LAPORAN KEPALA SEKOLAH
ADMINISTRASI PADA KEJADIN KHUSUS
PENYEBARAN COVID - 19
Dra. Hj. TOTO TOYIBAH, M.Si
NIP.....
SMP NEGERI 4 SODONGHILIR
JL. RADEN IHROM DANAATMAJA KEC. SODONGHILIR
KABUPATEN TASIKMALAYA
A. PENDAHULUAN
Sebagai bentuk tindak lanjut terhadap
terbitnya Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020
tentang pencegahan Corona Virus Disease (COVID- 19) serta Surat Edaran Bupati
Tasikmalaya tentang instruksi untuk melakukan Work From Home (WFH) bagi
Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai lainnya serta kegiatan belajar dari
rumah bagi seluruh peserta didik di semua jenjang pendidikan di Kabupaten
Tasikmalaya, maka SMP Negeri 4 Sodonghilir
dalam rangka ikut memutus mata rantai penyebaran Virus Corona menyambut baik
keputusan pemerintah pusat dan pemerintah daerah tersebut di atas.
Kegiatan pembelajaran pun dialihkan
menjadi kegiatan pembelajaran dari rumah, pembelajaran daring tersebut
dilaksanakan melalui aplikasi Whatsapp, Messenger dan Google Classroom. Guru
dan peserta didik melakukan proses belajar mengajar secara daring sesuai dengan
jadwal pelajaran seperti biasanya. Pembelajaran meliputi penyampaian materi,
penugasan, dan penilaian.
Pembelajaran
jarak jauh (distance learning) yang
dilakukan guru ini untuk memberikan akses pembelajaran yang tidak terbatas
ruang dan waktu kepada peserta didik selama diberlakukannya masa darurat
Covid-19.
Penyelenggaraan pembelajaran jarak
jauh ini sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 36962 tentang Pembelajaran
secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID- 19).
Pelaksanaan tugas dinas di
rumah/tempat tinggal bagi guru berpedoman pada Surat Edaran MenPANRB Nomor 34
Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam
Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah.
Pembelajaran jarak jauh tersebut
dapat dilakukan secara daring (dalam
jaringan), sehingga peserta didik dapat mengakses materi dan sumber
pembelajaran tanpa batasan waktu dan tempat.
Kegiatan pembelajaran secara daring
ini akan mendukung proses pembelajaran jarak jauh dan mempermudah dalam
penyebaran materi kepada peserta didik.
Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh
yang dilakukan mencakup kegiatan penyampaian materi, penugasan, dan evaluasi.
B. Tujuan
Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh
dalam sistem daring ini bertujuan sebagai berikut.
1.
Memberikan wadah bagi
peserta didik kelas IX SMP Negeri 4 Sodonghilir untuk dapat mempertajam
pemahaman mereka tentang materi yang dipelajari..
2.
Memudahkan peserta didik
kelas IX SMP Negeri 4 Sodonghilir dalam mengakses materi dan tugas daring tanpa
terbatas ruang dan waktu.
3.
Menyediakan bahan ajar
dan aktivitas tambahan untuk tujuan pengayaan dengan menggunakan artikel
terkait materi yang diajarkan.
4. Mengevaluasi pemahaman dan kompetensi
peserta didik terjadap materi yang diajarkan melalui uji kompetensi online
berbentuk tes dalam
aplikasi google form.
C. Sasaran
Pembelajaran Jarak Jauh ini
diterapkan pada semester dua tahun pelajaran 2019/2020. Sasaran pengguna pembelajaran jarak jauh
dengan sistem daring ini adalah peserta didik kelas VII dan Kelas VIII. Jumlah target peserta didik yang akan
mengikuti pembelajaran jarak jauh adalah sebanyak 78peserta didik.
D. Ruang Lingkup
Ruang lingkup pembelajaran jarak jauh
dengan sistem daring ini mencakup beberapa tahapan, sebagai berikut.
1.
