Home » » TUGAS AKHIR MODUL 4 KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK DAN RPP

TUGAS AKHIR MODUL 4 KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK DAN RPP


Rounded Rectangle: INDRA HADIAT PERMANA
KLS  A
TUGAS AKHIR MODUL 4
KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK


Di suatu kelas terdapat 30 siswa dengan rincian :

1.        Jumlah laki-laki 20 orang, jumlah perempuan 10 orang

2.        Status sosial 50% adalah anak dari pekerja buruh pabrik, 20% PNS, dan 10% adalah pedagang, 20% adalah pegawai swasta/BUMN

3.        Minat siswa 50% pada kegiatan olahraga, 10% pada aspek akademis, 20% pada kegiatan seni, dan 20% pada aspek ketrampilan

4.        Kemampuan siswa 40% pada batas bawah, 40% pada batas menengah, dan 20% pada batas tinggi

5.        Preferensi belajar 40% kinestetik, 30% visual, 30% auditory

Pertanyaan

1.         Bagaimana cara mengelola kelas dan mengakomodasi pembelajaran dengan karakteristik tersebut diatas (ambil 1 sub tema pembelajaran/ 1 mapel)

2.         Bagaimana mengembangkan kecerdasan majemuk dengan karakteristik diatas (ambil 1 sub tema pembelajaran/ 1 mapel)





JAWABAN
 


1.        Bagaimana  cara  mengelola  kelas  dan  mengakomodasi  pembelajaran  dengan  karakteristik tersebut diatas (ambil 1 sub tema pembelajaran/ 1 mapel)
Berikut  ini  langkah-langkah  mengelolah  kelas  dan  mengakomodasi  pembelajaran dengan karakteristik yang telah disajikan:
A.       Langkah 1. Mengambil Data dan Menentukan Jumlah dari Persentase
DATA SISWA SMP NEGERI 1 SODONGHILIR KABUPATEN TASIKMALAYA

No.

Nama Siswa
Gender
Status
Bakat dan
Nilai
Prefensi

Sosial
Minat
Belajar






1
Alip Nugroho
L
Buruh
Seni
60
Auditory

2
Anita Nur Fitriani
P
Buruh
Olahraga
78
Kinestetik

3
Asti Fauziyah
P
Buruh
Olahraga
77
Kinestetik

4
Ati Nuraeni
P
PNS
Ketrampilan
62
Auditory

5
Ayu Cahyani
P
Buruh
Olahraga
74
Kinestetik

6
Erwin Lutfi Permana
L
Buruh
Ketrampilan
88
Visual

7
Fakhira Fatatul Ulya
P
Pedagang
Ketrampilan
80
Visual

8
Gita Riyanti
P
PNS
Olahraga
79
Kinestetik

9
Husni Mubarok
L
Buruh
Olahraga
75
Kinestetik

10
Irgi Lusiyana P
L
Buruh
Olahraga
62
Kinestetik

11
M.riswandi
L
Buruh
Ketrampilan
92
Auditory

12
Mahbub Sa'adillah
L
Pegawai
Olahraga
87
Kinestetik

13
Moh Hairul Sa''dul Mulki  R
L
PNS
Olahraga
60
Kinestetik

14
Muhamad Fahmi
L
Buruh
Seni
45
Auditory

15
Nanang Hilman
L
Pegawai
Olahraga
40
Kinestetik

16
Nindyta Rahma Ayuni
P
Buruh
Olahraga
52
Kinestetik

17
Nita Mila Sari
P
PNS
Olahraga
59
Kinestetik

18
Rendi Ali Yusup
L
Pegawai
Akademis
59
Visual

19
Restu Permata  Sari
P
Buruh
Ketrampilan
58
Auditory

20
Resti Nurmala sari
P
Buruh
Akademis
30
Visual

21
Ririn Dwiyanti
P
Buruh
Seni
50
Auditory

22
Rofatul Ijah
P
Pedagang
Olahraga
40
Visual

23
Winda Lestari
P
Buruh
Seni
58
Visual

24
Windi   Safitri
P
Pegawai
Olahraga
85
Auditory

25
Yanti Nurmalasari
P
PNS
Akademis
85
Visual

26
Yeni Rahmawati
P
Pedagang
Seni
50
Auditory

27
Yunita Lestari
P
Buruh
Ketrampilan
90
Visual

28
Yuyun Yuniarsih
P
Pegawai
Olahraga
80
Auditory

29
Zia Laelatul ilmi
P
PNS
Olahraga
50
Kinestetik

30
Ziana  Lusiana Putri
P
Pegawai
Seni
78
Visual


Keterangan:









