PPG
DALAM DALAM JABATAN 2019
TUGAS
AKHIR MODUL 2
PENGEMBANGAN
PROFESI GURU
Oleh:
Nama : INDRA HADIAT PERMANA, S.Pd
Prodi PPG : Pendidikan Bahasa Indonesia
LPTK : UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG
KlS/Angkatan :A 5
Setelah mempelajari semua kegiatan belajar, silahkan
Ibu/Bapak kerjakan tugas akhir berikut:
1. Rumuskanlah kompetensi guru
secara utuh?
2. Menghadapi abad 21 ini
keterampilan belajar apa yang harus dimiliki oleh guru dan siswa?
3.
Buatlah
rancangan strategi pengembangan guru berkelanjutan?
1. Kompetensi Guru
Berdasarkan
Undang-Undang No. 14 tahun 2005 tentang
Guru dan Dosen pasal 10 ayat (1) Kompetensi dibagi menjadi 4 Kompetensi yaitu
a.
Kompetensi
Pedagogik
Adalah
kemampuan guru yang berkenaan dengan pemahaman terhadap peserta didik
dan pengeloloan pembelajaran mulai dari
Merencanakan, melaksanakan sampai dengan mengevaluasi secara umum
meliputi
1)
Menguasi karakter peserta didik dari
aspek fisik, moral, sosial,
2)
Menguasi Teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang
mendidik
3)
Mengembangkan Kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang
studi yang di ampu
4)
Menyelenggarakan
pembelajaran yang mendidik
5)
Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi untuk kepentingan
pembelajaran
6)
Memfasilitasi pengembangan
potensi peserta didik untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran yang mendidik, seperti penggunaan
media dan penggalan sumber belajar
7)
Berkomunikasi
secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik
8)
Meyelenggaran penilaian dan evaluasi proses serta hasil belajar
9)
Memenfaatkan
hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remidial.
b. Kompetensi
Kepribadian
Adalah
personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa arif dan
berwibawa.
1)
Bertindak sesuai dengan norma agama,hukum,
sosial dan kebudayaan nasional indonesia
2)
Sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia,
dan teladan bagi peserta dan masyarakat
3)
Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap
dan stabil
4)
Menunjukan
etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, percaya diri, dan rasa bangga menjadi
seorang guru
5)
Menjungjung kode etik profesi guru seperti
meterapkan kode etik profesi guru
6)
Secara
objektif mengevaluasi kinerja sendiri
7)
Mengembangkan
diri secara mandiri dan berkelanjutan
c. Kompetensi
Sosial
Adalah berkenaan
dengan kemampuan pendidik sebagai bahan dari masyarakat untuk berkomunikasi dan
bergaul secara efektif dengan peserta didik
1)
Bersikap
insklusif objektif tidak deskriminatif
2)
Berkomunikasi
secara efektif
3)
Beradaptasi di tempat bertugas
4)
Bergaul
secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan,
pimpinan satuan pendidikan, orang tua / wali peserta didik
5)
Bergaul
secara santun dengan masyarakat sekitar dengan mengindahkan norma serta sistem
nilai yang berlaku
6)
Menerapkan
prinsip-prinsip persaudaraan sejati dan semangat kebersamaan.
d. Kompetensi
Profesional
Kemampuan
guru yang berkenaan dengan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan
mendalam
1)
Menguasi Materi pelajaran secara luas dan
mendalam sesuai standar isi program satuan pendidikan, mata pelajaran, atau
kelompok mata pelajaran yang diampu
2)
Konsep-konsep
dan metode disiplin keilmuan, teknologi, atau koheren dengan program satuan
pendidikan, mata pelajaran, atau kelompok mata pelajaran yang diampu
3)
Mengembangkan
materi pembelajaran yang di ampu secara kreatif
4)
Mengembangkan
keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif
.
2. Keterampilan Belajar Guru dan Siswa Abad 21
Keterempilan guru abad 21 harus memiliki keterampilan sebagai berikut
1)
Keterampilan
berkomunikasi dan bekerjasama dengan baik atau sering dikenal dengan memahami,
mengelola, dan menciptakan komunikasi yang efektif dalam berbagai bentuk dan
isi secara lisan, tulisan, dan multimedia.
2)
Keterampilan
berpikir kritis ( Tinggi) dan
menyelesaikan masalah atau sering dikenal dengan critical thinking and problem solving.
3) Keterampilan mengembangkan,
melaksanakan, dan menyampaikan gagasan-gagasan baru kepada yang lain
4) Keterampilan menerapkam metode pembelajran yang baik
5) Keterampilan untuk menjadi warga
negara yang baik, harus mampu membangun nasionalisme pada diri siswa untuk menjadi warga negara yang baik,
dengan cara berkontribusi membangun negara melalui
prestasi dan kerja nyata.
