RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP NEGERI 1 SODONGHILIR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester :
VII/Ganjil
Tema :
Belajar Mendeskripsikan
Sub Tema :
Telaah Model Teks Deskripsi
Alokasi Waktu : 1 X 40 Menit 120 menit : 1Pertemuan
Tahun Pelajaran :
2018/2019
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami
pengetahuan a(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek
(sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni
daerah) yang didengar dan dibaca.
|
3.1.1
Menentukan ciri umum teks
deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.2
Menentukan ciri teks
deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.3
Menentukan jenis teks
deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
|
4.1 Menjelaskan isi teks deskripsi
objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain
tradisional, dll) yang didengar dan
dibaca secara lisan, tulis dan visual
4
4.1
|
4.1.1
Memetakan isi teks deskripsi (topik dan
bagian-bagiannya)
4.1.2
Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi
4.2
|
Nilai
Karakter
Ø Religius
Ø Mandiri+
Ø Gotong
royong
Ø Kejujuran
Ø Kerja
keras
Ø Percaya
diri
Ø Kerjasa
ma
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø Siswa dapat
mengenali ciri umum teks dari segi topic yang dibahasa, isi dan aspek
kebahasaan
Ø Memahami
pengertian teks deskripsi
Ø Memahami
menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø Mampu
mengidentifikasi ciri objek, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø Bersikap
disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab
Pertemuan Kedua
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø Mampu
mengidentifikasi jenis teks deskripsi
Ø Mampu
mendaftar ciri penggunaan bahasa teks deskripsi
Ø Bersikap
disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab
Fokus
nilai-nilai sikap:
Ø Kejujuran,
Ø Kedisiplinan
Ø Kepedulian dan
Ø Tanggung jawab
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Materi Pembelajaran
Reguler
.
Fakta
Ø Lagu
Nasional ‘Rayuan Pulau Kelapa’
Ø Struktur
teks tanggapan deskriptif mencakup: identifikasi, deskripsi bagian, simpulan
b.
Konsep
Ø
Pengertianteks deskripsi, Isi teksdeskripsi, Ciri
umu teks deskripsi
c.
Prinsip
Ø Struktur
Teks Deskripsi dan Kaidah kebahasaan
d.
Prosedur
Ø Menyusun
Teks deskripsi
2. Materi pembelajaran remedial
Ø Kalimat
Berisi Penjelasan Terperinci untuk Mengonkretkan
Ø Menggunakan
Pilihan Kata dengan Emosi Kuat
Ø Mengidentifikasi
Majas
3. Materi pembelajaran pengayaan
Ø Ciri
objek yang dideskripsikan
Ø Tujuan
menciptakan teks deskripsi
Ø Ciri
isi teks deskripsi
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan :
Saintifik
Metode : Teknik
ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi), diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
Model : Problem Based Learning
1. Mengorientasikan
2. Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
3. Membimbing penyelidikan mandiri dan kelompok
4. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
5. Menganalisis dan evaluasi proses pemecahan masalah
F.
Media
Pembelajaran
1. Media
LCD projector,
2. Laptop,
3.
Bahan Tayang
G.
Sumber
Belajar
a. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Siswa
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
b.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
c.
Modul/bahan
ajar,
d.
Internet,
e.
Sumber
lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi (Menunjukkan sikap disiplin sebelum
memulai proses pembelajaran, menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianut (Karakter) serta membiasakan
membaca dan memaknai isi dalam doa (Literasi))
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v Peserta didik mengucapkan salam khas sekolah.
v Guru mengecek kehadiran peserta didik dan mengajak mereka untuk merapikan meja, kursi
serta kebersihan kelas.
v Peserta didik mempersiapkan buku siswa, alat, dan
bahan untuk mengikuti pelajaran.
v Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk
bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta
didikmenyanyikan lagu lain yang sesuai dengan tema pelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø Kelas 6
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
Ø
Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø
Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan isi teks deskripsi
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
v Peserta didik menjawab pertanyaaan guru tentang Perumusan Pancasila sebagai
Dasar Negara untuk mengecek
penguasaan awal kompetensi yang sudah dimilikisiswa.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Orientasi peserta didik
kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan
perhatian(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan
(literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah
(Karakter)
pada topic
Ø Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø Mengidentifikasi ciri objek, tujuan,
dan isi teks deskripsi
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat) Berpikir kritis dan bekerjasama (4C)
dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu,
jujur dan pantang menyerah (Karakter)
Menayangkan gambar/foto/tabel
berikut ini
Ø Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø Mengidentifikasi ciri objek, tujuan,
dan isi teks deskripsi
v Mengamati(Berpikir kritis dan kreatif (4C), tangguh dalam
menyelesaikan masalah serta berani mengemukakan pendapat dengan rasa
percaya diri (Karakter); mampu membaca permasalahan serta mengaitkannya
dengan konsep yang akan dipelajari (Literasi))
lembar kerja, pemberian
contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari
media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:
Ø Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø Mengidentifikasi ciri objek, tujuan,
dan isi teks deskripsi
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung), Literasi
materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan materi
v Mendengar
pemberian materi oleh guru
yang berkaitan dengan
Ø Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø Mengidentifikasi ciri objek, tujuan,
dan isi teks deskripsi
v Menyimak,
penjelasan pengantar
kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
Ø Menentukan ciri, isi dan tujuan teks
deskripsi
Ø Mengidentifikasi ciri objek, tujuan,
dan isi teks deskripsi
untuk melatih kesungguhan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta
didik
|
Menanya Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur,
tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah
v Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan materi/gambar yang disajikan oleh
guru
v Guru memberikan
kesempatan untukmemberikan tanggapan dengan menunjukkan sikap kesungguhan,
rasa ingintahu, dan sikap toleransi,
guru
memberikan konfirmasi atas pertanyaan atau tanggapan siswatersebut
(menanya) Nilai Karakter: rasa ingin tahu,
jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah.(Pembelajaran HOTS)
v Peserta didik
diminta mendiskusikan hasil pengamatannya dan mencatat fakta-fakta yang
ditemukan, serta menjawab pertanyaanberdasarkan hasil pengamatan yang ada
pada buku paket;
v Pendidik
memfasilitasi peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami
berdasarkan hasil pengamatan dari buku paket yang didiskusikan bersama
kelompoknya;
v Mengajukan pertanyaan (Kritis dan kreatif, serta berani
mengemukakan ide/pendapat-nya dengan rasa ingin tahu, pantang menyerah,
jujur dan percaya diri)
tentang :
Ø Menentukan ciri, isi dan tujuan teks
deskripsi
Ø Mengidentifikasi ciri objek, tujuan,
dan isi teks deskripsi
yang tidak dipahami dari apa
yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang
apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS).
1)
Apakah ciri teks deskripsi sama dengan ciri teks naratif
|
Membimbing penyelidikan
individu dan kelompok
|
Mengumpulkan
informasi(Berpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam
kelompok (4C), dengan rasa ingin
tahu, tanggung jawab dan pantang
menyerah (Karakter),literasi (membaca)
v Peserta
didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama.
v Peserta
didik diberikan permasalahan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD).
v Peserta
didik diarahkan untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi data dari aneka
sumber yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) dengan sikap memiliki
rasa percayadiri, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, dan kerjasama
(menalar dan mencoba).
v Peserta didik mengumpulkan informasi yang
relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian, Berpikir kritis dan bekerjasama (4C)
dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu,
jujur dan pantang menyerah (Karakter)
v Membaca sumber lain selain buku teks
mengunjungi laboratorium
komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
Ø Menentukan ciri, isi dan tujuan teks
deskripsi
Ø Mengidentifikasi ciri objek, tujuan,
dan isi teks deskripsi
v Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan
solusimasalah terkait materi pokok yaitu
Ø Menentukan ciri, isi dan tujuan teks
deskripsi
Ø Mengidentifikasi ciri objek, tujuan,
dan isi teks deskripsi
v AktivitasMengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif,
berkomunikasi dan bekerjasama (4C)
Ø Peserta didik diminta membuat daftar
hal yang dideskripsikan dari keempat teks, Judul Parang tritis nan Indah,
Ayah Panutanku, Ibu Inspirasiku, Sibagas Kelinci kecilku
v MempraktikanMengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif,
berkomunikasi dan bekerjasama (4C)
v MendiskusikanBerpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan saling
berkomunikasi dalam kelompok (4C), dengan
rasa ingin tahu dan pantang menyerah (Karakter)
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan
dalam kelompok: Tentang ciri teks deskripsi dari segi isi dan tujuan teks
deskripsi!
