thumbnail

RPP FISIKA UNTUK SMK KELAS X TKJ SEMESTER 2 - BAG.5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah          : SMK ISLAM CIAWANG
Mata Pelajaran         : FISIKA
Kelas/Semester         : X/2
Program Keahlian    : TKJ
Alokasi Waktu         : 18 X 45 menit
Standar Kompetensi  5.  Menerapkan konsep Impuls dan Momentum
Kompetensi dasar    :  5.1 Mengenali jenis tumbukan
                                    5.2 Menguasai konsep impuls dan hukum kekekalan momentum
                                    5.3 Menerapkan hubungan impuls dan momentum dalam perhitungan
Indikator                  :
·      Pengertian tumbukan tak lenting, lenting sebagian, dan lenting sempurna dideskripsikan
     Jenis-jenis tumbukan (tidak lenting, lenting sebagian, dan lenting sempurna) diidentifikasi contoh-contohnya
·      Konsep impuls dan momentum dan hubungannya diformulasikan dalam persamaan matematis
·      Hukum kekekalan momentum diformulasikan dalam persamaan matematis
·      Arti fisis impuls dan momentum didemontrasikan
·      Hukum kekekalan momentum anguler diterapkan dalam berbagai kondisi
·      Hukum kekekalan energi dan kekekalan momentum diintegrasikan untuk berbagai peristiwa tumbukan
     Prinsip kekekalan momentum diterapkan untuk  menyelesaikan masalah yang menyangkut interaksi gaya-gaya internal
A.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menguasai konsep impuls dan momentum
2.      Siswa dapat menguasai hukum kekekalan momentum
3.      Siswa dapat mengaplikasikan dalam soal-soal mekanika
4.      Siswa dapat menghitung impuls dan momentum yang saling berhubungan

B.     Pendidikan Karakter Bangsa
1.      Disiplin
2.      Rasa ingin tahu
3.      Kerja keras
4.      Jujur
5.      Mandiri

C.    Materi Pembelajaran
1.      Pengertian Impuls dan Momentum
a.       Impuls
Gaya yang berkerja pada suatu benda per satuan waktu.
I = F.∆t
b.      Momentum
Momentum adalah kesenderungan benda yang bergerak untuk melanjutkan geraknya pada kelajuan yang konstan
P = m.v
c.       Hubungan Impuls dan Momentum
Secara fisis besarnya impuls yang bekerja pada suatu benda pada selang waktu tertentu sama dengan bertambahnya momentum benda tersebut. Momentum dimiliki oleh benda yang bergerak, yang terus akan mempertahankan geraknya pada kelajuan yang konstans
I = P
F.∆t = m.v
2.      Hukum Kekekalan Momentum
Hukum Kekekalan Momentum dinyatakan sebagai berikut :
“Jika tidak ada gaya luar yang bekerja pada benda, maka jumlah momentum sebelum tumbukan sama dengan jumlah momentum setelah tumbukan”.
m1v1 + m2v2 = m1v1 + m2v2
3.      Tumbukan
Berdasarkan sifat kelentingan benda, tumbukan dibedakan menjadi tiga jenis yaitu :
a.       Tumbukan Lenting Sempurna
Apabila tidak ada energi yang hilang selama tumbukan dan jumlah energi kinetik kedua benda sebelum dan sesudah tumbukan sama. Tumbukan lenting sempurna hanya terjadi pada benda yang bergerak saja.
b.      Tumbukan Lenting Sebagian
Pada tumbukan ini beberapa energi kinetik akan diubah menjadi energi bentuk lain seperti panas, bunyi dan sebagainya.
Koefesien restitusinya (e) adalah 0 < e < 1
c.       Tumbukan tak Lenting sama sekali
Setelah terjadi tumbukan benda saling bersatu sehingga kecepatan kedua benda sesudah tumbukan besarnya sama
4.      Aplikasi Hukum Kekekalan Momentum
1.      Balon yang ditiup
Saat momentum udara yang keluar dari balon mengimbangi momentum balon yang melesat ke arah berlawanan
2.      Peluncuran roket
Pembakaran
3.      Air safety bag (kantong udara)

D.    Metode Pembelajaran
1.      Presentasi
2.      Diskusi

E.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No
Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan Awal
1.1 Pendahuluan:
a.       Guru mengucapkan salam
b.      Memeriksa kehadiran siswa
c.       Apersepsi
§  Mengulang atau mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§  Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini
§  Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini 
d.      Motivasi
Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
10 Menit
2
Kegiatan Inti
2.1    Eksplorasi
·         Siswa menyimak presentasi guru tentang Pengertian Impuls dan Momentum
·         Siswa menyimak contoh-contoh Impuls dan Momentum dalam kehidupan sehari-hari
·         Siswa menyebutkan hukum kekelan momentum dalam suatu pristiwa tumbukan
2.2    Elaborasi
·         Siswa diajak berfikir untuk mengidentifikasi tentang faktor-faktor terjadinya tumbukan sebagai dasar hukum kekekalan momentum yang dihasilkan suatu benda
2.3. Konfirmasi
·         Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa
·         Guru melakukan pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi
·         Guru memberi motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif
60 Menit
3
Kegiatan Akhir
3.1 Penutup
a.       Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.      Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah diberikan.
c.       Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d.      Menutup pelajaran
20 Menit

