Home » » LAPORAN KEPALA SEKOLAH ADMINISTRASI PADA KEJADIN KHUSUS PENYEBARAN COVID - 19

LAPORAN KEPALA SEKOLAH ADMINISTRASI PADA KEJADIN KHUSUS PENYEBARAN COVID - 19



LAPORAN KEPALA SEKOLAH
ADMINISTRASI PADA KEJADIN KHUSUS
PENYEBARAN COVID - 19















Dra. Hj. TOTO TOYIBAH, M.Si
                                    NIP.....









SMP NEGERI 4 SODONGHILIR
JL. RADEN IHROM DANAATMAJA KEC. SODONGHILIR
KABUPATEN TASIKMALAYA


A. PENDAHULUAN
Sebagai bentuk tindak lanjut terhadap terbitnya Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang pencegahan Corona Virus Disease (COVID- 19) serta Surat Edaran Bupati Tasikmalaya tentang instruksi untuk melakukan Work From Home (WFH) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai lainnya serta kegiatan belajar dari rumah bagi seluruh peserta didik di semua jenjang pendidikan di Kabupaten Tasikmalaya,  maka SMP Negeri 4 Sodonghilir dalam rangka ikut memutus mata rantai penyebaran Virus Corona menyambut baik keputusan pemerintah pusat dan pemerintah daerah tersebut di atas.
Kegiatan pembelajaran pun dialihkan menjadi kegiatan pembelajaran dari rumah, pembelajaran daring tersebut dilaksanakan melalui aplikasi Whatsapp, Messenger dan Google Classroom. Guru dan peserta didik melakukan proses belajar mengajar secara daring sesuai dengan jadwal pelajaran seperti biasanya. Pembelajaran meliputi penyampaian materi, penugasan, dan penilaian.
            Pembelajaran jarak jauh (distance learning) yang dilakukan guru ini untuk memberikan akses pembelajaran yang tidak terbatas ruang dan waktu kepada peserta didik selama diberlakukannya masa darurat Covid-19.
Penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh ini sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 36962 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID- 19).
Pelaksanaan tugas dinas di rumah/tempat tinggal bagi guru berpedoman pada Surat Edaran MenPANRB Nomor 34 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah.
Pembelajaran jarak jauh tersebut dapat dilakukan secara daring (dalam jaringan), sehingga peserta didik dapat mengakses materi dan sumber pembelajaran tanpa batasan waktu dan tempat.
Kegiatan pembelajaran secara daring ini akan mendukung proses pembelajaran jarak jauh dan mempermudah dalam penyebaran materi kepada peserta didik.
Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan mencakup kegiatan penyampaian materi, penugasan, dan evaluasi.



B. Tujuan
Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dalam sistem daring ini bertujuan sebagai berikut.
1.        Memberikan wadah bagi peserta didik kelas IX SMP Negeri 4 Sodonghilir untuk dapat mempertajam pemahaman mereka tentang materi yang dipelajari..
2.        Memudahkan peserta didik kelas IX SMP Negeri 4 Sodonghilir  dalam mengakses materi dan tugas daring tanpa terbatas ruang dan waktu.
3.        Menyediakan bahan ajar dan aktivitas tambahan untuk tujuan pengayaan dengan menggunakan artikel terkait materi yang diajarkan.
4.   Mengevaluasi pemahaman dan kompetensi peserta didik terjadap materi yang diajarkan melalui uji kompetensi online berbentuk tes dalam aplikasi google form.
C. Sasaran
Pembelajaran Jarak Jauh ini diterapkan pada semester dua tahun pelajaran 2019/2020. Sasaran pengguna pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring ini adalah peserta didik kelas VII dan Kelas VIII.  Jumlah target peserta didik yang akan mengikuti pembelajaran jarak jauh adalah sebanyak 78peserta didik.
D. Ruang Lingkup
Ruang lingkup pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring ini mencakup beberapa tahapan, sebagai berikut.
1. Perencanaan
Sekolah merancang pembelajaran jarak jauh secara daring, meliputi Penyusunan jadwal, pengembangan materi/bahan ajar, teknis pembimbingan siswa dan penyusunan instrumen evaluasi.
2. Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah membagikan materi/bahan ajar dan tugas melalui aplikasi pembelajaran kepada peserta didik kelas IX SMP Negeri 4 Sodonghilir dengan target 38 peserta didik. Peserta didik membaca materi dan mengerjakan tugas dari rumah dengan alokasi waktu yang disepakati.
3. Penilaian (Evaluasi)
Sekolah menginput nilai tugas dari hasil pekerjaan peserta didik yang dikirimkan melalui gagdet masing-masing.



