1. Solusi-Solusi dalam Mengembangkan
Indikator  yang sesuai dengan KD
Kemampuan Guru dalam memahami
ketentuan merumuskan indikator Pencapaian KD akan mengantarkan guru dalam
merumuskan Indikator yang benar, Perumusan Indikator yang benar akan menjadi tolak
ukur dalam menentukan keberhasilan peserta didik dalam kompetensi yang
diharapkan. Adapun pengertian dari Indikator adalah Prilaku yang dapat diukur
atau diobservasi untuk menunjukan ketercapaian Kompetensi Dasar tertentu yang
menjadi acuan penilaian mata pelajaran, Dalam mengembangkan  indikator
dari KD ada dua  langkah yang dapat digunakan adalah sebagai berikut : 
A. 
Menganalisis tingkat Kompetensi yang
digunakan pada KD, 
langkah ini  dilakukan dengan
cara melihat tingkat kompetensi yang terdapat pada Kompetensi Dasar. Kriteria
yang dapat dilakukan dengan menganalisa kata kerja operasional (KKO) yang
digunakan  dalam KD tersebut, apabila  tingkat kompetensi pada Ranah
Kognitif  KD sampai pada level  C2(memhami)  maka indikator yang
dikembangkan harus  mencapai kompetensi C2 hal ini untuk memenuhi tuntutan
minimal dari kompetensi yang dijadikan acuan untuk mencapai standar nasional
tetapi  bagi pendidik bukan hanya  sekedar penerapkan kata kerja
operasinal C2  atau level bawah yang sudah ditentukan dari KD  
tetapi untuk mengembangkan indikatornya bisa dengan kata kerja operasional
melebihi kompetensi  dasar yang ada 
Contoh  KD dan 
IPK yang satu Level yaitu kata kerja Operasional C1 (Mengetahui)
Kompetensi Dasar 
 | 
  
Indikator Pencapaian
  Kompetensi 
 | 
 
3.3 Mengidentifikasi 
  unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar 
 | 
  
3.3.1 Menjelaskan ciri tokoh, latar, alur, dan tema pada cerita fantasi dan menunjukan
  buktinya pada teks yang dibaca/didengar  
 | 
 
Contoh KD dan IPK yang beda Level menggunakan Kata
kerja Operasional   C1 dan  C3 C1( Mengetahui)   C3 (  mengaplikasikan
)
Kompetensi Dasar 
 | 
  
Indikator Pencapaian Kompetensi 
 | 
 
3.3 Mengidentifikasi 
  unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar 
 | 
  
3.3.1 Menentukan jenis cerita fantasi dan
  menunjukan bukti pada teks yang dibaca dan didengar  
 | 
 
Solusi yang
dapat  dilakukan seorang guru ketika ada masalah dengan merumuskan IPK
sesuai dengan KD adalah sebagai Berikut :
-  Guru harus mengetahui
     bahwa IPK itu di rumuskan Dari Kompetensi Dasar
 -  Setiap KD 
     dikembangkan sekurang-kurangnya menjadi tiga IPK
 - IPK pada umumnya dikembangkan
     sesuai dengan karakter siswa, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi
     daerah.
 - Guru harus mengetahui bahwa IPK
     dirumuskan menggunakan  kata kerja operasional  yang dapat di
     ukur atau yang menandai dikuasainya suatu kompetensi yang befungsi sebagai
     penanda perolehan kompetensi.
 - Hanya mengandung satu tindakan
     dan satu materi.
 - Rumusan Indikator  dapat
     dikembangkan menjadi beberapa Indikator Penilaian yang mencakup ranah
     kognitif afektif dan spikomotor
 

0 komentar:
Post a Comment