Pertemuan Kedua
No
Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan Awal
1.1  Pendahuluan:
a.       Guru mengucapkan salam
b.      Memeriksa kehadiran siswa
c.       Apersepsi
§  Mengulang atau mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§  Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini
§  Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini 
d.      Motivasi
Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
10 Menit
2
Kegiatan Inti
2.1  Eksplorasi
·         Siswa melakukan diskusi untuk mengidentifikasi jenis-jenis tumbukan
·      Siswa Melakukan diskusi untuk menjelaskan pengertian dari koefisien restitusi.
2.2    Elaborasi
·         Siswa secara kreatif mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya tumbukan yang menjadi dasar hukum kekekalan momentum suatu benda dalam suatu peristiwa
·         Siswa secara kreatif mengidentifikasi kegiatan sehari-hari yang dapat menghasilkan suatu tumbukan
2.3. Konfirmasi
·         Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa
·         Guru melakukan pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi
·         Guru memberi motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif
60 Menit
3
Kegiatan Akhir
3.1    Penutup
a.       Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.      Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah diberikan.
c.       Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d.      Menutup pelajaran
20 Menit

Pertemuan Ketiga
No
Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan Awal
1.1 Pendahuluan:
a.       Guru mengucapkan salam
b.      Memeriksa kehadiran siswa
c.       Apersepsi
§  Mengulang atau mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§  Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini
§  Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini 
d.      Motivasi
Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
10 Menit
2
Kegiatan Inti
2.1 Eksplorasi
·         Siswa menyimak presentasi guru tentang Pengertian Hukum Kekekalan  Momentum
·         Siswa menyimak contoh-contoh Hukum Kekekalan Momentum dalam kehidupan sehari-hari
·         Siswa menyebutkan peristiwa yang menyebabkan terjadinya  momentum
2.2 Elaborasi
·         Siswa secara kreatif mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya impuls dan momentum suatu benda dalam suatu peristiwa
·         Siswa diajak berfikir untuk mengidentifikasi tentang impuls dan momentum yang dihasilkan suatu benda
·         Siswa secara kreatif mengidentifikasi kegiatan sehari-hari yang dapat menghasilkan suatu impuls dan momentum
2.3. Konfirmasi
·         Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa
·         Guru melakukan pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi
·         Guru memberi motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif
60 Menit
3
Kegiatan Akhir
3.1    Penutup
a.       Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.      Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah diberikan.
c.       Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d.      Menutup pelajaran
20 Menit

Pertemuan Keempat
No
Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan Awal
1.1  Pendahuluan:
a.       Guru mengucapkan salam
b.      Memeriksa kehadiran siswa
c.       Apersepsi
§  Mengulang atau mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§  Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini
§  Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini 
d.      Motivasi
Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
10 Menit
2
Kegiatan Inti
2.1 Eksplorasi
·         Siswa memformulasikan konsep impuls dan momentum serta keterkaitan antara keduanya

2.2 Elaborasi
·         Siswa secara kreatif mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya impuls dan momentum suatu benda dalam suatu peristiwa
·         Siswa diajak berfikir untuk mengidentifikasi tentang impuls dan momentum yang dihasilkan suatu benda
·         Siswa secara kreatif mengidentifikasi kegiatan sehari-hari yang dapat menghasilkan suatu impuls dan momentum
2.3. Konfirmasi
·         Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa
·         Guru melakukan pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi
·         Guru memberi motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif
60 Menit
3
Kegiatan Akhir
3.1    Penutup
a.       Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.      Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah diberikan.
c.       Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d.      Menutup pelajaran
20 Menit

Pertemuan Kelima
No
Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan Awal
1.1  Pendahuluan:
a.       Guru mengucapkan salam
b.      Memeriksa kehadiran siswa
c.       Apersepsi
§  Mengulang atau mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§  Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini
§  Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini 
d.      Motivasi
Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
10 Menit
2
Kegiatan Inti
2.1 Eksplorasi
·         Siswa merumuskan hukum kekekalan momentum untuk sistem tanpa gaya luar
2.2 Elaborasi
·         Siswa secara kreatif mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya impuls dan momentum suatu benda dalam suatu peristiwa
·         Siswa diajak berfikir untuk mengidentifikasi tentang impuls dan momentum yang dihasilkan suatu benda
·         Siswa secara kreatif mengidentifikasi kegiatan sehari-hari yang dapat menghasilkan suatu impuls dan momentum
2.3. Konfirmasi
·         Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa
·         Guru melakukan pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi
·         Guru memberi motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif
60 Menit
3
Kegiatan Akhir
3.1    Penutup
a.       Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.      Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah diberikan.
c.       Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d.      Menutup pelajaran
20 Menit