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan
dalam kelompok:Tentang ciri objek yang dideskripsikan
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan
dalam kelompok:Tentang tujuan menciptakan teks deskripsi
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan
dalam kelompok: Tentang ciri isi teks deskripsi
v Saling tukar informasi tentang :
Ø Menentukan ciri, isi dan tujuan teks
deskripsi
Ø Mengidentifikasi ciri objek, tujuan,
dan isi teks deskripsi
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan
hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta
didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama.Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad
21
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai permasalahan di
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD),dengansikappenuhpercayadiridankomunikatif sedangkan
kelompok lainnya menanggapi.
v Pendidik mendorong
agar peserta didik secara aktif terlibat dalam diskusi kelompok serta saling
bantu untuk menyelesaikan masalah(Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan
bekerjasama (4C),)
v Selama peserta
didik bekerja di dalam kelompok, pendidik memperhatikan dan mendorong semua
peserta didik untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok
yang melenceng jauh pekerjaannya dan bertanya (Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur,
tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah)apabila ada yang
belum dipahami, bila diperlukan pendidik memberikan bantuan secara klasikal.
Ø Peserta didik menyimpulkan materi
pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal
v Menyampaikan hasil
diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan (Komunikasi dan bekerjasama (4C) dalam menyampaikan hasil
gagasan/ ide-ide (Karakter), serta membiasakan menuliskan hasil kerja pada
media sederhana (Literasi) Berpikir kritis, bekerjasama dan mampu
berkomunikasi) hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø Menentukan ciri, isi dan tujuan teks
deskripsi
Ø Mengidentifikasi ciri objek, tujuan,
dan isi teks deskripsi
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang dilakukan dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas
presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya.
v Menyimpulkan(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam menyusun kesimpulan
yang tepat sesuai dengan konsep (Literasi) dengan rasa ingin tahu dan
percaya diri (Karakter)tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø Menentukan ciri, isi dan tujuan teks
deskripsi
Ø Mengidentifikasi ciri objek, tujuan,
dan isi teks deskripsi
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang
hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada
siswa.
v Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa
terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa &
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik melakukan
refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah
dilaksanakan.
Peserta didik menganalisa
masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø Menentukan ciri, isi dan tujuan teks
deskripsi
Ø Mengidentifikasi ciri objek, tujuan,
dan isi teks deskripsi
v Menambah keluasan
dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai
kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,
taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø Menentukan ciri, isi dan tujuan teks
deskripsi
Ø Mengidentifikasi ciri objek, tujuan,
dan isi teks deskripsi
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.Membiasakan sikap bertanggung jawab dan peduli dengan tugas yang
diberikan (Karakter)
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki
kinerja dan kerjasama yang baikPenguatan Pendidikan Karakter dan
Pembelajaran Abad 21
- Merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika
diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.Membiasakan
sikap bertanggung jawab dan peduli dengan tugas yang diberikan
(Karakter)
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
- Memberi salam.Sikap disiplin dan mengamalkan
ajaran agama yang dianut(Karakter)
|
10
menit
|
2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi (Menunjukkan sikap disiplin sebelum
memulai proses pembelajaran, menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianut (Karakter) serta membiasakan
membaca dan memaknai isi dalam doa (Literasi))
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v Peserta didik mengucapkan salam khas sekolah.
v Guru mengecek kehadiran peserta didik dan mengajak mereka untuk merapikan meja, kursi
serta kebersihan kelas.
v Peserta didik mempersiapkan buku siswa, alat, dan bahan
untuk mengikuti pelajaran.
v Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk
bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta
didikmenyanyikan lagu lain yang sesuai dengan tema pelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø
Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø Mengidentifikasi
ciri objek, tujuan, dan isi teks
deskripsi
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
Ø
Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø
Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks
Deskripsi
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
v Peserta didik menjawab pertanyaaan guru tentang Perumusan Pancasila sebagai
Dasar Negara untuk mengecek
penguasaan awal kompetensi yang sudah dimilikisiswa.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Orientasi peserta didik
kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan
perhatian(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan
(literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah
(Karakter)
pada topic
Ø Mengidentifikasi Jenis Teks
Deskripsi
Ø Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa
pada Teks Deskripsi
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat) Berpikir kritis dan bekerjasama (4C)
dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu,
jujur dan pantang menyerah (Karakter)
Menayangkan gambar/foto/tabel
berikut ini
v Mengamati (Berpikir kritis dan kreatif (4C), tangguh dalam menyelesaikan masalah
