TUGAS AKHIR MODUL 4
KARAKTERISTIK
PESERTA DIDIK
Di
suatu kelas terdapat 30 siswa dengan rincian :
1.
Jumlah
laki-laki 20 orang, jumlah perempuan 10 orang
2.
Status
sosial 50% adalah anak dari pekerja buruh pabrik, 20% PNS, dan 10% adalah
pedagang, 20% adalah pegawai swasta/BUMN
3.
Minat
siswa 50% pada kegiatan olahraga, 10% pada aspek akademis, 20% pada kegiatan
seni, dan 20% pada aspek ketrampilan
4.
Kemampuan
siswa 40% pada batas bawah, 40% pada batas menengah, dan 20% pada batas tinggi
5.
Preferensi
belajar 40% kinestetik, 30% visual, 30% auditory
Pertanyaan
1.
Bagaimana
cara mengelola kelas dan mengakomodasi pembelajaran dengan karakteristik
tersebut diatas (ambil 1 sub tema pembelajaran/ 1 mapel)
2.
Bagaimana
mengembangkan kecerdasan majemuk dengan karakteristik diatas (ambil 1 sub tema
pembelajaran/ 1 mapel)
JAWABAN
1.
Bagaimana cara
mengelola kelas dan
mengakomodasi pembelajaran dengan
karakteristik tersebut diatas (ambil 1 sub tema pembelajaran/ 1 mapel)
Berikut ini
langkah-langkah mengelolah kelas
dan mengakomodasi pembelajaran dengan karakteristik yang telah
disajikan:
A.
Langkah
1. Mengambil Data dan Menentukan Jumlah dari Persentase
DATA
SISWA SMP NEGERI 1 SODONGHILIR KABUPATEN TASIKMALAYA
No.
|
Nama
Siswa
|
Gender
|
Status
|
Bakat dan
|
Nilai
|
Prefensi
|
|
||||||||||||
Sosial
|
Minat
|
Belajar
|
|
||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
1
|
Alip Nugroho
|
L
|
Buruh
|
Seni
|
60
|
Auditory
|
|
||||||||||||
2
|
Anita Nur Fitriani
|
P
|
Buruh
|
Olahraga
|
78
|
Kinestetik
|
|
||||||||||||
3
|
Asti Fauziyah
|
P
|
Buruh
|
Olahraga
|
77
|
Kinestetik
|
|
||||||||||||
4
|
Ati Nuraeni
|
P
|
PNS
|
Ketrampilan
|
62
|
Auditory
|
|
||||||||||||
5
|
Ayu Cahyani
|
P
|
Buruh
|
Olahraga
|
74
|
Kinestetik
|
|
||||||||||||
6
|
Erwin Lutfi Permana
|
L
|
Buruh
|
Ketrampilan
|
88
|
Visual
|
|
||||||||||||
7
|
Fakhira Fatatul Ulya
|
P
|
Pedagang
|
Ketrampilan
|
80
|
Visual
|
|
||||||||||||
8
|
Gita Riyanti
|
P
|
PNS
|
Olahraga
|
79
|
Kinestetik
|
|
||||||||||||
9
|
Husni Mubarok
|
L
|
Buruh
|
Olahraga
|
75
|
Kinestetik
|
|
||||||||||||
10
|
Irgi Lusiyana P
|
L
|
Buruh
|
Olahraga
|
62
|
Kinestetik
|
|
||||||||||||
11
|
M.riswandi
|
L
|
Buruh
|
Ketrampilan
|
92
|
Auditory
|
|
||||||||||||
12
|
Mahbub Sa'adillah
|
L
|
Pegawai
|
Olahraga
|
87
|
Kinestetik
|
|
||||||||||||
13
|
Moh Hairul Sa''dul Mulki
R
|
L
|
PNS
|
Olahraga
|
60
|
Kinestetik
|
|
||||||||||||
14
|
Muhamad Fahmi
|
L
|
Buruh
|
Seni
|
45
|
Auditory
|
|
||||||||||||
15
|
Nanang Hilman
|
L
|
Pegawai
|
Olahraga
|
40
|
Kinestetik
|
|
||||||||||||
16
|
Nindyta Rahma Ayuni
|
P
|
Buruh
|
Olahraga
|
52
|
Kinestetik
|
|
||||||||||||
17
|
Nita Mila Sari
|
P
|
PNS
|
Olahraga
|
59
|
Kinestetik
|
|
||||||||||||
18
|
Rendi Ali Yusup
|
L
|
Pegawai
|
Akademis
|
59
|
Visual
|
|
||||||||||||
19
|
Restu Permata Sari
|
P
|
Buruh
|
Ketrampilan
|
58
|
Auditory
|
|
||||||||||||
20
|
Resti Nurmala sari
|
P
|
Buruh
|
Akademis
|
30
|
Visual
|
|
||||||||||||
21
|
Ririn Dwiyanti
|
P
|
Buruh
|
Seni
|
50
|
Auditory
|
|
||||||||||||
22
|
Rofatul Ijah
|
P
|
Pedagang
|
Olahraga
|
40
|
Visual
|
|
||||||||||||
23
|
Winda Lestari
|
P
|
Buruh
|
Seni
|
58
|
Visual
|
|
||||||||||||
24
|
Windi Safitri
|
P
|
Pegawai
|
Olahraga
|
85
|
Auditory
|
|
||||||||||||
25
|
Yanti
Nurmalasari
|
P
|
PNS