Perencanaan
Sekolah merancang pembelajaran jarak jauh secara
daring, meliputi Penyusunan jadwal, pengembangan materi/bahan ajar, teknis
pembimbingan siswa dan penyusunan instrumen evaluasi.
2.
Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah membagikan materi/bahan ajar dan tugas melalui
aplikasi pembelajaran kepada peserta didik kelas IX SMP Negeri 4 Sodonghilir
dengan target 38 peserta didik. Peserta didik membaca materi dan mengerjakan
tugas dari rumah dengan alokasi waktu yang disepakati.
3.
Penilaian (Evaluasi)
Sekolah menginput nilai tugas dari hasil pekerjaan
peserta didik yang dikirimkan melalui gagdet masing-masing.
E. Materi Ajar
Materi ajar yang dibagikan adalah
berhubungan dengan Covid-19, meliputi beberapa submateri sebagai berikut.
1. Ciri-ciri Covid-19 sebagai virus
2. Cara mencegah penyebaran Covid-19
3. Covid-19 sebagai penyebab pneumonia
4. Istilah-istilah penting tentang kasus Covid-19
F. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang diterapkan
untuk menyampaikan materi ajar tersebut di atas adalah penyediaan materi yang
dapat diakses oleh peserta didik melalui Google Classroom, Messenger dan Whatsapp. Peserta
didik juga mendapatkan tugas untuk mengerjakan kuis secara mandiri terkait
materi dengan menggunakan Google Formulir ataupun Whatsapp. Alokasi waktu
mengerjakan sesuai dengan kesepakatan ruang dengan guru, mulai 17 Maret sampai
dengan selesainya kondisi pandemic covids 19..
G. Media Pembelajaran
Media yang digunakan untuk mendukung proses
pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring dan luring ini adalah artikel, Goolge Classroom, Google
Formulir, Messenger serta
aplikasi Whats app.
H. Evaluasi Pembelajaran
Tahap akhir dalam pelaksanaan
pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring dan luring ini adalah penilaian hasil belajar.
Evaluasi pembelajaran dilakukan dalam bentuk kuis
menggunakan Google Formulir dan whatsapp.
Soal berbentuk pilihan ganda atau uraian .
Berdasarkan data, sebanyak 60 – 75 % peserta didik
yang aktif dalam pembelajaran ini Dengan
demikian, peserta didik yang tidak mengirimkan jawaban atau tidak mengerjakan
tugas diharapkan untuk mengerjakan tugas secara manual dengan memperhatikan
protokol kesehatan.
I. Penutup
Demikian Laporan Pembelajaran Jarak
Jauh dengan Sistem Daring dan luring
kami susun. Laporan ini sebagai bentuk pertanggungjawaban tertulis
kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pengawas Pembina atas
pelaksanaan tugas dinas di rumah/tempat tinggal.
Sodonghilir, 31 Mei 2020
Kepala Sekolah
Dra. Hj.
TOTO TOYIBAH, M.Si
RENCANA KERJA KEPALA SEKOLAH
WORK
FROM HOME
KEJADIAN KHUSUS COVID-19
NAMA :
Dra. Hj. TOTO TOYIBAH, M.Si
NIP :
JABATAN : Kepala Sekolah
NO
|
KEGIATAN
|
Sasaran
|
MINGGU/BULAN
|
||||||||||
MARET
|
APRIL
|
MEI
|
|||||||||||
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Melakukan koordinasi dg
Disdikbud.