serta berani mengemukakan pendapat dengan rasa percaya diri (Karakter);
mampu membaca permasalahan serta mengaitkannya dengan konsep yang akan
dipelajari (Literasi))
lembar kerja, pemberian
contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari
media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:
Ø Mengidentifikasi Jenis Teks
Deskripsi
Ø Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa
pada Teks Deskripsi
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung), Literasi
materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan materi
v Mendengar
pemberian materi oleh guru
yang berkaitan dengan
Ø Mengidentifikasi Jenis Teks
Deskripsi
Ø Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa
pada Teks Deskripsi
v Menyimak,
penjelasan pengantar
kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
Ø Mengidentifikasi Jenis Teks
Deskripsi
Ø Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa
pada Teks Deskripsi
untuk melatih kesungguhan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta
didik
|
Menanya Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur,
tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah
v Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan materi/gambar yang disajikan oleh
guru
v Guru memberikan
kesempatan untukmemberikan tanggapan dengan menunjukkan sikap kesungguhan,
rasa ingintahu, dan sikap toleransi,
guru
memberikan konfirmasi atas pertanyaan atau tanggapan siswatersebut
(menanya) Nilai Karakter: rasa ingin tahu,
jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah.(Pembelajaran HOTS)
v Peserta didik
diminta mendiskusikan hasil pengamatannya dan mencatat fakta-fakta yang
ditemukan, serta menjawab pertanyaanberdasarkan hasil pengamatan yang ada
pada buku paket;
v Pendidik
memfasilitasi peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami
berdasarkan hasil pengamatan dari buku paket yang didiskusikan bersama
kelompoknya;
v Mengajukan pertanyaan (Kritis dan kreatif, serta berani
mengemukakan ide/pendapat-nya dengan rasa ingin tahu, pantang menyerah,
jujur dan percaya diri)
tentang :
Ø Mengidentifikasi Jenis Teks
Deskripsi
Ø Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa
pada Teks Deskripsi
yang tidak dipahami dari apa
yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang
apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS).
2)
Ada berpakah jenis teks deskripsi
|
Membimbing penyelidikan
individu dan kelompok
|
Mengumpulkan
informasi(Berpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam
kelompok (4C), dengan rasa ingin
tahu, tanggung jawab dan pantang
menyerah (Karakter),literasi (membaca)
v Peserta
didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama.
v Peserta
didik diberikan permasalahan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD).
v Peserta
didik diarahkan untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi data dari aneka
sumber yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) dengan sikap memiliki
rasa percayadiri, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, dan kerjasama
(menalar dan mencoba).
v Peserta didik mengumpulkan informasi yang
relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian, Berpikir kritis dan bekerjasama (4C)
dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu,
jujur dan pantang menyerah (Karakter)
v Membaca sumber lain selain buku teks
mengunjungi laboratorium
komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
Ø Mengidentifikasi Jenis Teks
Deskripsi
Ø Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa
pada Teks Deskripsi
v Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan
solusimasalah terkait materi pokok yaitu
Ø Mengidentifikasi Jenis Teks
Deskripsi
Ø Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa
pada Teks Deskripsi
v AktivitasMengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi
dan bekerjasama (4C)
Ø Peserta didik diminta membuat daftar
kalimat perincian yang menjelaskan kalimat lain yang lebih umum,
Lakukan
seperti contoh. berikut
Ø Peserta didik diminta membuat daftar
semua kalimat yang membuat kamu seakan melihat, mendengar, dan merasakan
objek yang dideskripsikan
v MempraktikanMengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif,
berkomunikasi dan bekerjasama (4C)
v MendiskusikanBerpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan saling
berkomunikasi dalam kelompok (4C), dengan
rasa ingin tahu dan pantang menyerah (Karakter)
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan
dalam kelompok: Tentang jenis teks deskripsi ditinjau dari bentuknya
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan
dalam kelompok: Tentang tulis dengan bahasamu sendiri jenis teks deskripsi
ditinjau dari kemandiriannya sebagai sebuah jenis teks
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan
dalam kelompok: Tentang Ciri penggunaan kata pada teks deskripsi
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan
dalam kelompok: Tentang Ciri Penggunaan Kalimat pada teks deskripsi
v Saling tukar informasi tentang :
Ø Mengidentifikasi Jenis Teks
Deskripsi
Ø Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa
pada Teks Deskripsi
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan
hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta
didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama.Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad
21
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai permasalahan di
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD),dengansikappenuhpercayadiridankomunikatif sedangkan
kelompok lainnya menanggapi.
v Pendidik mendorong
agar peserta didik secara aktif terlibat dalam diskusi kelompok serta
saling bantu untuk menyelesaikan masalah(Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi
dan bekerjasama (4C),)
v Selama peserta
didik bekerja di dalam kelompok, pendidik memperhatikan dan mendorong semua
peserta didik untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok
yang melenceng jauh pekerjaannya dan bertanya (Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur,
tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah)apabila ada yang
belum dipahami, bila diperlukan pendidik memberikan bantuan secara
klasikal.
