Home » » CARI TAHU JENIS-JENIS CICAK

CARI TAHU JENIS-JENIS CICAK

Klasifikasi Ilmiah
Kerajaan : animalia
Filum : chordate
Kelas : reptilian
Ordo : squamata
Upaordo : lacertilia
Infaordo : gekkota
Family : gekkonidae

Cicak adalah hewan reptil yang biasa merayap di dinding atau pohon. Cicak berwarna abu-abu, tetapi ada pula yang berwarna coklat kehitam-hitaman. Cicak biasanya berukuran sekitar 10 centimeter. Kita telah terbiasa melihat cicak di dinding rumah kita, tapi tahukah anda jenis-jenis cicak?apakah sama warna kulitnya dengan yang kita lihat di dinding rumah kita?


Berikut Jenis – Jenis Cicak
Cicak tembok (Latin Cosymbotus platyurus), yang kerap ditemui di tembok-tembok rumah dan sela-sela atap. Cecak ini bertubuh pipih lebar, berekor lebar dengan jumbai-jumbai halus di tepinya. Bila diamati di tangan, dari sisi bawah akan terlihat adanya lipatan kulit agak lebar di sisi perut dan di belakang kaki.


Cicak kayu (Hemidactylus frenatus), yang bertubuh lebih kurus. Ekornya bulat, dengan enam deret tonjolan kulit serupa duri, yang memanjang dari pangkal ke ujung ekor. Cecak kayu lebih menyukai tinggal di pohon-pohon di halaman rumah, atau di bagian rumah yang berkayu seperti di atap. Terkadang didapati bersama cecak tembok di dinding luar rumah dekat lampu, namun umumnya kalah bersaing dalam memperoleh makanan.


Cicak gula (Gehyra mutilata), bertubuh lebih kecil, dengan kepala membulat dan warna kulit transparan serupa daging. Cecak ini kerap ditemui di sekitar dapur, kamar mandi dan lemari makan, mencari butir-butir nasi atau gula yang menjadi kesukaannya. Sering pula ditemukan tenggelam di gelas kopi kita.


Cicak batu (Cyrtodactylus marmoratus), sejenis reptil yang termasuk suku cicak (Gekkonidae). Dalam bahasa Inggris cicak ini disebut dengan sebagai Javan bent-toed gecko





/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}