|
Kepala
seksi, Kabid
|
X
|
||||||||||
2
|
Sosialisasi Surat Edaran
Bupati dan SE Kadisdikbud
|
Guru,
TAS dan Peserta didik
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
3
|
Mendata saprasa di sekolah
utk menunjang WFH dan BDR
|
WKS
Saprasa, TAS Sarana dan Prasarana
|
X
|
||||||||||
4
|
Menysun jadwal kegiatan
WFH dan BDR
|
WKS
Kurikulum, Kesiswaan
|
X
|
||||||||||
5
|
Melakukan kegiatan
admunistrasi dalam rangka pengelolaan manajemen sekolah
|
Kep TAS, Pengelola Adm
persuratan,
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
6
|
Melaksanakan monitoring
dan evaluasi pelaksanaan WFH dan BDR
|
Guru mapel
|
X
|
X
|
X
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
7
|
Mengidentifikasi kendala/
permasalahan selama WFH dan BDR
|
Guru dan Peserta didik
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
8
|
Memberikan umpan balik
kepada guru atas pelaksanaan tugas guru-guru
|
Guru dan Peserta didik
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
9
|
Memberikan layanan dan
bimbingan kepada guru dalam pelaksanaan WFH daring atau tatap muka
|
Guru
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
10
|
Menerima laporan
pelaksanaan tugas dari guru setiap 2 minggu sekali
|
Guru
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
||||||
11
|
Menyampaikan LHBPD/ Raport
siswa kepada ortu/ wali siswa
|
Pesesrta didik dan Ortu/
Wali
|
X
|
||||||||||
12
|
Memberikan laporan
pelaksanaan WFH dan BDR kepada Pengawas
|
Pengawas Pembina , Staf
Disdikbud
|
X
|
Sodonghilir, 31 Maret 2020
Kepala Sekolah
Dra. Hj.
TOTO TOYIBAH, M.Si
PELAPORAN
KEGIATAN SELAMA WORKING FROM HOME
NAMA : Dra. Hj. TOTO TOYIBAH,
M.Si
NIP :
JABATAN : Kepala Sekolah
Unit Kerja : SMP Negeri 4
Sodonghilir
Alamat :
Jl.
Raden Ihrom Danaatmaja Desa Sepatnunggal Kec. Sodonghilir
Bulan : Maret
HARI/
TANGGAL
|
URAIAN
|
DISAMPAIKAN
KEPADA
|
Senin, 16 Maret 2020
17 sampai dengan 31 Maret 2020
|
Melakukan sosialisasi Kebijakan Pemerintah Terkait SE Buapti Tasikmalaya
dan Kadisdikbud terkait kebijakan Pendidikan dalam masa darurat pandemik
covids-19 kepada seluruh peserta didik, diantaranya : Belajar Dari Rumah
(BDR)
Melakukan rapat dengan Guru dan TAS terkait penyusunan program
pembelajaran Daring dan kesiapan sarana dan Prasarana
Membuat surat pemberitahuan kepada orang tua/ wali peserta didik terkait
WFH dan BDR.
Menyusun inventarisasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam
menunjang pembelajaran jarak jauh.
Kepala sekolah memberikan surat
tugas kepada guru untuk melakukan kegiatan pembelajaran di rumah sesuai
dengan kelas atau mata pelajaran yang diampu guru melalui berbagai media
online.
Melakukan sosialisasi kepada siswa
mengenai media pembelajaran secara daring dan tata cara penggunaan media tersebut.
Melakukan pengendalian dan pengawasan atas
pelaksanaan pembelajaran di rumah yang telah ditugaskan kepada guru.
Menyusun kegiatan pembelajaran model daring
dan luring (RPP) bersama-sama dengan guru secara detil terkait tugas dan
pokok guru dalam pembelajaran jarak jauh
Membantu para orang tua/ siswa
terkait pembimbingan belajar siswa di rumah ;
Melaporkan hasil kegiatan belajar
di rumah kepada dinas pendidikan.
|
1.Pengawas Pembina
2.Kepala Disdikbud Kab.
Tasikmalaya
|
Sodonghilir,
31 Maret 2020
Kepala
Sekolah
Dra. Hj. TOTO TOYIBAH, M.Si
PELAPORAN
KEGIATAN SELAMA WORKING FROM HOME
NAMA : Dra. Hj. TOTO TOYIBAH,
M.Si
NIP :
JABATAN : Kepala Sekolah
Unit Kerja : SMP Negeri 4
Sodonghilir
Alamat :
Jl.
