indonesia tahun 2018


Sikap:
Jurnal penilaiam sikap dilakukan dengan observasi



Pengetahuan:
Tes tulis/lisan



Keterampilan:
-          Diskusi dan presentasi 



Inti: - Membagikan LKPD 1.1 Observasi Karakteristik Fisik Teman kepada peserta didik
-          Menginstruksikan peserta didik untuk mempelajari LKPD 1.1 dan memberi kesempatan peserta didik untuk menyampaikan pertanyaan terkait yang akan mereka lakukan
-          Memfasilitasi peserta didik untuk mengobseravasi beberapa ciri /karakteristik manusia yang sudah ditentukan di dalam LKPD , kemudian mencatat hasil observasinya di dlaam LKPD 1.1
-          Memfasilitasi peserta didik melakukan diskusi terkait dengan hasil observasi dan menjawab beberapa pertanyaan dalam LKPD 1.1
-          Memfasilitasi peserta didik untuk mengidentifikasi masalah dari hasil kegiatan observasi dikaitkan dengan pewarisan sifat  (misal : apakah sifat-sifta yang diamati pada tubuh teman ada kaitannya dengan sifat bawaan)








Penutup:
-          Guru merefleksikan hasil belajar yang diperoleh melalui pembelajaran hari ini
-          Guru memberikan penugasan kepada peserta didik






1.      Pertemuan/Pembelajaran Unit Ke-2:
No
IPK Pengetahuan
IPK Keterampilan
Kegiatan Pembelajaran
Sumber Belajar/Media
Penilaian

3.4.1 Mendeskripsikan konsep suhu
4.  4.1 Mengikuti cara konversi antar skala termometer
Pendahuluan:
Guru :
-          Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
-          Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
-          Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Buku siswa kementrian pendidikan dan kebudayaan republik indonesia tahun 2018
Sikap:
Jurnal penilaiam sikap dilakukan dengan observasi




Pengetahuan:
Tes tulis/lisan




Keterampilan
Diskusi dan presentasi 



Inti: - Membagikan LKPD 1.1 tentang observasi perubahan kalor dan perpindahannya
-          Menginstruksikan peserta didik untuk mempelajari LKPD 1.1 dan memberi kesempatan peserta didik untuk menyampaikan pertanyaan terkait yang akan mereka lakukan
-          Memfasilitasi peserta didik untuk mengobseravasi faktor – faktor yang berkaitan dengan perubahan suhu, kemudian mencatat hasil observasinya di dlaam LKPD 1.1
-          Memfasilitasi peserta didik melakukan diskusi terkait dengan hasil observasi dan menjawab beberapa pertanyaan dalam LKPD 1.1
-          Memfasilitasi peserta didik untuk mengidentifikasi masalah dari hasil kegiatan observasi dikaitkan dengan kalor dan perpindahnnya 





Penutup:
-          Guru merefleksikan hasil belajar yang diperoleh melalui pembelajaran hari ini
-          Guru memberikan penugasan kepada peserta didik




R-3.  Rubrik Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS


Rubrik  ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja analisis KD, rumusan IPK dan kegiatan pembelajaran sesuai model pembelajaran.
Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.       Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pembekalan pada LK-3!
2.       Berikan nilai berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
Kriteria Penilaian:
1.         Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK pengetahuan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dengan tepat.
2.         Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dengan tepat.
3.         Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK pengetahuan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-2dengan tepat.
4.         Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-2dengan tepat.
5.         Merumuskan sumber belajar sesuai IPK pengetahuan dan keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dan unit ke-2 dengan tepat.
6.         Merumuskan penilaian sesuai IPK pengetahuan dan keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dan unit ke-2  dengan tepat.

Rubrik Penilaian:                  
Nilai
Rubrik
90 < nilai £100
Enam  aspek sesuai dengan kriteria
80 < nilai £90
Lima  aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
70 < nilai £80
Empat  aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
60 < nilai £70
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
<60
Dua aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai


 



/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}