6) Keterampilan untuk dapat memahami
dan menggunakan informasi dari berbabagai sumber untuk ditampilkan di Internet
atau sering dikenal dengan digital
literacy.
7)
Keterampilan untuk
mengembangkan potensi siswa mampu memahami potensi setiap siswa dan
mengembangkan potensi tersebut
8)
Keterampilan mentranformisi dalam era pedagogi digital
dengan terus mengembangkan kreatifitas dan daya inovatif.
9)
Keterampilan memanfaatkan teknologi dalam pembelajran
3.
Rancangan Strategis
Pengembangan Guru Berkelanjutan
Rancangan
strategis pengembangan guru berkelanjutan dapat diaplikasikan dalam 3 (tiga)
komponen, yaitu:
1) Pengembangan
Diri
Pengembangan
diri merupakan upaya-upaya guru dalam rangka meningkatkan profesionalismenya.
Salah satu kegiatan PKB adalah melakukan pengembangan diri melalui 2 cara; (1)
diklat fungsional dan 2) kegiatan kolektif. Melaksanakan penelitian tindakan
kelas juga merupakan upaya untuk pengembangan diri karena PTK bertujuan
meningkatkan mutu pembelajaan sekaligus meningkatkan profesionalisme guru.
2) Publikasi Ilmiah
Publikasi
ilmiah merupakan salah satu bentuk kontribusi guru terhadap peningkatan mutu
proses pembelajaran dan dunia pendidikan secara umum. Publikasi ilmiah bisa
berupa suatu karya tulis ilmiah yang disampaikan melalui kegiatan presentasi
karya ilmiah, menjadi narasumber, dan publikasi hasil penelitian dan gagasan
inovatif.
3) Karya
inovatif
Karya
inovatif bisa merupakan penemuan baru, hasil pengembangan, atau hasil
modifikasi sebagai bentuk kontribusi guru terhadap peningkatan kualitas proses
pembelajaran di sekolah dan pengembangan dunia pendidikan, sains/teknologi, dan
seni.
FORMAT RANCANGAN PENGEMBANGAN
KEPROFESIAN BERKELANJUTAN GURU
Nama Sekolah
SMP Negeri 1 Sodonghilir
|
Nomor Statistik Sekolah
|
|||||||||
Alamat
Jalan
Raya Barat Sodonghilir
|
Kecamatan
Sodonghilir
|
Kabupaten
Tasikmalaya
|
||||||||
Nama
Guru
Indra
Hadiat Permana, S.Pd
|
Tahun
Ajaran
2018/2019
|
Tanggal :
|
||||||||
A.
Kompetensi
|
Rencana
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang akan di lakukan guru untuk
meningkatkan kompetensi terkait
|
Strategi
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( di isi dengan memberi centang√)
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||||
a
|
b
|
|||||||||
I.
Perencanaan Pembelajaran
|
||||||||||
1.
Kemampuan mempermulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP
Sesuai dengan kurikulum/ silabus dan memperhatikan karakteristik
peserta didik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2.
Kemampuan
meyusun bahan ajar secara
runtut, logis kontekstual dan mutakhir
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3.
Kemampuan Merencanakan kegiatan pembelajaran
efektif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
4.
Pemilihan
Sumber Belajar Media Pembelajaran sesuai dengan materi dan Strategi
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
II.
Kegiatan Pelaksanaan Pembelajaran yang Aktif dan Efektif
|
||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
1.
Perencanaan alat Evaluasi untuk mengukur kemajuan
dan keberhasilan belajar peserta didik
2.
Penerapan
berbagai Strategi dan Metode penilain
untuk memantau kemajuan dan hasil belajar Peserta Didik dalam mencapai kompetensi tertentu
sebagaimana yang tertulis dalam RPP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3.
Pemanfaatan berbagai hasil penilaian untuk
memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penyusunan rancangan
pembelajaran selanjutnya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
B.
Kompetensi Menghasilkan Publikasi Ilmiah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
C.
Kompetensi Penghasilan Karya inovatif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
D.
Kompetensi untuk penunjang Pelaksanaan tugas tambahan (Misalnya Kepala Sekolah,
Kepala Perpustakaan, dsb.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Tanda Tangan Guru
INDRA HADIAT PERMANA, S.Pd
|
Tanda Tangan Kepala Sekolah
Drs, ZAENAL MUTTAQIN, M.Pd
|
|||||||||
0 komentar:
Post a Comment