Raden Ihrom Danaatmaja Desa Sepatnunggal Kec. Sodonghilir
Bulan : April
HARI/ TANGGAL
|
URAIAN
|
DISAMPAIKAN
KEPADA
|
01 April 2020
02 April s.d 30 April 2020
|
Menyusun evaluasi bulanan kegiatan WFH
Mengawasi, membimbing dan memfasilitasi para guru dalam pembelajaran
jarak jauh melalui daring atau luring.
Melakukan koordinasi, asistensi dengan seluruh guru dan TAS melalui media
zoom dalam rangka memecahkan berbagai masalah dalam proses pembelajaran
daring.
Melakukan koordinasi dengan pengawas pembina melalui media zoom clouds
meeting dalam rangka pembinaan guru dan peningkatan mutu pembelajaran jarak
jauh, memberikan motivasi kerja kepada guru.
Melakukan kegiatan pengelolaan administrasi sekolah melalui pelaksanaan
supervisi kepada tenaga kependidikan secaqra daring dan luring.
Melalukan
kegiatan
monitoring.pembelajaran
secara daring melalui WA, Aplikari
Ruang guru,Messenger dan GOOGLE Classroom..
Melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka
pembinaan seluruh pengelola satuan pendidikan untuk meningkatkan pelayanan
publik secara lebih bermutu.
Memberikan pelayanan kepada berbagai instansi terkait sehubungan
sosialisasi penanganan penularan penyakit covids kepada orang tua siswa/
peserta didik.
Menyediakan berbagai fasilitasi sarana dan prasarana bagi guru , tendik
untuk kebutuhan pembelajaran daring ataupun peningkatan kinerja tenaga
kependidikan.
Melakukan koordinasi terkait penyelesaian tugas-tugas pekerjaan seperti
laporan, usulan ataupun kegiatan kedinasan lainnya ke dinas pendidikan dan
kebudayaan Tasikmalaya.
Melakukan sosialisasi tentang kegiatan peserta didik selama Bulan suci
Romadhon
|
1.Pengawas Pembina
2.Kepala Disdikbud Kab.
Tasikmalaya
|
Tasikmalaya, 30 April 2020
Kepala
Sekolah
Dra. Hj. TOTO TOYIBAH, M.Si
PELAPORAN
KEGIATAN SELAMA WORKING FROM HOME
NAMA : Dra. Hj. TOTO TOYIBAH,
M.Si
NIP :
JABATAN : Kepala Sekolah
Unit Kerja : SMP Negeri 4
Sodonghilir
Alamat :
Jl.
Raden Ihrom Danaatmaja Desa Sepatnunggal Kec. Sodonghilir
Bulan : Mei
HARI/
TANGGAL
|
URAIAN
|
DISAMPAIKAN
KEPADA
|
01 Mei 2020
02 Mei 2020 s.d
31 Mei 2020
|
Melakukan evaluasi bulanan terkait kegiatan WFH dan BDR
Melakukan pengawasan, pembimbingan dan pembinaan terhadap guru, TAS dan
Peserta didik secara daring atau luring.
Melakukan Rapat-rapat terbatas dengan para wakil kepala sekolah terkait
kegiatan Pelulusan kelas 9.
Memberikan pelayanan kepada berbagai instansi terkait sehubungan
sosialisasi penanganan penularan penyakit covids kepada orang tua siswa/
peserta didik.
Melakukan kegiatan pengelolaan administrasi sekolah melalui pelaksanaan
supervisi kepada tenaga kependidikan secaqra daring dan luring.
Memberikan masukan dan solusi kepada seluruh guru, TAS ketika mendapatkan
permasalahan/ kendala dalam proses pembimbingan pembelajaran peserta didik,
pengolahan nilai bagi peserta didik , dan penyusunan laporan hasil belajar
peserta didik.
Menyediakan berbagai fasilitasi sarana dan prasarana bagi guru , tendik
untuk kebutuhan pembelajaran daring ataupun peningkatan kinerja tenaga
kependidikan.
|
1.Pengawas Pembina
2.Kepala Disdikbud Kab.
