Home » » FAKTOR-FAKTOR TERJADINYA LONGSOR DAN CARA MENANGGULANGINYA

FAKTOR-FAKTOR TERJADINYA LONGSOR DAN CARA MENANGGULANGINYA


Sebelumnya kita dikejutkan degan berita duka yang menelan beberapa jiwa di Banjarnegara akibat hujan deras yang mengakibatkan longsor. Info kali ini yang akan kita bagikan adalah beberapa factor terjadinya longsor dan cara penanggulangan longsor.
Longsor atau sering disebut gerakan tanah adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masabatuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah.

Faktor-Faktor Terjadinya Longsor
erosi yang disebabkan aliran air permukaan atau air hujan, 
gempa bumi menyebabkan getaran, tekanan pada partikel-partikel mineral dan bidang lemah pada massa batuan dan tanah yang mengakibatkan longsornya lereng-lereng tersebut
gunung berapi menciptakan simpanan debu yang lengang, hujan lebat dan aliran debu-debu
getaran dari mesin, lalu lintas,

 Cara Penganggualangan Longsor
Mengubah geometri kelerengan( perubahan geometri lereng ini pada prisinpnya bertujuan untuk mengurangi gaya pendorong dari masa tanah atau gaya-gaya yang menggerakan yang menyebabkan gerakan lereng)
Mengendalikan aliran air permukaan (air merupakan salah satu faktor penyumbang ketidak mantapan lereng, karena akan meninggikan tekanan air pori. Pengendalian air ini dapat dilakukan dengan cara system pengaturan drainase lereng lebih baik dengan drainase permuakaan maupun bawah permukaan sebagai pendukung)
Penanaman pohon di lajur rawan longsor (tumbuhan dapat digunakan untuk mengontrol erosi pada tanah yang tidak stabil)

Betonisasi (cara ini hanya bersifat sementara karena hanya menguatkan komposisi tanah bagian luarnya saja)


/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}