Home » » RPP BAHASA INDONESIA KELAS VII KURIKULUM 2013 REVISI 2018 TEKS DESKRIPSI

RPP BAHASA INDONESIA KELAS VII KURIKULUM 2013 REVISI 2018 TEKS DESKRIPSI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMP NEGERI 1 SODONGHILIR
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester          : VII/Ganjil
Tema                           : Belajar Mendeskripsikan
Sub Tema                    : Telaah Model Teks Deskripsi
Alokasi Waktu            : 1 X 40 Menit   120 menit   : 1Pertemuan
Tahun Pelajaran         : 2018/2019


A.     Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan a(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1    Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)    yang didengar dan dibaca.

3.1.1      Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.2      Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.3      Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.

4.1    Menjelaskan  isi teks  deskripsi   objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll)  yang didengar dan dibaca secara lisan, tulis dan visual

4.1.1      Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
4.1.2      Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi


Nilai Karakter
Ø  Religius
Ø  Mandiri+
Ø  Gotong royong
Ø  Kejujuran
Ø  Kerja keras
Ø  Percaya diri
Ø  Kerjasa ma

C.     Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø  Siswa dapat mengenali ciri umum teks dari segi topic yang dibahasa, isi dan aspek kebahasaan
Ø  Memahami pengertian teks deskripsi
Ø  Memahami menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø  Mampu mengidentifikasi ciri objek, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø  Bersikap disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab
Pertemuan Kedua
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ø  Mampu mengidentifikasi jenis teks deskripsi
Ø  Mampu mendaftar ciri penggunaan bahasa teks deskripsi
Ø  Bersikap disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab
Fokus nilai-nilai sikap:
Ø  Kejujuran,
Ø  Kedisiplinan
Ø  Kepedulian dan
Ø  Tanggung jawab

D.     Materi Pembelajaran
1.      Materi Pembelajaran Reguler
. Fakta
Ø  Lagu Nasional ‘Rayuan Pulau Kelapa’
Ø  Struktur teks tanggapan deskriptif mencakup: identifikasi, deskripsi bagian, simpulan
b. Konsep
Ø  Pengertianteks deskripsi, Isi teksdeskripsi, Ciri umu teks deskripsi
c. Prinsip
Ø  Struktur Teks Deskripsi dan Kaidah kebahasaan
d. Prosedur
Ø  Menyusun Teks deskripsi
2.      Materi pembelajaran remedial
Ø  Kalimat Berisi Penjelasan Terperinci untuk Mengonkretkan
Ø  Menggunakan Pilihan Kata dengan Emosi  Kuat
Ø  Mengidentifikasi Majas
3.      Materi pembelajaran pengayaan
Ø  Ciri objek yang dideskripsikan
Ø  Tujuan menciptakan teks deskripsi
Ø  Ciri isi teks deskripsi

E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan            : Saintifik
Metode      : Teknik ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi), diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
Model        : Problem Based Learning
1.      Mengorientasikan
2.      Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
3.      Membimbing penyelidikan mandiri dan kelompok
4.      Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
5.      Menganalisis dan evaluasi proses pemecahan masalah


F.      Media Pembelajaran
1.      Media LCD projector,
2.      Laptop,
3.      Bahan Tayang

G.    Sumber Belajar
a.       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
b.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c.       Modul/bahan ajar,
d.      Internet,
e.       Sumber lain yang  relevan