Ø Peserta didik menyimpulkan materi
pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal
v Menyampaikan hasil
diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan (Komunikasi dan bekerjasama (4C) dalam menyampaikan hasil
gagasan/ ide-ide (Karakter), serta membiasakan menuliskan hasil kerja pada
media sederhana (Literasi) Berpikir kritis, bekerjasama dan mampu
berkomunikasi) hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø Mengidentifikasi Jenis Teks
Deskripsi
Ø Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa
pada Teks Deskripsi
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang dilakukan dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas
presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam menyusun
kesimpulan yang tepat sesuai dengan konsep (Literasi) dengan rasa ingin
tahu dan percaya diri (Karakter)tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa: Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø Mengidentifikasi Jenis Teks
Deskripsi
Ø Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa
pada Teks Deskripsi
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang
hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada
siswa.
v Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa
terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa &
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik melakukan
refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah
dilaksanakan.
Peserta didik menganalisa
masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø Mengidentifikasi Jenis Teks
Deskripsi
Ø Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa
pada Teks Deskripsi
v Menambah keluasan
dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai
kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,
taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø Mengidentifikasi Jenis Teks
Deskripsi
Ø Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa
pada Teks Deskripsi
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.Membiasakan sikap bertanggung jawab dan peduli dengan tugas yang
diberikan (Karakter)
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baikPenguatan
Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21
- Merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.Membiasakan
sikap bertanggung jawab dan peduli dengan tugas yang diberikan
(Karakter)
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
- Memberi salam.Sikap disiplin dan mengamalkan
ajaran agama yang dianut(Karakter)
|
10
menit
|
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian
Kompetensi Sikap Spiritual
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Jurnal
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran
(assessment forand of learning)
|
2
|
Penilaian
diri
|
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai Pembelajaran (assessment as learning)
|
3
|
Penilaian
antar
tema
|
|
Terlampir
|
Setelah pembelajaran
usai
|
Penilaian sebagaipembelajaran(assessment
as learning)
|
b.
Penilaian Kompetensi Sikap Sosial
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Jurnal
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran
(assessment forand of learning)
|
2
|
Penilaian
diri
|
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai Pembelajaran (assessment as learning)
|
3
|
Penilaian
antar
tema
|
|
Terlampir
|
Setelah pembelajaran
usai
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)
|
c.
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Lisan
|
Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka
|
Terlampir
|
Saat pem belajaran berlangsung
|
Penilaian untukpembelajaran
(assessment for learning)
|
2
|
Penugasan
|
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk
esei, pilihan ganda, benar- salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning)
dan sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
3
|
Tertulis
|
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk
esai, pilihan ganda, benar- salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya
|
Terlampir
|
Setelah
pembelajaran usai
|
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)
|
4
|
Portofolio
|
Sampel pekerjaan terbaik hasil dari penugasan
atau tes tertulis
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran
usai
|
Data untuk penulisan deskripsi pencapaian
pengetahuan (assessment
of learning)
|
d.
Penilaian Kompetensi Keterampilan
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Praktik
|
Tugas (keterampilan)
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah
usai
|
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian
|
2
|
Produk
|
Tugas (keterampilan)
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah
usai
|
pembelajaran (assessment for, as, and of learning)
|
3
|
Proyek
|
Tugas besar
|
Terlampir
|
Selama atau usai pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian
|
4
|
Portofolio
|
Sampel produk terbaik dari
tugas atau proyek
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran usai
|
pembelajaran (assessment for, as, and of learning)
|
2.
PembelajaranRemedial
dan Pengayaan
a. Remedial
v Remedial
dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta
didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial
karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v Guru
memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum
mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
ª Peserta didik yang belum menguasai
materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melakukan penilaian
kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari
tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada
waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).
v Tulis
kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
Ø pembelajaran
ulang
Ø bimbingan
perorangan
Ø belajar
kelompok
Ø pemanfaatan
tutor sebaya
bagi peserta didik yang belum
mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
b. Pengayaan
v Pengayaan
diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran
yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau
mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan
dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta
didik.
v Direncanakan
berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih
luas misalnya
ª Peserta didik yang sudah menguasai
materi mengerjakan soal pengayaan yang telah
disiapkan oleh guru
berupa pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru
mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam
pengayaan
v Berdasarkan
hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar
diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman
materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugasmengerjakan soal-soal dengan
tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai
narasumber..
Sodonghilir 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMP N/S Guru
Mata Pelajaran
Drs.
ZAENAL MUTTAQIN, M,Pd INDRA H PERMANA, S.Pd
NIP 196610803 198303 1010 NIP
0 komentar:
Post a Comment