Pertemuan Keenam
No
Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan Awal
1.1  Pendahuluan:
a.       Guru mengucapkan salam
b.      Memeriksa kehadiran siswa
c.       Apersepsi
§  Mengulang atau mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§  Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini
§  Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini 
d.      Motivasi
Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
10 Menit
2
Kegiatan Inti
2.1 Eksplorasi
·         Siswa menyimak presentasi guru tentang Pengertian tumbukan dan jenis-jenis tumbukan
·         Siswa menyimak contoh-contoh tumbukan kehidupan sehari-hari
·         Siswa menyebutkan peristiwa yang menyebabkan terjadinya  tumbukan
·         Siswa   memperhatikan ketika guru mendemonstrasikan peristiwa tumbukan dengan menggunakan bola besar (bola volly, basket) dan bola kecil (bola tenis). Mencari bentuk tumbukan yang menghasilkan simpangan paling besar.
2.2 Elaborasi
·         Siswa secara kreatif mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya tumbukan suatu benda dalam suatu peristiwa
·         Siswa diajak berfikir untuk mengidentifikasi tentang suatu tumbukan berdasarkan jenis tumbukannya yang dihasilkan suatu benda
·         Siswa secara kreatif mengidentifikasi kegiatan sehari-hari yang dapat menghasilkan suatu tumbukan
·          
2.3. Konfirmasi
·         Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa
·         Guru melakukan pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi
·         Guru memberi motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif
60 Menit
3
Kegiatan Akhir
3.1    Penutup
a.       Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.      Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah diberikan.
c.       Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d.      Menutup pelajaran
20 Menit

Pertemuan ketujuh
No
Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan Awal
1.1. Pendahuluan:
a.         Guru mengucapkan salam
b.        Memeriksa kehadiran siswa
c.         Apersepsi
§  Mengulang atau mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§  Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini
§  Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini 
d.        Motivasi
Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
10 Menit
2
Kegiatan Inti
2.1    Eksplorasi
·         Siswa menyimak presentasi guru tentang impuls dan hukum kekekalan momentum
2.2 Elaborasi
·      Siswa di ajak berfikir untuk mengetahui impuls dan hukum kekelan momentum
2.3. Konfirmasi
·         Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa
·         Guru melakukan pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi
·         Guru memberi motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif
60 Menit
3
Kegiatan Akhir
3.1 Penutup
a.       Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.      Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah diberikan.
c.       Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d.      Menutup pelajaran
20 Menit

Pertemuan Kedelapan
No
Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan Awal
1.1. Pendahuluan:
a.         Guru mengucapkan salam
b.        Memeriksa kehadiran siswa
c.         Apersepsi
§   Mengulang atau mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§   Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini
§   Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini 
d.        Motivasi
Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
10 Menit
2
Kegiatan Inti
2.1    Eksplorasi
·         Siswa berdiskusi untuk mencari contoh penerapan prinsip kekekalan momentum untuk menyelesaian masalah yang menyangkut interaksi melalui gaya-gaya internal
2.2 Elaborasi
·      Siswa secara kreatif / berfikir untuk mengetahui penerapan prinsip kekelan momentum untuk menyelsaikan masalah yang menyangkut interkasi melalui gaya-gaya internal
2.3. Konfirmasi
·         Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa
·         Guru melakukan pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi
·         Guru memberi motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif
60 Menit
3
Kegiatan Akhir
3.1  Penutup
a.       Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.      Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah diberikan.
c.       Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d.      Menutup pelajaran
20 Menit



Pertemuan Kesembilan
No
Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan Awal
1.1. Pendahuluan:
a.         Guru mengucapkan salam
b.        Memeriksa kehadiran siswa
c.         Apersepsi
§  Mengulang atau mengingat kembali pelajaran sebelumnya
§  Menyatakan topik pembahasan pertemuan ini
§  Menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini 
d.        Motivasi
Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat mempelajari materi ini.
10 Menit
2
Kegiatan Inti
2.1  Eksplorasi
·         Siswa melakukan kerja kelompok untuk menggunakan hukum kekekalan energi dan kekekalan momentum pada berbagai peristiwa tumbukan
2.2  Elaborasi
·      Siswa secara kreatif / berfikir menggunakan hukum kekelan energi dan kekelan momentum pada berbagai peristiwa tumbukan.
2.3. Konfirmasi
·         Guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan masukan kepada siswa
·         Guru melakukan pengamatan terhadap siswa tentang penerimaan materi
·         Guru memberi motivasi bagi siswa yang berpartisipasi aktif
30    Menit
3
Kegiatan Akhir
3.1 Penutup
a. Mengulas kembali pelajaran pada pertemuan ini
b.      Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang pelajaran yang telah diberikan.
c.       Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
d.      Menutup pelajaran
20 Menit



F.     Alat dan Sumber Belajar
1.      Modul FISIKA
2.      Buku LKS FISIKA
3.      Buku Pegangan Guru/ Siswa

G.    Tugas
1.      Tugas terstruktur
2.      Tugas Non terstruktur/ Tugas mandiri

H.    Penilaian



Tasikmalaya,    Juli 2015
Kepala Sekolah                                                            GURU MAPEL
                                                                                                                                 




   Sukirman, SE                                                             Dina Suci Wahyuni, S.Pd

.comment-content a {display: none;}