H.    Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi (Menunjukkan sikap disiplin sebelum memulai proses pembelajaran, menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut  (Karakter) serta membiasakan membaca dan memaknai isi dalam doa (Literasi))
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Peserta didik mengucapkan salam khas sekolah.
v  Guru mengecek kehadiran peserta didik dan  mengajak mereka untuk merapikan meja, kursi serta kebersihan kelas.
v  Peserta didik mempersiapkan buku siswa, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran.
v  Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta didikmenyanyikan lagu lain yang sesuai dengan tema pelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø  Kelas 6
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan  isi teks deskripsi
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
v  Peserta didik menjawab pertanyaaan guru tentang Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara untuk mengecek penguasaan awal kompetensi yang sudah dimilikisiswa.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
pada topic
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan  isi teks deskripsi
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat) Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan  isi teks deskripsi
v  Mengamati(Berpikir kritis dan kreatif (4C), tangguh dalam menyelesaikan masalah serta berani mengemukakan pendapat dengan rasa percaya diri (Karakter); mampu membaca permasalahan serta mengaitkannya dengan konsep yang akan dipelajari (Literasi))
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan  isi teks deskripsi
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), Literasi
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan materi
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan  isi teks deskripsi
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan  isi teks deskripsi
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah
v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi/gambar yang disajikan oleh guru
v  Guru memberikan kesempatan untukmemberikan tanggapan dengan menunjukkan sikap kesungguhan, rasa ingintahu, dan sikap toleransi, guru memberikan konfirmasi atas pertanyaan atau tanggapan siswatersebut (menanya) Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah.(Pembelajaran HOTS)
v  Peserta didik diminta mendiskusikan hasil pengamatannya dan mencatat fakta-fakta yang ditemukan, serta menjawab pertanyaanberdasarkan hasil pengamatan yang ada pada buku paket;
v  Pendidik memfasilitasi peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berdasarkan hasil pengamatan dari buku paket yang didiskusikan bersama kelompoknya;
v  Mengajukan pertanyaan (Kritis dan kreatif, serta berani mengemukakan ide/pendapat-nya dengan rasa ingin tahu, pantang menyerah, jujur dan percaya diri)
tentang :
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan  isi teks deskripsi
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS).
1)      Apakah ciri teks deskripsi sama dengan ciri teks naratif
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi(Berpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam kelompok (4C), dengan  rasa ingin tahu, tanggung jawab  dan pantang menyerah (Karakter),literasi (membaca)
v  Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama.
v  Peserta didik diberikan permasalahan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).
v  Peserta didik diarahkan untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi data dari aneka sumber yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan sikap memiliki rasa percayadiri, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, dan kerjasama (menalar dan mencoba).
v  Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian, Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
v  Membaca sumber lain selain buku teks
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan  isi teks deskripsi
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan  isi teks deskripsi
v  AktivitasMengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C)
Ø  Peserta didik diminta membuat daftar hal yang dideskripsikan dari keempat teks, Judul Parang tritis nan Indah, Ayah Panutanku, Ibu Inspirasiku, Sibagas Kelinci kecilku
v  MempraktikanMengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C)
v  MendiskusikanBerpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam kelompok (4C), dengan  rasa ingin tahu dan pantang menyerah (Karakter)
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang ciri teks deskripsi dari segi isi dan tujuan teks deskripsi!
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok:Tentang ciri objek yang dideskripsikan
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok:Tentang tujuan menciptakan teks deskripsi
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang ciri isi teks deskripsi
v  Saling tukar informasi tentang  :
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan  isi teks deskripsi
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama.Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai permasalahan di Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD),dengansikappenuhpercayadiridankomunikatif sedangkan kelompok lainnya menanggapi.
v  Pendidik mendorong agar peserta didik secara aktif terlibat dalam diskusi kelompok serta saling bantu untuk menyelesaikan masalah(Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C),)
v  Selama peserta didik bekerja di dalam kelompok, pendidik memperhatikan dan mendorong semua peserta didik untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya dan bertanya (Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah)apabila ada yang belum dipahami, bila diperlukan pendidik memberikan bantuan secara klasikal.
Ø  Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan (Komunikasi dan bekerjasama (4C) dalam menyampaikan hasil gagasan/ ide-ide (Karakter), serta membiasakan menuliskan hasil kerja pada media sederhana (Literasi) Berpikir kritis, bekerjasama dan mampu berkomunikasi) hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan  isi teks deskripsi
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam menyusun kesimpulan yang tepat sesuai dengan konsep (Literasi) dengan rasa ingin tahu dan percaya diri (Karakter)tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan  isi teks deskripsi
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik melakukan refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah dilaksanakan.
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan  isi teks deskripsi
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan  isi teks deskripsi
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.Membiasakan sikap bertanggung jawab dan peduli dengan tugas yang diberikan (Karakter)
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baikPenguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.Membiasakan sikap bertanggung jawab dan peduli dengan tugas yang diberikan (Karakter)
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
  • Memberi salam.Sikap disiplin dan mengamalkan ajaran agama yang dianut(Karakter)
10
menit

