RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK ISLAM
CIAWANG
Mata Pelajaran : FISIKA
Kelas/Semester : X/ 1
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit
Standar
Kompetensi : 1. Mengukur besaran dan menerapkan satuannya
Kompetensi
dasar :
1.1
Menguasai
konsep besaran dan satuannya.
1.2
Menggunakan
alat ukur yang tepat untuk mengukur suatu besaran fisis.
Indikator :
· Besaran pokok dan besaran turunan
dibandingkan
Satuan besaran pokok diterapkan dalam Sistem
Internasional
· Instrumen
disiapkan secara tepat serta pengukuran dilakukan dengan benar berkaitan dengan besaran pokok
panjang, massa, waktu, dengan mempertimbangkan aspek ketepatan (akurasi),
kesalahan matematis yang memerlukan kalibrasi, ketelitian (presisi) dan
kepekaan (sensitivitas)
· Nilai yang ditunjukkan alat
ukur dibaca secara tepat, serta hasil
pengukuran ditulis sesuai aturan penulisan angka penting disertai
ketidakpastiannya (batas ketelitian alat) dengan tepat.
· Angka penting didefinisikan
dan diterapkan dalam pengukuran.
· Pengertian tentang kesalahan
sistematik dan acak dijelaskan serta diberikan
contohnya
·
Kesalahan sistematik dihitung dalam
pengukuran
Data hasil pengukuran diolah dan disajikan dalam bentuk
grafik dan dibuat kesimpulan tentang
besaran fisis yang diukur berdasarkan hasil yang telah disajikan dalam bentuk
grafik
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa
dapat menjelaskan dan membedakan besaran pokok dan besaran turunan.
2. Siswa
dapat menggunakan alat ukur dengan
benar dan teliti.
3. Siswa
dapat mengidentifikasi nilai yang ditunjukan alat ukur.
4.
Siswa dapat mendefinisikan dan menerapkan pengukuran dalam kegiatan sehari-hari.
5.
Siswa
dapat membaca kesalahan sistematik dalam pengukuran
6.
Siswa
dapat menyajikan data pengukuran dalam bentuk grafik
B. Pendidikan Karakter Bangsa
1.
Teliti
2.
Disiplin
3.
Kreatif
4.
Mandiri
5.
Kerja
keras
C.
Materi
Pembelajaran
1. Besaran dan Satuan Dasar Sistem SI
Berdasarkan
kesepakatan bersama yang menjadi acuan pengukuran. Ada 7 besaran pokok yaitu :
panjang (m), massa (kg), waktu (s), arus listrik (A), temperatur (K),
intensitas cahaya (Cd), jumlah zat (mol)
2. Besaran Turunan Berdaasarkan SI
Besaran
turunan diperoleh dari hasil perkalian atau perbandingan beberapa besaran pokok
dan besaran turunan itu sendiri. Contohnya : luas (m2), volume (m3
atau L) kecepatan (m/s), gaya (N), Usaha (J)
3. Faktor Konversi
a.
Perbandingan
Sudut Bidang
b.
Perbandingan
Satuan Panjang
c.
Perbandingan
Satuan Luas
d.
Perbandingan
Satuan Volume
e.
Perbandingan
Satuan Massa
f.
Perbandingan
Satuan Waktu
g.
Perbandingan
Satuan Gaya
4. Pengukuran
a. Ketelitian Pengukuran dan Angka Penting
1.
Pengukuran
dengan jangka sorong
2.
Pengukuran
dengan mikrometer sekrup
3.
Angka
Penting
Aturan
penulisan angka penting :
·
Semua
angka bukan nol adalah angka penting
·
Semua
angka nol yang terletak di antara angka bukan nol adalah angka penting
·
Semua
angka nol yang menunjukkan perpangkatan
sepuluh bukanlah angka penting, kecuali diberi tanda khusus seperti garis
bawah.
b. Kesalahan dalam Pengukuran
1. Kesalahan Sistematis
Kesalahan
yang secara umum berkaitan dengan kesalahan pengukuran alat, kalibrasi alat
ukur, atau pengaruh lingkungan tempat dilakukan pengukuran.
2. Kesalahan acak
Disebabkan
oleh ketidaksempurnaan manusia maupun alat ukur yang digunakan
5. Pengkuran Panjang dan Massa
a. Pengukuran Panjang
Dengan
menggunakan Jangka Sorong dan Mikrometer Sekrup, memperagakan dan membaca skala
yang ditunjukkan alat ukur tersebut.
b. Pengukuran Massa
Dengan
menggunakan neraca pegas, neraca dua lengan dan neraca digital
D.
Metode Pembelajaran
1.
Presentasi
2.
Diskusi
3.
Praktikum
E.
Langkah- langkah pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1 Pendahuluan:
1) Guru mengucapkan salam
2) Memeriksa kehadiran siswa
3) Apersepsi
§
Mengulang atau
mengingat kembali pelajaran tentang besaran dan satuannya
§
Menyatakan
topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan
kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini
4) Motivasi
Menjelaskan kepada
siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1.Eksplorasi
§ Siswa menyimak presentasi guru tentang pengertian besaran pokok dan besaran turunan.
§ Siswa membaca buku referensi dan modul tentang satuan-satuan besaran
pokok dan besaran turunan.