Gender



Kemampuan Siswa






Laki-laki
:
20 Orang

Batas bawah/Low (40%) (0 –59)
:
12
Orang



Perempuana
:
10 Orang

Batas tengah/Mid (40%) (60 –84)
:
12
Orang








Batas tinggi/High (20%) (85 –100)
:
6
Orang

Status Sosial











Buruh (50%)
:
15  Orang
Preferensi Belajar






PNS (20%)
:
6
Orang

Kinestetik (40%)
:
12
Orang



Pedagang (10%)
:
3
Orang

Visual (30%)
:
9
Orang



Pegawai (20%)
:
6
Orang

Auditory (30%)
:
9
Orang

Minat Siswa











Olahraga (50%)
:
15  Orang








Akademi (10%)
:
3
Orang








Seni (20%)
:
6
Orang








Keterampilan (20%)
:
6
Orang







B.   Langkah 2. Mengelola kelas dalam kelompok dari data yang telah diketahui jumlahnya
Pembelajaran akan dibuat kelompok diskusi, maka setelah melihat data dari langkah Kemudian membagi data tersebut kedalam bentuk kelompok, dengan mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut:
1)   Membuat kelompok diskusi,1 kelompok terdiri dari 5 orang jadi total banyak  kelompok sebanyak 6 kelompok.
2)   Masing-masing kelompok diisi oleh 2-3 Siswa Laki-laki  dan 2-3 Perempuan
3)   Masing-masing kelompok diisi oleh 1 siswa status sosial PNS
4)   Masing-masing kelompok diisi oleh 1 siswa yang minat keterampilan
5)   Masing-masing kelompok diisi oleh 1 siswa dengan nilai high
6)   Masing-masing kelompok diisi oleh 2 siswa kinestetik
C.  Langkah 3. Mengakomodasi pembelajaran setelah di bentuk kelompok diskusi
Dengan cara memfasilitasi di atas saya dapat memberikan segala tugas yang bisa dikuasai masing-masing kelompok. Selanjutnya saya akan memberikan penjelasan baik visual, penjelasan secara audio dan praktikum sehingga akan merata kemampuan siswa.
Bentuk penyamaan kemampuan berdasarkan perbedaan siswa masing-masing yang memiliki pola belajar (preferensi) sebagai berikut:
  1. Visual, disediakan efek video  media powerpoint yang dibuat untuk menarik perhatian supaya siswa konsentrasi pada poin penting pembelajaran.
  2.  Buku Teks yang sesuai dengan Materi Pembelajaran
  3. Auditorial, dalam media powerpoint yang dibuat diberikan suara yang dapat diputar ulang untuk mendengarkan informasi yang perlu mendapat perhatian khusus.
  4. mengadakan permaian  atau Game Suara
  5. Kinestetik, diskusi maupun penilaian akhir berupa latihan dan evaluasi kelompok dengan cara bergantian dan melibatkan pergerakan fisik siswa.
2.    Bagaimana  mengembangkan  kecerdasan  majemuk  dengan  karakteristik  diatas
(ambil 1 sub tema pembelajaran/ 1 mapel)