E. Materi Ajar
Materi ajar yang dibagikan adalah berhubungan dengan Covid-19, meliputi beberapa submateri sebagai berikut.
1. Ciri-ciri Covid-19 sebagai virus
2. Cara mencegah penyebaran Covid-19
3. Covid-19 sebagai penyebab pneumonia
4. Istilah-istilah penting tentang kasus Covid-19
F. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang diterapkan untuk menyampaikan materi ajar tersebut di atas adalah penyediaan materi yang dapat diakses oleh peserta didik melalui Google Classroom, Messenger dan Whatsapp. Peserta didik juga mendapatkan tugas untuk mengerjakan kuis secara mandiri terkait materi dengan menggunakan Google Formulir ataupun Whatsapp. Alokasi waktu mengerjakan sesuai dengan kesepakatan ruang dengan guru, mulai 17 Maret sampai dengan selesainya kondisi pandemic covids 19..
G. Media Pembelajaran
Media yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring dan luring  ini adalah artikel, Goolge Classroom, Google Formulir, Messenger serta aplikasi Whats app.

H. Evaluasi Pembelajaran
Tahap akhir dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring dan luring  ini adalah penilaian hasil belajar.
Evaluasi pembelajaran dilakukan dalam bentuk kuis menggunakan Google Formulir dan whatsapp.  Soal berbentuk pilihan ganda atau uraian .
Berdasarkan data, sebanyak 60 – 75 % peserta didik yang aktif dalam pembelajaran ini  Dengan demikian, peserta didik yang tidak mengirimkan jawaban atau tidak mengerjakan tugas diharapkan untuk mengerjakan tugas secara manual dengan memperhatikan protokol kesehatan.





I. Penutup
Demikian Laporan Pembelajaran Jarak Jauh dengan Sistem Daring dan luring  kami susun. Laporan ini sebagai bentuk pertanggungjawaban tertulis kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pengawas Pembina atas pelaksanaan tugas dinas di rumah/tempat tinggal.
         Sodonghilir, 31 Mei 2020
                       Kepala Sekolah



Dra. Hj. TOTO TOYIBAH, M.Si
























RENCANA KERJA KEPALA SEKOLAH WORK FROM HOME
KEJADIAN KHUSUS COVID-19
NAMA                                     :  Dra. Hj. TOTO TOYIBAH, M.Si
NIP                                          :  
JABATAN                               :  Kepala Sekolah
NO
KEGIATAN
Sasaran
MINGGU/BULAN
MARET
APRIL
MEI
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
Melakukan koordinasi dg Disdikbud.
Kepala seksi, Kabid
X










2
Sosialisasi Surat Edaran Bupati dan SE Kadisdikbud
Guru, TAS dan Peserta didik
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
3
Mendata saprasa di sekolah utk menunjang WFH dan BDR
WKS Saprasa, TAS Sarana dan Prasarana
X










4
Menysun jadwal kegiatan WFH dan BDR
WKS Kurikulum, Kesiswaan
X










5
Melakukan kegiatan admunistrasi dalam rangka pengelolaan manajemen sekolah
Kep TAS, Pengelola Adm persuratan,
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
6
Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan WFH dan BDR
Guru mapel
X
X
X
x
x
x
x
x
x
x
x
7
Mengidentifikasi kendala/ permasalahan selama WFH dan BDR
Guru dan Peserta didik
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
8
Memberikan umpan balik kepada guru atas pelaksanaan tugas guru-guru
Guru dan Peserta didik
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
9
Memberikan layanan dan bimbingan kepada guru dalam pelaksanaan WFH daring atau tatap muka
Guru
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
X
10
Menerima laporan pelaksanaan tugas dari guru setiap 2 minggu sekali
Guru