§ Siswa membaca dan membandingkan perbedaan satuan besaran
pokok dan besaran turunan
2.2.Elaborasi
§
Siswa secara kreatif mengidentifikasi perbedaan satuan besaran pokok
dan besaran turunan
§
Siswa diajak berfikir untuk mengidentifikasi tentang
dimensi pada satuan besaran pokok dan besaran turunan
§
Siswa secara kreatif mengidentifikasi macam satuan
besaran pokok dan besaran turunan
2.3. Konfirmasi
§ Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan
masukan kepada siswa
§ Guru melakukan pengamatan terhadap
siswa tentang penerimaan materi
§ Guru memberi motivasi
bagi siswa yang berpartisipasi aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1 Penutup
a.
Mengulas
kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.
Memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah
diberikan.
c.
Memberikan
pekerjaan rumah kepada siswa
d.
Menutup
pelajaran
|
20 Menit
|
2. Pertemuan kedua
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1 Pendahuluan:
1) Guru mengucapkan salam
2) Memeriksa kehadiran siswa
3) Apersepsi
§
Mengulang atau
mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§
Menyatakan
topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan
kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini
4) Motivasi
Menjelaskan kepada
siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1
Eksplorasi
§ Siswa melihat dan menyimak presentasi tentang faktor konversi
§ Siswa menyimak contoh -
contoh bentuk faktor konversi
2.2
Elaborasi
§
Siswa secara kreatif mengidentifikasi faktor konversi
§
Siswa diajak berfikir untuk mengidentifikasi tentang
jenis faktor konversi
§
Siswa secara kreatif mengidentifikasi ukuran-ukuran
dalam kehidupan sehari- hari untuk dikonversikan dalam satuan lain
2.3 Konfirmasi
§ Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan
masukan kepada siswa
§ Guru melakukan pengamatan terhadap
siswa tentang penerimaan materi
§ Guru memberi motivasi
bagi siswa yang berpartisipasi aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1 Penutup
a.
Mengulas
kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.
Memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah
diberikan.
c.
Memberikan
pekerjaan rumah kepada siswa
d. Menutup pelajaran
|
20 Menit
|
3. Pertemuan ketiga
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1 Pendahuluan:
1. Guru mengucapkan salam
2. Memeriksa kehadiran siswa
3. Apersepsi
§
Mengulang atau
mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§
Menyatakan
topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan
kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini
4. Motivasi
Menjelaskan kepada
siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1
Eksplorasi
§ Siswa melihat dan menyimak presentasi tentang pengukuran
§ Siswa menyimak contoh -
contoh cara pengukuran
2.2
Elaborasi
§
Siswa secara kreatif mengidentifikasi pengukuran
§
Siswa diajak berfikir untuk mengidentifikasi tentang
tingkat ketelitian dan kesalahan pengukuran
§
Siswa secara kreatif mengidentifikasi tinkgat ketelitian dan kesalahan pengukuran
kehidupan sehari- hari untuk dikonversikan dalam satuan lain
2.3. Konfirmasi
§ Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan
masukan kepada siswa
§ Guru melakukan pengamatan terhadap
siswa tentang penerimaan materi
§ Guru memberi motivasi
bagi siswa yang berpartisipasi aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1 Penutup
a.
Mengulas
kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.
Memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah
diberikan.
c.
Memberikan
pekerjaan rumah kepada siswa
d.
Menutup
pelajaran
|
20 Menit
|
4. Pertemuan keempat
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal
1.1 Pendahuluan:
1.
Guru
mengucapkan salam
2.
Memeriksa
kehadiran siswa
3.
Apersepsi
§
Mengulang atau
mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§
Menyatakan
topik pembahasan pertemuan ini
§
Menjelaskan
kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini
4.
Motivasi
Menjelaskan kepada
siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
2.1
Eksplorasi
§ Siswa melihat dan menyimak presentasi tentang penggunaan alat ukur yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
§ Siswa menyimak
cara-cara penggunaan alat ukur
§ Siswa dikondisikan
bentuk kelompok untuk praktik penggunaan alat ukur.
2.2
Elaborasi
§
Siswa secara kreatif mengidentifikasi beberapa benda untuk diukur
dengan menggunakan alat ukur jangka sorong, mikrometersekrup dan meteran
§
Siswa diajak berfikir untuk menganalisis tentang
hubungan hasil pengukuran dengan faktor konversi
§
Siswa secara kreatif mengidentifikasi ukuran-ukuran
dalam kehidupan sehari- hari untuk dikonversikan dalam satuan lain
2.3. Konfirmasi
§ Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan
masukan kepada siswa
§ Guru melakukan pengamatan terhadap
siswa tentang penerimaan materi
§ Guru memberi motivasi
bagi siswa yang berpartisipasi aktif
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
3.1 Penutup
a.
Mengulas
kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.
Memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah
diberikan.
c.
Memberikan
pekerjaan rumah kepada siswa
d.
Menutup
pelajaran
|
20 Menit
|
F.
Alat dan sumber belajar
1.
Slide
presentasi power point
2.
Modul
FISIKA
3.
Buku
LKS FISIKA New Fokus
G.
Buku Pegangan Guru/ Siswa
1. Modul FISIKA
2. LKS
H.
Tugas
1. Tugas terstruktur
2. Tugas Non terstruktur/ Tugas mandiri
Tasikmalaya, Juli 2015
Kepala
Sekolah GURU MAPEL
Sukirman, SE
Dina Suci Wahyuni,
S.Pd