2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi (Menunjukkan sikap disiplin sebelum memulai proses pembelajaran, menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut  (Karakter) serta membiasakan membaca dan memaknai isi dalam doa (Literasi))
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Peserta didik mengucapkan salam khas sekolah.
v  Guru mengecek kehadiran peserta didik dan  mengajak mereka untuk merapikan meja, kursi serta kebersihan kelas.
v  Peserta didik mempersiapkan buku siswa, alat, dan bahan untuk mengikuti pelajaran.
v  Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyibersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta didikmenyanyikan lagu lain yang sesuai dengan tema pelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø  Menentukan ciri, isi dan tujuan teks deskripsi
Ø  Mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan  isi teks deskripsi
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
v  Peserta didik menjawab pertanyaaan guru tentang Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara untuk mengecek penguasaan awal kompetensi yang sudah dimilikisiswa.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
pada topic
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat) Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v  Mengamati (Berpikir kritis dan kreatif (4C), tangguh dalam menyelesaikan masalah serta berani mengemukakan pendapat dengan rasa percaya diri (Karakter); mampu membaca permasalahan serta mengaitkannya dengan konsep yang akan dipelajari (Literasi))
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), Literasi
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan materi
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah
v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi/gambar yang disajikan oleh guru
v  Guru memberikan kesempatan untukmemberikan tanggapan dengan menunjukkan sikap kesungguhan, rasa ingintahu, dan sikap toleransi, guru memberikan konfirmasi atas pertanyaan atau tanggapan siswatersebut (menanya) Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah.(Pembelajaran HOTS)
v  Peserta didik diminta mendiskusikan hasil pengamatannya dan mencatat fakta-fakta yang ditemukan, serta menjawab pertanyaanberdasarkan hasil pengamatan yang ada pada buku paket;
v  Pendidik memfasilitasi peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berdasarkan hasil pengamatan dari buku paket yang didiskusikan bersama kelompoknya;
v  Mengajukan pertanyaan (Kritis dan kreatif, serta berani mengemukakan ide/pendapat-nya dengan rasa ingin tahu, pantang menyerah, jujur dan percaya diri)
tentang :
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS).
2)      Ada berpakah jenis teks deskripsi
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi(Berpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam kelompok (4C), dengan  rasa ingin tahu, tanggung jawab  dan pantang menyerah (Karakter),literasi (membaca)
v  Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama.
v  Peserta didik diberikan permasalahan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).
v  Peserta didik diarahkan untuk mengumpulkan dan mengeksplorasi data dari aneka sumber yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan sikap memiliki rasa percayadiri, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, dan kerjasama (menalar dan mencoba).
v  Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian, Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
v  Membaca sumber lain selain buku teks
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
v  AktivitasMengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C)
Ø  Peserta didik diminta membuat daftar kalimat perincian yang menjelaskan kalimat lain yang lebih umum,
Lakukan seperti contoh. berikut
Ø  Peserta didik diminta membuat daftar semua kalimat yang membuat kamu seakan melihat, mendengar, dan merasakan objek yang dideskripsikan
v  MempraktikanMengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C)
v  MendiskusikanBerpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam kelompok (4C), dengan  rasa ingin tahu dan pantang menyerah (Karakter)
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang jenis teks deskripsi ditinjau dari bentuknya
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang tulis dengan bahasamu sendiri jenis teks deskripsi ditinjau dari kemandiriannya sebagai sebuah jenis teks
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang Ciri penggunaan kata pada teks deskripsi
Ø  Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang Ciri Penggunaan Kalimat pada teks deskripsi
v  Saling tukar informasi tentang  :
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk bekerjasama.Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai permasalahan di Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD),dengansikappenuhpercayadiridankomunikatif sedangkan kelompok lainnya menanggapi.
v  Pendidik mendorong agar peserta didik secara aktif terlibat dalam diskusi kelompok serta saling bantu untuk menyelesaikan masalah(Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C),)
v  Selama peserta didik bekerja di dalam kelompok, pendidik memperhatikan dan mendorong semua peserta didik untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya dan bertanya (Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah)apabila ada yang belum dipahami, bila diperlukan pendidik memberikan bantuan secara klasikal.
Ø  Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan (Komunikasi dan bekerjasama (4C) dalam menyampaikan hasil gagasan/ ide-ide (Karakter), serta membiasakan menuliskan hasil kerja pada media sederhana (Literasi) Berpikir kritis, bekerjasama dan mampu berkomunikasi) hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam menyusun kesimpulan yang tepat sesuai dengan konsep (Literasi) dengan rasa ingin tahu dan percaya diri (Karakter)tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa: Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik melakukan refleksi dengan dibimbing oleh guru terhadap hasil diskusi yang telah dilaksanakan.
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø  Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.Membiasakan sikap bertanggung jawab dan peduli dengan tugas yang diberikan (Karakter)
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baikPenguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.Membiasakan sikap bertanggung jawab dan peduli dengan tugas yang diberikan (Karakter)
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
  • Memberi salam.Sikap disiplin dan mengamalkan ajaran agama yang dianut(Karakter)
10
menit