|
Akademis
|
85
|
Visual
|
|
||||||||||||
26
|
Yeni
Rahmawati
|
P
|
Pedagang
|
Seni
|
50
|
Auditory
|
|
||||||||||||
27
|
Yunita
Lestari
|
P
|
Buruh
|
Ketrampilan
|
90
|
Visual
|
|
||||||||||||
28
|
Yuyun
Yuniarsih
|
P
|
Pegawai
|
Olahraga
|
80
|
Auditory
|
|
||||||||||||
29
|
Zia
Laelatul ilmi
|
P
|
PNS
|
Olahraga
|
50
|
Kinestetik
|
|
||||||||||||
30
|
Ziana Lusiana Putri
|
P
|
Pegawai
|
Seni
|
78
|
Visual
|
|
||||||||||||
Keterangan:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||
Gender
|
|
|
|
Kemampuan
Siswa
|
|
|
|
||||||||||||
|
|
Laki-laki
|
:
|
20 Orang
|
|
Batas
bawah/Low (40%) (0 –59)
|
:
|
12
|
Orang
|
||||||||||
|
|
Perempuana
|
:
|
10 Orang
|
|
Batas
tengah/Mid (40%) (60 –84)
|
:
|
12
|
Orang
|
||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
Batas
tinggi/High (20%) (85 –100)
|
:
|
6
|
Orang
|
|||||||||
Status Sosial
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||
|
|
Buruh (50%)
|
:
|
15 Orang
|
Preferensi
Belajar
|
|
|
|
|||||||||||
|
|
PNS (20%)
|
:
|
6
|
Orang
|
|
Kinestetik
(40%)
|
:
|
12
|
Orang
|
|||||||||
|
|
Pedagang (10%)
|
:
|
3
|
Orang
|
|
Visual (30%)
|
:
|
9
|
Orang
|
|||||||||
|
|
Pegawai (20%)
|
:
|
6
|
Orang
|
|
Auditory (30%)
|
:
|
9
|
Orang
|
|||||||||
Minat Siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||
|
|
Olahraga (50%)
|
:
|
15 Orang
|
|
|
|
|
|
||||||||||
|
|
Akademi (10%)
|
:
|
3
|
Orang
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
Seni (20%)
|
:
|
6
|
Orang
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
Keterampilan
(20%)
|
:
|
6
|
Orang
|
|
|
|
|
|
|||||||||
B.
Langkah
2. Mengelola kelas dalam kelompok dari data yang telah diketahui jumlahnya
Pembelajaran akan dibuat kelompok
diskusi, maka setelah melihat data dari langkah Kemudian membagi data tersebut
kedalam bentuk kelompok, dengan mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut:
1) Membuat kelompok diskusi,1
kelompok terdiri dari 5 orang jadi total banyak
kelompok sebanyak 6 kelompok.
2) Masing-masing kelompok diisi oleh
2-3 Siswa Laki-laki dan 2-3 Perempuan
3) Masing-masing kelompok diisi oleh
1 siswa status sosial PNS
4) Masing-masing kelompok diisi oleh
1 siswa yang minat keterampilan
5) Masing-masing kelompok diisi oleh
1 siswa dengan nilai high
6) Masing-masing kelompok diisi oleh
2 siswa kinestetik
C. Langkah 3. Mengakomodasi
pembelajaran setelah di bentuk kelompok diskusi
Dengan
cara memfasilitasi di atas saya dapat memberikan segala tugas yang bisa
dikuasai masing-masing kelompok. Selanjutnya saya akan memberikan penjelasan
baik visual, penjelasan secara audio dan praktikum sehingga akan merata
kemampuan siswa.
Bentuk
penyamaan kemampuan berdasarkan perbedaan siswa masing-masing yang memiliki
pola belajar (preferensi) sebagai berikut:
- Visual, disediakan efek
video media powerpoint yang
dibuat untuk menarik perhatian supaya siswa konsentrasi pada poin penting
pembelajaran.
- Buku Teks yang sesuai dengan Materi
Pembelajaran
- Auditorial, dalam media powerpoint
yang dibuat diberikan suara yang dapat diputar ulang untuk mendengarkan
informasi yang perlu mendapat perhatian khusus.
- mengadakan permaian atau Game Suara
- Kinestetik, diskusi maupun
penilaian akhir berupa latihan dan evaluasi kelompok dengan cara bergantian
dan melibatkan pergerakan fisik siswa.