X

X

X

X

X

11
Menyampaikan LHBPD/ Raport siswa kepada ortu/ wali siswa
Pesesrta didik dan Ortu/ Wali










X
12
Memberikan laporan pelaksanaan WFH dan BDR kepada Pengawas
Pengawas Pembina , Staf Disdikbud










X

Sodonghilir, 31 Maret 2020
Kepala Sekolah

Dra. Hj. TOTO TOYIBAH, M.Si



















PELAPORAN KEGIATAN SELAMA WORKING FROM HOME

NAMA                   :  Dra. Hj. TOTO TOYIBAH, M.Si
NIP                         :
JABATAN              :  Kepala Sekolah
Unit Kerja               :  SMP Negeri 4 Sodonghilir
Alamat                     :  Jl. Raden Ihrom Danaatmaja Desa Sepatnunggal Kec. Sodonghilir

Bulan   : Maret
HARI/
TANGGAL
URAIAN
DISAMPAIKAN  KEPADA

Senin, 16 Maret 2020


17 sampai dengan 31 Maret 2020

Melakukan sosialisasi Kebijakan Pemerintah Terkait SE Buapti Tasikmalaya dan Kadisdikbud terkait kebijakan Pendidikan dalam masa darurat pandemik covids-19 kepada seluruh peserta didik, diantaranya : Belajar Dari Rumah (BDR)

Melakukan rapat dengan Guru dan TAS terkait penyusunan program pembelajaran Daring dan kesiapan sarana dan Prasarana

Membuat surat pemberitahuan kepada orang tua/ wali peserta didik terkait WFH dan BDR.

Menyusun inventarisasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam menunjang pembelajaran jarak jauh.

Kepala sekolah memberikan surat tugas kepada guru untuk melakukan kegiatan pembelajaran di rumah sesuai dengan kelas atau mata pelajaran yang diampu guru melalui berbagai media online.

Melakukan sosialisasi kepada siswa mengenai media pembelajaran secara daring dan tata cara penggunaan media tersebut.

 Melakukan pengendalian dan pengawasan atas pelaksanaan pembelajaran di rumah yang telah ditugaskan kepada guru.

 Menyusun kegiatan pembelajaran model daring dan luring (RPP) bersama-sama dengan guru secara detil terkait tugas dan pokok guru dalam pembelajaran jarak jauh

Membantu para orang tua/ siswa terkait pembimbingan belajar siswa di rumah ;

Melaporkan hasil kegiatan belajar di rumah kepada dinas pendidikan.



1.Pengawas Pembina

2.Kepala Disdikbud Kab. 
   Tasikmalaya



           
Sodonghilir, 31 Maret 2020
Kepala Sekolah

Dra. Hj. TOTO TOYIBAH, M.Si























PELAPORAN KEGIATAN SELAMA WORKING FROM HOME

NAMA                   :  Dra. Hj. TOTO TOYIBAH, M.Si
NIP                         : 
JABATAN              :  Kepala Sekolah
Unit Kerja               :  SMP Negeri 4 Sodonghilir
Alamat                     :  Jl. Raden Ihrom Danaatmaja Desa Sepatnunggal Kec. Sodonghilir
Bulan : April
HARI/ TANGGAL
URAIAN
DISAMPAIKAN  KEPADA
 01 April 2020
02 April s.d 30 April 2020
Menyusun evaluasi bulanan kegiatan WFH