I.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.      Teknik Penilaian
a.      Penilaian Kompetensi Sikap Spiritual
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Jurnal
Terlampir
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran
(assessment  forand  of  learning)
2
Penilaian
diri

Terlampir
Saat pembelajaran usai
Penilaian sebagai Pembelajaran (assessment as learning)
3
Penilaian
antar
tema

Terlampir
Setelah pembelajaran
usai
Penilaian sebagaipembelajaran(assessment as learning)

b.      Penilaian Kompetensi Sikap Sosial
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Jurnal
Terlampir
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran
(assessment forand of learning)
2
Penilaian
diri

Terlampir
Saat pembelajaran usai
Penilaian sebagai Pembelajaran (assessment as learning)
3
Penilaian
antar
tema

Terlampir
Setelah pembelajaran
usai
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

c.       Penilaian Kompetensi Pengetahuan
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Lisan
Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka
Terlampir
Saat pem belajaran berlangsung
Penilaian untukpembelajaran
(assessment for learning)
2
Penugasan
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benar- salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya
Terlampir
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for  learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)
3
Tertulis
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esai, pilihan ganda, benar- salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya
Terlampir
Setelah pembelajaran usai
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)
4
Portofolio
Sampel pekerjaan terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis
Terlampir
Saat
pembelajaran
usai
Data untuk penulisan deskripsi pencapaian
pengetahuan (assessment of learning)

d.      Penilaian Kompetensi Keterampilan
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Praktik
Tugas (keterampilan)
Terlampir
Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai
Penilaian untuk, sebagai,  dan/atau pencapaian
2
Produk
Tugas (keterampilan)
Terlampir
Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai
pembelajaran (assessment  for, as, and   of learning)
3
Proyek
Tugas besar
Terlampir
Selama atau usai pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk, sebagai,  dan/atau pencapaian
4
Portofolio
Sampel produk terbaik dari tugas atau proyek
Terlampir
Saat pembelajaran usai
pembelajaran (assessment  for, as, and   of learning)

2.      PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a.      Remedial
v  Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v  Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
ª  Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).
v  Tulis kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
Ø  pembelajaran ulang
Ø  bimbingan perorangan
Ø  belajar kelompok
Ø  pemanfaatan tutor sebaya
bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.

b.      Pengayaan
v  Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v  Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v  Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
ª  Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah  disiapkan  oleh  guru  berupa  pertanyaan-pertanyaan  pilihan ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan
v  Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugasmengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber..





                                                                                                   Sodonghilir 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SMP N/S                                                  Guru Mata Pelajaran




Drs. ZAENAL MUTTAQIN, M,Pd                      INDRA H PERMANA, S.Pd
NIP 196610803 198303 1010                             NIP



/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}