2. Bagaimana mengembangkan
kecerdasan majemuk dengan
karakteristik diatas
(ambil 1 sub tema
pembelajaran/ 1 mapel)
Berikut
ini cara mengembangkan kecerdasan
majemuk setelah mengelola kelas dan
mengakomodasi
di bentuklah langkah-langkahnya:
Dari data tersebut di atas dapat
disimpulkan bahwa kelas tersebut
kecebderungan perkembangannya mengacu pada gaya belajar Kinesik hal ini di lihat dari minat siswa dan
prereferensi untuk itu Guru dalam proses pembelajaran membantu
mengembangkan kecerdasan gaya belajar
kinesik
Berikut ini langkah-langkah
atau cara mengembangkan kecerdasan
majemuk setelah mengelola
Untuk dapat mengembangkan kecerdasan majemuk dengan karakteristik
dapat dilakukan dengan :
a.
Kinesik
1.
Lingkungan fisik : daerah ruang kelas, dalam merencanakan ruang
kelas, para pengajar membuat ruangan yang bisa membuat perasaan siswa menjadi
senang..
2.
Gerak kreatif : memahami pengetahuan jasmaniah, memperkenalkan
aktifitas gerak kreatif, menerapkan gerak kreatif keahlian dasar, menciptakan
isi yang lebih terarah dari aktivitas gerakan.
3.
Permainan ruangan kelas
b.
Visual
1.
Guru sebaiknya menitikberatkan pada peragaan/ media.
2.
Menggunakan gambar-gambar di otak mereka dan belajar lebih cepat
dengan menggunakan tampilan-tampilan visual seperti buku pelajaran bergambar
3.
Mengajak membaca buku berilustrasi
4.
Gunakan multi media (komputer dan video)
c.
Auditory
1.
Mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam diskusi.
2.
Meminta siswa membaca lebih keras.
3.
Diskusi ide dengan siswa secara verbal.
4.
Diperbolehkan merekam materi ke dalam kaset atau yang lainnya.
Beikut ini langkah-langkah
pembelajaran yang dapat
Mengembangkan Kecerdasan Majemuk
1.
Menentukan
tema, sub tema pembelajaran, mata pelajaran, materi, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, dan bentuk pembelajaran yang akan dilakukan.
a) Tema : Mewarisi Nilai Luhur dan
Mengkreasikan Puisi Rakyat
b) Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
c) Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi
informasi ( pesan, rima dan pilihan kata
) dari puisi rakyat ( pantun, syair dan bentuk puisi rakyat setempat ) yang
dibaca dan didengar
d)
Indikator
Menyimpulkan ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam)
pada teks yang dibaca/didengar.
e) Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini
peserta didik diharapkan dapat:
Membandingkan persamaan dan perbedaan
struktur pantun, syair, dan
gurindam pada teks yang dibaca/didengar.
f) Bentuk Pembelajaran
1)
Metode
: Diskusi Kelompok
2)
Pendekatan : Scientific Learning
3)
Model
Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
2. Menentukan
Langkah-Langkah Pembelajaran sesuai dengan Metode pendekatan dan Model
Pembelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan
a. Orientasi
1)
Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2)
Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
3)
Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran
b. Apersepsi
1) Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
c. Motivasi
1) Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
2) Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
3) Memberikan
Permainan tanya jawab membuat pantun dengan suara yang keras
4) Pembagian kelompok belajar
B.
Kegiatan
Inti
a.
Mengamati
(Orientasi peserta didik kepada masalah)
1) Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian
2) Menayangkan Video
tentang Pembacaan pantun syair dan gurindam (
3) Peserta
didik Mengamati conntoh-contoh pantun
syair dan gurindam dalam buku Teks
4) Penjelasan pengantar kegiatan
secara garis besar/global tentang materi pelajaran
b.
Mengorganisasikan
peserta didik ( Menanya atau mengajukan pertanyaan)
1) Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan video pantun dan contoh contoh puisi rakyat dari buku
teks yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar
c.
Membimbing penyelidikan
individu dan kelompok
(Mengumpulkan informasi)
1) Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan
a. Mengamati
obyek/kejadian,
b. Membaca
sumber lain selain buku
2) Mengumpulkan data/informasi
melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah
terkait materi pokok aktivitas saling bertukar pendapat
d.
Mengembangkan dan menyajikan
hasil karya (Mengkomunikasikan)
1)
Membuat
kesimpulan tentang masalah dan solusinya
2)
Mengaitkan
dengan konsep dan masalah lainnya
3)
Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
4)
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal
5)
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
6)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan
secara tertulis
e.
Menganalisa & mengevaluasi
proses pemecahan masalah (Mengasosiasikan)
1)
Peserta
didik menganalisa masukan,tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
f.
Mengolah informasi
yang sudah mengumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
1)
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai
a) Mewarisi
Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
b) Mengenal
dan Memahami Pantun
c) Puisi
Rakyat
C. Penutup
1) Guru bersama dengan siswa mengidentifikasi
kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan, serta
menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
2) Guru melakukan penilaian
3) Guru memberitahukan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya
4)
Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
0 komentar:
Post a Comment