Mengawasi, membimbing dan memfasilitasi para guru dalam pembelajaran jarak jauh melalui daring atau luring.
Melakukan koordinasi, asistensi dengan seluruh guru dan TAS melalui media zoom dalam rangka memecahkan berbagai masalah dalam proses pembelajaran daring.
Melakukan koordinasi dengan pengawas pembina melalui media zoom clouds meeting dalam rangka pembinaan guru dan peningkatan mutu pembelajaran jarak jauh, memberikan motivasi kerja kepada guru.
Melakukan kegiatan pengelolaan administrasi sekolah melalui pelaksanaan supervisi kepada tenaga kependidikan secaqra daring dan luring.
Melalukan kegiatan monitoring.pembelajaran secara daring melalui WA,  Aplikari Ruang guru,Messenger  dan GOOGLE Classroom..
Melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka pembinaan seluruh pengelola satuan pendidikan untuk meningkatkan pelayanan publik secara lebih bermutu.
Memberikan pelayanan kepada berbagai instansi terkait sehubungan sosialisasi penanganan penularan penyakit covids kepada orang tua siswa/ peserta didik.
Menyediakan berbagai fasilitasi sarana dan prasarana bagi guru , tendik untuk kebutuhan pembelajaran daring ataupun peningkatan kinerja tenaga kependidikan.
Melakukan koordinasi terkait penyelesaian tugas-tugas pekerjaan seperti laporan, usulan ataupun kegiatan kedinasan lainnya ke dinas pendidikan dan kebudayaan Tasikmalaya.
Melakukan sosialisasi tentang kegiatan peserta didik selama Bulan suci Romadhon

1.Pengawas Pembina

2.Kepala Disdikbud Kab. 
   Tasikmalaya

                                                                                                
                                                                                                 Tasikmalaya,   30 April 2020
                                                                                                 Kepala Sekolah


Dra. Hj. TOTO TOYIBAH, M.Si




PELAPORAN KEGIATAN SELAMA WORKING FROM HOME

NAMA                   :  Dra. Hj. TOTO TOYIBAH, M.Si
NIP                         : 
JABATAN              :  Kepala Sekolah
Unit Kerja               :  SMP Negeri 4 Sodonghilir
Alamat                     :  Jl. Raden Ihrom Danaatmaja Desa Sepatnunggal Kec. Sodonghilir
Bulan : Mei

HARI/
TANGGAL
URAIAN
DISAMPAIKAN  KEPADA
01 Mei 2020

02 Mei 2020 s.d
31 Mei 2020
Melakukan evaluasi bulanan terkait kegiatan WFH dan BDR


Melakukan pengawasan, pembimbingan dan pembinaan terhadap guru, TAS dan Peserta didik secara daring atau luring.

Melakukan Rapat-rapat terbatas dengan para wakil kepala sekolah terkait kegiatan Pelulusan kelas 9.

Memberikan pelayanan kepada berbagai instansi terkait sehubungan sosialisasi penanganan penularan penyakit covids kepada orang tua siswa/ peserta didik.

Melakukan kegiatan pengelolaan administrasi sekolah melalui pelaksanaan supervisi kepada tenaga kependidikan secaqra daring dan luring.

Memberikan masukan dan solusi kepada seluruh guru, TAS ketika mendapatkan permasalahan/ kendala dalam proses pembimbingan pembelajaran peserta didik, pengolahan nilai bagi peserta didik , dan penyusunan laporan hasil belajar peserta didik.

Menyediakan berbagai fasilitasi sarana dan prasarana bagi guru , tendik untuk kebutuhan pembelajaran daring ataupun peningkatan kinerja tenaga kependidikan.




