Home » , , , » KLASIFIKASI ILMIAH DAN MANFAAT BUNGA KENIKIR

KLASIFIKASI ILMIAH DAN MANFAAT BUNGA KENIKIR

Tahun kemarin saya dan teman saya melihat bunga di halaman rumah teman saya, dan teman saya mengabadikannya. Hasilnya sangat indah sekali, gambarnya tidak pecah. Bunga ini berwarna kuncing cerah, indah sebagai tanaman hias di halaman rumah, ada dua gambar yang di ambil oleh teman saya dan saya masih menyimpan gambar bunga ini. Bunga ini adalah bunga kenikir yang indah dan cantik selain itu juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kita semua. Yu kita mengenal lebih jauh tentang bunga kenikir ini!


Klasifikasi Ilmiah
Kerajaan : plantae
Divisi : spermatophyte
Kelas : magnoliophyta
Ordo : fabales
Family : asteraceae
Genus : cosmos
Spesies : c. caudatus
Kenikir atau ulam raja merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari Amerika Latin, Amerika Tengah, tetapi tumbuh liar dan mudah didapati di Florida, Amerika Serikat, serta di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Spesies ini dibawa ke Asia Tenggara melalui Filipina oleh Spanyol. Kenikir adalah anggota dari Asteraceae. Manakala tumbuhan bunga yang berwarna kuning jarang digunakannya sebagai ulam, yang berwarna ungu merupakan sayuran salad yang sangat populer dimakan mentah bersama nasi atau dicacah dengan budu, sambal terasi, tempoyak, serta cincalok. Spesies ini disebut ulam raja di Malaysia yang berarti salad raja.
Manfaat Bunga Kenikir
Ulamnya yang digelarkan "ulam raja" telah digunakan secara tradisional untuk memperbaiki peredaran darah dan mencuci darah, serta untuk menguatkan tulang, dan mengobati lemah lambung. Ulamnya mempunyai keupayaan antioksida (AEAC) yang amat tinggi, yaitu setiap 100 gram salad yang segar mempunyai kemampuan antioksidan yang sama dengan 2400 miligram asam L-askorbik. Lebih dari dua puluh jenis bahan antioksidan telah dikenal pasti dalam kenikir. Bahan-bahan antioksidan yang utama disebabkan oleh adanya sejumlah proantosianidin yang wujud sebagai dimer, melalui heksamer, kuersetin glikosida, asam klorogenik, asam neoklorogenik, asam kripto-klorogenik, serta penangkap (+)-. Kemampuan kenikir untuk mengurangi tekanan oksidatif mungkin sebagiannya terdiri daripada kandungan antioksidajnya yang tinggi. Dan juga, tumbuhan ini mengandung zat kimia yang mengandung minyak atsiri, saponin danflavonoida polifenol.
Berdasarkan kajian tempatan, kenikir mengandung 3 persen protein, 0,4 persen lemak dan karbohidrat serta kaya dengan kalsium danvitamin A. Senyawa yang bersifat antioksidan dapat memacu proses apoptosis melalui jalur intrinsik (jalur mitokondria).



/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}