Berikut adalah beberapa contoh soal
yang bisa di kerjakan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman Anda terkait
materi yang sedang dipelajari.
1. Landasan
pendidikan jenis ini memiliki asumsi yang bersumber hakikat manusia, hakikat
ilmu, nilai serta perilaku yang dinilai baik dan dijalankan setiap lembaga
pendidikan adalah
….
A. Landasan
filosofis
B. Landasan
sosiologis
C. Landasan
religius
D. Landasan
yuridis
E. Landasan
psikologi
2. Berikut
ini contoh konkrit dari implikasi landasan religius dalam pendidikan di sekolah
adalah ….
A. Menjaga
lingkungan sekitar rumah, karena kebersihan merupakan sebagian dari iman
B. Gotong
royong dan saling menghormati antar warga masyarakat meskipun berbeda suku, ras
dan agama
C. Guru
mengajarkan siswanya untuk berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran
D. Guru
menggunakan media pembelajaran yang interaktif untuk mendukung pembelajaran di
kelas
E. E. Sekolah
menyediakanberbagai ekstrakulikuler
yang dapat
memfasilitasi potensi dan kreativitas anak
3. Peserta didik Kelas “Y” sebagian besar memiliki gaya belajar visual
maka strategi belajar yang tepat dilakukan untuk
kelas
tersebut yaitu:
A.
Peserta didik ditugaskan untuk menganalisis materi
B. Peserta
didik ditugaskan merangkum suatu uraian
C.
Peserta didik ditugaskan membaca buku x karangan Mr. x
D.
Peserta didik ditugaskan untuk mengemukakan pendapat
E. Peserta
didik ditugaskan untuk merangkum bahan belajar yang
terdapat
dalam buku teks
4. Pak
Ferdi ketika akan melakukan kegiatan pembelaajran dengan topik penyakit menular
melakukan pre tes terlebih dahulu, hal ini artinya guru memperhatikan
karakteristik peserta didik dalam hal ….
A. Motivasi
belajarnya
B. Perkembangan
sosialnya
C. perkembangan
emosinya
D. Perkembangan
motoriknya
E. Kemampuan
awalnya
5. Untuk
meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan teori
belajar konstruktivisme dalam pembelajaran, karena dalam teori belajar ini ...
A. Mudah
dalam mengevaluasi hasil belajar
B. Siswa belajar
dalam kelompok, maka tugas guru lebih ringan
C. Menempatkan
siswa sebagai subjek belajar
D. Siswa
diberi tugas, sehingga belajar lebih aktif
E. Menempatkan
siswa sebagai objek penting dalam belajar
6. Salah
satu perkembangan teknologi dalam praktik pembelajaran adalah dengan
mengintegrasikan teknologi salah satunya adalah pembelajaran yang memanfaatkan
social media. Dalam pembelajaran tersebut memberikan kesempatan peserta didik
untuk......
A. Berkolaborasi,
berbagi informasi, berinterkasi
B. Berbagi
informasi, berkolaborasi, mengembangkan kemampuan individu
C. Berinteraksi,
berbagi informasi, memperbaiki kesalahannya
D. Berkolaborasi,
mengembangkan kemampuan individu, berinterkasi
E. Berkorespondensi
terkait proses pembelajaran yang berlangsung di kelas
7. Menurut
teori belajar konstruktivistik, anak akan merasakan bahwa proses belajar itu
adalah sesuatu proses yang menyenangkan jika......
A. Sesuai dengan
taraf berikir anak
B. Ada
keterlibatan intelektual dan emosional anak
C. Belajar
dipraktekkan
D. Adanya
kompetensi belajar
E. Terdapat
stimulus dan respon yang sesuai
8. Kurikulum
sebagai pedoman dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pembelajaran di
sekolah merupakan fungsi kurikulum bagi ….
A. Guru
B. Kepala
sekolah
C. Orang
tua
D. Siswa
E. Pengawas
Sekolah
9. Kurikulum
harus aktif berpartisipasi aktif sebagai control atau filter social menunjukkan
fungsi kurukulum ….
A. Konservatif
B. Kreatif
C. Evaluatif
D. Dinamis
E. Imajinatif
10. Kualifikasi
yang diharapkan dicapai oleh siswa setelah menyelesaikan pendidikan di SMA
merupakan tujuan
A. Pembelajaran
umum
B. Mata
pelajaran
C. Institusional
D. Pendidikan
nasional
E. Pembelajaran
khusus
0 komentar:
Post a Comment