1.Pengawas Pembina

2.Kepala Disdikbud Kab. 
   Tasikmalaya


                                                                                                 Tasikmalaya,   31 Mei 2020
                                                                                                 Kepala Sekolah,


           



LEMBAR SUPERVISI KEGIATAN KERJA DAN BELAJAR DIRUMAH
DALAM KEJADIAN COVID-19 TAHUN 2020

1     Nama sekolah                                            : SMP Negeri 4 Sodonghilir
2     NPSN                                                        :
3     Nama Kepala Sekolah                                : Dra. Hj. TOTO TOYIBAH, M.Si
4     NIP                                                           :
5     Jumlah rombel                                           : 4
6     Jumlah siswa                                             : 110   
7     Jumlah guru                                              : 10     
8     Jumlan tenaga kependididkan                     : TU  = 2, Penjaga = 1

9     Kegiatan pemantauan pegawai oleh kepala sekolah             
       a. Pemantauan pegawai dilakukan setiap hari
       B. Pemantauan dilakukan tidak setiap hari                          
       c. belum pernah melakukan pemantauan                                              
10   Kegiatan pemantauan peserta dididk oleh guru   
       a. semua guru memantau peserta didik          
       b. sebagian guru memantau peserta didik           
       c. tidak ada  guru yang memantau peserta didik                   
11    Program Kegiatan selama work from home
       a. Semua guru membuat program kegiatan selama WFH
       b. sebagian guru membuat  program kegiatan selama WFH  
       c. tidak ada guru yang membuat program kegiatan selama WFH           
12   Buku catatan harian kerja / jurnal guru               
       a. Semua guru membuat Buku catatan harian kerja       
       b. sebagian guru membuat Buku catatan harian kerja           
       c. tidak ada guru yang  guru membuat Buku catatan harian kerja           
      
13,14, 15 diisi untuk yang mengunakan moda daring, semua atau sebagian, boleh diisi lebih dari satu                                                                                                  
13   Komunikasi kepala sekolah dengan guru dan tata usaha menggunakan :
       a. telp./WA
       b. lainnya tatap muka minimal seminggu 1 kali  
14   Rapat-rapat/pembinaan/pemantauan terhadap guru/TU oleh kepala sekolah menggunakan aplikasi    
       a. Zoom could meeting
       b. webex
       c. lainnya tatap muka minimal seminggu 1 kali  
15   Untuk moda pendampingan terhadap peserta didik oleh guru menggunakan :
       a. Telp./WA
       b. Office 365                                                   
       c. Google classroom                                        
       d. edmodo
       e. Video conference                                         
       e. lainnya, sebutkan : …………………………………………………………………………….
16, 17  diisi untuk yang tidak mengunakan moda daring, semua atau sebagian *
16   Sebutkan langkah pemantauan kepala sekolah kepada guru
     Dengan mengadakan rapat online melalui zoom meeting, pertemuan dalam waktu 1 minggu 1x, laporan kegiatan guru dengan laporan harian yang dikirim melalui grup WA. Mengikuti ( masuk ) dalam grup kelas masing – masing mata pelajaran untuk memantau kegiatan pembelajaran                                                                
17   Sebutkan langkah pemantauan dan pendampingan guru terhadap peserta didik         
Absen harian melalui aplikasi Whatsapp, Messenger dan dokumentasi siswa dalam pengerjaan tugas yang dikirim melalui aplikasi Whatsapp, Messenger dan Facebook, serta pemantauan melalui orang tua murid dengan cara menghubungi melalui telepon dan Whatsapp                                                        
       Catatan :                                                                                                                               
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………    
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………    
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………    
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………    
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………    
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………    
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………    
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………    
           
                                                                                   Tasikmalaya, 31 Maret 2020
Pengawas Pembina,                                                     Kepalala sekolah,




............................................                                             Dra. Hj. TOTO TOYIBAH, M.Si
NIP.                                                                                 










BUKU CATATAN KEJADIAN KHUSUS

NAMA                         : Dra. Hj. Toto Toyibah, M.Si
NIP                              :
Jabatan *)                    : Kepala Sekolah

HARI TANGGAL
KEJADIAN
TINDAK LANJUT

-

-



-

                                                                 





                                                                                                 Tasikmalaya,     31  Mei 2020
                                                                                                 Kepala Sekolah



Dra. Hj. TOTO TOYIBAH, M.Si

*)Guru Kelas/Wali Kelas/Kepala Sekolah
Buku catatan ini diisi jika ada kejadian di luar yang diharapkan missal siswa/guru sakit











/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}