Home » » ASAL MUASAL AIR DAN PROSES PEMBENTUKANNYA

ASAL MUASAL AIR DAN PROSES PEMBENTUKANNYA


Apakah air itu?
Air adalah substansi kimia dengan rumus kimia H2O: satu molekul air tersusun atas dua atom hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen. Air bersifat tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau pada kondisi standar, yaitu pada tekanan 100 kPa (1 bar) and temperatur 273,15 K (0 °C). Zat kimia ini merupakan suatu pelarut yang penting, yang memiliki kemampuan untuk melarutkan banyak zat kimia lainnya, seperti garam-garam, gula, asam, beberapa jenis gas dan banyak macam molekul organik
.

Darimanakah asal muasal air?
Ilmuwan menduga bahwa bumi dahulunya kering tanpa air. Kemudian saat usia bumi masih muda suatu energi membuat permukaan mencair. Ada pula anggapan bahwa tabrakan dengan kometlah yang membuat air mengalir di bumi.
“Beberapa orang berpendapat bahwa molekul air di bumi karena proses penguapan atau tiupan angin dari ruang angkasa,” ujar Horst Marschall, ahli geologi dari WHOI.
Untuk memastikan kebenaran hadirnya air di bumi, peneliti pun menganalisis meteorit. Pertama mereka melihat kandungan chondrite karbon pada meteror yang terbentuk bersamaan dengan matahari. 
Asteroit Vesta berusia sekitar 14 juta tahun, hampir sama dengan kelahiran tata surya tak luput dari penelitian. “Ini meterorit primitif yang komposisinya menyerupai tata surya,” ujar Sune Neilsen dari WHOI. “Mereka mempunyai banyak air di dalamnya dan kami menduganya sebagai calon asal air bumi,” tambahnya.
Peneliti memeriksa kandungan karbon chondrite pada asteroid Vesta dan batuan di bumi. Ternyata batuan bumi pun mempunyai kandungan serupa asteroid Vesta.
Horst Marschall, ahli geologi WHOI berpendapat bahwa studi ini menunjukkan bumi menjadi planet yang basah karena munculnya air di permukaan.

Lalu bagaimana proses terbentuknya air di muka bumi?
Menurut para ilmuwan, terbentuknya air di Bumi terjadi sekitar 2 miliar tahun lalu, ketika Bumi mulai mengalami proses pendinginan. Sebelumnya Bumi berbentuk gas, kemudian memadat selanjutnya menjadi bentuk cair lalu mulai mengeras dan mendingin.
Proses pendinginan telah melalui tahap menyelimuti Bumi dengan lapisan awan yang padat yang mengandung sebagian besar air di planet ini. Untuk jangka waktu yang lama, permukaan Bumi masih sangat panas sehingga tetesan air yang jatuh akan segera kembali menjadi uap air.
Semakin banyak air menguap, tingkat kepadatan awan semakin tinggi sehingga tidak ada sinar matahari yang dapat menembus sampai permukaan Bumi. Setelah Bumi mendingin, hujan mulai turun. Hujan ini adalah hujan yang pertama dan terjadi secara terus-menerus dari siang ke malam, hari ke bulan, bulan ke tahun dan tahun ke abad.
Apa saja fungsi air?
keperluan rumah tangga, misalnya untuk minum, masak, mandi, cuci dan pekerjaan lainnya,
keperluan umum, misalnya untuk kebersihan jalan dan pasar, pengangkutan air limbah, hiasan kota, tempat rekreasi dan lain-lainnya.
keperluan industri, misalnya untuk pabrik dan bangunan pembangkit tenaga listrik.
keperluan perdagangan, misalnya untuk hotel, restoran, dll.
keperluan pertanian dan peternakan
keperluan pelayaran dan lain sebagainya



/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}