Tasikmalaya
|
Tasikmalaya, 31 Mei 2020
Kepala
Sekolah,
LEMBAR
SUPERVISI KEGIATAN KERJA DAN BELAJAR DIRUMAH
DALAM
KEJADIAN COVID-19 TAHUN 2020
1 Nama sekolah : SMP Negeri 4
Sodonghilir
2 NPSN :
3 Nama Kepala Sekolah : Dra. Hj.
TOTO TOYIBAH, M.Si
4 NIP :
5 Jumlah rombel : 4
6 Jumlah siswa : 110
7 Jumlah guru :
10
8 Jumlan tenaga kependididkan : TU = 2, Penjaga = 1
9 Kegiatan pemantauan pegawai oleh kepala
sekolah
a. Pemantauan pegawai dilakukan setiap
hari
B. Pemantauan dilakukan tidak setiap hari
c. belum pernah melakukan pemantauan
10 Kegiatan pemantauan peserta dididk oleh guru
a. semua guru memantau peserta didik
b. sebagian guru memantau peserta didik
c. tidak ada guru yang memantau peserta didik
11 Program Kegiatan selama work from home
a. Semua guru membuat program kegiatan
selama WFH
b. sebagian guru membuat program kegiatan selama WFH
c. tidak ada guru yang membuat program
kegiatan selama WFH
12 Buku catatan harian kerja / jurnal guru
a. Semua guru membuat Buku catatan harian
kerja
b. sebagian guru membuat Buku catatan
harian kerja
c. tidak ada guru yang guru membuat Buku catatan harian kerja
13,14,
15 diisi untuk yang mengunakan moda daring, semua atau sebagian, boleh diisi
lebih dari satu
13 Komunikasi kepala sekolah dengan guru dan
tata usaha menggunakan :
a. telp./WA
b. lainnya tatap muka minimal seminggu 1 kali
14 Rapat-rapat/pembinaan/pemantauan terhadap
guru/TU oleh kepala sekolah menggunakan aplikasi
a. Zoom could meeting
b. webex
c. lainnya tatap muka minimal seminggu 1
kali
15 Untuk moda
pendampingan terhadap peserta didik oleh guru menggunakan :
a. Telp./WA
b. Office
365
c. Google
classroom
d. edmodo
e. Video
conference
e. lainnya,
sebutkan : …………………………………………………………………………….
16, 17 diisi
untuk yang tidak mengunakan moda daring, semua atau sebagian *
16 Sebutkan
langkah pemantauan kepala sekolah kepada guru
Dengan
mengadakan rapat online melalui zoom meeting, pertemuan dalam waktu 1 minggu
1x, laporan kegiatan guru dengan laporan harian yang dikirim melalui grup WA.
Mengikuti ( masuk ) dalam grup kelas masing – masing mata pelajaran untuk
memantau kegiatan pembelajaran
17 Sebutkan
langkah pemantauan dan pendampingan guru terhadap peserta didik
Absen
harian melalui aplikasi Whatsapp, Messenger dan dokumentasi siswa dalam
pengerjaan tugas yang dikirim melalui aplikasi Whatsapp, Messenger dan
Facebook, serta pemantauan melalui orang tua murid dengan cara menghubungi
melalui telepon dan Whatsapp
Catatan :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Tasikmalaya,
31 Maret 2020
Pengawas Pembina,
Kepalala sekolah,
............................................ Dra.
Hj. TOTO TOYIBAH, M.Si
NIP.
BUKU
CATATAN KEJADIAN KHUSUS
NAMA : Dra. Hj. Toto
Toyibah, M.Si
NIP :
Jabatan
*) : Kepala
Sekolah
HARI TANGGAL
|
KEJADIAN
|
TINDAK LANJUT
|
-
|
-
|
-
|
Tasikmalaya, 31
Mei 2020
Kepala
Sekolah
Dra. Hj. TOTO TOYIBAH, M.Si
*)Guru Kelas/Wali
Kelas/Kepala Sekolah
Buku catatan ini diisi
jika ada kejadian di luar yang diharapkan missal siswa/guru sakit
0 komentar:
Post a Comment