Berikut ini cara mengembangkan  kecerdasan majemuk setelah mengelola kelas dan
mengakomodasi di bentuklah langkah-langkahnya:
Dari data tersebut di atas dapat disimpulkan  bahwa kelas  tersebut  kecebderungan perkembangannya mengacu pada  gaya belajar Kinesik  hal ini di lihat dari minat siswa dan prereferensi untuk itu Guru dalam proses pembelajaran membantu mengembangkan  kecerdasan gaya belajar kinesik
Berikut ini langkah-langkah atau  cara mengembangkan kecerdasan majemuk setelah mengelola
Untuk dapat mengembangkan kecerdasan majemuk  dengan karakteristik
dapat dilakukan dengan :
a.       Kinesik
1.    Lingkungan fisik : daerah ruang kelas, dalam merencanakan ruang kelas, para pengajar membuat ruangan yang bisa membuat perasaan siswa menjadi senang..
2.    Gerak kreatif : memahami pengetahuan jasmaniah, memperkenalkan aktifitas gerak kreatif, menerapkan gerak kreatif keahlian dasar, menciptakan isi yang lebih terarah dari aktivitas gerakan.
3.    Permainan ruangan kelas
b.      Visual
1.      Guru sebaiknya menitikberatkan pada peragaan/ media.
2.      Menggunakan gambar-gambar di otak mereka dan belajar lebih cepat dengan menggunakan tampilan-tampilan visual seperti buku pelajaran bergambar
3.      Mengajak membaca buku berilustrasi
4.      Gunakan multi media (komputer dan video)
c.       Auditory
1.    Mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam diskusi.
2.    Meminta siswa membaca lebih keras.
3.    Diskusi ide dengan siswa secara verbal.
4.    Diperbolehkan merekam materi ke dalam kaset atau yang lainnya.

Beikut  ini langkah-langkah pembelajaran yang dapat  Mengembangkan  Kecerdasan Majemuk
1.    Menentukan tema, sub tema pembelajaran, mata pelajaran, materi, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, dan bentuk pembelajaran yang akan dilakukan.
a)    Tema                              : Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
b)   Mata Pelajaran                : Bahasa Indonesia
c)    Kompetensi Dasar         
Mengidentifikasi informasi  ( pesan, rima dan pilihan kata ) dari puisi rakyat ( pantun, syair dan bentuk puisi rakyat setempat ) yang dibaca dan didengar
d)   Indikator
Menyimpulkan ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) pada teks yang dibaca/didengar.
e)    Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat: Membandingkan persamaan dan perbedaan  struktur  pantun, syair, dan gurindam pada teks yang dibaca/didengar.
f)    Bentuk Pembelajaran
1)   Metode                        : Diskusi Kelompok
2)   Pendekatan                 :  Scientific Learning
3)   Model Pembelajaran   :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
2.    Menentukan Langkah-Langkah Pembelajaran sesuai dengan Metode pendekatan dan Model Pembelajaran
A.  Kegiatan Pendahuluan
a.    Orientasi
1)   Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
2)   Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
3)   Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran
b.    Apersepsi
1)   Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
c.    Motivasi
1)   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
2)   Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
3)   Memberikan Permainan  tanya jawab  membuat pantun dengan suara yang keras
4)   Pembagian kelompok belajar
B.   Kegiatan Inti
a.    Mengamati (Orientasi peserta didik kepada masalah)
1)   Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian
2)   Menayangkan   Video tentang  Pembacaan  pantun syair dan gurindam (
3)   Peserta didik Mengamati  conntoh-contoh pantun syair dan gurindam  dalam buku Teks
4)   Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
b.    Mengorganisasikan peserta didik ( Menanya atau mengajukan pertanyaan)
1)   Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan video pantun dan  contoh contoh puisi rakyat dari buku teks  yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar
c.     Membimbing penyelidikan individu dan kelompok (Mengumpulkan informasi)
1)   Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan
a.    Mengamati obyek/kejadian,
b.    Membaca sumber lain selain buku
2)   Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok  aktivitas  saling bertukar pendapat

d.    Mengembangkan dan menyajikan hasil karya (Mengkomunikasikan)
1)   Membuat kesimpulan tentang masalah dan solusinya
2)   Mengaitkan dengan konsep dan masalah lainnya
3)   Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
4)   Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
5)   Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
6)   Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
e.    Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah (Mengasosiasikan)
1)   Peserta didik menganalisa masukan,tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
f.                                                         Mengolah informasi
yang sudah mengumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
1)   Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
a)    Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
b)   Mengenal dan Memahami Pantun
c)    Puisi Rakyat
C.  Penutup
1)   Guru bersama dengan siswa mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan, serta menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
2)   Guru melakukan penilaian
3)   Guru memberitahukan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
4)   Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik






/>

0 komentar:

.comment-content a {display: none;}